Mandi Hujan Menyenangkan tanpa Risau Gangguan Masuk Angin

Mandi hujan adalah aktivitas yang sangat menyenangkan kala saya kecil dulu, tanpa mikir bakal kena masuk angin setelahnya. Tak peduli di larang orang tua, kalau hujan deras datang, langsung aja lari ke halaman, loncat-loncat kegirangan. Paling senang kalau berdiri di bawah ujung dari talang air, karena bakal kena guyuran air yang lebih besar. Kayak mandi di air terjun. Aktivitas mandi hujan ini, bakal lebih menyenangkan kala dilakukan ramai-ramai dengan teman sebaya maupun dengan kakak adik.

Kini pun sudah masuk musim penghujan, bahkan saking derasnya hujan dan lamanya waktu hujan, hingga menyebabkan musibah banjir di mana-mana. Semoga saja yang terkena musibah banjir bisa bersabar dengan kondisi yang ada.

Balik lagi ke soal mandi hujan. Kini, saya telah menjadi ibu dari 3 orang anak. Saat hujan deras dan anak-anak pengen bilang mandi hujan, gimana reaksi saya?

Diem sejenak.

Mikir.

Nggak apa-apa lah mereka mandi hujan, merasakan kebahagiaan dan kesenangan masa kecilnya.

Sisi hati yang lain bilang, Jangan boleh. Ntar kalau masuk angin, saya juga yang repot. Mending kalau yang masuk angin cuma 1, kalau tiga tiganya masuk angin, terus demam, terus batuk pilek?

Akhirnya, jiwa sok bijaksana saya yang bilang, “Boleh, tapi nggak usah lama-lama, tapi habis mandi hujan harus segera mandi keramas, tapi…..”

Belum selesai bilang persyaratannya, anak-anak sudah kegirangan dan lari ke halaman. Jadilah mereka mandi hujan, sementara saya menunggui saja di emper rumah.

anak mandi hujan

Tengok kiri kanan, nggak ada anak tetangga yang mandi hujan. Dan karena rumah ada di pinggir jalan, sering pengguna jalan yang kebetulan lewat, menoleh ke arah kami. Anak-anak kecil dalam mobil menatap dengan iri, para orang tua menatap dengan tatapan yang susah diartikan.

anak mandi hujan

Emang nggak khawatir anak-anak bakal kena masuk angin?

Khawatir juga sih, tapi kan kita ini diberi akal, gimana berupaya untuk mencegah sebelum kejadian dan juga mengobati kalau memang kejadian. Jadi ya, tenang saja.

Babang yang pertama menyudahi acara mandi hujannya, segera ke kamar mandi, saya suruh mandi keramas. Sementara babang mandi, saya masak air, untuk membuat teh. Jadi habis mandi, segera minum teh hangat.

Selesai babang mandi, gantian kakak yang menyudahi acara mandi hujannya, sama juga saya suruh mandi keramas, habis mandi minum teh hangat.

Terakhir, Toto yang mandi. Sengaja Toto yang paling akhir, biar puas mandi hujannya. Kalau dia mandi pertama, ntar selesai mandi, lihat kakaknya masih mandi hujan, bisa ribut minta mandi hujan lagi.

Alhamdulillah usai mandi hujan, sampai beberapa hari setelahnya, anak-anak tetap sehat. Berikut tips yang saya terapkan ke anak-anak agar mandi hujan tetap menyenangkan tanpa risau gangguan masuk angin :

  1. Sebelum mandi, perut mereka harus dalam kondisi kenyang. Jangan sampai mandi hujan dalam kondisi perut kosong
  2. Usai mandi hujan, segera mandi keramas. Syukur kalau ada air hangat. Karena anak-anak nggak suka mandi air hangat, akhirnya pakai air biasa saja.
  3. Oleskan minyak telon atau minyak kayu putih ke punggung dan dada anak-anak.
  4. Setelah mandi, konsumsi minuman hangat. Teh atau coklat. Kalau ada mie instan, boleh juga konsumsi mie instan kuah. Biar kondisi di dalam perut hangat
  5. Setelah itu, usahakan untuk tidur. Capek lompat-lompatan, mandi badan jadi segar, perut kenyang, biasanya kantuk pun datang. Biarkan saja mereka tidur dengan tenang

makan bersama

Nah, itu lah beberapa tips yang saya terapkan ke anak-anak untuk membuat kegiatan mandi hujan tetap menyenangkan dan tak risau gangguan masuk angin.

Kamu, suka mandi hujan juga kala kecil? Mengijinkan atau menolak kala kini anakmu minta ijin untuk mandi hujan?

47 Comments

  1. Saya beberapa kali menolak permintaan si kakak untuk mandi hujan karena takutnya flu. Tapi, seetelah baca ini, saya jadi sadar betul juga kalau kondisi fisik anak kita bagus (makan terlebih dahulu dan tentunya gk sakit), tak masalah mandi hujan.

    Thanks for sharing ya mak.

  2. Habis hujan-hujanan, wajib mandi dan keramas. Pakai air biasa juga gpp, soalnya air hujan lebih dingin dari air keran. Hehe….

    Betul tuh, habis itu diblonyohi minyak.

    Terus ga boleh lama-lama main hujannya. Kl udah reda harus segera mandi biar ga kedinginan.

    Mirip sama berenang. Kl badan badah tapi ga masuk air malah kedinginan.

  3. Aku lagi merencanakan ngajak bocah ujan2an juga Mba, haha. Tapi mau pake jas ujan gitu krn dia masih kecil banget. ide menyenangkan banget inih ujan2an buat bocah. siap kudu kenyang dulu ya Mak biar ga masuk angin 🙂

  4. Kemarin aku kesalahan juga nih sama anak lanang, bukan mandi hujan sih tapi emang kehujanan. Aku lupa mandiin dia begitu sampai rumah. Mikirku udah aku ganti baju aja udah cukup. Habis itu beneran sakit dong T_T

  5. namanya juga anak-anak sih ya? mandi hujan jadi kegiatan yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. tapi kita orang dewasa juga masih ada yg seneng kok mandi hujan. soalnya dingin-dingin segerr hehe

  6. Sisi hati yang lain bilang, Jangan boleh. Ntar kalau masuk angin, saya juga yang repot. Mending kalau yang masuk angin cuma 1, kalau tiga tiganya masuk angin, terus demam, terus batuk pilek?

    Huhuhu kujuga begitu tapi yg paling besar adalah kekhawatiran akan marahnya ibu saya yang apa-apa serba.gak boleh 🙁 Susah ngebolehinnya.

  7. Hahaiii jadi inget jaman kecil dulu, selalu yang pertama dicari adalah talang tetangga yang paling gede kucuran airnya kalau pas hujan gitu. Ya bareng dengan anak-anak tetangga juga. Judulnya berburu talang. :))

    Anak-anakku pun kubebaskan main air kalau pas hujan. Gapapa pilek-pilek dikit hehehe… bahagianya itu loh yang tak tergantikan dengan apapun.

  8. Aku jadi inget jaman pas kecil mbak rasanya kalau hujan hujan itu happy banget mbak rasanya seneng gitu.. . Seru ya emang anak2 emang suka hujan2 gt

  9. Gemes banget sih yang kecil..anak-anakku juga suka mandi hujan sambil main bola, sampai telanjang dada..yang penting segera dihangatkan ya abis mandi hujan..

  10. Seru ya mba kalau anak2 mandi hujan. Anak2 saya nggak ada yang mau mandi hujan. Saya malah yang gusrah2 biar mereka mansi hujan.. xixixi.. tapi tipsnya bermanfaat babger, Mba. Nanti kalau anak2 mau main hujan sya praktekkan tipsnya.

  11. Anak-anak saya waktu kecil seneng banget mandi hujan. Saya dan suami suka ikutan. Sampai tetangga ada yang bingung. Anak-anak bukannya dilarang, malah orang tuanya ikutan hahaha. Tetapi, setelah udah pada remaja kalau hujan malah makin mager di kamar masing-masing 😀

  12. Alhamdulillah ternyata anak-anak dibolehkan mandi hujan. Saya kira dilarang. Apalagi mandi hujan itu ternyata bagus buat kesehatan ya. Asal nggak disertai petir dan guntur saya rasa aman² saja dan jangan terlalu lama. Cukup sekedar membasahi tubuh sepuluh dua puluh menit. Saya dulu juga sering mandi hujan.

  13. Pasti seneng banget kalau main hujan-hujanan mereka gak ada rasa khawatir ya. Sebagai orangtua tinggal memperhatikan aja setelah selesai mandi hujan supaya gak masuk angin ya

  14. anak-anak saya sudah tahu, kalo hujannya lebat, mereka boleh mandi hujan (dengan catatan kondisi mereka fit). kalo hujannya nanggung, ga seru kan?

  15. Wah bener maaak. Setelah mandi emang paling enaknya konsumsi minuman hangat kayak teh atau coklat panas gitu. Mie instan kuah pun sering jadi opsi biar badang kerasa angetan dikit hehehehe

  16. Waktu kecil mandi hujan untuk senang2. Waktu udah besar kayak gini mandi hujan agar gak ketauan sedang nangis. Hahahaha

  17. Ya ampun jadi teringat mandi hujan di masa kecil memang menyenangkan banget. Makasih ya tipsnya Mbak bisa saya pakai ini nih kalau nanti anaknya udah ngerti dan mulai minta main mandi hujan.

  18. Saya jadi inget jaman kecil dulu, ibu saya mengizinkan saya main dibawah guyuran hujan tapi cuman di taman belakang, itupun kalau tidak ada petir dan angin tidak kencang, alhamdulillah saya tidak pernah masuk angin saat itu.

  19. Ujan-ujanan selain seru anak² senang. Tapi itu tergantung kebiasaan ga sih? Ada yg udh biasa jadi engga cepet masuk angin.

  20. Aku senang banget mandi hujan waktu kecil. Pokoknya begitu hujan deras, langsung dah lari keluar dan bermain atau berlarian di bawah hujan. Kebiasaan ini malah sampai sekarang masih sering kulakukan lho. Kebetulan suami juga sama. Jadi kalau hujan, kita malah sengaja keluarin motor, terus jalan-jalan hujan-hujanan (sekarang kalau lari-larian di depan rumah agak malu juga, jadinya ya naik motor sambil hujan-hujanan… hahaha)

  21. sama, keponakan saya yg usai mandi hujan langsung saya suruh mandi. udah disiapkan air hangat lalu langsung minum teh hangat, makan lalu tidur. hihi. kalau anak saya sendiri masih 2 th belum pernah mandi hujan karena dia pun tak meminta

  22. Saya Izinkan main air hujan atau berhujan-hujanan dengan beberapa syarat seperti di atas Mbak. Banyak hal bisa dipelajari dari berhujan-hujanan. Mulai dari pra sampai pasca.
    Anak juga lebih kebal dari kuman, bakteri dan virus. Gak ringkih.

  23. Saya juga termasuk yang senang mandi hujan, bahkan hingga sekarang. Makanya kalau anak-anak minta mandi hujan dipersilakan, walau tidak sering-sering. Biar merasakan nikmatnya huja. Lagi pula bukan hujan yang membuat badan kita sakit kok. Hujan adalah rahmad dari Allah

  24. Ini kebahagiaan hakiki mbak … aku bersama anak mesk gk yang hujan2an, tetapi kadang kami sepedaan trs mainan di sungai yang sampai nyemplung sebaju-bajunya.

    Tetapi kami membatasi hanya 10 menit basah kemudian pulang dan mandi keramas air hangat, supaya gak sakit. Maklum, kami di Salatiga yang udaranya dingin euy.

  25. “Mandi hujan adalah aktivitas yang sangat menyenangkan kala saya kecil dulu, tanpa mikir bakal kena masuk angin setelahnya” Aku banget mba pas masih kecil hehehe. Pokoknya hujan-hujanan aja, terserah mau masuk angin atau sakit karena pas hujan-hujanannya itu menyenangkan, bahkan bisa seluncuran gitu sama teman-teman kalau ada bidang tembok yang miring. Aku kelak ketika menikah dan punya anak, ku akan membiarkan mereka hujan-hujanan dengan persiapan seperti yang mba sebutkan supaya enggak masuk angin 🙂

  26. Betul sekali, anak-anak pasti paling seneng dengan bermain air hujan (mandi air hujan), rata-rata mereka sangat terlihat ceria. Namun kita sebagai orang tua harus tetap mengontrolnya jangan sampai setelah mandi air hujan kemudian jadi sakit. Dan benar sekali, dengan memandikan ulang dengan air hangat serta membaluri tubuh mereka dengan minyak telon, setidaknya dapat menjaga kondisi tubuh mereka dari kedinginan

  27. Mandi hujan itu seruuuuu
    Anakku selalu aku ijinkan mandi hujan kok, asal hujannya deres dan tanpa angin kencang + petir. Biasanya setelah puas mandi langsung keramas dan minum teh anget, , kalau emaknya lagi rajin, sekalian sama pisang gorengnya haha

  28. entah mengapa dulu waktu kecil saya senang hujan, namun udah gede ini malas mau mandi hujan atau terkena hujan di jalan pasti nunggu sampai reda atau hilang. soalnya takut sakit hehe. But terimakasih tipsnya mba

  29. main hujan-hujan memang mengasikkan. bagi anak-anak yang ada di kampung pasti tak asing lagi main hujan-hujanan. apalagi bila sudah tau tipsnya seperti yang tersebut dalam artikel ini…

  30. Aku waktu kecil pengen banget ujan-ujanan, tapi orangtua pasti melarang. Jangankan ujan-ujanan, main keluar aja aku sering dimarahin. Wkwk. Aku tau sih ibuku khawatir. Nanti agi aku ga akan larang anakku kalau mau ujan-ujanan asal ngikutin tips dari Mbak

  31. Klo nnti aku punya anak, gak akan aku larang si anak ujan2an. Justru bakal ku ajarin… Nakkk itu loh enak ujan2an.. Jgn ndekem aja dirumah. Hahah

    Emaknya aja dlu tiap ujan pasti ujan2an kok

Leave a Reply to Ranny Cancel reply