Hal Penting Saat Merawat Bayi Yang Harus Diketahui Orangtua

Kehadiran sang buah hati menjadi momen yang paling ditunggu bagi setiap pasangan. Merawat bayi yang baru lahir memang bukan perkara mudah, bahkan bagi orang tua yang sudah memiliki anak sebelumnya.

Beberapa bulan pertama bisa menjadi waktu-waktu yang melelahkan. Bagi pasangan yang menjadi orang tua untuk pertama kali, mereka akan mendapatkan banyak saran dan nasihat dari siapa pun tentang cara merawat bayi baru lahir.

merawat bayi

Untuk meringankan Anda dalam merawat bayi baru lahir, berikut kami berikan beberapa cara merawat bayi baru lahir yang bisa diikuti oleh orangtua.

Mandi

Memandikan bayi yang baru lahir adalah tugas yang sulit. Kebutuhan mandi biasanya diberikan 2-6 jam setelah lahir pada bayi yang sehat dengan berat lebih dari 2.500 g. Namun, mandi bisa ditunda dulu dalam situasi tertentu seperti musim dingin. Pada bayi yang memiliki berat yang rendah, mandi sebaiknya ditunda sampai tali pusat terlepas.

Pastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapan mandi dan ganti sebelum Anda membawa bayi untuk mandi. Waktu mandi sebelum tidur membantu bayi tidur lebih nyenyak. Anda membutuhkan bak mandi bayi, air hangat, sabun mandi bayi yang lembut, washlap, handuk lembut, lotion atau krim bayi, popok baru, dan pakaian bayi baru.

Menyusui

Sangat penting untuk menyusui bayi tepat waktu. Bayi baru lahir harus diberi makan setiap 2 hingga 3 jam, yang berarti Anda perlu menyusui 8 sampai 12 kali dalam 24 jam. Melansir dari situs parenting.firstcry.com, bayi harus diberi ASI selama 6 bulan pertama.

ASI mengandung nutrisi penting dan antibodi yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bayi. Rawat bayi setidaknya selama 10 menit. Pegang payudara di dekat bibir bayi Anda sampai dia menempel dengan kuat dan mulai mengisap. Jika bayi menyusu dengan benar, ibu tidak akan merasakan nyeri di putingnya. Isi payudara akan terasa berkurang setelah bayi selesai menyusu. Ini merupakan indikasi bahwa bayi mendapatkan ASI yang cukup.

Menggendong Bayi

Cara merawat bayi baru lahir yang ketiga adalah ketika menggendong bayi. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menopang kepala dan leher bayi Anda dengan satu tangan saat menggendongnya. Ini karena otot lehernya belum cukup kuat untuk menahan kepala secara mandiri.

Tulang punggung juga masih dalam proses pertumbuhan untuk menjadi lebih kuat. Leher akan mampu menopang kepala dengan sendirinya hanya setelah usia 3 bulan. Jadi perhatikan untuk menopang kepala dan leher bayi Anda saat merawat bayi yang baru lahir.

Perawatan Puntung Tali Pusar

Cara merawat bayi baru lahir yang keempat adalah saat merawat puntung tali pusar. Ini adalah hal penting yang harus dilakukan pada bulan pertama. Mandikan bayi 2-6 jam setelah melahirkan dengan air hangat. Jaga area pusar tetap bersih dan kering.

Jaga agar popok bayi terlipat agar tunggulnya bisa mengering. Disinfeksi tangan Anda sebelum menangani area pusar. Untuk membersihkan, gunakan kain lembab dan keringkan dengan kain penyerap yang bersih.

Mengganti Popok

Sering mengganti popok merupakan aspek penting saat merawat bayi yang baru lahir. Jika bayi Anda mendapatkan ASI yang cukup, ia akan mengompol setidaknya 6 hingga 8 popok dalam sehari, bersamaan dengan buang air besar secara teratur. Gantilah popoknya sesering mungkin, segera setelah terasa penuh.

Anda bahkan mungkin harus menggantinya setidaknya 10 kali sehari. Untuk mengganti popok kotor, Anda memerlukan sprei ganti, tisu popok lembut, krim ruam popok atau bedak bayi dan popok baru. Untuk mencegah ISK, seka bayi Anda dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan. Biarkan bayi Anda tetap tanpa popok selama beberapa jam setiap hari.

popok bayi baru lahir

Karena kulit bayi yang sangat sensitif, maka gunakanlah popok bayi baru lahir yang memiliki permukaan lembut, sirkulasi udara baik, daya serap tinggi agar kult bayi tak lembab dan timbul ruam popok. Gunakanlah Popok Merries yang memberikan kenyamanan untuk bayi Anda.

31 comments

  1. Artikel bunda buat saya teringat waktu anak kedua baru lahir. Memandikannya saat masih bayi merah bener-bener jadi momen bonding. Setiap kulitnya kena air dia langsung reflek minta didekapπŸ₯°πŸ₯°

    1. benar banget mbak, pilih popok itu salah satu hal penting yg harus diperhatikan saat anak masih bayi ya
      pastikan kita memilih popok yg tepat agar anak merasa nyaman beraktivitas, ya seperti popo Merries ini

  2. Popok Merries ini keren ya?

    punya indikator popok penuh jadi anak merasa nyaman

    gak terkena ruam karena kebablasan popok penuh

  3. Merawat bayi ini memang gampang-gampang susah ya. Walopun kita udah punya pengalaman pada anak sebelumnya, ketika punya bayi lagi rasanya blank lagi deh. πŸ˜€

    1. Btw, diaper ini membantu banget ya buat para ibu. Kalo lagi musim hujan, Dan popok kain habis, diaper jadi penyelamat.

  4. Mengurus bayi itu memang agak sulit ya … walaupun sudah berpengalaman, karena setiap bayi itu berbeda beda jadi kita enjoy dengan penuh kasih sayang dalam hal merawat bayi. terima kasih kakak sharing-nya

  5. Weh iya lo.. berkali kali saya ganti popok anak anak baru lahir, biar gak iritasi juga. Alhamdulillah selama punya bayi saya nggak kesulitan ngerawat mereka dari bayi πŸ™‚

  6. Aku yang belum punya bayi membaca dengan seksama postingan ini dan mengingatnya sebisa mungkin.

    Nyicil beli popok aja apa ya dari sekarang biar ga kaget. hahahaha.

  7. Jadi inget waktu pertama kali melahirkan anak pertama, aku masih bingung, gak berani mandikan bayinya sampai tali pusar copot haha. Masalah popok anak juga, memang harus cari yang nyaman dipakai biar kulit bayi gak iritasi ya.

  8. Jadi inget waktu pertama kali punya bayi bener-bener nggak tahu cara mandiin, posisi menyusui keliru dan salah memilih popok hehehe. Jadi yang ngurusin bayiku sampai umur 2 minggu itu mamaku hehehe. Jadi info seperti ini bermanfaat banget buat calon new mom.

  9. Inget waktu anak pertama dulu semuanya rada blank. Aplg soal menyusui. Pernah asi kering banget gegara salah minum obat wkwk. Btw, popoknya sm nih. Aku jg pakein merries buat anak

  10. Waktu tali pusar belum copot aku minta paraji deket rumah buatbmandiin mba karena ngeri hehehe selepas copot kumandiin sendjri deh btw popok merries ini emang bagus lih

  11. Aku dulu pas anak pertama takut banget mandiinnya. Setelah anak pertama udah nggak takut lagi πŸ˜†
    Tapi memang pas baru habis lahiran masih lelah tenaganya..penting popok yg nyaman selalu supaya nggak ruam

  12. Banyak hal memang yang harus dipelajari dan disiapkan ya.. Nah popok ini emang salah satunya yang wajib sedia..hehe.. Bukan karena malas..tapi memang lebih praktis dan nyaman buat bayi juga.

  13. Meski sudah pernah melahirkan, tiap ketemu newborn aku tuh ragu Dan penuh kekhawatiran. Awalnya ga berani mandikan. Itu bagian ibuku aja deh. Tapi lama-kelamaan ya perlu belajar karena kasihan kalau ibuku harus nungguin bayi terus

  14. Aku jadi pengin punya bayi lagi mbak, btw kalau aku ingat-ingat aku tuh awal mandiin anak tuh setelah tali pusarnya lepas mbak, mungkin anak pertama gak punya pengalaman sama sekali..

  15. Awal jd ibu memang agak kagok ttg merawat bayi, apalagi jauh dr keluarga, tapi kyk insting gtu lama2 bisa sendiri ya
    Apalagi zaman now banyak media buat belajar gmn cara merawat bayi di usia2 awal.
    Anakku dulu awal2 lahir jg pakai pospak.

  16. Ibuku amazing waktu anakku lahir. Karena perawatan tali pusar zaman sekarang lebih canggih, katanya.
    Tapi tetap kudu diperhatikan kebersihannya dan extra hati-hati.

  17. 5 hal yang me jadi dasar dalam merawat batik, sudh tanggung jwab ortunya.
    Aku jadi inget, suka banget ngasih ponakan bayi akuu

  18. Terima kasih ilmunya kak. Jadipaham bagaimana mengasih bayi yg baru lahir. Kadang sering lihat saudara juga kl lagi lahiran dan merawat bayinya.

  19. bener banget nih mbak nanik. Pengetahuan ini harusnya diketahui calon mama juga agar mereka punya bayangan gimana nanti setelah anaknya lahir ya. Ya kalau dulu mah ada dukun bayi yang merawat, kalau sekarang ada gugel dan bisa browsing cara merawat bayi tuh gimana ya kan?

  20. Jadi inget waktu punya anak pertama kali, semua harus dipelajari. Termasuk untuk urusan kapan waktunya si bayi minta susu dan bagaimana caranya mengeendong yang benar

  21. Popok kecintaan aku nih, sampai sekarang anak ketiga always pake Merries, hihi. Soalnya lembut dan anti ruam deh pokoknya. Bayi nyaman, nggak rewel dan ibupun tenang~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *