Belajar Menggunting Ternyata Bisa Melatih Motorik halus Anak, Lho

Memiliki anak balita, memang sebaiknya berhati-hati menaruh benda-benda tajam, termasuk gunting. Jangan sampai terjadi hal tak diinginkan gara-gara anak menemukan dan menggunakan benda tajam tersebut. Eh, tapi ada kalanya anak harus dikenalkan dengan benda tajam lho, salah satunya adalah gunting. Karena ternyata, belajar menggunting bagi anak balita itu bisa melatih motorik halusnya.

Melatih motorik halus
Melatih motorik halus

Motorik Halus vs Motorik Kasar

Ada motorik halus ada motorik kasar, apaan sih ini? Apakah sebangsa bakso halus dan bakso kasar gitu?

Bukaaaannnn

Motorik halus adalah kemampuan tubuh yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi antara mata dengan tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan secara rutin, seperti bermain puzzle, menyusun balok, menggunting.

Sementara itu, motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, atau naik turun tangga.

Nah baik motorik halus maupun motorik kasar ini akan berkembang seiring dengan perkembangan fisik anak. Sedari usia balita, orang tua hendaknya selalu telaten melatih anak untuk bergerak agar motorik halus dan kasarnya berkembang secara optimal

Manfaat Belajar Menggunting bagi Perkembangan Motorik Halus Anak

Sejak usia 3 tahun, Toto mulai sering minta ijin untuk bermain dengan gunting. Kalau sedang longgar, maka saya berikan. Tapi kalau sedang sibuk, saya akan melarangnya.

Saat mengijinkan, saya akan duduk dan mendampinginya. Kami nggak punya gunting khusus untuk anak, jadi ya gunting seadanya yang di rumah dia pakai.

belajar menggunting
Serius membantu Mama menggunting

Ser…ser…. darah pun berdesir kencang, pertanda detak jantung juga makin cepat. Agak takut juga kalau melihat Toto mulai memegang gunting. Soalnya guntingnya lumayan tajam, sementara dia belum terampil menggunakannya.

Pertama dia memegang gunting, maka saya pun ikut memegang juga. Saya tuntun jari jemarinya untuk menggunakan gunting. Kadang dia ngikut aja, kadang berontak juga. Pengennya dia menggunting sendiri, tanpa campur tangan mamanya.

Setelah lancar mengoperasikan gunting, saya kadang membantu dengan memegang benda yang akan digunting. Untuk memudahkan dia dalam proses menggunting.

Ternyata, manfaat menggunting ini lumayan banyak lho buat anak. Ini beberapa manfaat yang saya rasakan dan amati dari kegiatan gunting mengguting bersama Toto

  1. Melatih motorik halus; di bagian atas tadi kan saya tuliskan bahwa motorik halus itu berkaitan dengan koordinasi mata dan tangan. Nah, dengan menggunting mata dan tangan Toto saling berkoordinasi supaya menggunting tepat pada bagian yang diinginkan. Tangan kiri memegang obyek yang akan di gunting, tangan kanan memegang gunting, mata melihat obyek yang akan digunting
  2. Melatih konsentrasi dan kesabaran; walau posisi obyek dan gunting sudah pas, kadang dia tak mendapat hasil sesuai yang diinginkan. Mau buka plastik snack, eh yang tergunting cuma bagian ujungnya, padahal udah pengen banget makan snacknya. Di sini dibutuhkan kesabaran orang tua juga, memotivasinya untuk mencoba menggunting lagi dan menunjukkan bagian mana yang harus di gunting.
  3. Melatih percaya diri; saat dia berhasil menggunting dengan tepat, maka dia akan dapat pujian. Kala guntingannya tak sesuai harapan, sudah berulang kali mencoba, kadang dia jadi putus asa dan menyerahkan pada mamanya. Nah, kalau sampai kejadian kayak gini, orang tua sebaiknya tak langsung mengambil alih, tapi kembali membangkitkan semangatnya untuk mencoba lagi
melatih motorik halus anak
Konsentrasi penuh

Nah, itulah beberapa manfaat belajar menggunting bagi anak.

Sekali lagi, kalau anak bermain dengan gunting, pastikan ada orang dewasa yang mendampingi ya. Bagaimana pun gunting itu kan benda tajam, jadi harus berhati-hati dalam penggunaannya.

38 Comments

  1. Iya dulu pas neng Marwah masih kecil, dia kalau menggunting suka fokus dan konsentrasi, namun tetap harus diawasi yah kadang apa saja bisa digunting hehe,

  2. Adeknya lucu sekaliiii… Saya rasa utk bisa menggunting butuh teknik, keahlian dan tenaga, makanya keren si adek sdh bisa menggunting, tapi memang harus tetap dlm pengawasan orang dewasa kayaknya

  3. Iya pakai gunting khusus anak jadi lebih aman ya…anak2 tak perlu dilatang larang menggunting krn itu bagus utk motorik halus mereka… Jd inget gunting zaman TK dulu…kertas warna warni, lem, ah berkesan banget..

  4. Anakku juga lagi masa masa belajar menggunting mbk. Salah satu cara yang saya ajarkan adalah memegang gunting dengan baik. Saat bermain menggunting saya selalu berada disampingnya, masih takut melepaskan hehr

  5. AKu juga sejak abak-abak kecil beli gunting khusus buat mereka belajar menggunting. Di sekolah TKnya juga selalu diajarkan kegiatan kaya gini

  6. Anak-anakku juga dulu malah aku kenalin dengan gunting, gimana caranya. Dari pada ntar dia penasaran dan ambil gunting di penyimpanan trus nyoba sendiri. Mending diawasi, jadi bisa dikenalkan cara menggunting yang aman

  7. Menggunting memang bagus ya untuk motorik halus, anak saya yang kecil juga udah mulai tertarik nih sama gunting yang suka dipakai kakaknya…

  8. jadi ingat saat pertama kali anakku suka gunting-gunting sekitar usia 3 tahun mbak, dua gunting uang 50rb ya allah. Lucu dan gemes hahaha… untung aja tangannya enggak papa ya, gak marah malah bersyukur karena kalau sampai terluka kan lebih sedih. Sekarang uangnya aku simpan dan dia gak percaya kalau pernah gunting uang, hehe

  9. Biasanya aku mengenalkan gunting pakai gunting anak2 dulu. Nanti usia TK rata2 sudah bisa pakai gunting tajam sih. Cuma mesti diliatin karena kalau udah pandai pakai gunting, bisa apa aja dia gunting :)))

  10. hihihi liat ekspresinya serius banget lagi ngegunting πŸ˜€
    aku seneng main gunting dari kecil. pas smp n sma koleksi gunting bentuk zigzag, bentuk awan. sampe skr masih ada. seneng banget deh πŸ™‚

  11. Jadi anak bisa belajar konsentrasi juga, ya. Karena dia mencoba fokus untuk menggunting. Melihat benda yg akan digunting dan konsentrasi tangannya untuk menjalankan guntingnya.

    Yang terpenting tetep dalam pengawasan orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  12. Salfok sama mamas yang lucu dan bikin gemash!

    Iyea banget menggunting salah satu aktivitas anak yang bermanfaat buat melatih motorik halusnya, selain itu juga melatih konsentrasi dan kesabaran juga

  13. Dulu sebelum mengenalkan pada gunting tajam, aku sedia gunting kertas dulu. Etapi di TK nya anak-anak malah diajari merobek-robek kertas. Awalnya instruksinya terserah, lama-lama anak-anak diajari untuk merobek kertas dengan lurus.

    Baru beralih ke gunting tajam. Dan beneran kak, rasanya darah ini berdesir dengan cepat yaa..
    Seeerr~

  14. Anakku yang kecil nggak mau pakek gunting mainan, Mbak. Jadi langsung gunting beneran kayak gitu. dan bener aja aku deg-deg ser banget. Sekarang korbannya nggak cuma kertas, tapi rambut, taplak meja, ggorden, semua dia gunting bagian pinggirnya.

Leave a Reply to Mugniar Cancel reply