Makin Bersyukur dan Makin Cinta

Akhir-akhir ini baca dan lihat berita ketegangan di korea utara, saya jadi makin bersyukur terlahir di bumi indonesia. Korea Utara dan Korea  Selatan itu warganya warganya secara fisik memiliki ciri-ciri yang sama, bahasa yang digunakan pun sama, tapi terpisah menjadi dua negara, sering terlibat konflik pula.

Sekarang mari kita lihat bangsa kita. Ada banyak suku, ada banyak bahasa daerah, ada banyak dialek yang digunakan namun tetap dapat dipersatukan dalam sebuah negara. Masing-masing mau menerima bahasa indonesia sebagai sarana komunikasi yang menjembatani antar bahasa daerah. Coba kalau masing2 bersikeras untuk selalu menggunakan bahasa daerahnya dimanapun dia berada, atau minta bahasa daerahnya dijadikan bahasa nasional, wah sudah bakal terjadi peperangan terus-terusan di negeri kita ini.

Ada banyak pulau di negara kita, ribuan jumlahnya. Penduduknya juga memiliki ciri fisik yang beraneka ragam, kulit hitam, sawo matang, putih, kuning. Semua dipersatukan dalam sebuah negara. Sungguh, kita harus belajar dari nenek moyang kita dahulu. Yang dengan ikhlas, mengesampingkan keinginan diri, keluarga, suku untuk dipersatukan dalam ikatan sebuah negara.

Warga negara kita pun merupakan pejuang-pejuang tangguh yang tak suka meratapi nasib tanpa mau berusaha. Coba bayangkan berapa banyak warga kita, perempuan pula, yang hanya berbekal ijasah SD namun berani merantau dan bekerja di luar negeri. Berbekal tekad mereka berangkat. Walau kadang miris jika membayangkan mungkin ada beberapa yang nasibnya di luar sana jadi tak jelas. Namun tetap saja kita harus bangga pada semangat dan keinginan mereka untuk tak menyerah pada keadaan.

Apalagi yang dapat membuat kita makin cinta Indonesia? Sudikah kau berbagi disini kawan?

4 Comments

Add a Comment
  1. salah satu yg bikin cinta karena penduduk muslimnya terbanyak, masalah ibadah tidak di teror seperti di negara lain

    1. iya itu lagi, macam2 agama yang dianut penduduknya, tapi toleransi terjaga dengan baik

  2. Sepakat sama Mbak Rina…apapun keadaan negeri ini tak membuat cintaku goyah padanya.. 🙂

    1. Makin aku cinta…………
      gitu ya mbak nyanyiannya 🙂

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis