Berikut Beberapa Jenis Investasi dengan Modal Kecil untuk Anda

Memasuki kepala 4, saya mulai memikirkan soal investasi. Iya, kalau dulu punya uang lebih, ya dibiarkan ngendon di tabungan saja. Sewaktu-waktu butuh, tinggal ambil. Namun kini, saya pengen mencoba mikir jauh ke depan. Saya pengen tenang di masa pensiun nanti, tanpa terbebani masalah finansial. Untuk itu, saya harus mulai untuk berinvestasi. Tapi, investasi yang seperti apa?

Mulailah saya mencari-cari informasi, bentuk investasi bagi pemula. Iya, bisa dibilang saya ini pemula dalam hal investasi. Karena pemula, tentunya saya harus banyak belajar, salah satunya dengan banyak bertanya, mencari informasi seputar investasi.

Sebagai dokumentasi hasil belajar saya, biar ilmunya nggak cepat hilang, saya tuliskan saja disini. Kali aja ada yang baru sadar untuk punya investasi, jadi bisa sama-sama belajar.

Dalam pengelolaan portofolio investasi menggunakan strategi aktif dan pasif. Strategi aktif merupakan asumsi dengan pasar modal melakukan kesalahan dalam menentukan harga dan pasif yang didasari asumsi harga sekuritas di pasar ditentukan secara tepat sesuai dengan nilai intrinsiknya atau pasar modal tidak melakukan kesalahan dalam menentukan harga. Seorang investor dalam investasi pemula perlu mengetahui return dan risk. Return atau imbal hasil diperoleh dari hasil investasi yang sesuai ekspektasi di masa datang dan risk merupakan peluang dari tidak tercapainya tujuan investasi karena ketidakpastian.

Untuk menentukan tujuan investasi maka tentukan jangka waktu investasi dan berapa target imbal hasil yang akan dicapai. Investor harus dapat mengetahui karakter dari resiko, besaran dana yang akan diinvestasikan, fleksibilitas investor dan pengetahuan mengenai pasar modal. Motif melakukan investasi adalah keuntungan diinginkan dan tingkat keuntungan setara dengan kesiapan dalam menanggung resiko. Investor dapat menjadi pengambil resiko dengan investasi dan pengembalian sama, menghindar resiko dengan resiko yang kurang dan acuh terhadap resiko yang tidak peduli dengan investasi yang akan diambil.

Berikut adalah jenis investasi terbaik bagi pemula dengan modal kecil:

  • Deposito yang banyak dijadikan pilihan memiliki bunga pendapatan stabil 5% hingga 8% dan tidak perlu repot dalam mengelola investasi.
  • Forex atau valas dengan sistem mudah dan modal ringan dengan janji potensi keuntungan yang besar dan berbanding lurus dengan resiko tinggi.
  • P2P lending dengan modal ringan 100 ribu, nasabah sebagai peminjam modal dan akan mendapatkan bunga 20% untuk hasil investasi dan tidak tersedia jaminan dan perusahaan harus memahami kebijakan.
investasi pemula
Logam mulia (sumber gambar dari ralali)

Selain itu dapat menggunakan logam mulia dengan ukuran besar 100 gram atau paling kecil 0,5 gram. Logam mulia memiliki harga ratusan ribu yang memiliki keuntungan dengan harga stabil dan mengalami peningkatan harga jual dan beli setiap waktu sehingga aman untuk pemula terutama mahasiswa. Reksadana dengan modal yang disetor dikelola oleh manajer investasi dan modal akan disebar dalam beberapa produk yang memiliki resiko lebih rendah dan pastikan memilih perusahaan yang bisa diandalkan.

38 thoughts on “Berikut Beberapa Jenis Investasi dengan Modal Kecil untuk Anda”

  1. Aku alhamdulillah udah pernah nyobain semua, kecuali P2P. Saham pernah, cicil emas pernah, reksadana apalagi, ORI juga pernah. Yaa namanya dulu masih muda, harus melek investasi. Khusus P2P, kita harus selektif, dan kalo gak kepepet banget mending gak usah sih menurutku mba.

  2. Yah, investasi memang harus dicermati mau pilih yang mana dan sudah harus kita pertimbangkan matang benar jika ingin berinvestasi.
    Emas juga bisa pakai cara menabung emas di Pegadaian.Itu semacam cara mencicil beli emas dengan mudah dan ada jaminan.

  3. Kemarin udah coba RD tapi kurang cocok sm MI nya. Sekarang lagi getol nyoba investasi LM nih mba. Ga ada kata terlambat untuk investasi loh menurutku. Yuk mulai sekarang juga.

  4. Sekarang sih aku lagi coba invest emas di Pegadaian Digital, lumayan kan nabung jadi emas LM hehehe. Sama kaya mba Rohyati Sofjan juga tuh 🙂

  5. saran saya, jangan coba-coba main forex tanpa dibekali ilmu analisa yang benar-benar cukup. saya mantan pemain forex, jadi tau betul seluk-beluk mereka yang bergerak di bidang forex.. 🙂

  6. Kita memang perlu berinvestasi mempersiapkan dana pendidikan anak dan dana pensiun. Harus pinter-pinteejuga milih bentuk investasi yang aman untum kita. Jangan sampai tergiur investasi bodong

  7. Investasi memang penting ya untuk dimulai segera. Aku sih investasinya dalam bentuk emas saja. Setiap dapat penghasilan, langsung disisihkan buat menabung emas. Selain itu juga simpan mata uang asing, cuma di waktu-waktu sekarang kurang bagus nih investasi di mata uang asing

  8. Aku pernah nyicil emas tuh. Tapi ternyata stress nyicilnya. Salahku sih, sotoy ambil yang gramnya besar. Udah lunas. Trus engga nyicil apa-apa lagi. Berusaha ngambil seperlunya aja sih dari rekening, udah nabung juga akhirnya.

  9. Waktu dulu saya pertama kali investasi di emas batangan, dimulai dari 1 grm, setiap bulan saya tambah sedikit sedikit, dan alhamdulillah hasilnya bagus, deposito juga pernah dengan saldo awal kecil tapi memang tidak besar keuntungannya.

  10. Investasi berupa emas memang menguntungkan. Salah satunya emas antam. Kadang ada yang invest emas perhiasan. Bonus pakai.
    Tetap saja tak bisa mengalahkan investasi emas antam, yang nilai cicilannya sangat fleksibel.

  11. saya sangat menyukai yang namanya bisnis apalagi mengenai tentang investasi, bsa di bayangkan investasi emas itu dalam jangka panjang cocok banget buat kita yang masih muda ini

  12. Investasi ibarat menanam sayuran yang nanti akan kita petik ketika pengen makan sayur. Hehe.. analogi sederhana, ya? Supaya sayur pas dimakan itu sedap dan menyehatkan, pilih tempat menanam yang bagus, dan sayuran yang memberi banyak manfaat. Selain itu, tentu harus dirawat dan dipelihara. Supaya pas mau dipanen sayur nya benar-benar bikin kita sehat.

  13. Investasi memang harus rutin dilakukan sejak dini, terutama kalau sudah mulai berkeluarga ya. Untuk jadi backup di saat-saat dibutuhkan dan juga nanti saat sudah pensiun.

  14. Mohon maaf jika sedikit berbeda,,

    Untuk saat ini saya pribadi lebih memilih mengatur keuangan keluarga.
    Karena rencana ingin investasi langsung di properti (maaf, dengan cara syariah)

    tetapi apapun itu, sukses selalu.

  15. Syukurlah akhir2 ini masyarakat udah melek investasi termasuk aku. Emang investasi tuh utk jangka panjang, gak bisa langsung ada untung dalam 1 2 bulan.

Leave a Reply to ZEEVORTE Cancel reply