• Kesehatan,  Parenting

    Tips Agar Bayi Terhindar dari Ruam Popok

    Kulit bayi cenderung sensitif, apabila kita tidak hati-hati dalam membersihkannya bisa beresiko terluka. Salah satu bagian tubuh bayi yang lumayan sulit dibersihkan adalah area pantat. Memang rada susah untuk menjaga area ini tetap kering dan bersih. Pasalnya pantat yang sering terkena popok basah sehingga sering terjadi iritasi dan ruam. Ruam popok (sumber gambar tribunnews) Namun jangan khawatir karena sekarang ada diaper cream bayi dari Sleek baby yang akan membantu anda mengatasi ruam pada bayi. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu lakukanlah hal ini untuk menjaga pantat bayi anda dari ruam popok, diantaranya: 1. Cuci tangan Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mengganti popok sikecil adalah, pastikan…

  • WisataKu

    Pengalaman Menginap di Hotel Horison Ciledug

    Hotel Horison Ciledug, saya baru pertama menginap di sana. Biasa, karena ada tugas ke Jakarta. Jadi 21-24 Juli kemarin, Kami berlima dari kantor dapat undangan ke Jakarta, urusan dinas. Nah, undangannya sendiri baru kami terima tanggal 21 malam. Jadi ceritanya, pas acara pembukaan, peserta di absen. Tak ada satupun peserta dari instansi kami, lalu ada panitia yang menghubungi. Rupanya, undangan untuk instansi saya tercecer, belum di kirim. Kebetulan juga sih, 21 itu kan hari Minggu. Jadi rasanya masih nggak rela kalau hari libur itu dipakai untuk dinas ke luar kota. Jadi ada untungnya juga undangan itu tercecer. Tuh kan, selalu ada hikmah di setiap kejadian. Jadilah senin paginya, kami baru…

  • WisataKu

    Berburu Buku Murah di Blok M Square

    Berkegiatan di Jakarta, biasanya rute saya hanya kamar, ruang kegiatan dan ruang makan. Tapi berhubung kali ini kegiatannya di hotel area blok M, yang jarak hotelnya nggak sampai 100 meter dari blok M Square, saya pun tergoda untuk keluar dari hotel. Selain jaraknya yang dekat, alasan lainnya adalah karena saya kedinginan di kamar. AC di kamar dingin banget, pengaturannya terpusat. Walau di kamar suhu sudah dinaikkan, masih juga terasa dingin. Kalau malam, AC saya matikan, berharap bisa berkeringat di pagi hari, tapi nyatanya tetap saja dingin dan tak ada keringat yang keluar. Balik lagi ke soal saya keluar hotel, jadi selain pengen lihat suasana blok M Square, niat saya yang…

  • Parenting

    Menjadi Orang Tua Super, sebagai Trainer, Coach dan Terapis

    Tak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Namun pengetahuan tak melulu harus diperoleh dari bangku sekolah kan? Ada banyak sarana untuk belajar bagaimana menjadi orang tua. Pelajaran itu dapat saja diperoleh dari pengalaman sebagai anak, dengan mengamati bagaimana orang tua kita dulu memperlakukan kita. Pelajaran itu dapat diperoleh dari buku, dari teman, tetangga, saudara, bahkan dari anak kita sendiri. Iya, anak yang masih kecil itu, kadang secara tak terduga memberikan banyak pelajaran bagi orang tuanya. Belajar sabar dari bocah 2,5 tahun Nah, dalam rangka belajar menjadi orang tua yang baik, beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti semacam pelatihan untuk menjadi orang tua super. Tema pelatihannya adalah bagaimana peran orang tua…

  • Kesehatan

    Tips Terbaik Mencegah Gigi Berlubang

    Gigi yang berlubang yaitu kondisi gigi yang mengalami kerusakan dan mengikis bagian luar hingga bagian dalam gigi hingga membentuk lubang. Gigi berlubang baik gigi berlubang kecil maupun besar disebabkan karena penumpukan bakteri pada mulut. Hal tersebut sering terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Terlebih lagi ketika kebersihan mulut tidak terjaga, maka akan menimbulkan gigi berlubang. Bentuk dari gigi berlubang yaitu berupa rongga atau lubang berwarna hitam, ada juga yang berwarna coklat gelap. Biasanya, lubang tersebut akan berkembang di permukaan gigi bagian geraham belakang dan gigi geraham lainnya. Mengingat tugas dari gigi geraham untuk mengunyah dan menggiling makanan. Tidak jarang hal ini disebabkan karena adanya ulat pada gigi berlubang.…

  • Parenting,  PengalamanKu

    Goldmart Dare to be You, Mengajak Wanita untuk Berani Mengekspresikan Diri

    “Ladies first!” Jika sedang dalam suatu antrian, kemudian ada pengantri perempuan yang mengatakan itu, dalam hati saya ngedumel. Emang ada aturan wanita harus didahulukan? Jika ada lelaki yang mengatakan itu, saya pun ngedumel lagi, saya masih mampu kok berdiri sekian menit bahkan jam untuk mengantri, tak perlu di dahulukan. Sungguh, saya tak suka dengan kalimat itu.Terbiasa berada di lingkungan laki-laki dan tak ada perbedaan perlakuan, membuat saya tak menyukai kalimat itu. Hei, janganlah merendahkan diri kalian. Kita perempuan juga mampu, tak usah minta di dahulukan. Wanita, makhluk kuat yang kadang tak menyadari kekuatannya. Entah karena didikan orang tua, entah karena pengaruh lingkungan, sehingga menerima apa saja anggapan orang di sekitarnya.…

  • KulinerKu,  WisataKu

    Menikmati Sarapan di Santan Restaurant Hotel Horison Ciledug

    Sarapan, rutinitas pagi yang tak boleh dilewatkan. Kebiasaan yang tertanam sejak kecil. Ya, sejak kecil orang tua sudah membiasakan anak-anaknya untuk sarapan terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan di hari itu. Pagi hari, usai mandi dan berganti baju seragam sekolah, maka sarapan hangat sudah menanti di meja makan. Anak-anak akan menikmati sarapan dengan tenang. Kalau jaman dulu, banyak orang yang sarapannya terbiasa dengan nasi. Kebiasaan yang terbawa hingga dewasa, sehingga ada semacam candaan yang mengatakan “Belum sarapan kalau belum makan nasi”. Jadi walau sudah makan bubur, roti, buah, aneka kue, tetap saja bilangnya belum sarapan. Kalau saya sendiri, bukan termasuk orang yang harus makan nasi kala sarapan. Karena dari kecil, terbiasa…

  • BacaanKu,  Parenting

    Film Mahasiswi Baru, Inspirasi untuk Terus Bersemangat Menuntut Ilmu

    “Mbak, ada tawaran beasiswa S3 nih, kamu nggak daftar?” “Terima kasih infonya, Pak. Udah kepala 4 pak, berat buat mikir” Begitulah yang terjadi, setiap kali ada rekan kerja yang menginformasikan bahwa ada tawaran beasiswa. Saya bukannya tak tergoda untuk mendaftar, maju mundur pengen daftar. Namun akhirnya, terlalu banyak menimbang, jadinya sampai batas akhir pendaftaran, saya tak kunjung mengumpulkan persyaratan untuk mendaftar. Sudah tua, biar yang muda-muda saja yang daftar. Begitulah selalu alasan klasik saya. *Kalau soal ginian, saya mengaku tua hehehe…. Tak bisa saya pungkiri, pertambahan usia mempengaruhi kecepatan berpikir saya. Mempengaruhi kecepatan saya dalam menangkap informasi baru, mencerna, apalagi untuk memahami. Kondisi ini lah yang sering membuat saya bimbang,…

  • Parenting

    Keluarga, Titik Awal Suksesnya Gerakan Literasi Nasional

    Gerakan literasi nasional mulai didengungkan oleh pemerintah sejak tahun 2017. Dulu, saya tahunya gerakan ini diberlakukan di sekolah dengan cara memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca buku 15 menit sebelum pelajaran di mulai. Bukunya bebas, tidak harus buku pelajaran sekolah. Namun sekolah banyak memiliki kendala, yaitu terbatasnya bahan bacaan di perpustakaan sekolah. Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti sebuah pelatihan dan salah satu materi yang dibahas adalah masalah gerakan literasi nasional. Ternyata, gerakan literasi nasional itu bukan cuma arahan untuk membaca saja lho, ternyata macamnya ada banyak.

  • Dunia KerjaKu

    Menulis Karya Tulis Ilmiah, Tidak Sulit!

    Hari ini, saya mendadak mendapat tugas untuk mengikuti kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatannya dilakukan di BPMTPK (Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan) yang terletak di Sidoarjo. Kegiatannya sendiri dimulai jam 9, tapi karena jam 8 lewat saya baru dapat kepastian perintah untuk berangkat, jadinya jam 9 baru berangkat. Beruntung ada tol Malang-Surabaya sehingga perjalanan lancar, menjelang pukul 11 saya sampai di lokasi dan langsung bergabung di ruangan. Pembicara pertama adalah Prof Mustaji dari UNESA. Pas saya masuk ruangan sudah masuk sesi tanya jawab. Materinya berkaitan dengan teori tentang karya tulis ilmiah. Foto bersama Prof Mustaji Pembicara kedua adalah Pak Sudirman Siahaan, dari LIPI. Saya sudah beberapa kali…