• Parenting

    Keceriaan Anak-anak Kala Bermain di Sawah

    Hari Sabtu, 14 September, saya libur kerja, suami juga sengaja nggak ke sawah, niatnya nemenin anak-anak main di rumah. Pagi saya dan anak-anak ke pasar, belanja mingguan plus cari jajan pasar. Lanjut, suami yang masak, sementara saya menemani anak-anak bermain. Usai masak dan sarapan, gegoleran aja berlima di depan tv. Santai… Usai dhuhur, si bungsu tidur siang, sementara kedua kakaknya mulai asyik dengan gadgetnya, suami juga demikian. Wah, nggak boleh dibiarkan kelamaan ini mereka bertiga asyik dengan gadget masing-masing. Saya pun mengusulkan, buat jalan-jalan ke sawah aja, nanti setelah di bungsu bangun. Jam 2 an, si bungsu bangun, dan langsung antusias begitu dibilangin mau di ajak ke Sawah. Usai persiapan…

  • Parenting

    5 Skill Coach yang harus Dimiliki Orang Tua Jaman Now

    Coach adalah orang yang membantu klien mencapai tujuannya dengan memaksimalkan potensi dari diri klien sendiri. Seorang Coach biasanya mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai media atau jembatan pencapaian tujuan tersebut. Jika orang tua berperan sebagai coach bagi anak-anaknya, berarti orang tua harus memaksimalkan potensi yang ada dalam diri anak untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk bisa memaksimalkan potensi diri anak, tentunya orang tua harus mengetahui dan bisa menggali potensi yang dimiliki anaknya. Nah, disini saya akan membahas 5 ketrampilan yang harus dimiliki orang tua agar bisa berperan sebagai coach bagi putra putrinya.

  • Kesehatan,  Parenting

    Tips Agar Bayi Terhindar dari Ruam Popok

    Kulit bayi cenderung sensitif, apabila kita tidak hati-hati dalam membersihkannya bisa beresiko terluka. Salah satu bagian tubuh bayi yang lumayan sulit dibersihkan adalah area pantat. Memang rada susah untuk menjaga area ini tetap kering dan bersih. Pasalnya pantat yang sering terkena popok basah sehingga sering terjadi iritasi dan ruam. Ruam popok (sumber gambar tribunnews) Namun jangan khawatir karena sekarang ada diaper cream bayi dari Sleek baby yang akan membantu anda mengatasi ruam pada bayi. Pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu lakukanlah hal ini untuk menjaga pantat bayi anda dari ruam popok, diantaranya: 1. Cuci tangan Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mengganti popok sikecil adalah, pastikan…

  • Parenting

    Menjadi Orang Tua Super, sebagai Trainer, Coach dan Terapis

    Tak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Namun pengetahuan tak melulu harus diperoleh dari bangku sekolah kan? Ada banyak sarana untuk belajar bagaimana menjadi orang tua. Pelajaran itu dapat saja diperoleh dari pengalaman sebagai anak, dengan mengamati bagaimana orang tua kita dulu memperlakukan kita. Pelajaran itu dapat diperoleh dari buku, dari teman, tetangga, saudara, bahkan dari anak kita sendiri. Iya, anak yang masih kecil itu, kadang secara tak terduga memberikan banyak pelajaran bagi orang tuanya. Belajar sabar dari bocah 2,5 tahun Nah, dalam rangka belajar menjadi orang tua yang baik, beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti semacam pelatihan untuk menjadi orang tua super. Tema pelatihannya adalah bagaimana peran orang tua…

  • Parenting,  PengalamanKu

    Goldmart Dare to be You, Mengajak Wanita untuk Berani Mengekspresikan Diri

    “Ladies first!” Jika sedang dalam suatu antrian, kemudian ada pengantri perempuan yang mengatakan itu, dalam hati saya ngedumel. Emang ada aturan wanita harus didahulukan? Jika ada lelaki yang mengatakan itu, saya pun ngedumel lagi, saya masih mampu kok berdiri sekian menit bahkan jam untuk mengantri, tak perlu di dahulukan. Sungguh, saya tak suka dengan kalimat itu.Terbiasa berada di lingkungan laki-laki dan tak ada perbedaan perlakuan, membuat saya tak menyukai kalimat itu. Hei, janganlah merendahkan diri kalian. Kita perempuan juga mampu, tak usah minta di dahulukan. Wanita, makhluk kuat yang kadang tak menyadari kekuatannya. Entah karena didikan orang tua, entah karena pengaruh lingkungan, sehingga menerima apa saja anggapan orang di sekitarnya.…

  • BacaanKu,  Parenting

    Film Mahasiswi Baru, Inspirasi untuk Terus Bersemangat Menuntut Ilmu

    “Mbak, ada tawaran beasiswa S3 nih, kamu nggak daftar?” “Terima kasih infonya, Pak. Udah kepala 4 pak, berat buat mikir” Begitulah yang terjadi, setiap kali ada rekan kerja yang menginformasikan bahwa ada tawaran beasiswa. Saya bukannya tak tergoda untuk mendaftar, maju mundur pengen daftar. Namun akhirnya, terlalu banyak menimbang, jadinya sampai batas akhir pendaftaran, saya tak kunjung mengumpulkan persyaratan untuk mendaftar. Sudah tua, biar yang muda-muda saja yang daftar. Begitulah selalu alasan klasik saya. *Kalau soal ginian, saya mengaku tua hehehe…. Tak bisa saya pungkiri, pertambahan usia mempengaruhi kecepatan berpikir saya. Mempengaruhi kecepatan saya dalam menangkap informasi baru, mencerna, apalagi untuk memahami. Kondisi ini lah yang sering membuat saya bimbang,…

  • Parenting

    Keluarga, Titik Awal Suksesnya Gerakan Literasi Nasional

    Gerakan literasi nasional mulai didengungkan oleh pemerintah sejak tahun 2017. Dulu, saya tahunya gerakan ini diberlakukan di sekolah dengan cara memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca buku 15 menit sebelum pelajaran di mulai. Bukunya bebas, tidak harus buku pelajaran sekolah. Namun sekolah banyak memiliki kendala, yaitu terbatasnya bahan bacaan di perpustakaan sekolah. Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti sebuah pelatihan dan salah satu materi yang dibahas adalah masalah gerakan literasi nasional. Ternyata, gerakan literasi nasional itu bukan cuma arahan untuk membaca saja lho, ternyata macamnya ada banyak.

  • Parenting

    Kematian Bapak

    “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya”. (QS Ali Imran : 145). Setiap hamba Allah akan meninggal dengan sepengetahuan dan atas izin Nya, tidak ada yang mampu menentukan kapan dan cara kematiannya sendiri. Sebab merupakan sebuah ketetapan yang hanya diketahui oleh Allah sebagai pencipta nya. “Keluarga bapak Suroto!” Perawat yang baru saja membuka pintu ruang ICU memanggil keluarga pasien. Bapak Suroto, itu kan nama bapak. Saya, kakak pertama dan suami yang lokasi duduknya agak jauh dari pintu ruang ICU bergegas berlari. Sementara ibu saya yang saat itu sedang dekat dengan pintu ICU, karena baru saja dari toilet, melambai-lambaikan tangannya, menyuruh kami…

  • Kesehatan,  Parenting

    Mendadak Sunat dengan Metode LEM

    Abis lebaran ini, baca status beberapa teman di FB tentang anak lelakinya yang minta di sunat. Ada yang seneng karena si anak sendiri yang meminta, tanpa paksaan. Ada yang deg deg an karena merasa nggak siap lihat anak di “operasi”. Ada pula yang masih memikirkan biayanya. Saya sendiri, memang nggak posting tentang anak di sunat di FB, tapi alhamdulillah sudah melaluinya. Iya, babang sudah di sunat tanggal 3 Juni kemarin, beberapa hari menjelang Idul Fitri. Mau lebaran kok malah di sunat sih? Nggak kasihan tuh pas lebaran, semua senang-senang dan dianya cuma bisa duduk di rumah aja? Kasihan juga sebenarnya. Tapi karena kondisi yang mengharuskan demikian. Makanya judulnya mendadak sunat.…

  • Parenting

    Model Baju Bayi Paling Nyaman Digunakan

    Bayi yang sudah memiliki usia tentu dapat menggunakan baju. Penggunaan baju yang tepat akan sangat membantu untuk memberikan rasa nyaman. Saat baju yang digunakan nyaman, bayi juga jauh lebih tenang. Model baju bayi harus dipilih dengan tepat. Jadi, para orang tua perlu untuk mengetahuinya. Artikel dibawah ini akan merekomendasikan model baju bayi yang nyaman digunakan.   Pakaian yang digunakan tentulah harus sesuai pada ukuran bayi. Selain itu, model yang tepat juga cukup membantu agar pakaian cocok. Dipasaran, banyak sekali model baju untuk bayi yang di jual bebas. Jadi, anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bayi. Pastikan, model yang dipilih sesuai dan cocok digunakan. Ingin tahu model apa saja…