Sayur Jantung Pisang dan Kenangan pada Ibu

Jantung pisang vs jantung hati, pilih yang mana?

Hihi… nggak sebanding ya. Pastinya banyak yang milih jantung hati lah yaw. Jantung hati itu kekasih, orang yang dicintai, sementara jantung pisang itu kan bunga pisang, yang bagi sebagian orang nggak ada nilai keindahannya sama sekali.

Tapi kalau saya sih mau dua-duanya. Mau jantung pisang dan juga jantung hati. Apalagi kalau si jantung hati mau masakin sayur jantung pisang. Wah, alamat niat diet bisa gagal lagi.

Apaan sih ini bahas jantung hati sama jantung pisang. Hemm jadi ceritanya, suatu sore suami pulang dari sawah bawain dua jantung pisang. Katanya mau disayur.

jantung pisang
Jantung pisang oleh-oleh dari si jantung hati

Saya tahu sih jantung pisang (semasa kecil, saya menyebutnya ontong) itu enak disayur. Ibu saya dulu sering masak sayur jantung pisang, saya pun sering memakannya. Tapi saya nggak bisa memasak jantung pisang. Dulu tuh paling anti sama kerjaan dapur, soalnya punya dua kakak perempuan yang bisa diandalkan, jadinya saya tahunya kalau makanan udah matang. Saya nggak bantuin masak, bagian saya itu cuci-cuci piring dan peralatan masak aja.

OK, balik lagi ke urusan mengolah jantung pisang. Karena saya nggak bisa memasaknya, maka suami yang masak. Saya bagian mengamati dan membantu kalau dia butuh pertolongan.

Sayur Jantung Pisang

Jantung pisang yang dibawa oleh suami ukurannya nggak terlalu besar, jadi dia membuang 2 lapis kelopak terluarnya. Tapi isi yang didalamnya nggak ikut dibuang. Setelah itu di ambil selapis demi selapis kelopaknya dan dipotong-potong. Setelah saya tahu caranya, saya yang melanjutkan memotong-motongnya.

jantung pisang
Potong-potong jantung pisang

Setelah dipotong-potong, lalu di rendam sebentar, yah sekitar 15 menit, untuk menghilangkan getahnya. Setelah di cuci bersih, di rebus dan dikasih garam. Sedikit aja garamnya, sesendok teh cukuplah.

Rendaman jantung pisang

Rebusnya saat itu sekitar 15 menit dihitung dari air rebusannya mendidih. Setelah dirasa lunak, lalu diangkat dan tiriskan.

Sambil nunggu rebusannya, siapin bumbunya. Kemiri, ketumbar, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe laos, daun salam. Cabe juga karena kami suka makanan pedas. Ini bumbu yang saya siapkan. Tapi kayaknya ada yang kurang, karena suami buka kulkas lagi ambil kotak bumbu dan mengambil sesuatu. Saya juga lupa tanya kurang apa, soalnya Toto rewel minta perhatian. Dia tuh emang nggak suka kalau saya deket-deket papanya. Ada aja alasannya buat menjauhkan kami berdua.

Jangan lupa sediakan juga santannya. Berhubung sudah sore dan warung yang jual kelapa parut di dekat rumah sudah tutup, kami pakai santan instan. Santan cair yang ukuran 65 ml dua bungkus. Nggak usah sebut merk ya, karena tulisan ini nggak boleh mengandung iklan.

Semua bumbu itu dihaluskan, pakai blender aja biar cepet.

Bumbu yang sudah dihaluskan lalu ditumis sampai tercium aroma harum. Tambahkan air dan juga santan. Lalu masukkan jantung pisang. Garamnya nggak boleh ketinggalan. Dan karena kami belum bisa lepas dari penggunaan micin, pastinya tambah micin juga sedikit. Tunggu sampai bumbu meresap, sambil diaduk dan dicicipi juga. Kalau rasanya sudah pas di lidah dan bumbu sudah meresap, matikan kompornya. Sayur jantung pisang pun siap disantap bersama nasi pulen.

sayur jantung pisang
Sayur jantung pisang siap di santap

Kenangan pada Ibu

Saat makan sayur jantung pisang itu, saya teringat pada ibu. Dua hari sebelum meninggal, dia bilang pengen pulang ke Klaten, pengen makan sama jangan ontong gedang (sayur jantung pisang).

Saya saat itu nggak ngeh juga kalau itu adalah permintaan terakhirnya. Ingin makan sayur kesukaannya, ingin pulang ke rumahnya di Klaten. Saya pikir, Beliau cuma kangen masa-masa dulu di Klaten. Kalau ada pohon pisang yang mulai berbunga, setia menanti ontongnya. Keliling kebun tetangga yang ditanami pisang, lalu minta ijin untuk memetiknya.

Sebagai informasi, ibu ikut saya ke Malang sekitar 3 bulan sebelum beliau meninggal. Saat ikut ke Malang memang sudah dalam kondisi sakit. Niatnya ke Malang supaya mendapat pengobatan yang lebih baik.

Sampai sekarang, 4 bulan sejak kepergiannya, jari jemari saya belum bisa mengetikkan cerita dan kenangan sebelum dan saat ibu meninggal secara detail. Mungkin nanti, saat hati telah kuat, saya akan menuliskannya dalam satu judul tersendiri.

Balik lagi ke soal sayur jantung pisang. Iya, saya sedih saat memakannya karena teringat lagi pada Ibu. Beliau paling suka sayur lodeh jantung pisang. Saat itu Ibu memasak jantung pisang karena tak ada lagi bahan yang bisa dimasak di rumah. Selalu begitu, mengesampingkan rasa malu, keliling kebun tetangga, mencari pisang yang berbuah. Berharap menemukan ontong pisang diujungnya.

Manfaat Jantung Pisang bagi Kesehatan

Ternyata sayur jantung pisang tak hanya enak, tapi bermanfaat juga lho untuk kesehatan. Dari berbagai sumber yang saya baca, jantung pisang mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Seperti kandungan kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, flavonoid, saponin, asam amino esensial dan non-esensial, tannin, glikosida hingga steroid. Beberapa kandungan ini mempunyai manfaat untuk menyembuhkan infeksi hingga mengatasi diabetes. 

1. Menyembuhkan Infeksi

Jantung pisang mengandung etanol. Kandungan etanol ini bekerja mencegah pertumbuhan bakteri patogen pada tubuh. Tidak hanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, konsumsi ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit penyakit malaria.

2. Membantu Memperlancar Siklus Menstruasi

Jantung pisang bisa membantu mengatur siklus haid menjadi lancar setiap bulannya. Wanita yang mengonsumsi jantung pisang kadar progresteron pada tubuhnya dapat meningkat. Progresteron ini merupakan hormon pada tubuh wanita yang mengatur siklus mentruasi, menjaga kehamilan dan mempersiapkan diri untuk pembuahan atau program kehamilan.

3. Mengurangi Kecemasan dan Meningkatkan Mood

Jantung pisang mempunyai fungsi sebagai antidepresan sehingga bisa mengurangi tingkat kecemasan. Kandungan magnesium yang banyak terdapat dalam jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik serta mampu mengurangi kecemasan.

Iya lho, sayur jantung pisang ini meningkatkan mood buat makan yang banyak. Saat makan pun nggak merasa cemas kalau jarum timbangan bakal makin geser ke arah kanan

4. Mengatasi Diabetes

Bagi penderita diabetes, perlu mengontrol gula darah dalam tubuh. Jantung pisang yang kaya serat dapat bekerja mencerna makanan lebih lambat dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah yang mampu menyebabkan komplikasi diabetes lebih parah, seperti ginjal hingga kerusakan saraf.

Itulah beberapa manfaat jantung pisang bagi kesehatan. Kamu pernah makan sayur jantung pisang?

32 comments

  1. Molly belom pernah coba. Tapi ngiler. Apa rasanya mirip kayak sayur nangka di restoran padang? Penasaran banget.

  2. katanya gak semua jantung pisang enak dijadikan masakan ya?

    bberapa waktu lalu saya juga mencoba memasak jantung pisang

    untuk dimasak sayur dan botok/pepes

    senangnya hidup di Indonesia ya? Banyak tanaman yang bisa diolah jadi masakan

  3. Sayur Jantung pisang mengingatkanku pada almarhumah mbah di Kampung dulu mbak. Dan sekarang punya mertua orang Banjar, beberapa bulan sekali Suka Masak Jantung pisang ini seneng banget

  4. Pernaah donk, aku suka bikin jugaa, udah dioseng cabe ijo ato pake santan, atao bumbu meraah.
    Resep turun temurun dari mbah dan mama jugaa.termasuk sayur favorit bangeet karena tahu manfaatnyaa.
    Ahhh, jadi mauuuu jugaa.

  5. kalo d Surabaya, masih ada yg jual bothok ontong ini mba
    kadang aku beli, kalo mendadak pengin.
    ternyata khasiatnya banyaaakk ya.
    baru tau aku mbaaaa

  6. aku termasuk yang belum pernah nyobain sayur jantung pisang, banyak yang bilang enak asal diolah dengan tepat, ah jadi pengen cobain juga deh karena tau manfaatnya banyak juga ya

  7. Saya turut berduka, Mbak. Semoga almarhumah ibu diampuni semua dosa dan diterima amal ibadahnya. Aamiin Allahumma aamiin.

    Sayur jantung pisang ini mamah saya yang suka bikin. Memang enak juga rasanya, ya

  8. Aku juga lumayan sering masak sayur jantung pisang ini mba, karena di belakang rumah banyak pohon pisang batu yang jantungnya tuh enak banget kalo dimasak. Biasanya jantung pisang aku masak sama daun singkong dan ikan asin. Bikin nambah nasi mulu deh

  9. Aku doyan sayur jantung pisang cuma gak bisa ngolahnya kalau sendiri, enak dimasakin aja hehehe.
    Ad akenangan sama ibunya ya mbak kalau makan sayur jantung pisang

  10. wuiih udh lama mak, ngak makan sayur jantung pisang, yah itu resep masakan emak, maklum kami dulu miskin jadi masak makanan yang ada aja, malah sekarang kangen dengan masakan begini

  11. Waaaa.. Aku selalu ingin beli jantung pisang tapi nggak pernah ngerti cara mengolah dan memasaknya dengan enak. Beruntung baca ini, bisa jadi contekan nanti pas beli bahannya

  12. Sayur jantung pisang ini enak banget mbak, selain dibuat sayur santan, jantung pisang juga enak dibuat urap mbak.. Aku lumayan sering beli kalo lagi pingin

  13. Yaaah aku ga bisa bayangkan karena ga tau rasa jantung pisang 🙁

    Pengen coba kalo dibuat jangan lodeh, pastilah enak ya kalo dibuat lodeh? Tambah tempe yang direbus sebentar dicemplungkan kasih rawit merah bulet! Ulaalaaaaa

  14. Wah, jantung pisang ini ternyata banyak juga manfaatnya, salah satunya memperlancar sirkuasi pada saat menstruasi.

    Saya sudah lama banget gak makan jantung pisang. Karena di rumah gak pernah masak jantung pisang. Dulu makan di rumah almarhumah nenek.

  15. Mbak, kita sama , kakakku malah ada 5 perempuan semua. Jadi sejak kerjaanku nyapu dan nyapu..ya halaman atau rumah. Dan bagian beli ke warung kalau ada yang kurang. Jadinya ga ngerti kerjaan dapur huhuhu
    Ibuku sering masak jangan ontong ini. Kadang juga cuma direbus dipakai untuk sayuran sambel tumpang.
    Aku belum pernah bikin sendiri hihihi…Kok jadi kangen jangan ontong juga aku

  16. Sama mak, di sini sering dibikin jantungnya buat sayuran
    tapi memang jarang kalau di kota ada beginian ya, seringnya di desa orang lama biasanya.
    Al fatihah Mak. Maaf baru tahu Ibuk meninggal *peluk jauhh

  17. Sama dong mbak, almarhumah mamaku dulu hobi banget masak jantung pisang bahkan termasuk hidangan favoritnya, dalam seminggu bisa dua atau tiga kali menu berbahan dasar jantung pisang terhidang di meja makan, seringnya di masak dengan santan. Ternyata banyak juga ya manfaat jantung pisang untuk kesehatan.

  18. Aku belum pernah masak jantung pisang disayur gini, mbak. Biasanya beli aja di tetanggaku yang seminggu dua kali bikin. Ibuku nggak pernah masak jantung pisang. Jadi ya aku nggak paham gimana cara ngolahnya. Aku simpan dulu resep dari mba Nanik

  19. Resep jantung pisang baru ini buat saya. Soalnya saya seringnya masak jantung pisang dengan kacang hijau dengan bumbu dasar biasa kemudian disantani. Ini mau coba juga suatu saat nanti.

  20. Aku juga suka nih Mba sama sayur jantung pisang. Bahkan direbus doang terus langsung cocol sambel, wih mantep banget. Ternyata gak cuma enak doang ya, jantung pisang bisa mengatasi diabetes.

  21. Aku suka banget sayur jantung pisang..kemarin baru masak santennya..apalagi dimakan dwngan samvel terasi mantep aja..

    Kalo aku pas rebusnya..gak dipotong2 biar gak item..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *