4 Aktivitas Seru di Taman

Di dekat rumah yang dulu kami tempati ada taman kecil. Rerumputan dan beberapa tanaman, cukup membuatnya tampak hijau segar dan asri. Anak-anak suka sekali kalau diajak ke taman, walau cuaca panas ataupun hujan gerimis, tetap aja maunya ngajak main ke taman. Sebenarnya ngapain sih mereka kalau di taman?

Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di taman. Kegiatan yang membuat anak-anak bisa tertawa dengan lepas. Inilah 4 aktivitas seru di taman yang biasa kami lakukan.

Kejar-kejaran

Aktivitas seru di taman yang pertama adalah kejar-kejaran. Ini adalah aktivitas favorit anak-anak. Bahkan sejak keluar rumah menuju taman pun, mereka sudah ngajak lari kejar-kejaran.

Sampai ditaman, mereka ngajak balapan bolak-balik. Kalau saya yang menang, mereka protes dan minta di ulang. Kalau mereka menang, mereka bakal teriak kegirangan. Terus ngajak lari lagi supaya bisa menang lagi.

kejar-kejaran di taman
yeay babang menang

Kalau saya cuma berjalan kaki, maka mereka akan memaksa saya untuk ikut lari-lari. Kalau saya menolak, maka tampangnya langsung cemberut. Ya habis gimana, capek juga kan saya ngikuti gerakan mereka. Bolak-balik lari.

aktivitas seru ditaman
Tampang cemberut karena mamanya nggak mau lari

Mengamati hewan-hewan

Ada banyak hewan ditaman, kupu-kupu, capung, ulat, belalang, semut, jangkrik dan berbagai macam serangga lainnya. Anak-anak suka sekali, berpura-pura serius mengamati hewan-hewan tersebut, tentunya sambil bertanya ini itu seputar hewan yang sedang diamati.

aktivitas seru di taman
Mengamati belalang kecil

Kadang-kadang, mereka bawa toples ke taman, buat nampung belalang yang berhasil ditangkap. Awalnya takut-takut, lama-lama jadi berani juga. Awalnya bakal teriak dan reflek menghindar kala di belalang melompat. Lama-lama santai aja kalau ada belalang melompat, malah diikuti dan di kejar.

Belalang hasil tangkapan lalu dimasukkan toples dan dibawa ke rumah. Sampai rumah diamati lagi. kalau sudah bosan dilepas deh di rerumputan depan rumah.

menangkap belalang
Babang dapat belalang

Bermain peran

Suatu kali, babang menemukan ranting kering yang jatuh dari salah satu pohon ditaman. Maka digunakanlah ranting itu sebagai tongkat dan dia berpura-pura menjadi kakek. Berjalan membungkuk sambil memegang tongkatnya. Capek berjalan-jalan, diapun duduk. Saya tanya “babang capek ya?” Eh dia jawab “Lho, aku ini kakek, ma. Bukan babang!” Oh, ternyata main perannya masih berlanjut.

aktivitas seru ditaman
Kakek kecil

Lain kali babang berperan jadi polisi, saya disuruh jadi penjahatnya. Saya disuruh mencopet tas adiknya, terus adiknya teriak. Jadilah saya pura-pura lari dan babang mengejar saya. Setelah tertangkap dimasukkan ke penjara.

Tidur

Kalau sudah capek bermain-main, maka mereka akan berbaring di rerumputan. Memejamkan mata, pura-pura tidur.

Nggak gatel gitu tidur di rerumputan?

Kadang garuk-garuk juga sih habis tiduran gitu. Tapi bukannya kapok, malah diulangi lagi. Emang menyenangkan tidur dialam terbuka.

aktivitas seru di taman
Tidur

Begitulah 4 aktivitas seru yang biasa kami lakukan di taman. Menuliskan ini, saya jadi kangen main-main ke taman. Sekarang kami tinggal di perkampungan yang lumayan padat rumahnya. Nggak ada taman, depan rumah juga langsung jalan raya. Jadi mainnya ya di halaman saja.

Menuliskan ini juga jadi sarana mengenang keseruan kala babang dan kakak masih balita. Sekarang babang dan kakak sudah memasuki usia pra remaja, udah nggak asyik lagi kalau diajak lari-larian ke taman. Lebih suka di rumah saja.

7 Comments

  1. Dulu sebelum pindah, anak-anak sering main di luar rumah mba Nanik. Meski bukan taman yang besar, tapi mereka kenal banyak hewan kecil di taman. Semenjak pindah, blas gak pernah lagi main nangkepin belalang, lady bug, jangkrik, keong dan kawan-kawannya.

  2. Duh asyik nyaaa..
    Anak laki laki saya 3 orang, saya sering ngajak mereka balap lari
    Biasanya sih supaya cepat sampai 😀😀😀
    Jadi kangennn
    Karena sekarang nampaknya hampir ga mungkin
    Saya udah gendyuuuttt 😀😀😀😀

  3. Saya jadi kangen pulang kampung ini Mba Nanik. Poin yang mengamati hewan, di rumah saya masih banyak belalang hijau. Saya masih ingat dulu pas kecil suka bawa botol bekas aqua yg udah dikasih bolongan di beberapa titik supaya udara bisa masuk. Di dalamnya saya taruh semua belalang hasil tangkapan saya. Kalo udah banyak, saya kasih ke ayah dan ayah kasih belalangnya jadi makanan bergizi buat burung-burungnya di rumah. Hihihi.

  4. Wkwkwkwkw aku ngakak yang terakhir itu bisa tidur gitu.. 🙂
    tapi dulu jaman kecul aku juga suka bobok2an di rerumputan gitu, rasanya asik banget hirup udara seger yahh

  5. Berarti emang bener ya mbak yang bilang rumah akan rapih pada waktunya.. saat anak sudah besar, aktifitas mereka waktu kecil banyak yang berubah..

  6. hehe main di taman juga banyak kegiatan seru yg bisa dilakukan ya mbak
    anak anakku klo kuajak ke taman kompleks suka cari tanaman putri malu

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya