• WisataKu

    Jalan-jalan ke Belitung? Wajib Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi

    Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung, diapit oleh pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Ada prasasti disitu yang menyatakan bahwa pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di beberapa bagian pantai juga ada papan peringatan untuk tak membuang sampah sembarangan, dan juga pemberitahuan untuk menjaga kelestarian pantai “laskar pelangi” Di pantai ini banyak terdapat batu granit yang ukurannya bervariasi. Ada yang besar, ada yang kecil. Aneka ukuran batu granit yang tersebar secara acak ini menambah keindahan pantai. Saya berkesempatan mengunjungi pantai Tanjung Tinggi pada hari Jumat, 6 November kemarin. Pas ada kerjaan di Belitung. Kerjaan selesai, langsung deh cabut ke Pantai, tanpa sempat ganti baju. Jadilah salah kostum,…

  • Kesehatan

    Mineral dan Vitamin yang Anda Butuhkan Ketika Hamil

    Hamil. Sebuah kata ajaib yang ditunggu para wanita tak lama setelah menikah. Kala tanda-tanda kehamilan telah ada dalam dirinya, maka orang-orang disekitarnya akan berubah, menjadi lebih perhatian. Terutama urusan makan. Iya, karena sewaktu di dalam perut, sumber utama asupan makanan janin berasal dari ibunya. Maka tak berlebihan rasanya jika orang tua saya dulu selalu mengingatkan “Jangan sampai telat makan, tambah lagi makannya, kamu itu makan untuk dua orang lho” Sumber gambar detik.com Pada minggu pertama masa kehamilan, janin mengalami proses pembentukan, tetapi asupan multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Sebaiknya Anda mengonsumsi dengan jumlah yang diperhatikan. Pada dasarnya makan layaknya hari-hari biasa sudah mencukupi karena kebutuhan calon bayi belum…

  • Kesehatan

    Cegah Antimicrobial Resistance dengan Bijak Menggunakan Antibiotik

    “Nan, mampir klinik sebentar yuk, butuh ketemu dokter nih” Ajakan teman saat kami usai rapat di gedung utama, sepanjang rapat tadi emang dia berulangkali bersin, berulangkali pula ijin keluar ruangan, mungkin ke toilet. Jadi sebelum kembali ke ruangan, dia mengajak mampir ke klinik kantor yang lokasinya tak jauh dari gedung utama. Saya pun mengiyakan. Daripada flu nya makin parah, lebih baik saya temani dia ke dokter. Sampai di klinik, kebetulan tak ada pasien antri, jadi kami bisa langsung ketemu dokternya. Teman saya lalu minta amoksisilin tanpa diperiksa dulu sama dokternya. Hebat betul, pikir saya, sudah tahu obatnya sebelum diperiksa. Sudah biasa, katanya. Dokter kantor menuju ke bilik belakang dan tak…

  • Kesehatan,  Parenting

    Asuransi Kesehatan Menjaga Finansial Keluarga tetap Aman Saat Sakit

    Jadi ibu itu nggak boleh sakit! Pernah dengar atau baca kalimat ini. Atau ada yang merapalkan kalimat ini setiap pagi sebagai penyemangat untuk mendampingi suami dan anak-anak melewati aktivitas mereka di hari itu? Konon, banyak rumah yang jadi berantakan kalau ibu sakit. Suami dan anak jadi kurang terurus, bangun kesiangan, buru-buru pergi kerja/sekolah tanpa sempat sarapan. Bukan nggak sempat, tapi memang belum ada sarapan di rumah. Karena ibu sedang sakit, nggak kuat bangun untuk memasak sarapan. Begitu pentingnya peran ibu di rumah, sehingga kalimat “ibu tak boleh sakit” sepertinya memang pas untuk dijadikan penyemangat untuk tetap sehat dan kuat. Nggak cuma ibu yang nggak boleh sakit, siapapun kalau ditanya, apakah…

  • Kesehatan

    Mewaspadai Alergi dengan Mengenal Mitosnya

    Kemarin, saya berkunjung ke rumah tetangga, niatnya mau nitip uang arisan. Kebetulan saya ada pekerjaan ke luar kota, jadi nggak bisa datang ke arisan. Saat tetangga membukakan pintu, saya kaget melihat anak yang sedang digendongnya. Benjol-benjol banyak banget, mukanya jadi kayak lebam dan bengkak. Ya ampun, bocah imut itu kok mukanya jadi kayak gini. Ada apakah gerangan? Rupanya, si bocah habis makan siomay. Ibunya nggak tahu bahwa itu siomay udang, dikiranya siomay ayam. Memang, bocah ini punya alergi terhadap udang. Begitu makan udang, walau cuma sedikit, tak berapa lama, mukanya pasti jadi gatal terus muncul benjolan-benjolan. Sangat menganggu tentunya kan. Apalagi anak kecil, pasti jadi rewel. Akibat alergi (sumber gambar…

  • WisataKu

    Menikmati Sisa-sisa Kemegahan Hotel Tretes Raya

    Hotel Tretes Raya berlokasi di jalan Malabar 168-169, Tretes, Prigen, Pasuruan. Kawasan Tretes pada masa kejayaannya adalah kawasan yang dingin. Bisa di bilang Batu nya Malang, Lembang nya Bandung ataupun Puncak nya Jakarta. Tanggal 19-23 November ini, saya berkesempatan untuk menginap di Hotel Tretes Raya karena ada kegiatan penyusunan bahan penyerta video pembelajaran. Dari kantor di Malang, saya berangkat menumpang mobil teman sekantor, kebetulan ada 8 orang dari kantor yang di undang ke acara ini. Karena belum ada yang pernah ke hotel Tretes Raya, kami mengandalkan panduan dari google maps. Dari Malang, kami masuk tol Singosari dan keluar tol di Pandaan. Dari Pandaan mulai menempuh jalan biasa menuju Tretes. Jalan…

  • WisataKu

    Bepergian dengan Kereta Api itu Aman, Nyaman dan Pastinya Selamat Sampai Tujuan

    “Nan, ada info seminar nih” Seorang sahabat, yang tahu kalau saya sedang suka menghadiri seminar, memberitahu kalau bakal ada seminar yang topiknya memang saya suka. Segera saya lihat flyer yang dikirimkannya. Hmm… lokasinya di Bandung. Lalu saya lihat jadwal saya, kebetulan di tanggal itu saya tidak ada kegiatan. Jadi saya putuskan untuk mendaftar. Setelah mendaftar, selanjutnya adalah memilih moda transportasi yang akan digunakan. Pilihannya adalah naik bus, kereta api dan pesawat. Karena ini pakai biaya sendiri, pilihan naik pesawat pasti saya coret, beda kalau dibiayai kantor hehehe…. Naik bus, juga saya coret. Pasalnya saya ini walau sudah sering bepergian, kadang masih mengalami mabuk darat kalau bepergian dengan bus. Lagian bisa…

  • WisataKu

    Motif Batik Paling Populer Saat Ini

    Semua orang sudah pasti mengenal kain yang satu ini. Motif batik yang beragam membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Dahulu, kain ini digunakan untuk keperluan khusus saja. Bahkan, beberapa motif diantaranya hanya boleh digunakan oleh orang berkepentingan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu batik mengalami perkembangan. Kini, sudah begitu banyak motif yang beredar dan bisa digunakan kapanpun. Termasuk, dimanapun dan oleh siapapun pemakaianya. Bahkan, motif yang dulunya hanya boleh digunakan oleh orang tertentu kini sudah boleh siapapun pemakaiannya. Sekarang ini, ada beberapa motif batik yang populer dikalangan masyarakat. Ketahui lebih jelasnya ada pada artikel ini. Beberapa Motif Batik Paling Populer Motif yang populer memiliki nilai ketertarikan tinggi, sehingga masyarakat ingin menggunakannya. Berikut…

  • Teknologi

    Transportasi Aman dan Nyaman, Perjalanan pun jadi Menyenangkan

    2004, kabar mengejutkan itu datang. Bapak dari lelaki yang kini menjadi suami saya meninggal. Waktu itu kami belum saling mengenal. Lelaki itu merantau ke Malang, sementara asalnya dari Bengkulu. Menjadi pegawai kecil, tak memungkinkan lelaki itu pulang ke Bengkulu naik pesawat, nggak kuat bayar tiketnya yang mahal. Pilihannya adalah naik bus. Malang-Bengkulu, ditempuh dengan naik bus. Perjalanan 3 hari 2 malam tentu sangat melelahkan. Apalagi bus juga penuh, jadi walau terpaksa, berdiri pun di jalani. Karena kalau menunggu bus selanjutnya, harus menunggu sehari lagi. Sampai Bengkulu, tentu saja Bapaknya sudah dimakamkan, tak mungkin menunggu kehadiran dirinya sampai berhari-hari. Kejadian itulah yang lantas membuat lelaki itu bertekad untuk menjadi orang kaya.…

  • Kesehatan,  Parenting

    Bicara Gizi : Pencegahan Malnutrisi pada Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

    Namanya Prima, gadis kecil yang yang lucu namun fisiknya lemah. Lebih banyak duduk saat teman-teman asyik berkejaran. Dia hanya memandang teman-temannya, ingin ikut tapi kondisi fisik tak memungkinkan. Umurnya sudah 4 tahun, namun jika bepergian dia lebih sering di gendong oleh ibunya. Ibunya mengatakan kalau Prima mengalami kebocoran jantung, jadi dia tidak boleh sampai lelah. Saya mengenal Prima, karena dia tinggal di dekat kost saya di Jogja, tahun 2008. Tahun 2009 saya melakukan praktek kerja lapangan di Jakarta selama satu bulan. Saat kembali ke Jogja, saya tak pernah melihat Prima lagi. Menurut kabar yang saya dengar, Prima akhirnya di operasi, setelah mendapat bantuan pendanaan dari salah satu televisi swasta. Pasca…