belajar bahasa Inggris dasar

3 Panduan Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Sebagai salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia tidak heran jika banyak orang mencari panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula agar bisa menguasai bahasa global ini. Ya, bahasa Inggris merupakan bahasa umum bisnis, pendidikan, hiburan dan hampir menjadi kebutuhan akhir-akhir ini.

Meskipun sering dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari, dengan belajar dan usaha yang benar serta berkomitmen, maka kamu dan siapa pun dapat melakukannya!

Mau Belajar Bahasa Inggris Mudah? Ikuti Panduan Ini!

1. Ingat Banyak Kosakata

Belajar bahasa Inggris dari dasar  adalah dengan berusaha mengingat kosakata setiap hari dengan memilih kata-kata baru untuk dipelajari dan mengulangi setiap kata berulang kali untuk memperkuat ingatan.

Garis bawahi kata-kata yang tidak Kamu ketahui. Cari kata tersebut dalam kamus bahasa Inggris seperti Merriam-Webster online. Kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat dari membaca definisi, dan kemudian membaca kalimat menggunakan kata tersebut untuk mengetahui artinya. Berikut triknya :

  • Pilih lima kata baru yang ingin Kamu pelajari setiap hari.
  • Tuliskan kata-kata dan artinya di atas kertas setidaknya masing-masing sepuluh kali.
  • Di akhir minggu, periksa 5 kata setiap hari dengan total 35 kata baru dalam seminggu!
  • Tugas harian ini hanya akan memakan waktu 30 menit, tetapi ini akan sangat meningkatkan pengetahuan Kamu tentang kata-kata bahasa Inggris.

2. Latihan Berbicara Bahasa Inggris

Berbicara bahasa Inggris setiap hari akan membantu kemampuan bahasamu dan juga akan membantu kepercayaan diri Kamu saat berbicara bahasa tersebut. Ingatlah bahwa kepercayaan diri adalah kunci untuk terdengar alami dan merasa nyaman dengan pengalaman belajar Kamu. Meskipun Kamu hanya tahu sedikit, tetaplah berbicara dengan lantang. Bicaralah sesering mungkin, meskipun itu hanya untuk diri Kamu sendiri!

3. Gunakan Penerjemah Online Untuk Membantu Pronounciation

Situs penerjemah online bisa menjadi sumber yang bagus karena dapat memperjelas pemahaman dan pengucapan Kamu pada sebuah kata. Untuk mendengarkan kata tersebut, Kamu dapat mengklik tombol audio dan mendengarkan bagaimana kata atau frasa tersebut berbunyi.

belajar bahasa Inggris bagi pemula
Menggunakan penerjemah online untuk mengasah pronounciation

Kamu merasa kesulitan dengan panduan belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang ada di atas? Jangan sedih! Ada EF yang akan siap membantu kebutuhanmu belajar bahasa Inggris. Baik kelas bahasa Inggris untuk umum atau karyawan, EF hadir untuk membantu kemampuan bahasa Inggrismu dengan sebaik mungkin.

17 comments

  1. Belajar Bahasa Inggris memnag mesti konsisten dan diasah terus agar kemampuan kita meningkat. Maka teknologi terkini dnegan adanya situs penerjemah online juga membantu sekali. Apalagi kalau punya waktu bisa khusus belajar di lembaga kursus bahasa yang ada seperti EF yang memnag juwaraa dengan program-program menariknya

  2. Buat anak saya, pilih praktisnya aja lah, langsung cuss ke EF. Kekeke. Bahasa Inggris sekarang udah jadi top priority ya mba. Mulai dari anak-anak bahkan usianya yang belum sekolah aja udah disaranin les bahasa inggris.

  3. aku ya mba inget banget dulu waktu kecil tuh suka banget nonton sesame street krn apa, krn ada pelajaran bahasa inggrisnya jadi aku nambah kosa kata. plus palinng suka sama tayangan tv yang gak didubbing, plus ada subtitlenya, dari situ juga ak belajar arti kata dan nyatet kata-kata baru yg aku baru tau

  4. Saya dulu pernah ikut kursus bahasa inggris. Tutor selalu bilang bahwa belajar bahasa inggris itu harus dengan “practise” secara konsisten setiap hari, termasuk reading, writing, listening, or speaking.

    Setiap hari juga harus ada kosa kata baru yang ditambah. Di Kursus bahasa inggris pare di Kediri-Jawa Timur, bahwa mereka yang belajar disana sering latihan ngomong bahasa inggris setiap kali waktu. Perbendaharaan kosa kata selalu mereka pelajari setiap hari. Bahkan pas kesana para penjual pecel juga pinter2 kok bahasa inggrisnya. Hehe… keren ya, kalo bisa bahasa inggris veteran? hehe

  5. EF memang recommended buangettt mba
    sejak jaman aku masih anak2, EF ini the best course bgt lah.
    semoga bs menjadi jawaban utk yg cari tempat kursus bhs Inggris yak

  6. Daku cari kosakata baru bahasa Inggris adakalanya via dengerin musik atau nonton film yang translate nya bahasa Inggris. Cuma salahnya karena gak diulang lagi aja Ama daku, jadi suka lupa haha

  7. Benar bahasa membantu mengerti komunikasi antar insan manusia, bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional bisa dipelajari dan menyenangkan

  8. Selama saya mengajar bahasa Inggris (hampir 20 tahunan sampai sekarang), kelemahan utama yang dimiliki orang kita itu adalah vocabulary dan rajin berlatih. Karena sesungguhnya itulah 2 kunci keberhasilan belajar bahasa.

    Grammar bisa dipelajari sambil berjalan. Yang penting paham akan past, present dan future. Pronoun juga sebenarnya bawaan kita masing-masing. Gak harus persis pronounnya seperti native speaker, tapi paling tidak pengucapannya bisa dimengerti orang lain.

  9. Haduh, ngaku dah vocabku kurang, makanya sering nggak tau mau ngomong apa 😀 Banyakin vocab ah, biar anak-anakku juga ikut rajin belajar bahasa Inggris.

  10. Aku pernah nonton yutup nya gita savitri mbak. Katanya, kalau mau lancar berbahasa inggris, ya harus berani ngomong. Gak epduli salah atau bener, pokok nya PD aja

  11. Sebagai bahasa global, bahasa Inggris memang kerap menjadi acuan sebuah skill.
    Dan untuk bisa lebih mahir berbahasa Inggris mesti rajin berlatih baik dalam reading dan listening juga speaking nya

  12. Setuju banget nih mbak, panduan pertama untuk sukses belajar bahasa inggris itu adalah memperbanyak menghafal VOCCAB. karena dari sini kita bisa sedikit demi sedikit bisa menyambungkan kata-katanya menjadi kalimat

  13. Kalau pengalamanku , belajar bahasa Inggris paling efektif ya dengan nonton film Inggris tanpa subtitle, atau subtitle bahasa Inggris. Jadi learning by doing. Apalagi kalau menonton film period, dari zaman-zaman tahun 1800 yang menggunakan istilah-istilah yang jarang dipakai sekarang. Terasa makin jos deh!

  14. Saya dulu banget pernah kursus bahasa Inggris di EF. Memang bagus sih dari segi metode pengajarannya, fasilitas yang modern dan beberapa kali pertemuan yg ngajar langsung native speaker, jadi kita praktik langsung sm penutur aslinya, nambahin pede ngomong cas-cis-cus, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *