kursus bahasa Mandarin online

Kursus Bahasa Mandarin Online Terbaik Untuk Anak Usia Dini

Dulu saat KKN, saya memiliki teman satu kelompok beretnis Tionghoa. Setiap kali dia telpon dengan ibunya yang berada di Medan, dia menggunakan bahasa yang tak saya mengerti. Katanya itu bahasa Mandarin. Saya suka mendengarkan aksennya. Saya sempat minta diajari beberapa kosakata dalam bahasa Mandarin. Susah. Apa karena lidah saya yang kaku, atau karena dari kecil saya tak pernah mendengar pengucapannya. Entahlah.

Saat itu saya berpikir, ada nggak ya tempat kursus bahasa Mandarin. Kalau tempat kursus bahasa Inggris sih saya lihat banyak, apalagi sekitaran kampus. Dari yang bangunannya sederhana, sampai yang menggunakan gedung megah, ada papan bertuliskan tempat kursus bahasa Inggris di depannya. Tapi sampai 2004 saya meninggalkan Jogja, tak saya temukan ada papan bertuliskan tempat kursus bahasa Mandarin.

Sekarang siapapun bisa mengikuti kursus bahasa Mandarin online. Perkembangan teknologi internet telah mempermudahnya.  Sehingga orang tua dapat mengkursuskan anaknya bahasa Mandarin di samping tetap melaksanakan kegiatan sekolah.

Bahasa Mandarin memang perlu dibiasakan sejak usia dini agar anak-anak memiliki kesempatan lebih. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika anak-anak diajarkan bahasa Mandarin.

kursus bahasa Mandarin online terbaik

Manfaat Bagi Anak Jika Belajar Bahasa Mandarin Sejak Dini

Selain karena anak akan memiliki kesempatan yang lebih untuk menguasai bahasa Mandarin dengan baik, ternyata dengan belajar bahasa Mandarin akan meningkatkan daya kritis anak dan berpikir logis.

Belajar bahasa Mandarin juga menurut sebuah studi dapat meningkatkan kecerdasan matematika anak. Hal tersebut karena ada bagian otak yang sama yang aktif ketika belajar bahasa dan matematika.

Cukup berbeda dengan bahasa Inggris, saat belajar bahasa Mandarin otak yang aktif adalah bagian kanan dan kiri. Sebab itulah, banyak penutur bahasa Mandarin lebih memiliki kreativitas serta kemampuan problem solving.

Bahasa Mandarin juga dapat mengembangkan pendengaran anak karena merupakan bahasa tonal. Bahasa tonal sendiri mengandung intonasi atau nada yang dapat merubah makna.

Jika anak dibiasakan mendengar dan melafalkan bahasa Mandarin sejak dini, maka mereka akan terbiasa dan bisa menguasai tonal atau intonasi tersebut.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh anak yang belajar bahasa Mandarin adalah kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke China. Hal tersebut karena pemerintah Tiongkok, sebagaimana dilansir dari Antara, mereka meningkatkan penerimaan kuota beasiswa.

Ada 3000 kuota mahasiswa ke China yang bisa didapatkan bagi masyarakat Indonesia. Tentu saja hal tersebut perlu diusahakan dengan mempelajari bahasa Mandarin.

Kursus Bahasa Mandarin Online Terbaik

Orang tua perlu mencari tempat kursus bahasa Mandarin yang terbaik dan telah berpengalaman. Dengan kursus anak Anda akan dapat mengembangkan kemampuan bahasanya lebih maksimal.

Nah rekomendasi terbaik untuk mempelajari bahasa Mandarin bagi anak usia dini adalah LingoAce. LingoAce telah berpengalaman di dalam menghasilkan murid-murid yang menguasai bahasa Mandarin.

Setidaknya telah ada 17.000 murid dan jumlah pelajar aktif pada tahun 2020 meningkat 10 kali lipat. Hal ini tentu membuktikan bahwa LingoAce menjadi tempat kursus yang direkomendasikan oleh banyak orang tua.

LingoAce juga terus mengembangkan kurikulum serta merancangnya pada setiap tahun. Selain itu ada beberapa poin penting yang dapat menjadi pertimbangan bagi orang tua untuk mengikutkan anaknya kursus di LingoAce:

1. Terdapat Kelas Trial atau Percobaan

Kelas percobaan dapat Anda ikuti secara gratis untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran di LingoAce. Setelah kelas trial ini, Anda akan mendapat laporan rinci terkait perkembangan bahasa anak serta apa saja yang perlu dikembangkan.

2. Belajar Langsung dari Native Speaker

Belajar bahasa apapun sebaiknya langsung dari native speaker karena anak akan mendengar pelafalan bahasa sesuai dengan penutur aslinya. Di LingoAce anak-anak akan belajar dengan native speaker yang telah berpengalaman.

Penting banget nih belajar langsung dari native speaker, karena aksennya pasti beda antara penutur asli dengan yang bukan penutur asli. Kalau bukan penutur asli, kadang masih terbawa aksen bahasa ibu yang dikenali sejak kecil. Jadi bisa aja, berucap bahasa Mandarin, tapi aksennya Jawa medhok.

3. Kurikulum Berstandar Internasional

Belajar bahasa Mandarin di LingoAce menggunakan kurikulum berstandar internasional. Sehingga anak-anak yang belum memiliki kemampuan bahasa Mandarin dapat memulai pelajaran dari tahap awal. Jadi walau anak-anak masih buta dan awam dengan bahasa Mandarin, mereka pasti akan bisa mengikuti karena belajarnya dari dasar.

Setelah mengetahui beberapa hal atau manfaat mengajari anak bahasa Mandarin, tentu orang tua perlu mencari tempat kursus bahasa Mandarin online terbaik. Bergabunglah bersama LingoAce, silakan coba dan lihat bagaimana perbedaannya!

33 comments

  1. Menarik sekali. Kami sekeluarga sangat suka drama Cina. Saya mulai mengerti sedikit-sedikit kosakatanya. Kebetulan memang agak cepat belajar bahasa baru. Entah dengan anak-anak. Mereka masih pasif untuk urusan belajar.
    Makasih rekomendasinya. Mau coba free trialnya dulu

  2. Belajar bahasa asing seperti mandarin memperkaya kemampuan languange terutama jika semenjak dini anak diajari bahasa. Referensi belajar bahasa Mandarin online menarik.

  3. Waktu SMA, sekolahku ada program IPA dan Bahasa Unggulan gitu. Kalau IPA, kami dibiasakan menggunakan bahasa inggris. Sementara bahasa, dibiasakan menggunakan bahasa inggris dan mandarin secara bergantian. Maklumlah pesantren. Jadi teman satu kelas menjadi satu kamar.

    Tapi benar juga. Bahasa mandarin yang terucap dari native speaker memang beda dari orang biasa kayak kita. Mungkin benar masih kebawa intonasi bahasa ibu.

    Waktu itu program bahasa mendatangkan 1 guru bahasa mandarin langsung dari negaranya.

    Nb: waktu itu aku ikutnya program IPA bukannya Bahasa. Meski begitu sering juga mendengar mereka bercakap dengan bahasa Mandarin. Hehehe

  4. Banyak ya? 3000 kuota
    Tiongkok bakal jadi mrnduduki peringkat pertama raksasa perekonomian dunia, jadi setuju banget jika anak anak kita menargetkan kuliah di sana

  5. wah senangnya sekarang klo mau belajar apapun jadi mudah ya mbak
    bisa belajar secara online
    termasuk belajar bahasa mandarin melalui LingoAce ini

  6. Anak bungsu saya pernah 3 tahun merasakan belajar Mandari di sekolah (SMP). Dia bilang sih Mandarin tuh salah satu bahasa yang dia sukai selain Inggris dan Jepang. Sampai saat ini selalu saya support untuk terus belajar ketiga bahasa ini karena dia pengen jadi diplomat. Jika bisa menguasai 3 bahasa berbeda secara aktif, biasanya sih bisa jadi nilai plus untuk masuk ke Deplu. Doakan ya Mbak. Semoga cita2nya bisa tercapai.

    1. Kira-kira kalau kursus online apakah bakal lebih mudah dibandingkan dengan kursus offline ya mam? Kayaknya kalau metodenya menarik, minimal bis abikin semangat ya

  7. Ini bagus , sejak dini membiasakan anak utk mempelajari bahasa asing lain selain Inggris yg umum tentu saja. Dan seiring perkembangan global, untuk dunia kerja pun kerap dicari yg memiliki skill berbahasa Mandarin

  8. Di tempatku di BSD, sejak 10 tahun lalu beberapa sekolah swasta memasukan Bahasa Mandarin dalam mata pelajaran, dari SD sampai SMA. Untuk sekolah Islam, selain bahasa Arab dan Inggris, juga ada bahasa Jerman, Jepang, dan Mandarin. Kok banyak sekali? Karena kebutuhan. Artinya, minat belajar bahasa asing itu ga kayak dulu yg umumnya cuma bhs Inggris ya, kalau sekarang anak-anak dari kecil udah belajar 5 bahasa. Di sekolah SMA anakku (yg negeri) salah satu bahasa asing yang dipelajari Jepang.

    Buat memperdalam bahasa Mandarin, memang sebaiknya ditambah kursus lagi ya. Biar makin cepat pandai.

  9. Daku sepertinya perlu lagi nih mengulang ikut les Bahasa Mandarin hehe, soalnya waktu kuliah pernah dapat kesempatan belajar tapi masih yang basic.

  10. Wah, daku sih ga kebayang deh belajar bahasa Mandarin itu kayaknya susaaaah bangeedd hahaha 😀 Untungnya kini semakin banyak kursus bahasa Mandarin baik online maupun offline ya. Dengan tutor yang baik dan berpengalaman, percobaan tes masuk dan pengajarannya yang menarik, murid2 bakalan memahaminya deh. TFS.

  11. Tiga tahun lalu aku mumet Mak, anak di sekolah SMK jurusan Pariwisata diwajibkan memiliki kemampuan bahasa min 3 bahasa, inggris, mandarin dan Jepang.
    Nyari2 dapet diajarin sama teman yang buka kursus. Wah, noted banget infonya Mak, ada kursus bahasa mandarin online terbaik untuk anak usia dini, tak infoin nih buat anak teman yang seddang mencari kursusnya.

  12. Waktu kami tinggal di Amerika, bahasa pilihan yang diberikan ke siswa saat SD adalah bahasa Spanyol dan Mandarin..Karena keduanya merupakan bahasa yang paling banyak dipakai di dunia. Memnag banyak manfaat mengajari anak bahasa Mandarin, pas jika kursus bahasa Mandarin online terbaik dengan bergabung bersama LingoAce

  13. Huaaaa aku banget ini mbak Nanik, aku suka banget belajar Mandarin dulu
    alhamdulillaah udah kesampaian ke negeri tirai bambu dan jalan jalan di forbidden city

  14. Wow keren banget ya bahasa mandarin, banyak keuntungannya kalau bisa bahasa ini… Jadi tertarik daftarin anak ikut kursus online bahasa mandarin…

  15. Kira-kira usia berapa ya anak bisa ikut les bahasa mandarin? Anakku itu sekarang lagi demen nonton YT yang dubbingnya entah bahasa mandarin, entah bahasa vietnam.

  16. Bahasa mandarin termasuk salah satu bahasa yang akan menambah softskill anak untuk bersaing di masa depan. Kalau ada bimbel seperti LingoAce ini pasti akan memompa semangat anak untuk belajar bahasa mandarin ya.

  17. belajar bahasa mandarin otak kanan kiri ya mbaa.. aku baru tau mbaaa. Makasih sharingnya ya mba Nanik..
    selain english dan arabic, anak2 juga bagus bisa bahasa mandarin ya.^^ ada kuota beasiswa ke sana, yap beneeer pasti harus bisa bahasa mandarin

  18. Bahasa Mandari menjadi bahasa Internasional kedua setelah Bahasa Inggris yang harusnya dikuasai yaa.. Agar bisa berkomunikasi dan mendapatkan ilmu lebih luas.

  19. Bahasa Mandarin di beberapa sekolah ada yang dipakai ya, ini aku masih maju mundur mau daftarin anakku, soalnya dia belum semangat tapi selalu ku coba membujuk agar mau kursus bahasa ini mbak

  20. Anak saya yang ketiga, Gi, sejak bayi dicekoki dengan suara drama Cina kesukaan ibunya. Hhihihi. Pas banget ntar di usia pra TK bisa dikursuskan ke sini. Semoga dia minat. Trial dulu kan boleh. Ini asyiknya

  21. Aku dulu pernah ngajar di sekolah yang ada pelajaran mandarinnya, mulai dari PG sampai SMA ada pelajarannya. Sempat ikutan, tapi ya gitu agak susah ahaha. Boleh juga ini kursu bahasa mandari di LingoAce. Recomended buat anak anak ya mbk

  22. Menarik nih, sekarang udah ada kelas bahasa mandarin online juga ya. Ingat dulu pernah belajar Bahasa Mandarin diminta bosku, akhirnya berhenti tengah jalan hehe, karena keburu ada covid.

  23. Boleh nih diikuti kelas trialnya sama Athifah , mana tahu ia bisa belajar nantinya, ada minat bahasa mandarin kan Mak. Mantap nih info

  24. No wonder sekarang muncul kursus bahasa Mandarin karena katanya jadi bahasa kedua internasional setelah bahasa Inggris…

    Apalagi menurutku bahasa Mandarin ini lebih rumit daripada bahasa Inggris jadi yg mau mendalami memang wajib ikut kursus terbaik

  25. Beruntung sekali anak-anak zaman sekarang ya… Mau belajar apa saja asal serius, bisa mereka lakukan sekalipun tetap di rumah.
    Termasuk belajar bahasa Mandarin ini. Kalau sudah ngerti, bisa nonton film-film China kan ya tanpa perlu memerhatikan sub titelnya.

  26. Hmmm kebayang sulitnya belajar bahasa mandarin. Kalau tone aja bisa mengubah arti kata. Selain bahasa Mandarin, di lingoace ada bahasa apalagi nih Mak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *