Kesehatan dan Kebahagiaan Masa Kecil Menentukan Kesuksesan Masa Dewasa

Bahagia? Susah ya mendefiniskan kata ini. Saya bisa merasa bahagia saat jalan-jalan, tapi begitu sampai rumah, moodnya langsung jelek lagi lihat rumah berantakan, tumpukan pakaian yang belum di seterika menggunung. Orang bilang bahagia itu relatif, karena kebahagiaan saya bisa jadi malah merupakan kesusahan bagi orang lain. Terutama bagi yang nggak suka lihat saya bahagia.

Kesehatan? Udah tahu semua lah ya. Orang yang sehat, tidak sakit pasti bisa melaksanakan semua aktivitas dengan lancar, tak ada keluhan yang berkaitan dengan fisik.

Terus apa hubungan antara kesehatan dan kebahagiaan di masa kecil dengan kesuksesan di masa dewasa? Apa memang berhubungan? Ternyata ada kaitannya lho. Dan saya dapat pencerahan dalam masalah ini setelah kemarin mengikuti workshop yang diadakan oleh Nestle. Tahu dong perusahaan sekelas Nestle? Nah, workshop yang saya ikuti mengambil tema “Grow Happy Parenting. Happy from the Inside out”. Workshop ini diselenggarakan di The Goods Diner, Surabaya, 18 September 2019 dan menghadirkan 3 pembicara, yaitu :

  1. Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestle Lactogrow
  2. Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak
  3. Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, Psikolog
Workshop grow happy parenting

Banyak banget pengetahuan baru yang saya dapatkan setelah mengikuti workshop ini. Saya coba rangkumkan disini, materi apa saja yang diberikan oleh masing-masing pembicara

Pramudita Sarastri

Bu Dita menjelaskan alasan diselenggarakannya workshop ini. Jadi workshop ini diselenggarakan di 8 kota di Indonesia dan Surabaya terpilih sebagai salah satunya. Tema workshop adalah “Grow Happy Parenting : Happy from the Inside out”. Tema ini dipilih karena pihak Nestle percaya bahwa agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal, orang tua perlu memenuhi gizi dan membantu mengembangkan kematangan emosi anak.

brand executive nestle lactogrow

Beliau menekankan bahwa sangat penting bagi anak untuk dikuatkan kebahagiaannya. Kebahagiaan punya peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Kebahagiaan anak dimulai dari keluarga. Kebahagiaan itu tidak terjadi begitu saja, harus diusahakan secara terus menerus. Karena menurut beberapa penelitian, anak yang bahagia memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses di masa depan.

Ada berbagai cara untuk membuat anak tumbuh bahagia, yaitu :

  • Keterlibatan orang tua, seberapa banyak orang tua menyediakan waktu untuk anaknya. Menyediakan waktu dan terlibat aktivitas bersama anak lho ya. Jangan sampai anak bermain, orang tua menunggui tapi sambil pegang gadgetnya. Kalau itu sih, memang waktunya bersama, tapi nggak ada keterlibatan orang tua dalam aktivitas anak.
  • Stimulasi yang tepat sesuai perkembangan usianya. Mengajari anak merangkak, berjalan, mengenal warna, mengenal bentuk dan berbagai aktivitas lainnya yang berhubungan dengan motorik kasar maupun halus.
  • Nutrisi yang baik yang mendukung tumbuh kembang anak, yaitu nutrisi yang baik bagi saluran cerna. Karena saluran cerna yang sehat dapat menyerap dengan baik nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Baca juga : Saat Berharga untuk Anak Kita

Berkaitan dengan nutrisi ini, Bu Dita memperkenalkan tentang bakteri Lactobacillus Reuteri yang baik bagi pencernaan. Bakteri baik ini kini merupakan salah satu nutrisi yang ada dalam susu Lactogrow.

Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

Bu Ariani menjelaskan bahwa 1000 hari pertama bayi itu adalah masa yang sangat penting, karena dalam masa itu otak berkembang sangat cepat dan kompleks. Sehingga sangat penting juga bagi orang tua untuk memperhatikan perkembangan bayi dalam masa 1000 hari itu.

Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)

Karena beliau seorang dokter, tentu saja materinya berkaitan dengan kesehatan. Beliau menjelaskan bahwa pada anak-anak itu saluran cernanya belum matang, lapisan mukosa tipis sehingga sistem kekebalan tubuh belum berkembang optimal.

Anak-anak rentan terkena infeksi, sehingga kehilangan kesempatan emas untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Bagaimana bisa tumbuh optimal kalau badannya sering sakit?

Semua penyakit dimulai dari dalam usus (Hipocrates)

Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik.

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika diberikan dalam jumlah memadai akan memberi manfaat kesehatan pada tempat hidupnya.Probiotik dapat diperoleh dari susu atau makanan yang difermentasi, misalnya tempe dan yoghurt.

Salah satu probiotik yang baik bagi pencernaan adalah Lactobacillus Reuteri, karena bakteri ini dapat bertahan hidup pada kondisi PH rendah dan dapat menempel pada epitelum usus untuk interaksi host probiotik.

Dalam memaparkan materi, dokter Ariani menyelipkan juga permainan secara online dengan menggunakan mentimeter. Jadi lebih interaktif dan menarik. Saya jadi tertarik untuk mempelajari lebih jauh fasilitas ini, lumayan bisa buat ice breaking kalau pas pebelajaran di kelas

Baca Juga : Penggunaan Kahoot untuk Icebreaking dalam Pembelajaran

Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC

Anak yang bahagia itu penting, karena orang yang bahagia itu akan sukses di kehidupannya dalam masa mendatang. Sudah banyak penelitian yang dilakukan, bahwa anak-anak yang bahagia di masa kecilnya, maka di masa dewasanya akan menjadi orang yang sukses.

Anak yang bahagia juga penting karena mendasari kemampuannya bersosialisasi, yang meliputi empati, perhatian dan juga komunikasi efektif. Anak yang riang, ceria, banyak senyum, akan lebih mudah dalam bersosialisasi, karena aura bahagia itu akan menular pada teman-temannya. Beda dengan anak yang sedih, murung, penyendiri, pasti akan susah untuk bersosialisasi.

Elizabeth Santosa

Oleh karena itu, penting sekali orang tua untuk membuat anak bahagia, karena ini adalah salah satu kewajiban dan peran orang tua terhadap anaknya. Ada penelitian, bahwa rata-rata orang tua di Indonesia itu sayang pada anak, tahu bahwa anak butuh perhatian, tapi tidak mau menyediakan waktu untuk anak-anaknya. Semoga kita bukan termasuk dalam golongan ini ya.

Perlu juga lho, sesekali bertanya pada anak, apa yang membuat mereka bahagia. Karena kadang, orang tua berdalih bekerja keras siang malam dengan alasan untuk membuat anak bahagia. Orang tua membelikan mainan mahal dengan harapan anaknya akan bahagia. Tapi tak pernah bertanya pada anak, apakah mainan itu membuatnya bahagia. Jadi kadang, kebahagiaan anak itu beda dengan anggapan orang tua lho.

Baca juga : Anakku, Apakah Selama ini Kalian Bahagia?

Berikut ini tips yang Beliau berikan untuk membuat anak bahagia :

  • memberikan makanan bergizi tepat waktu
  • menyediakan waktu untuk bermain dan bereksplorasi. Intinya disini adalah keterlibatan orang tua dalam permainan dengan anak. Jangan cuma duduk diam menunggui anak bermain. Atau lebih parah lagi, duduk dan asyik dengan hanphonenya.
  • ekspresi emosi positif, misalnya memeluk anak, memberikan pujian
  • cukupi waktu tidur. Anak yang kurang tidur, biasanya jadi crangky, rewel dan akhirnya malah merepotkan juga bagi orang tuanya. Waktu tidur yang cukup ini bisa terlihat kala anak bangun tidur, dia nampak segar dan ceria. Tapi kalau bangun tidur malah lesu dan rewel, itu artinya dia belum mendapatkan tidur yang berkualitas.
  • Berikan cinta tanpa syarat
  • antusias saat mendengar. PR banget ini bagi saya juga, menjadi pendengar yang baik bagi anak.

Selain tips itu, Beliau juga menyarankan untuk mengubah salah satu kebiasaan dalam menanyakan kabar. Biasanya kan kalau ketemu teman, kita bilang “Apa kabar?” dan sudah bisa ketebak, rata-rata jawabannya “baik”. Nah, Beliau menyarankan untuk mengubah pertanyaan itu dengan “Ada kabar baik apa hari ini?” . Pasti yang ditanya akan berhenti sejenak, mikir, untuk memberikan jawaban.

Ini berlaku juga buat anak-anak kita. Pertanyaan “ada kabar baik apa hari ini?” akan memancing anak untuk bercerita, apa saja yang di alami anak seharian tadi. Kalau anak masih kesulitan untuk menjawab, orang tua dapat memulai dengan menceritakan hal-hal baik yang dialaminya seharian tadi. Nanti pasti anak-anak akan terpancing. Jangan bosan untuk menanyakan hal ini setiap hari, agar anak jadi terbiasa bercerita pada orang tua.

Grow Happy Parenting. Happy from the Inside out

Mantap banget ya materi yang dipaparkan para narasumber. Beruntung banget saya kemarin menghadiri acara ini, nggak rugi jauh-jauh menempuh perjalanan dari Malang menuju Surabaya.

Di akhir workshop, kami dibentuk menjadi kelompok dan diberi tugas untuk membuat bento. Teman-teman pasti tahu bento kan ya? Itu lho, makanan yang disajikan dengan cara dibentuk sehingga menarik. Kalau saya sendiri sih, terus terang nggak pernah membuat bento.

Bento ini budaya yang berasal dari jepang. Kenapa para ibu di Jepang membuat bento? Pertama untuk lebih menarik perhatian, sehingga anak-anak mau memakan makanan yang disajikan. Alasan kedua adalah untuk menghargai makanan. Sebagai rasa syukur terhadap makanan yang diolah. Makanan hasil bumi itu disajikan dengan memperhatikan estetika, sehingga tampilannya indah dan menarik.

Jadi, dalam kelompok diberikan playdough dan juga tiga piring kertas. Kami harus memenuhi 3 piring itu dengan aneka bentuk replika makanan yang dibuat dengan menggunakan playdough. Asumsinya adalah satu piring untuk menu sarapan, satu piring untuk menu makan siang dan satu piring lagi untuk menu makan malam. Waktu yang diberikan cuma 7 menit.

Workshop grow happy parenting
Bingung deh mau bikin apa

Penyat penyet akhirnya selesai juga tiga piring terisi. Lanjut dengan proses penjurian. Masing-masing kelompok diwakili satu orang memberikan penjelasan tentang menu makanan yang dibuat.

Workshop grow happy parenting
Proses penjurian

Di akhir acara, diumumkan kelompok siapa yang menang. Dan alhamdulillah, ternyata kelompok saya dapat juara 2. Kelompok saya terpilih menjadi juara, karena menurut para juri, nutrisinya paling lengkap.

Selesai sudah rangkaian acara workshop, sebelum pulang foto-foto dulu buat nambah isi galeri handphone

Workshop grow happy parenting

36 comments

  1. Untungnya workshop semacam ini menyadarkan kita betapa pentingnya keterlibatan orang tua dan bahwa keterlibatan berarti bukan sekadar bersama-sama tetapi aktivitas yang dilakukan tak bersama

  2. Yeayyy, bisa ketemu mba Nanik Nara di acara ini, super duper hepiiii!
    Workshopnya aselik berfaedah banget, dgn pemateri yg kece ga ada obat
    Keren bin asyiiikkk

  3. Wah mantap mbak uraiannya, ternyata peran orangtua sangat menentukan untuk membuat si kecil lebih sehat dan bahagia sehingga bisa tumbuh menjadi generasi unggul dan kompeten di masa depan. Satu hal yang juga penting ya mbak, asupan nutrisi juga harus maksimal, semakin dini anak diberikan nutrisi yang baik maka kesempatan anak untuk tumbuh sehat dan cerdas makin besar. Makasih mbak sharing ilmunya.

  4. Event Lactogrow ini very cool Mbak, pengen ikut dan semoga jadwalnya pas bisa ikutan kalau diadakan di Yogya. materi-materinya super manfaat untuk bekal pola asuh anak yang sehat dan bahagia

  5. Workshop dengan materi yang sangat bermanfaat untuk para ibu-ibu ya mbak. Selain dapat materinkita juga bisa sharing ttg tumbang anak. Serunbanget

  6. Setuju ini,,makanya ada istilah happy tummy ya.. Dari perut bisa berpengaruh ke semua. Anak yang lapar atau tidak terpenuhi nutrisinya pasti terganggu kesehatannya dan berpengaruh ke moodnya. Tfs. ..

  7. Acaranya beneran seru ya mbak hehhe
    Aku aja yg mewakili kakakku seru banget ikutan menyimak dari awal smpe akhir. Materinya berguna banget buat ku dan dibagikan ke kakak aku.
    Trus saat permainan itu bikin menu makan utk si kecil kelompok aku nyantol heeee
    TFS ya mbak

  8. Bener banget mbak, kebahagian masa kecil menentukan banget kesuksesan di masa depan. Jadinya, sedari kecil anak-anak harus sudah berada dalam keadaan bahagia ya biar bisa meraih kesuksesan. Dan tentunya, agar bisa bahagia, harus dibarengin dengan makanan dan minuman bergizi agar selalu sehat.

  9. Liat acara ini jadi inget beberapa minggu yang lalu deh mba. Ikutan juga soalnya. Seru ya mba event ini. Endingnya ada games bikin bekal dari playdough. Semoga event selanjutnya materinya semakin menarik..

  10. Betul juga ya, kadang ukuran kebahagiaan bagi anak tuh ternyata tidak sama dengan apa yang kita pikirkan. Contoh saja, kita pikirnya anak2 pasti bahagia kalo dibeliin mainan, eh ternyata anak malah lebih bahagia dibacain dongeng saat mau tidur.
    Acaranya bagus ya, nambah ilmu lagi deh kalo ikut acara2 seperti ini.

  11. Tips untuk membuat anak bahagia itu seperti sederhana kelihatannya ya mbak
    Tapi kalau diterapkan ternyata membawa nilai positif yang berguna utk perkembangan dan kebahagiaan yg muncul dari anak yah. Acara Lactogrow beneran seru mbak, bersyukur bisa ikutan juga aku heheeee

  12. Setuju banget, Mbak. Biasanya anak yang bahagia memang gak mudah terpengaruh dengan hal buruk. Semoga ini menjadi catatan untuk para orang tua, termasuk saya

  13. pengen garis bawahi yg ini : anak yang bahagia punya kesempatan lebih besar untuk sukses. Semoga anak-anak kita tidak terbebani dengan kesedihan dan penderitaan. Mereka butuh bahagia.

  14. Yes!
    Setuju banget, apalagi di bagian ini:

    “… anak yang bahagia juga penting karena mendasari kemampuannya bersosialisasi, yang meliputi empati, perhatian dan juga komunikasi efektif. Anak yang riang, ceria, banyak senyum, akan lebih mudah dalam bersosialisasi, karena aura bahagia itu akan menular pada teman-temannya. Beda dengan anak yang sedih, murung, penyendiri, pasti akan susah untuk bersosialisasi!”

    ~annarosanna(dot)com

  15. bener banget mbak, enggak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun dipengaruhi oleh bagaimana tumbuh kembang seseorang saat dia masih kecil, so jangan heran kalau ke dokter jiwa atau psikolog, riwayat masa kecil seseorang akan menjadi benang merah dalam menegakkan sebuah diagnosa

  16. Kebahagiaan yg diberikan saat kecil bener2 berpengaruh untuk kesuksesan anak di masa dewasa ya mbak
    Apalagi diberikan nutrisi, gizi , yg bisa membuat tumbuh kembang anak jadi lebih optimal kedepannya

  17. Materinya bagus banget dan padat. Urusan pengasuhan dan pemenuhan gizi anak ini bukan main ya. Harus membuat anak bahagia ya sejak kecil. Demi tumbuh kembang anak agar maksimal saat sudah besar nanti.

  18. Suka dengan workshop kaya gini. Setuju bahwa masa kecil yang bahagia sangat menentukan saat dewasa. Hal2 yang gak bahagia saat kecil tuh kadang masih terekam meski sudah dewasa. Makanya, mari buat anak2 kita bahagia

  19. Anak bahagia itu memang tumbuh juga berkat nutrisi yang bagus, termasuk kesehatan fisik dan mental yang didukung dari keluarga yang bahagia, itu menurutku sih. Seru juga nih acaranya, apalagi ada kegiatan bikin bento, asiknyaaa

  20. Sehat dan bahagia membuat anak punya banyak kesempatan untuk berekspresi dan membangun rasa percaya diri. Sehingga meraih kesuksesan di masa nanti. Pencernsan sehat awal tubuh sehat dan bahagia. Tfs mb..

  21. **jadi maluu…
    Kalau membersamai anak kadang sering sibuk sendiri. Padahal mereka tahu kalau sedang diperhatikan atau tidak oleh orangtuanya.

    Nuhun, kaka…ulasannya.

  22. iyes, mbak. AKu percaya memory masa kecil sangat berdampak bagi tumbuh kembang seseorang hingga dewasa. Untuk itu memang perlu anak tumbuh dengan bahagia supaya ia dapat menebarkan kebahagiaan bagi sekitarnya.

  23. Siapa pemenang bentonya, Mba? Seru ya workshopnya. Saya juga seneng deh bisa ikut workshop grow happy dr lactogrow. Memang kebahagiaan anak harus diawali dulu dr orangtua yg bahagia ya, terutama ibu.

Leave a Reply to Lidhamaul Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *