• Kesehatan,  Parenting

    5 Tanda Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

    Cuaca pada saat ini sedang tidak menentu, terkadang panas dan terkadang dingin. Untuk itu, tubuh harus dipersiapkan dengan segala kondisi. Jika pada cuaca dingin, banyak orang-orang yang mengalami alergi hawa dingin. Alergi dingin tentu harus diwaspadai oleh semua orang. Karena,sangat mengganggu bagi setiap orang yang mengidapnya serta tidak nyaman ketika alergi dingin tersebut timbul. Tingkat keparahan dari gejala alergi dingin untuk masing-masing orang berbeda. Bagi sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, tekanan darah menjadi rendah, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, pahami gejala atau tanda-tanda Anda terserang alergi agar menemukan pencegahannya. Tanda atau Gejala Alergi dingin Di bawah ini adalah tanda-tanda yang bisa diketahui untuk mengetahui bahwa…

  • Parenting,  Teknologi

    Belajar Efektif di Ruang Belajar

    Bagi anak, belajar seolah menjadi kata yang begitu membosankan. Belajar identik dengan hal yang serius. Padahal, anak juga butuh cara bagaimana agar ia tetap senang dalam kondisi belajar. Masalah yang seringkali ditemukan adalah anak zaman sekarang sangat malas untuk membaca, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh semakin dekatnya mereka dengan hal-hal praktis, semua bisa tanya ke mbah Google. Tapi sebagai orang tua, seringkali saya mempertanyakan apakah hal-hal yang mereka temukan di internet dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selain itu, tidak semua yang ada di internet baik untuk anak, sehingga kadang saya khawatir mereka malah terjerumus ke hal yang tidak-tidak. Saya pun mencari cara tentang tips belajar efektif untuk anak saya, praktis,…

  • Parenting

    Ramadhanku Kali ini Berjauhan dengan Kedua Anakku

    Menjalani puasa tanpa anak-anak, ternyata begini rasanya. Sepi. Sepi kala berbuka maupun kala sahur. Kala berbuka, tak banyak yang perlu dipersiapkan. Anak-anak tak ada. Jadi cukup masak nasi, sayur dan lauk ala kadarnya. Menu berbuka ini, dipanasi lagi kala waktu makan sahur. Dipanasi lagi waktu buka keesokan harinya. Dipanasi lagi kala waktu sahur. Begitu sampai tiga hari dan saya serta suami mulai bosan dengan menunya. Jadilah selanjutnya saya masak nasi saja, sayur dan lauk beli di pasar takjil dadakan yang letaknya tak jauh dari rumah. Kala sahur, saya bisa bangun mepet aja dengan waktu imsak. Cukup bangunkan suami dan bikin kopi. Tak repot lagi bolak-balik masuk kamar anak-anak dan berusaha…

  • Parenting

    Sentuhan Cinta Membuat Bayi Tenang dan Tidur Lelap

    2009, saya melahirkan anak pertama. Kala itu saya nggak berani memegang bayi ringkih itu. Saya memegangnya hanya saat menyusui, itupun tak secara langsung, si bayi beralaskan bantal. Saat hendak menyusu, ibu saya menaruh bayi dipangkuan saya, saat dia sudah kenyang, ibu saya mengambil bayi itu dan menaruhnya kembali di kasur. Urusan memandikan bayi, dilakukan ibu dan suami saya. Ibu juga yang mengenalkan saya tentang memijat bayi. Duh pegang aja nggak berani, bagaimana pula buat memijat. Jadi biasanya, lagi lagi saya duduk manis, menyelonjorkan kaki. Ibu menaruh bayi dipangkuan saya, lalu pelan-pelan ibu memijat bayi saya (lebih tepatnya sih mengelus-elus dengan lembut) hingga bayi saya tertidur. Wah rupanya, bayi pun seneng…

  • Parenting

    Tips Mengatasi Sibling Rivalry pada Kakak Adik yang Usianya Berdekatan

    Pagi ini kembali si kakak mendorong adiknya hingga jatuh terduduk dan menangis. Si kakak¬† ingin meminta mainan yang dipegang adiknya, namun tidak dikasih. Lantas direbutlah mainan itu dan si adik di dorong. Entah kenapa, dari kemarin si kakak hobby banget merebut mainan adiknya. Padahal biasanya, dia selalu mengajak adiknya untuk bertukar mainan. Memberikan mainan yang sedang dipegangnya pada adiknya lalu meminta mainan yang dipegang adiknya, jika dia merasa lebih tertarik pada mainan yang dipegang adiknya. Wah, pasti ada sesuatu yang tak beres, demikian saya menduga. Jika saya bela si adik dengan membantunya bangun lantas menggendongnya, maka si kakak segera meletakkan mainan yang direbutnya tadi, lantas mengangkat kedua tangannya minta di…

  • Parenting

    Stop Memberi Label Negatif pada Anak

    Suatu kali ada adik sepupu saya main ke rumah. Tak butuh waktu lama baginya untuk bisa akrab dengan anak-anak. Mulailah dia dan anak-anak bermain, sementara saya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga. Tiba-tiba kakak menyusul saya ke dapur, mukanya cemberut dan lalu menangis. Eh, ada apa ini. Kalau berantem, biasanya adiknya yang nangis, kok ini malah kakaknya. Saya tengok adiknya, masih ketawa-ketawa bercanda dengan sepupu. Saya pun segera menghentikan pekerjaan dan memeluk si kakak, berharap tangisnya segera reda. Setelah si kakak tenang, saya pun bertanya kenapa dia menangis. Dengan terbata-bata si kakak bercerita, kalau barusan sepupu saya menyebut bahwa kakak nakal karena godain adiknya sampai si adik nyaris menangis. Mendengar cerita…

  • Parenting

    Manfaat Bermain Dakon bagi Anak

    Jaman saya kecil dulu, seneng banget mengumpulkan biji sawo kecik. Biji sawo ini setelah di cuci bersih, dikeringkan, lalu digunakan untuk bermain. Nama permainannya adalah dakon. Ada yang jaman kecilnya suka bermain dakon juga? Dakon dimainkan oleh 2 orang. Menggunakan media berupa sebuah papan yang diberi cekungan.¬† Cekungan kecil berjumlah 14 dan cekungan besar berjumlah 2. Biji dakon berjumlah 98, bisa menggunakan biji sawo kecik, kerikil atau juga cangkang kerang kecil. Cara memainkannya adalah, di masing-masing cekungan kecil di isi dengan 7 biji dakon. Setiap pemain akan mengambil biji dakon dari salah satu cekungan, lalu mengedarkannya ke cekungan kecil lain beserta 1 cekungan besar miliknya. Jika biji dakon di genggaman…

  • Parenting

    Mengajarkan Anak Mencintai Alam dengan Bermain di Sawah

    Sawah, bagi yang tinggal di perkotaan mungkin sudah jarang menemuinya. Makanya anak-anak kota bakal senang sekali kalau diajak main ke sawah. Terbukti, sering lihat postingan di media sosial, anak-anak yang sedang outing class dan diajak ke sawah wajahnya ceria semua. Bagi saya yang tinggal di desa, aktivitas ke sawah itu sudah jadi menu keseharian kami. Anak-anak sudah biasa lihat para petani kalau pagi membawa cangkul maupun sabit menuju sawah. Bahkan, anak-anak pun terbiasa main di sawah. Mengajak anak ke sawah, merupakan salah satu cara untuk mengajarkan mereka agar mencintai alam. Di sawah, mereka tak hanya bermain, namun juga belajar. Dan ini lah beberapa aktivitas menarik yang dilakukan anak-anak di sawah.…

  • Parenting

    Berhentilah Menyuruh Anak Berbuat Baik

    Berhenti menyuruh anak berbuat baik? Duh, emak ini gimana sih, kok sarannya begitu. Mulut sampai capek karena cerewet menyuruh mereka berbuat baik aja, kadang anak-anak itu masih mengabaikan. Bagaimana pula jika emaknya ini nggak cerewet selalu mengingatkan? Eheemmm… tenang. Jaga hati, jaga emosi. Baca dulu sampai habis, baru nanti kita bisa diskusi lebih lanjut tentang judul tulisan ini. OK? Jadi gini ya. Saya itu kan kalau sabtu minggu nggak ngantor. Terus saya membolehkan diri sendiri untuk nggak usah mandi pagi-pagi kalau sedang hari libur. Mandinya ntar siang aja, menjelang dhuhur. Kadang juga cuma sekali itu mandinya, sore nggak usah mandi lagi. Lagian kan saya nggak kemana-mana, cuma dirumah aja hari…

  • Parenting

    Melatih Anak untuk Hidup Adaptif

    Suatu kali, tetangga saya berucap begini “Anak sekarang itu terlalu dimanja, apa-apa dituruti, nggak pernah diajari hidup susah” Ucapan itu, ditujukan pada cucunya, yang menurut pengamatannya terlalu dimanja. Setiap minta mainan selalu dituruti, minta makan ini itu juga dituruti. Awalnya tetangga saya ini masih suka menegur anaknya, agar tak setiap permintaan cucunya dituruti. Tapi setiap kali menegur, malah sering berakhir dengan perdebatan diantara mereka, akhirnya tetangga saya memilih diam saja, menyimpan kedongkolan. Kalau ada teman ngobrol, barulah dia mengungkapkan kedongkolannya itu, seperti saat ada kesempatan untuk ngobrol dengan saya saat ini. Saya, seperti biasa, mendengarkan saja. Tak ingin berkomentar apa-apa, karena memang tak tahu benar situasinya seperti apa. Hanya mendengar…