Belajar Efektif di Ruang Belajar

Bagi anak, belajar seolah menjadi kata yang begitu membosankan. Belajar identik dengan hal yang serius. Padahal, anak juga butuh cara bagaimana agar ia tetap senang dalam kondisi belajar. Masalah yang seringkali ditemukan adalah anak zaman sekarang sangat malas untuk membaca, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh semakin dekatnya mereka dengan hal-hal praktis, semua bisa tanya ke mbah Google. Tapi sebagai orang tua, seringkali saya mempertanyakan apakah hal-hal yang mereka temukan di internet dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selain itu, tidak semua yang ada di internet baik untuk anak, sehingga kadang saya khawatir mereka malah terjerumus ke hal yang tidak-tidak.

Saya pun mencari cara tentang tips belajar efektif untuk anak saya, praktis, aman, dan murah ya tentunya. Saya cari-cari dan akhirnya menemukan ruangguru.com. Saya mendapatkan informasi ini dari teman saya yang sudah menggunakannya sejak lama untuk anaknya. Dari situ, saya diarahkan untuk berlangganan fitur ruang belajar. Setelah itu saya mendiskusikannya dengan anak saya yang masih di bangku SD. Kami pun cukup antusias ketika melihat beberapa video yang ada di official youtube ruang guru, ada beberapa materi belajar, tips belajar efektif, video inspiratif, dan masih banyak lagi yang lain.

 

Kemudian saya kepo tentang ruang belajar, dan di bawah ini adalah yang saya dapatkan setelah berlangganan ruang belajar dari ruangguru.com:

  1. Video Belajar

Ada banyak banget video belajar, ribuan jumlahnya. Yang membuat menarik videonya sangat interaktif, ada soal-soal pembahasan untuk berbagai jenjang yang dibahas bersama Master Teacher dengan durasi yang cukup singkat, jadi anak-anak tidak akan bosan.

  1. Latihan Soal dan Pembahasan

Kadang kita kesulitan untuk mendapatkan latihan soal beserta pembahasannya, nah di ruang belajar ini saya melihat sendiri anak saya yang sering mengerjakan latihan-latihan soal di laptopnya, nilainya langsung keluar, jadi saya bisa melihat perkembangan anak saya.

  1. Rangkuman Berbentuk Infografis

Ini juga yang menarik, rangkumannya dikemas dalam bentuk infografis, sehingga anak-anak akan lebih mudah memahami materi.

Adapun untuk soal harga, bapak ibu tidak perlu khawatir. Di ruang guru sudah disediakan beberapa paket sesuai kemampuan bapak ibu semua. Paket bisa disesuaikan dengan jenjang anak, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga paket untuk anak yang sedang mempersiapkan UN, SBMPTN, dan ujian-ujian lainnya. Harganya mulai dari yang tiga ratus ribuan sampai satu jutaan ada. Nantinya paket akan disesuaikan juga dengan kurikulum di sekolah.

Saya sangat merekomendasikan orang tua di rumah mencoba platform belajar yang satu ini. Selain berisikan tips belajar efektif, materi lengkap, guru atau tutor profesional dan berkualitas, serta harganya murah. Orang tua juga bisa memantau sejauh mana perkembangan anak dari nilai-nilai latihan soal. Semoga tulisan ini bisa membantu bapak ibu di rumah agar anak tidak bingung lagi mencari tips belajar efektif. Selamat mencoba!

24 Comments

Add a Comment
  1. Pernah coba ruang guru ini. Banyak seklai latihan-latihan soalnya ya.
    Berguna sekali saat menjelang ujian, anak-anakku bisa mencoba latihan soal-soal yang ada di situ.

  2. Anak-anakku peserta ruangguru untuk bantu mereka mempersiapkan ujian akhirnya. Alhamdulillah cocok dengan metodanya.

  3. Wah keren banget ya ruangguru ini. Kayaknya bakal jadi option saat anak butuh bimbingan belajar nanti. Apalagi kalau udah soal eisak. Maklum, aku tu paling lemah sama Matatik dan kawan2 sejawatnya, hihihi

  4. Wah, ini metode belajar yg keren banget nih.
    Parents better coba dulu buat buah hati ya

  5. Aplikasi untuk belajar ini membuar anak dapat berlatih dimana saja dan kapan saja ya Mak…

  6. Temen2 anak saya waktu mau UN juga belajarnya lewat ruang guru. Jadi kepo pengen coba juga

  7. Rosanna Simanjuntak

    Beberapa hari lalu aku juga membaca situs ini.
    Bisa dijadikan referensi ya
    Ruangguru(dot)com
    Note…

    Pas aku browsing ke sana, sedang ada promo tuh sampai 30 Juni 2019, hadiah utamanya umroh!

    Juga ada promo-promo lainnya.

    annarosanna(dot)com

  8. Saya lagi tertarik banget sama Ruang Guru. Sedang menimbang-nimbang untuk ikutan ini. Tetapi, memang banyak yang merekomendasikan berdasarkan pengalaman anak-anaknya

  9. aku juga pengen cobain deh platform ini untuk anak-anakku yang kelas 2 SMP dan 3 SD. Menarik soalnya..

  10. Waah aku jadi pengen intip2 juga buat belajar anakku yg masih SD, apalagi ni dia sempet ngomong2 pgn homeschooling

  11. Metode belajar sangat beragam sekarang termasuk belajar secara online. Ruang Guru memang salah satu yang bagus, anak2ku juga suka belajar secara online begini bahkan membeli paket2 belajarnya.

  12. Sekarang ga perlu lg ya beli2 buku latihan soal yg tebel2 tinggal pake aplikasi

  13. Plus harus ada lagu kalo saya mak. Kalo ga ada lagu yang ada tidur wkwk

  14. Penasaran sama ruang guru ini.. Di jaman aku belom ada soalnya.. Sepertinya bagus yaa kak

  15. Sekarang belajar bisa mudah dan menyenangkan yaa mba.. dengan fasilitas2 terbaru

  16. Waduuhh…rugi banget aku baru tau sekarang. Tau gitu kan anakku bisa belajar dengan cara ini ya. Bocah sekarang selalu bilang bosen kalau belajar, memang harus dicarikan cara yang lebih menarik ya.

  17. Ruangguru di jaman kita sekolah dulu belum ada ya.. Seneng deh anak jaman sekarang, belajarnya mudah, ada ruangguru yang menampilkan proses belajar makin mudah. Ada video, ada rangkuman infografis dan tentunya ada penjelasan detail. Jadi belajarnya enggak nanggung, bisa langsung mudeng dan paham anaknya.

  18. anakku pasti seneng nih kalau belajar di ruangguru….dia kan gadget mania…jadi belajar bisa serasa ‘ga belajar’ 🙂

  19. Suamiku malah udah sempat pengen coba ruangguru ini buat belajar anak-anak. Jadi enak kayak Les di rumah ya.

  20. Anak jaman now belajarnya via online gini, asyik banget ya dan dari segi biaya lebih terjangkau. Adikku sudah pakai ini dan dia suka banget.

  21. Anakku juga pakai RUangGuru sekarang untu belajarnya jadi dia gak mau bimbel ke luar katanya maunya di rumah aja

  22. 3 bulan sebelum ujian nasional kemarin anak sulungku juga belajar dengan ruang guru ini. Dia suka banget dengan cara belajarnya. Alhamdulillah hasil ujiannya memuaskan

  23. Rangkuman dalam bentuk infografisnya itu keren, lho. Sangat membantu jadi lebih mudah ngafalin. Lihat materi beberapa lembar itu kan udah cukup mengintimidasi. Serasa perjuangan segitu beratnya padahal belum dimulai. Kalau udah dirangkum jadi infografis selain enak di lihat jadi lebih mudah memahaminya, ya

  24. masya Allah jadi pengen juga nyobain belajar di ruang guru untuk anak-anakku. Dulu zaman anak kelas 6 malah aku ikutan pusing persiapan UN.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis