Manfaat Edukatif dalam Lagu Anak Indonesia Bagi Si Kecil

Hai Bun, masih adakah yang mengajarkan lagu Balonku Ada Lima pada anak-anaknya? Atau anaknya lebih lancar menyanyikan lagi yang sering didengarnya dari aplikasi berbagi video singkat yang sedang booming saat ini? Sebut saja namanya aplikasi TikTok.

Hati-hati ya Bun kalau pilih lagu TikTok, apalagi kalau ada anak kecil disampingnya. Karena ternyata banyak lagu yang ngetrend di TikTok itu kontennya nggak sesuai untuk anak-anak. Kalau mau tahu lagunya apa saja, bisa dibaca lengkap ditulisannya mbak Tanti Amelia.

Jadi jangan cuma dengerin musiknya yang enak buat menemani gerak badan ya, perhatikan juga syairnya.

Berkaitan dengan lagu, kali ini saya mau berbagi tentang lagu anak Indonesia. Lagu-lagu yang sering saya nyanyikan sambil menemani anak-anak main. Lagu yang sudah ada sejak saya masih kecil, diajarkan oleh ibu dan kakak-kakak saya. Dan kini saya ajarkan untuk anak-anak saya.

Lagu anak merupakan salah satu sarana mendidik anak, sebab lagu anak dapat menyampaikan pesan kepada anak dengan sederhana dan menyenangkan.

Melalui bernyanyi anak akan merasa tenang dan senang, kecemasan dan ketidaknyamanan akan hilang saat anak bernyanyi. Ketika bernyanyi seringkali lagu yang dinyanyikan adalah lagu yang sesuai dengan apa yang dialaminya, misalnya ketika sedang pergi bertamasya ke gunung maka dia akan menyanyikan lagu naik-naik ke puncak gunung. Perasaan yang diekspresikan tentu bukan perasaan seperti orang dewasa yang tingkat emosi dan pengetahuannya jauh lebih tinggi. Daya ingat anak juga menjadi lebih baik karena dengan bernyanyi si anak sudah otomatis mengingat, bahkan apabila ada kata-kata yang tidak diketahui anak berusaha mencari tahu apa arti kata tersebut.

Lagu-lagu yang singkat syairnya, pilihan katanya sederhana. Namun ternyata memiliki manfaat edukatif yang bagus untuk anak-anak. Lagu-lagu sederhana itu bisa jadi sarana mengenalkan banyak hal dalam kehidupan ini pada anak-anak. Pengen tahu manfaat edukatif dan hal apa saja yang bisa dikenalkan pada anak melalui lagu anak Indonesia, baca terus tulisan ini ya.

Kosakata Baru

Kepala, pundak, lutut, kaki
Mata, telinga, hidung, mulut dan pipi
Kepala, pundak, lutut, kaki

Lagu kepala, pundak, lutut, kaki menggunakan ketukan berulang dan menyenangkan. Apalagi saat menyanyikannya sambil memegang bagian tubuh sesuai dengan syair lagunya. Hal ini membuat Si kecil mudah untuk mengingat nama bagian anggota tubuhnya.

Kalau Toto suka mendengarkan lagu ini, yang dikasih iringan musik. Suka yang dinyanyikan oleh anak-anak dibawah naungan GNP Music, aransemennya dibuat oleh Kak Nunuk.

Tentu saja Mamanya harus ngikut juga gerakannya, dan sering jadi ngos-ngosan karena Toto minta lagunya diulang terus. Paling berat bagi saya tuh terutama saat berpindah dari memegang kaki, terus berdiri tegak memegang kepala. Usia memang tak bisa bohong, Totonya makin lincah, saya makin ngos-ngosan.

Konsep Ruang

Tik tik tik bunyi hujan diatas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua

Lagu ini bisa jadi sarana untuk mengajarkan pada anak tentang konsep ruang, atas bawah, kiri kanan. Ruang terdiri dari 3 dimensi, panjang lebar dan tinggi. Atas bawah mewakili tinggi. Tengok dahan, ranting, pohon di kanan kiri, bisa mewakili panjang dan lebar.

Lagu ini juga bisa memberikan penjelasan tentang salah satu sifat zat cair, air mengalir dari atas ke bawah. Anak juga bisa diajak mencoba menyiramkan air ke arah atas, pasti dititik tertentu airnya akan berhenti, lalu berbalik turun.

Warna

Lihat kebunku penuh dengan bunga
Ada yang merah dan ada yang putih
Setiap hari kusiram semua
Mawar melati semuanya indah

Lagu lihat kebunku, anak-anak belajar mengenal warna. Orang tua bisa mengajak anak-anak berjalan-jalan ditaman, sambil menyanyikan lagu ini. Sekalian menunjukkan warna merah, putih dan juga warna-warna lain dari tanaman/bunga yang ada di taman.

bunga

Konsep Matematika

Balonku ada lima rupa-rupa warnanya
Hijau kuning kelabu merah mudah dan biru
meletus balon hijau Der
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat kupegang erat-erat

Lagu balonku, bisa digunakan untuk mengenalkan warna. Lagu ini juga bisa digunakan untuk mengenalkan konsep matematika pada anak. Bahwa balon yang semula ada 5, lalu meletus 1, maka tinggal empat. Kalau dituliskan sesuai ilmu aritmatika 5-1 = 5.

balonku ada lima

Lagu balonku ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalkan matematika realistik, matematika yang ada dalam kehidupan nyata, peristiwa sehari-hari yang ditemui oleh anak-anak.

Emosi

Satu satu aku sayang ibu
Dua dua aku sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya

Lagu satu-satu ini mengajarkan konsep kasih sayang terhadap anggota keluarga. Rasa sayang pasti melibatkan emosi. Rasa sayangnya harus dibagi pada semua anggota keluarga, tidak boleh dimonopoli oleh satu anak.

Tapi kalau Toto nggak mau nyanyi lagu begini. Dia pasti mengubah syairnya.

Satu satu Toto sayang Mama
Dua dua Toto sayang Mama
Tiga tiga cuma sayang Mama
Satu dua tiga sayang Mama aja

Kebiasaan Baik

Mengajarkan kebiasaan baik, dapat dilakukan melalui lagu bangun tidur.

Bangun tidur kuterus mandi
Tidak lupa menggosok gigi
Habis mandi ku tolong ibu
Membersihkan tempat tidurku

Siapa yang anaknya kalau bangun tidur langsung mandi?

Kalau dulu masih batita sih iya. Kalau sekarang susah bangun tidur disuruh mandi. Tapi tetap bangun tidur, rapikan tempat tidurnya, buka gorden dan jendela biar udara segar masuk ke kamar. Yah, paling nggak, kebiasaan baik membersihkan tempat tidur itu tetap dilakukan sampai sekarang.

Nah itu beberapa manfaat edukatif dalam lagu anak Indonesia. Kalau ada yang mau menambahi, jangan sungkan menuliskan di kolom komentar ya

Terima Kasih pada Para Pencipta Lagu Anak

Tahukah kamu, siapa pencipta lagu anak yang saya tuliskan di atas? Tak perlu malu mengakui, saya pun tak hapal, lagu itu ciptaan siapa.

Banyak orang yang tahu bahkan hafal menyanyikan lagu anak tetapi tidak mengetahui siapa pencipta lagu tersebut. Ibu Sud, Pak Kasur, AT. Mahmud merupakan tokoh-tokoh yang berdedikasi di bidang budaya, musik dan pendidikan anak. Jasanya dalam penciptaan lagu anak serta kepeduliannya terhadap budaya,musik, dan pendidikan anak perlu dihargai dan diteladani.

Mereka adalah guru yang hebat, mereka berhasil mendidik tanpa menggurui. Melalui lagu-lagu anak yang mereka ciptakan anak dapat belajar tetapi seperti tidak belajar. Anak-anak senang menyanyikan lagu ciptaan mereka. Dengan bernyanyi,secara tidak langsung pesan yang ingin disampaikan pencipta lagu melalui lirik yang sederhana sampai kepada anak

“Ratusan lagu telah diciptakan demi mengantarkan imajinasi-imajinasi edukatif dan keindonesiaan ke dunia bocah.”

Mawardi dalam essai “Pendidikan dan Adab”

Tidak hanya Pak Kasur, para pencipta lagu anak yang lain pun demikian ingin mengantarkan imajinasi-imajinasi edukatif dan keindonesiaan ke dunia bocah. Sepertinya mereka tahu bahwa anak-anak adalah potensi besar bangsa ini di kemudian hari. Para tokoh ini juga menegaskan bahwa pendidikan itu harus menyenangkan, tak perlu banyak teori, hadirkan inovasi agar anak bisa berimajinasi. Mengutip pendapat Einstein yang menyatakan bahwa “imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”.

Terima kasih kepada para pencipta lagu anak yang karyanya tetap abadi.

50 comments

  1. Setuju saya mba, lagu bisa menambah perbendaharaan kata untuk anak-anak dan poin2 penting di dalam teks lagu juga jadi lebih mudah dipahami sama anak yaa

  2. saya pernah merasa tertampar waktu anak bungsu saya gak tahu warna lho Mbak Nanik

    baru ketahuan waktu anak tersayang ini mau masuk TK, mungkin karena saya sibuk ngurusin 3 kakaknya, maklumsetahun satu anak, cuma dengan si bungsu jaraknya 3 tahun

    padahal saya ajarin lagu balonku ada 5, tapi saya lalai ga nunjukin warna warnanya yang mana

  3. Hingga sekarang saya masih menikmati dan mengajarkan lagu anak-anak jaman dulu ketimbang lagu jaman sekarang. Lebih mudah dicerna anak-anak dan hampir semua ibu hafal lagu tersebut..nilai moralnya juga lebih terasa menurut saya mbak..

  4. Setuju mba, lagu anak-anak tidak hanya menghadirkan musik dan lirik lagu yang ceria untuk anak-anak tapi jadi sarana pendidikan yang baik ya untuk tumbuh kembangnya

  5. ah iya mbk
    emang lagu anak anak itu juga jadi sarana edukasi ya mbak
    banyak aspek yang mencoba di contohkan pada lagu anak anak tersebut
    btw aku gemas dengan Toto 😘

  6. Iya juga. Kalau dipikir-pikir, lagu sederhana anak Indonesia itu memberi pelajaran yang baik. Harus dilestarikan oleh anak kita.

  7. Ya ya, kalo dipikir, belum pernah liat konten yang khusus pakai lagu anak-anak, mesti lagunya yang lagi tren di tiktok. Bahkan saya punya CD lagu anak-anak, tapi DVDnya yang nggak ada, wkwkwkwk. sekarang tinggal liat youtube bae ya…

  8. Benar mba, setiap lagu anak yang dulu kita dengar, syairnya mengandung edukasi. Alhamdulillah aku juga mengajarkan ke anakku, lagu anak-anak itu walau sekarang banyak lagu-lagu lainnya, tapi tetap lagu ciptaan Pak Kasur, Ibu Sud, dan teman-temannya itu yang menjadi favorit. Syairnya pendek-pedek dan mudah dimengerti anak.

  9. Sebenarnya lagu ank itu konsep dn tujuannya jelas karena terselip pembeljaran. Tapi zaman now kan budaya literasi tuh makin kacau.

    Daripada lagu sesuai usia mereka, anak-anak malah lebih hapal lagu-lagu yang sedang viral di medsos 🙈

  10. Masya Allaaaah
    mbak Naniiik ada namaku disebut di sini! Iya mbak, sebagai penikmat lagu-lagu yang beatnya “enak” aku merasa sedih karena anak-anak yang ga tau artinya juga turut “menikmati” dan bahkan berulang menyetelnya – kadang digumamkan juga! hiks hiks

    makaish ya mbak, semoga kita semua bisa menjadi agent of change

  11. Bahasa pertama yang diajarkan pada anak kita ya bahasa indonesia atuh. Lagu anak juga lagu indonesia.

    Saya masih ngajarin anak saya lagu-lagu jadul, Balonku, Becak, Kupu-Kupu, Kepala Pundak, dll. Terima kasih untuk Ibu Kasur dkk. Sampai sekarang karya-karyanya selalu bergema di hati anak-anak kita.

  12. Lagu anak Indonesia kaya dengan pembelajaran dengan nilai nilai yang bisa ditanamkan sejak dini ya kak.

  13. lagu anak jaman dulu itu bisa banget dijadikan pelajaran tuk anak-anak, mengenal anggota tubuh, sekitar bahkann juga belajar berhitung.
    tapi makin kesini lagu anak-anak semakin pudar, sekarang anak-anak lebih hafal lagu anak dari luar deh malah.

  14. Namanya aja lagu anak, ya pasti buat anak-anak. Miris sih memang kadang ketika anak-anak sekarang lebih banyak dihadirkan oleh hiburan orang dewasa sehingga lagunya pun mengikuti orang dewasa. Padahal lagu anak-anak kalau diresapi secara tidak langsung mendukung tumbuh kembang anak, aku harus ngajarin adikku di rumah lagu anak nih biar gak tiktok-an doang

  15. Era dulu sama sekarang memang berbeda. Kalau sekarang, lagu-lagu dewasa yang justru dihafal mati anak-anak. Sementara liriknya sangat tidak sesuai. Butuh bantuan dan pendampingan orang tua yang lebih intensif.

  16. Ternyata meski lagu anak banyak juga manfaat edukasinya ya… Selama ini sih ngehnya yang balonku ada 5 itu aja…anak jadi belajar berhitung dan mengenal angka

  17. Kasihan banget ya anak2 kecil zaman now kekurangan lagu anak2. Mereka lebih paham lagu orang dewasa tuh dan arti kata2nya juga untuk usia dewasa. Mudah2an akan bangkit lebih banyak pencipta lagu anak sekarang nih. Teringat dulu lagu2 anak2 zaman TK sampai SD melekat di hati dan emosi, masih hapal juga hehehe 😀

  18. Benar ya lagu anak-anak itu benar mengedukasi , seperti balonku mengajari cara berhitung dan konsentrasi juga , sama pelangi juga mengedukasi tentang warna ya , baru sadar aku wkwkwk

  19. Ya Ampuuuun, bener banget, Mba. Saya malah ga kepikiran kesana. Taunya lagu itu memang bagus dan mudah diingat sama anak-anak. Alhamdulillah saya sudah ajarkan semua itu. memang sih efeknya ke kehidupan sehari-hari mereka

  20. Lagu anak-anak sudah makin jarang. Tereliminasi dengan lagu-lagu orang dewasa yang bakal merusak karakter anak.

    padahal harusnya aku lagu anak ini diperbanyak dan dilestarikan.

    Makasih Mbak sudah mengingatkan nostalgia tentang lagu anak.

  21. Sepakat banget kalau sarana belajar dan bermain anak tuh sebenernya ngga perlu yang rumit dan mahal. Yang paling penting kehadiran dan kreativitas orangtuanya.

  22. Waktu anakku balita sih, aku masi suka ngajarin dia nyanyi lagu anak. Tp makin besar jadi makin jarang. Sekarang dia udah males diajak nyanyi lagu anak, sukanya malah OST Ultraman

  23. Dulu lagu anakanak bener-bener diciptakan dengan baik, ada konsepnya, nggak sembarangan, pokoknya bagus banget, makanya legend dan tetap disukai sampai sekarang.
    Anak-anak memang sebaiknya mendengar musik dan lagu yang sesuai usia mereka. Bagaimanapun pasti ada pengaruh bagi mereka.

  24. Kita kekurangan lagu anak ya semoga bisa ada kompetisi lagu anak ataupun wadah yang bikin penulis lagu sangat berkarya menciptakan lagu anak yang kekinian, enak didengar dan mendidik juga topiknya

  25. Setuju banget, Mbak.. Lagu-lagu anak zaman dulu tu liriknya santun, nada-nadanya sederhana, tapi sarat dengan ilmu. Beribu terima kasih untuk para pencipta lagu terbaik kita, Pak AT Mahmud, Pak Kasur, Ibu Sud.

  26. Rindu sekali dengan lantunan lagu anak zaman aku kecil dulu..
    MashaAllah~
    Dan sering juga dijadiin bahan lelucon anak-anak SD. Tapi justru disitulah kreatifitas anak-anak dilatih. Menggunakan permainan kata yang lucu khas anak-anak.

  27. Iya harus hati2 nih kalau anak lg ngikutin lagu berbahasa asing yg trend karena bisa jadi artinya ga baik, seperti yg sempat viral yang disebut mak Tanti. Ortu harus update dgn perkembangan jaman now

  28. Terima kasih kepada pencipta lagu-lagu anak-anak, semoga mereka punya kehidupan yang sejahtera, semoga menjadi amal jariah juga bagi mereka. Anak-anak aku juga kuajarkan lagu-lagu anak-anak yang biasa kita nyanyikan dulu sewaktu kecil

  29. Alhamdulillah ya masa kecil kita diantar oleh kakek dan ayah yang pintar yaa. Dulu lagu lagu kanak-kanak membuat hari-hari saya bahagia banget, sampai hari ini saya masih ingat lagu-lagunya pak Kasur dan Bu Kasur. setiap sore sangat senang bisa bermain dan bernyanyi bersama beliau.

  30. pas belum sekolah, anak aku aku ajarin mak lagu anak2, aku juga download di smartphone, eh makin ke sini dia malah hafalnya lagu2 tiktok, sedih aku…

  31. Menurut aku lagu anak yang bagus itu bisa jadi sarana pendidikan juga untuk mereka. Dan lagu anak-anak jaman dulu itu bagus banget, penciptanya emang nggak hapal tapi tahu sih siapa aja.

  32. bener mak
    pandemi gini kan offline ya jadi banyak banget tugas sekolah
    ada aja buat hapalan jadi kesel juga soale kadang lama buat ngapal
    akhirnya dibuat lagu jadi hapal loh mak. ini bisa diterapkan ke anakku yang nomer 2

  33. Iya ya, banyak hal yang bisa didapat anak dari lagu anak. Sayang banget sekarang udah gak ada atau mungkin jarang banget regenerasinya. Jadinya anak-anak banyak yang beralih ke lagu anak berbahasa Inggris. Tapi memang menurut temenku yang pencipta lagu anak, banyak kendala banget buat bikin dan publish lagu anak itu. Apalagi sampe ke tahap komersialisasi. Semoga deh ya nanti lagu2 anak bisa kembali berjaya.

  34. trims udah ingatin mbaaa. anakku sekarang udah banyak hafal lagu tiktok nih. sekarang mau aku ajarkan lagu anak-anak lagi

  35. Setuju sekali mbak, lagu anak tuh nilai edukatifnya banyak dan berpengaruh juga ke karakter anak. Sayangnya saat ini jarang sekali lagu anak di putar di TV gak kayak dulu yang ada acara khusus untuk lagu anak. Sekarang sih ada yang nonton di youtube kayak Hoala dan Koala gitu, tapi kan kalau gak bisa akses youtube anak jadi nonton yang ada di TV aja, sayang banget ya

  36. Aku masih sering nyanyiin lagu-lagu diatas setiap hari mbak, kalau main sama anak sambil nyanyi memang banyak hal yang bisa membuat kita bahagia ya. Banyak pelajaran juga dari makna lagu-lagu diatas.

  37. Aku jadi punya misi kalau punya anak nanti mau mengenalkan semua lagu anak Indonesia jaman dulu, dan sekarang pun masih yang terbaik. Terima kasihku kepada Pak AT Mahmud, Pak Kasur, Ibu Sud yang sudah mencipta lagu-lagu yang baik dan luaarbiasa

  38. hihihi gemes aku sama Toto, Mbak.
    Toto ternyata hanya sayang Mama aja.

    Lagu yang mbak tulis di artikel ini termasuk lagu sepanjang masa ya. Sewaktu kecil juga lagu itu yang diajarkan. Kalau anak sekarang ada nursery rhyme yang disesuaikan dengan umur mereka.

  39. Jadi inget jaman kecil ku seru banget katena banyak lagu anak anak dan artis cilik

    Skrg tinggal itungan jari ya mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *