Ketahui, Inilah Cara Menghilangkan Bau Kaki!

Menyebalkan rasanya mendapati seseorang yang berada di samping Anda memiliki bau yang tidak menyenangkan. Tidak hanya bau badan namun juga bau kaki yang meninggalkan rasa tidak nyaman. Bau yang keluar dari tubuh tentunya tidak diinginkan semua orang. Namun juga banyak alasan, kenapa bau tersebut bisa muncul. Makanan yang dikonsumsi, keringat berlebih, bakteri, merupakan sedikit alasan munculnya bau tak sedap.

Cara menghilangkan bau kaki

Begitu juga dengan bau kaki. Bau yang menyengat ketika alas kaki dibuka banyak penyebabnya. Lantas bagaimana jadinya bila ternyata hal tersebut menimpa Anda. Jangan khawatir, berikut ini adalah tips yang bisa Anda coba agar bau kaki tersebut bisa hilang.

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama dan bisa Anda coba di rumah adalah dengan rajin merendam kaki. Lakukan secara rutin agar bau kaki tidak kembali. Ada beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk campuran air rendamannya. Berikut ini adalah beberapa bahannya dan caranya menggunakannya.

1. Lemon

Siapkan 6 buah lemon ukuran sedang dan peras. Campurkan dengan satu baskom air hangat. Kemudian rendam kaki selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Baking Soda

Tidak hanya digunakan untuk membuat adonan roti dan kue. Baking soda juga bisa menghilangkan bakteri penyebab bau kaki.  Cara menghilangkan bau kaki  adalah dengan mencampurkan satu gelas baking soda dengan satu baskom air hangat. Aduk hingga baking soda larut. Rendam kaki selama 15 menit. Kemudian bilas dan keringkan dengan handuk. Untuk bahan campuran lainnya yang bisa Anda gunakan adalah, cuka dan juga garam.

3. Masker Kaki

Tidak hanya perawatan pada wajah, masker juga bisa diterapkan pada kaki. Terutama kaki yang memiliki bau tidak sedap.

 

Cara yang kedua ini juga bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapatkan. Ini dia cara-caranya.

1. Kopi

Siapkan kopi tanpa gula dalam wadah kemudian campurkan dengan air. Aduk rata hingga membentuk pasta. Selanjutnya balurkan pada seluruh jari-jari dan sela-selanya, telapak kaki dan seluruh bagian kaki. Diamkan hingga mengering. Cuci bersih kaki Anda dengan gerakan melingkar sambil memijat kaki. Cara menghilangkan bau kaki ini juga bisa menghilangkan sel kulit mati pada kaki yang bisa menimbulkan bakteri.  Kemudian keringkan kaki dengan handuk yang bersih.

2. Jeruk nipis/Lemon

Potong jeruk nipis atau lemon kemudian oleskan pada seluruh bagian kaki. Biarkan selama 15 menit baru kemudian dibilas. Kandungan Vitamin C dan kadar asam yang tinggi bersifat anti-bakteri yang sangat berguna untuk kesehatan kaki Anda.

 

Cara menghilangkan bau kaki memang bisa dengan berbagai cara, namun menjaga kesehatan dan kebersihan tentunya tidak boleh Anda abaikan. Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menyebabkan bau secara berlebihan, seperti; bawang, daging merah, alkohol juga junk food.

Pilih makanan sehat yang kaya akan magnesium seperti alpukat, pisang, ikan, sayuran berwarna hijau juga cokelat. Magnesium berperan untuk mengendalikan keringat yang berlebih.

Selanjutnya, Anda lebih memperhatikan kebersihan, seperti mencuci sepatu, satu kali dalam seminggu. Mencuci kaos kaki dengan bersih, rajin memotong kuku kaki, menggunakan spray penghilang bau, serta tidak menggunakan sepatu atau kaos kaki dalam keadaan basah atau lembab.

 

Itulah cara menghilangkan bau kaki yang cukup mudah. Agar bau kaki tidak kembali datang, Anda juga bisa memilih menggunakan deodoran atau antiprespirant yang biasa digunakan untuk menghilangkan bau pada ketiak.

Oleskan atau semprotkan pada kaki sesaat sebelum menggunakan kaos kaki. Jika tidak sempat, Anda juga bisa menaburkan baking soda atau kopi ke dalam sepatu yang akan Anda gunakan.

24 thoughts on “Ketahui, Inilah Cara Menghilangkan Bau Kaki!”

  1. Bau kaki tuh emang bikin puyeng deh, soalnya pernah aku sedang berada ditempat umum gitu dan ada yang bau kaki. Rasanya ku ingin ngasih tau bagaimana cara menghilangkannya.

  2. Waah aku baru tau tips tips cara menghilangkan bau kaki. Memang bau kaki sangat bikin gak enak ati ya. Seringnya cium bau kaki kalau pas sholat di tempat umum kayak SPBU dan mall menengah. Kalau mall bagus soalnya karpetnya wangi

  3. Aku salfok sama ekspresinya hahaha mengingatkanku pada seseorang. Btw memang harus peka nih ntuk urusan kebersihan kaki

  4. Kalau ada bau kaki tuh bikin nggak percaya diri. Apalagi pas buka sepatu saat ramai-ramai. DUh makin nggak pede . Baru tahu mau nyoba makser kopi 🙂

  5. Mba Nanik aku baru tahu itu masker kaki. Pakenya kayal masker wajahnya. Ada yang lumpur gitu juga ga yah. Btw bau kaki ini sepele ya tapi gak banget

  6. Kalau pas musim kemarau gini…gak seberapa.
    Pas musim hujan doonk…semriwiing~
    Aku sebagai pengguna kaos kaki juga kadang jadi takut mengganggu kenyamanan orang lain.

  7. Kalau baunya sudah hilang tinggal dijaga biar gak kembali lagi ya, biasanya karena lembab kakinya, jadi harus pakai kaos kaki yang menyerap keringat juga

  8. Oh ternyata bahan2 itu bisa menghilangkan bau kaki ya? Kadang anakku suka bau kaki krn berkeringat kakinya haha. Eh tapi skrng kan kyknya udah ada tuh mbak yang dicemprot2 khusus kaki 😀
    Baru tau ada masker kaki hehe

  9. Yang mudah didapat dan dilakukan di rumah biasanya pakai sabun mandi aja sih Mak kalau aku. Lalu sering² ganti kaus kaki dan cuci sepatu yang teratur.

  10. hooo enak ini pakai kopi atau lemon ya tinggal dibalurkan aja. Boleh nih dicoba sambil main sama anak trus bau kaki hilang. Soalnya bau banget terutama setelah pakai sepatu

  11. Suami saya pernah itu, meninggalkan sepatu di ruang kantor, berhari-hari di sana. pas kembali ke kantor, sepatunya udah ditaburi kopi hahha aduh aku ngikik denger cerita suamiku. Salah sendiri gak bawa pulang itu sepatu, jadi ketahuan deh bau kaki.

    btw, makasih ya mbak tipsnya, nanti aku cobain coba ke kaki suami yang emang sering berkeringat.

  12. Anakku yang kecil nih, problemnya bau kaki. Padahal sepatunya udah dicuci, tapi koq ya masih bauuu aja. Besok dicoba deh, kebetulan stok lemon dan kopi melimpah di rumah. Makasih ya, Mak.. 🙂

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis