meteran menyala tapi listrik padam

Aplikasi PLN Mobile, Pengaduan Meteran Menyala, tapi Listrik Padam

Listrik padam, maka bakal banyak urusan yang terpengaruh, bisa jadi beberapa pekerjaan akan tertunda bahkan terbengkalai. Nggak masak nasi, dengan alasan listrik padam, nggak bisa nyolokin rice cooker. Padahal masak dengan panci dan dandang di kompor juga bisa, tapi emang prosesnya lebih lama. Nggak bisa nyuci, karena mesin cuci kan butuh listrik. Yang lebih parah, nggak bisa mandi karena pompa air juga nggak bisa bekerja kalau nggak ada listrik. Emang sudah segitu tergantungnya kita dengan listrik ya.

Meteran Menyala, tapi Listrik Padam

Hari Sabtu, sudah selesai memasak dan mencuci, waktunya bersantai sambil nonton TV. Eh mendadak lampu mati, listrik padam. Untung aja kerjaan rumah yang membutuhkan daya listrik sudah selesai, jadi nggak begitu masalah. Baterai hp dan laptop sudah penuh juga. Mau mandi masih malas, jadilah rebahan saja. Scroll media sosial, sambil sesekali ngobrol ataupun memantau aktivitas anak-anak.

Menjelang waktu dhuhur, dari Masjid dan mushola dekat rumah, sudah terdengar ada suara orang mengaji lewat pengeras suara. Kalau Masjid dekat rumah, punya genset, jadi walau aliran listrik dari PLN padam, tetap bisa pakai listrik. Tapi kalau mushola dekat rumah, setahu saya nggak punya genset. Kok speakernya nyala, berarti listriknya udah nyala dong.

Saya pun ngecek menghidupkan lampu, masih mati. Karena penasaran, lanjut ngecek MCB sekering, posisi ON. Terus buka pintu depan, cek meteran, meteran dalam posisi ON dan angka penunjuk meter menyala. Terus tengok-tengok deh rumah tetangga, kebetulan depan rumah nggak ada penghuninya, tapi lampu depan selalu nyala sepanjang hari, dan saat itu lampu terasnya menyala.

Berarti ada masalah nih dengan listrik di rumah saya. Coba matikan meteran dan sekering, lalu matikan semua lampu, cabut semua perangkat yang terhubung ke sumber listrik. Terus On kan lagi MCB sekering dan meteran, coba hidupkan lampu-lampu, tapi nggak ada yang menyala.

Kontak PLN melalui Aplikasi PLN Mobile

Baiklah, saya nggak nemu dimana masalahnya. Jadi saya memutuskan untuk buat laporan saja ke PLN. Saya buat laporan lewat aplikasi PLN Mobile. Kebetulan saya sudah punya akun di aplikasi PLN Mobile, jadi tinggal pilih menu pengaduan saja saat membuka aplikasi.

Dari menu pengaduan, lalu memilih jenis pengaduan/masalah yang ada, memastikan lokasi rumah dan menuliskan permasalah yang ada secara detail, di sertai dengan foto pendukung. Pastikan juga memilih kapan petugas PLN diharapkan datang, apakah sekarang atau nanti.

Pelayanan Petugas PLN Cepat dan Memuaskan

Setelah mengirim pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile, saya pun lalu mandi. Kebiasaan buruk saya nih, kalau akhir pekan dan nggak ada agenda ke luar rumah, mandinya menjelang dhuhur.

Selesai saya mandi, anak-anak laporan katanya tadi ada yang nelpon, nomornya nggak di kenal. Saya pun lalu mengecek, eh bener ada 2 kali panggilan tak terjawab dari nomor tak di kenal. Terus ada pesan wa, dari nomor itu juga, gambar profilnya PLN. Isi pesannya memperkenalkan diri sebagai petugas PLN dan minta share lokasi rumah.

Usai membalas pesan tersebut dan share lokasi rumah, saya pun menuaikan sholat dhuhur. Pas saya sholat, hp saya berbunyi lagi karena ada panggilan masuk.

Usai sholat, saya tengok lagi handphone, rupanya dari petugas PLN yang tadi kirim wa. Memberi tahu kalau sudah dekat posisinya dari rumah. Saya pun membuka pintu, dan benar aja, nampak ada dua petugas PLN mengenakan seragam, mengendarai satu motor. Cepat sekali, nggak ada 30 menit dari saya kirim pengaduan, hingga petugas datang. Lah, jadi ketahuan kan kalau saya tuh mandi dan sholatnya kilat.

Salah satu petugas mewakili memperkenalkan diri, lalu mengkonfirmasi apakah benar saya mengirim pengaduan lewat aplikasi PLN Mobile. Setelah saya iya kan, para petugas mulai mengecek meteran.

petugas PLN
Petugas PLN mengecek kondisi meteran

Meteran Menyala, Listrik Padam; Ternyata Meteran Rusak

Setelah dilakukan pengecekan, petugas menyimpulkan bahwa meteran rusak. Ada satu pin yang nggak bisa nyambung, bisa nyambung tapi harus dengan di tekan pakai obeng.

Petugas lalu memberitahu bahwa akan dilakukan penggantian meteran, karena memang meteran rusak. Meteran rusaknya bukan karena kesalahan dari pengguna. Jadi tidak dikenakan biaya apapun, baik untuk unit meteran baru maupun biaya pemasangan.

Kebetulan saat itu, petugasnya juga membawa unit meteran baru. Tapi sebelum melakukan penggantian, petugas berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas yang standby di kantor PLN, mungkin supervisor nya.

Setelah berkoordinasi, petugas memberi tahu saya bahwa penggantian unit meteran tidak dilakukan saat itu. Supaya kami tetap bisa menikmati fasilitas listrik, alias listriknya bisa menyala, maka petugas melakukan rekayasa pada meteran. Petugasnya bilang “ini meterannya di loss” dan untuk perhitungan KWh meternya nanti belakangan saja kalau meteran sudah di ganti.

Petugas menuliskan hasil pekerjaan mereka dalam berita acara, memberitahu saya apa saja yang dituliskan, lalu meminta saya untuk tanda tangan juga di berita acara.

Setelah beberes, mereka lalu meninggalkan rumah saya. Menuju lokasi lain yang mengirim pengaduan.

Berhubung saat itu gas di rumah habis, saya tak bisa membuatkan mereka teh ataupun kopi. Jadinya saya lari aja ke warung tetangga, beli teh dalam kemasan botol untuk disajikan pada mereka berdua.

Penggantian Meteran

Jadi Sabtu siang itu listrik di rumah kembali menyala. Hari Minggu, saya sengaja nggak pergi-pergi karena berjaga-jaga kalau ada petugas PLN ke rumah. Tapi tak ada yang datang.

Senin, saat jam istirahat kantor, seperti biasa saya pulang ke rumah. Ternyata sudah ada dua petugas yang datang ke rumah dan sedang proses mengganti meteran. Petugasnya beda dengan yang datang pas Sabtu kemarin. Senin itu kebetulan Suami di rumah, jadi suami yang lebih banyak menemani para petugas itu.

Setelah meteran di ganti, petugas meminta untuk menghidupkan semua perangkat yang menggunakan listrik, buat menguji apakah sudah berfungsi sambungannya. Setelah itu petugas membuat berita acara yang ditandatangani suami.

Petugasnya juga memberikan lembar pengantar yang harus kami bawa ke kantor PLN. Untuk pemasangan meterannya ini gratis, tak ada biaya. Tapi ada biaya yang harus kami bayar yaitu pemakain listrik dari Sabtu siang sampai Senin siang saat sambungan listrik di loss. Kami diberi waktu 3 hari setelah hari itu untuk menyelesaikan urusan ke kantor PLN.

Setelah pekerjaan petugas selesai, suami ngajak mereka ngopi dan ngobrol. Sementara saya, waktunya balik ke kantor

Adakah Biaya untuk Layanan Petugas PLN?

Rabu siang, saat jam istirahat kantor akhirnya saya dan suami ke kantor PLN. Saya memilih jam istirahat, karena berasumsi bahwa kantor PLN kan pelayanan publik ya, jadi walau jam istirahat, pasti tetap ada petugas yang berjaga. Mirip kayak teller di bank begitulah. Jam istirahat tetap ada 1 teller yang berjaga.

Tapi ternyata asumsi saya salah. Saat sampai kantor PLN, nggak ada petugas yang berjaga di loket. Hanya ada satpam yang menerima kami, menanyakan keperluan dan mempersilahkan kami untuk menunggu.

Baiklah, kami pun menunggu. Anggap aja pacaran dan quality time. Ada hikmahnya juga kan kemarin kejadian meteran menyala tapi listrik padam. Jadi punya tambahan waktu buat berduaan di sela-sela pekerjaan kami.

Kantor PLN Blimbing
Kantor PLN Blimbing

Jam 1 lewat, akhirnya petugasnya datang. Butuh waktu sekian menit untuk memeriksa berkas yang kami bawa. Setelah itu petugas memberi tahu bahwa kerusakan meteran sudah terjadi dari beberapa hari yang lalu, sehingga loss nya aliran listrik tuh nggak cuma 3 hari kemarin saya. Lengkap dengan data angka-angka posisi terakhir yang tertera di meteran.

Akhirnya kami harus membayar sekitar 90 ribu untuk pemakaian listrik sekitar 2 minggu, terhitung dari meteran terdeteksi bermasalah hingga dilakukan penggantian kemarin.

Jadi kalau ada yang nanya, adalah biaya yang kami keluarkan untuk layanan petugas PLN ke rumah? Jawabannya adalah tak ada biaya, bahkan konsumen dilarang untuk memberikan uang jasa pada petugas. Biaya yang harus saya keluarkan hanyalah biaya penggantian token PLN saat aliran listrik ke rumah bermasalah.

Jadi kalau suatu saat nanti di rumah Anda mengalami masalah, mungkin meteran menyala tapi listrik padam, atau ada masalah lain, segera saja membuat pengaduan ke PLN. Dari pada bingung gimana cara menanganinya, lebih baik datangkan saja petugasnya ke rumah.

Baca yang ini juga

18 thoughts on “Aplikasi PLN Mobile, Pengaduan Meteran Menyala, tapi Listrik Padam

  1. Alhamdulillah masalah terselesaikan dengan baik ya Mbak. Listrik, menurut saya, adalah salah satu kebutuhan primer yang gak boleh ditunda-tunda saat ada masalah. Hampir semua kebutuhan di rumah bisa terganggu karena memang tergantung dengan listrik.

    Pernah ngalamin mati listrik dari sore hingga ke pagi hari. Gak bisa tidur saya. Pas pulak udara tuh sedang panas-panasnya dan tidak bisa tidur karena AC tiarap. Astaga. Bebaringan aja sampai banjir keringat. Apalagi saya kan manusia kutub hahahaha. Tidur aja kudu dengan setelan AC 18-19′ Celcius.

  2. Aplikasi PLN mobile ini sejauh ini cukup baik dan responsif. Beberapa kali pas listrik padam, aku juga sempat bikin laporan lewat aplikasi dan syukurlah petugasnya bisa atasi.

  3. wah jadi pengen bikin tulisan tentang PLN mobile juga

    karena saya pun puas dengan layanannya

    kemarin gara-gara salah pasang pompa air, listrik mati meteran air

    Seneng banget dengan PLN mobile yang cepat tanggap

    listrik langsung menyala

  4. Wah, aku pernah sekali kena trouble kayak gini mbk. Auto langsung instal app buat pengaduan, Alhamdulillah cepat respon dan nggak butuh waktu lama PLN datang ke rumah

  5. Gampang ya sekarang klo ada kendala bisa langsung ke PLN mobile. Klo aku kabelnya kebakar di deket meteran. Klo nunggu PLN dateng keburu api gede. Akhirnya manggil orang yg tau listrik ke rumah, akhirnya dicabut.. cuma masalahnya harus buka segel meteran. Ini ngeri ada masalah sama PLN Krn biasanya kita kena denda tinggi klo buka segel listrik. Tapi urgent daripada kebakaran. Untung pas ada di rumah. Ngeri klo di rumah gak ada orang kabel kebakar gini. Bisa jadi kebakaran biasanya.

  6. Alhamdulillah ya Mbaak, PLN pelayanannya makin bagus dan ganti meteran juga dipermudah + free of charge. Moga ke depannya servisnya makin baik lagi.

  7. Alhamdulillah akhirnya bisa terselesaikan ya mbak, aku urusan listrik gini si suamiku. Tapi ada baiknya aku download aplikasi juga ya untuk jaga-jaga. Alhamdulillah sejauh ini listrik di rumah baik-baik, tapi pernah juga meteranku rusak dan akhirnya diganti.

  8. Setuju mbak, penting banget buat segera lapor ke PLN kalo ada masalah sama listrik di rumah, biar cepet ditangani sama para petugas yang sigap!

  9. Aku pun sekarang kalau ngecek2 ada pemadaman atau apa2 yang berkaitan ma listrik ke aplikasinya. Tapi biasanya juga aku doublein call ke CS wkwk.
    iyes bener kalau ke petugas yang datang ke lapangan kita gak boleh kasi apa2, kalau ada bayar2 biasanya langsung diarahkan ke kantornya.

  10. Betul, ka Nanik.
    Aku jadi seneng banget sama pelayanan PLN dan beberapa BUMN yang beneran gak ada biaya saat memberikan maintenance terbaiknya untuk pelanggan.

    Pengalaman luar biasa, semoga ga terulang lagi dan meteran serta listrik bisa berjalan lancar dan normal.

  11. Kagum deh dengan kinerja PLN yang gerak cepat mengatasi masalah listrik pelanggan yang disampaikan via PLN mobile jadi lega ya masalah listrik teratasi dengan cepat

  12. Nah ini nih enaknya zaman aplikasi kayak sekarang. Ada apa-apa tinggal pake aplikasi aja ya. Aku juga dapet ganggaun internet, langsung laporan di aplikasi. Eh dalam beberapa menit dihubungi dan lalu teknisinya datang. Lebih cepet daripada hubungi hotline yang kadang susah banget masuknya. Semoga semua perusahaan pake aplikasi kayak gini ya. Biar cepat teratasi.

  13. Sekarang pelayanan PLN lebih baik ya
    Waktu di rumah ada penggantian meteran, juga petugasnya bilang ga bayar. Tapi kami tetap saja kasih tips ke dia. Anggap aja uang rokok. Orang Indonesia udah kebiasaan gitu kali ya. Hehehe…

  14. Ternyata cepat juga ya proses pln menangani masalah… Cuma bayar kekurangan pas erornya harus ke kantor ya, engga bisa sekalian lewat aplikasi? Hehehe…

  15. Ada yang lebih mendesak lagi dong Mbak dari hajat-hajat di atas, yaitu hajat BAB! Hahaha. Kalau listrik mati dan enggak ada air, beneran repot!
    Btw sharing pengalamannya sangat berguna, Mbak. Jika suatu saat kami mengalami hal serupa, bisa melakukan tindakan yang sama. Makasih sharingnya 🙂

  16. Alhamdulillah, sekarang pelayanan PLN sebagus itu yaaa.. Suami saya juga mendapat tanggapan kilat ketika melaporkan listrik padam di saat tengah malam. Keren juga loh, tengah malam aja masih ada CS yang melayani pengaduan online.

  17. PLN Mobile ini sangat membantu ya mbak
    Jika ada keluhan seputar aliran listrik, bisa lewat sini
    Dan emang responnya garcep

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: