• Parenting

    Keluarga, Titik Awal Suksesnya Gerakan Literasi Nasional

    Gerakan literasi nasional mulai didengungkan oleh pemerintah sejak tahun 2017. Dulu, saya tahunya gerakan ini diberlakukan di sekolah dengan cara memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca buku 15 menit sebelum pelajaran di mulai. Bukunya bebas, tidak harus buku pelajaran sekolah. Namun sekolah banyak memiliki kendala, yaitu terbatasnya bahan bacaan di perpustakaan sekolah. Beberapa hari yang lalu, saya mengikuti sebuah pelatihan dan salah satu materi yang dibahas adalah masalah gerakan literasi nasional. Ternyata, gerakan literasi nasional itu bukan cuma arahan untuk membaca saja lho, ternyata macamnya ada banyak.

  • Parenting

    Kematian Bapak

    “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya”. (QS Ali Imran : 145). Setiap hamba Allah akan meninggal dengan sepengetahuan dan atas izin Nya, tidak ada yang mampu menentukan kapan dan cara kematiannya sendiri. Sebab merupakan sebuah ketetapan yang hanya diketahui oleh Allah sebagai pencipta nya. “Keluarga bapak Suroto!” Perawat yang baru saja membuka pintu ruang ICU memanggil keluarga pasien. Bapak Suroto, itu kan nama bapak. Saya, kakak pertama dan suami yang lokasi duduknya agak jauh dari pintu ruang ICU bergegas berlari. Sementara ibu saya yang saat itu sedang dekat dengan pintu ICU, karena baru saja dari toilet, melambai-lambaikan tangannya, menyuruh kami…

  • Kesehatan,  Parenting

    Mendadak Sunat dengan Metode LEM

    Abis lebaran ini, baca status beberapa teman di FB tentang anak lelakinya yang minta di sunat. Ada yang seneng karena si anak sendiri yang meminta, tanpa paksaan. Ada yang deg deg an karena merasa nggak siap lihat anak di “operasi”. Ada pula yang masih memikirkan biayanya. Saya sendiri, memang nggak posting tentang anak di sunat di FB, tapi alhamdulillah sudah melaluinya. Iya, babang sudah di sunat tanggal 3 Juni kemarin, beberapa hari menjelang Idul Fitri. Mau lebaran kok malah di sunat sih? Nggak kasihan tuh pas lebaran, semua senang-senang dan dianya cuma bisa duduk di rumah aja? Kasihan juga sebenarnya. Tapi karena kondisi yang mengharuskan demikian. Makanya judulnya mendadak sunat.…

  • Parenting

    Model Baju Bayi Paling Nyaman Digunakan

    Bayi yang sudah memiliki usia tentu dapat menggunakan baju. Penggunaan baju yang tepat akan sangat membantu untuk memberikan rasa nyaman. Saat baju yang digunakan nyaman, bayi juga jauh lebih tenang. Model baju bayi harus dipilih dengan tepat. Jadi, para orang tua perlu untuk mengetahuinya. Artikel dibawah ini akan merekomendasikan model baju bayi yang nyaman digunakan.   Pakaian yang digunakan tentulah harus sesuai pada ukuran bayi. Selain itu, model yang tepat juga cukup membantu agar pakaian cocok. Dipasaran, banyak sekali model baju untuk bayi yang di jual bebas. Jadi, anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan bayi. Pastikan, model yang dipilih sesuai dan cocok digunakan. Ingin tahu model apa saja…

  • Kesehatan,  Parenting

    5 Tanda Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

    Cuaca pada saat ini sedang tidak menentu, terkadang panas dan terkadang dingin. Untuk itu, tubuh harus dipersiapkan dengan segala kondisi. Jika pada cuaca dingin, banyak orang-orang yang mengalami alergi hawa dingin. Alergi dingin tentu harus diwaspadai oleh semua orang. Karena,sangat mengganggu bagi setiap orang yang mengidapnya serta tidak nyaman ketika alergi dingin tersebut timbul. Tingkat keparahan dari gejala alergi dingin untuk masing-masing orang berbeda. Bagi sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, tekanan darah menjadi rendah, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, pahami gejala atau tanda-tanda Anda terserang alergi agar menemukan pencegahannya. Tanda atau Gejala Alergi dingin Di bawah ini adalah tanda-tanda yang bisa diketahui untuk mengetahui bahwa…

  • Parenting,  Teknologi

    Belajar Efektif di Ruang Belajar

    Bagi anak, belajar seolah menjadi kata yang begitu membosankan. Belajar identik dengan hal yang serius. Padahal, anak juga butuh cara bagaimana agar ia tetap senang dalam kondisi belajar. Masalah yang seringkali ditemukan adalah anak zaman sekarang sangat malas untuk membaca, hal ini salah satunya dipengaruhi oleh semakin dekatnya mereka dengan hal-hal praktis, semua bisa tanya ke mbah Google. Tapi sebagai orang tua, seringkali saya mempertanyakan apakah hal-hal yang mereka temukan di internet dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Selain itu, tidak semua yang ada di internet baik untuk anak, sehingga kadang saya khawatir mereka malah terjerumus ke hal yang tidak-tidak. Saya pun mencari cara tentang tips belajar efektif untuk anak saya, praktis,…

  • Parenting

    Ramadhanku Kali ini Berjauhan dengan Kedua Anakku

    Menjalani puasa tanpa anak-anak, ternyata begini rasanya. Sepi. Sepi kala berbuka maupun kala sahur. Kala berbuka, tak banyak yang perlu dipersiapkan. Anak-anak tak ada. Jadi cukup masak nasi, sayur dan lauk ala kadarnya. Menu berbuka ini, dipanasi lagi kala waktu makan sahur. Dipanasi lagi waktu buka keesokan harinya. Dipanasi lagi kala waktu sahur. Begitu sampai tiga hari dan saya serta suami mulai bosan dengan menunya. Jadilah selanjutnya saya masak nasi saja, sayur dan lauk beli di pasar takjil dadakan yang letaknya tak jauh dari rumah. Kala sahur, saya bisa bangun mepet aja dengan waktu imsak. Cukup bangunkan suami dan bikin kopi. Tak repot lagi bolak-balik masuk kamar anak-anak dan berusaha…

  • Parenting

    Sentuhan Cinta Membuat Bayi Tenang dan Tidur Lelap

    2009, saya melahirkan anak pertama. Kala itu saya nggak berani memegang bayi ringkih itu. Saya memegangnya hanya saat menyusui, itupun tak secara langsung, si bayi beralaskan bantal. Saat hendak menyusu, ibu saya menaruh bayi dipangkuan saya, saat dia sudah kenyang, ibu saya mengambil bayi itu dan menaruhnya kembali di kasur. Urusan memandikan bayi, dilakukan ibu dan suami saya. Ibu juga yang mengenalkan saya tentang memijat bayi. Duh pegang aja nggak berani, bagaimana pula buat memijat. Jadi biasanya, lagi lagi saya duduk manis, menyelonjorkan kaki. Ibu menaruh bayi dipangkuan saya, lalu pelan-pelan ibu memijat bayi saya (lebih tepatnya sih mengelus-elus dengan lembut) hingga bayi saya tertidur. Wah rupanya, bayi pun seneng…

  • Parenting

    Tips Mengatasi Sibling Rivalry pada Kakak Adik yang Usianya Berdekatan

    Pagi ini kembali si kakak mendorong adiknya hingga jatuh terduduk dan menangis. Si kakak  ingin meminta mainan yang dipegang adiknya, namun tidak dikasih. Lantas direbutlah mainan itu dan si adik di dorong. Entah kenapa, dari kemarin si kakak hobby banget merebut mainan adiknya. Padahal biasanya, dia selalu mengajak adiknya untuk bertukar mainan. Memberikan mainan yang sedang dipegangnya pada adiknya lalu meminta mainan yang dipegang adiknya, jika dia merasa lebih tertarik pada mainan yang dipegang adiknya. Wah, pasti ada sesuatu yang tak beres, demikian saya menduga. Jika saya bela si adik dengan membantunya bangun lantas menggendongnya, maka si kakak segera meletakkan mainan yang direbutnya tadi, lantas mengangkat kedua tangannya minta di…

  • Parenting

    Stop Memberi Label Negatif pada Anak

    Suatu kali ada adik sepupu saya main ke rumah. Tak butuh waktu lama baginya untuk bisa akrab dengan anak-anak. Mulailah dia dan anak-anak bermain, sementara saya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah tangga. Tiba-tiba kakak menyusul saya ke dapur, mukanya cemberut dan lalu menangis. Eh, ada apa ini. Kalau berantem, biasanya adiknya yang nangis, kok ini malah kakaknya. Saya tengok adiknya, masih ketawa-ketawa bercanda dengan sepupu. Saya pun segera menghentikan pekerjaan dan memeluk si kakak, berharap tangisnya segera reda. Setelah si kakak tenang, saya pun bertanya kenapa dia menangis. Dengan terbata-bata si kakak bercerita, kalau barusan sepupu saya menyebut bahwa kakak nakal karena godain adiknya sampai si adik nyaris menangis. Mendengar cerita…