Jakarta, Lagi. Kurikulum, Lagi.

Sejak kemarin, 4 Juli dan sampai besok, 6 Juli, saya kembali berada di Jakarta. Kali ini menginap di hotel Mega Anggrek. Saya ke sini masih berkaitan dengan rentetan kegiatan yang berhubungan dengan kurikulum 2013. Agenda kali ini adalah finalisasi silabus tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah.

Menurut Peraturan Pemerintah no 32 tahun 2013 tentang Standar nasional pendidikan, silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pada kurikulum sebelumnya, silabus dibuat oleh masing-masing guru yang akan mengajar mata pelajaran tertentu. Nah, dalam kurikulum 2013 ini, silabus sudah dibuatkan dari pusat. Sehingga diharapkan guru akan lebih fokus dengan proses pembelajaran dikelas, tanpa harus pusing lagi membuat silabus. Karena dibuatkan oleh pusat, otomatis penyusunnya harus mempertimbangkan kondisi sekolah, baik di kota besar maupun dipelosok, memperhatikan kondisi gurunya juga. Karena bisa jadi setiap guru akan memiliki interpretasi yang berbeda terhadap silabus yang telah dibuat oleh pusat.

Saya sendiri, kebagian membuat silabus mata pelajaran Fisika untuk level SMK kelompok Teknologi Informasi dan Komunikasi. Proses penyusunan sudah dimulai sejak pertengahan April 2013. Jadi kali ini tinggal mereview kembali, menyesuaikan dengan format terbaru yang ditetapkan oleh para pakar di pusat kurikulum dan perbukuan, sebelum diketok oleh pak menteri, ditetapkan dalam sebuah Peraturan Menteri.

Semoga, pekerjaan kali ini sudah benar-benar final. Semoga ini benar-benar review terakhir. Semoga apa yang saya tulis tidak salah. Semoga yang kami hasilkan membawa kebaikan bagi pendidikan dinegara kita

18 Comments

Add a Comment
  1. Aamiin.
    Proud of you. πŸ˜‰

  2. Aamiin.
    Semoga lancar ea mbkk

  3. Jalan2 trusss ya hihi

    1. kerja neng, kerja hehehe…

  4. belum bisa kusamperin mbak, he..he..

    1. maaf juga belum bisa mampir πŸ™‚
      Minggu depan (klo nggak berubah jadwalnya, tgl 18) rencana mau ke jkt lagi, tapi belum tahu lokasinya dimana. masih nunggu undangan resmi

  5. Selamat bekerja, sarana mencerdaskan generasi bangsa hehe. Jaga kesehatan nggih Jeng. Salam

    1. makasih…. Iya, kesehatan harus benar2 diperhatikan ini.

  6. kurikulum baru, silabusnya juga baru ya mbak

    1. iya, dan disilabus baru, siswa yang dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Semoga saja dilapangan, para guru dapat memancing siswa untuk lebih aktif dan sudah siap menerima “serbuan” pertanyaan siswa yang penuh rasa ingin tahu

  7. Aaamiin, bantu merapal doa mbak

    1. Makasih mbak

  8. wah .. seneng ya mbak, kerja sambil jalan jalan ya πŸ™‚

    1. jalan-jalannya seputar kamar dan ruang pertemuan aja mbak, bolak balik.

  9. Mbak membuat silabus mata pelajaran fisika?
    Aduh mbak, itu adalah mata pelajaran yang saya takuti waktu duduk di bangku SMA…nilai saya di pelajaran itu memprihatinkan banget lah pokoknya…
    πŸ™

    1. hehehe fisika ama matematika memang sering jadi momok bagi anak-anak, apalagi ditambah dengan “biasanya guru fisika itu killer”

  10. Oya mbak, selamat menunaikan ibadah puasa ya, mohon maaf lahir dan batin, smoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah Swt.
    Amiiin…

    1. sama-sama mbak

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis