Hal Penting Saat Merawat Bayi Yang Harus Diketahui Orangtua




Kehadiran sang buah hati menjadi momen yang paling ditunggu bagi setiap pasangan. Merawat bayi yang baru lahir memang bukan perkara mudah, bahkan bagi orang tua yang sudah memiliki anak sebelumnya.

Beberapa bulan pertama bisa menjadi waktu-waktu yang melelahkan. Bagi pasangan yang menjadi orang tua untuk pertama kali, mereka akan mendapatkan banyak saran dan nasihat dari siapa pun tentang cara merawat bayi baru lahir.

merawat bayi

Untuk meringankan Anda dalam merawat bayi baru lahir, berikut kami berikan beberapa cara merawat bayi baru lahir yang bisa diikuti oleh orangtua.

Mandi

Memandikan bayi yang baru lahir adalah tugas yang sulit. Kebutuhan mandi biasanya diberikan 2-6 jam setelah lahir pada bayi yang sehat dengan berat lebih dari 2.500 g. Namun, mandi bisa ditunda dulu dalam situasi tertentu seperti musim dingin. Pada bayi yang memiliki berat yang rendah, mandi sebaiknya ditunda sampai tali pusat terlepas.

Pastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapan mandi dan ganti sebelum Anda membawa bayi untuk mandi. Waktu mandi sebelum tidur membantu bayi tidur lebih nyenyak. Anda membutuhkan bak mandi bayi, air hangat, sabun mandi bayi yang lembut, washlap, handuk lembut, lotion atau krim bayi, popok baru, dan pakaian bayi baru.

Menyusui

Sangat penting untuk menyusui bayi tepat waktu. Bayi baru lahir harus diberi makan setiap 2 hingga 3 jam, yang berarti Anda perlu menyusui 8 sampai 12 kali dalam 24 jam. Melansir dari situs parenting.firstcry.com, bayi harus diberi ASI selama 6 bulan pertama.

ASI mengandung nutrisi penting dan antibodi yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bayi. Rawat bayi setidaknya selama 10 menit. Pegang payudara di dekat bibir bayi Anda sampai dia menempel dengan kuat dan mulai mengisap. Jika bayi menyusu dengan benar, ibu tidak akan merasakan nyeri di putingnya. Isi payudara akan terasa berkurang setelah bayi selesai menyusu. Ini merupakan indikasi bahwa bayi mendapatkan ASI yang cukup.

Menggendong Bayi

Cara merawat bayi baru lahir yang ketiga adalah ketika menggendong bayi. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda menopang kepala dan leher bayi Anda dengan satu tangan saat menggendongnya. Ini karena otot lehernya belum cukup kuat untuk menahan kepala secara mandiri.

Tulang punggung juga masih dalam proses pertumbuhan untuk menjadi lebih kuat. Leher akan mampu menopang kepala dengan sendirinya hanya setelah usia 3 bulan. Jadi perhatikan untuk menopang kepala dan leher bayi Anda saat merawat bayi yang baru lahir.

Perawatan Puntung Tali Pusar

Cara merawat bayi baru lahir yang keempat adalah saat merawat puntung tali pusar. Ini adalah hal penting yang harus dilakukan pada bulan pertama. Mandikan bayi 2-6 jam setelah melahirkan dengan air hangat. Jaga area pusar tetap bersih dan kering.

Jaga agar popok bayi terlipat agar tunggulnya bisa mengering. Disinfeksi tangan Anda sebelum menangani area pusar. Untuk membersihkan, gunakan kain lembab dan keringkan dengan kain penyerap yang bersih.

Mengganti Popok

Sering mengganti popok merupakan aspek penting saat merawat bayi yang baru lahir. Jika bayi Anda mendapatkan ASI yang cukup, ia akan mengompol setidaknya 6 hingga 8 popok dalam sehari, bersamaan dengan buang air besar secara teratur. Gantilah popoknya sesering mungkin, segera setelah terasa penuh.

Anda bahkan mungkin harus menggantinya setidaknya 10 kali sehari. Untuk mengganti popok kotor, Anda memerlukan sprei ganti, tisu popok lembut, krim ruam popok atau bedak bayi dan popok baru. Untuk mencegah ISK, seka bayi Anda dari depan ke belakang, bukan dari belakang ke depan. Biarkan bayi Anda tetap tanpa popok selama beberapa jam setiap hari.

popok bayi baru lahir

Karena kulit bayi yang sangat sensitif, maka gunakanlah popok bayi baru lahir yang memiliki permukaan lembut, sirkulasi udara baik, daya serap tinggi agar kult bayi tak lembab dan timbul ruam popok. Gunakanlah Popok Merries yang memberikan kenyamanan untuk bayi Anda.

31 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *