PengalamanKu

Manfaat Mengajak Anak ke Tempat Kerja

15-17 Oktober kemarin, saya dapat tugas ke Bondowoso. Karena masih di wilayah Jawa Timur dan bisa ditempuh dengan membawa kendaraan sendiri, saya mengusulkan pada suami untuk ikut dan mengajak serta anak-anak. Suami setuju. Lalu saya tawarkan pada anak-anak untuk ikut. Awalnya mereka bimbang antara ikut atau tidak, perjalanan darat kurang lebih 5 jam tentu akan melelahkan. Tapi begitu saya bilang kalau hotelnya ada kolam renang, mereka antusias untuk ikut.

Kami berangkat sekitar jam tujuh pagi, dengan harapan kurang lebih jam satu siang sampai di hotel. Pas waktunya untuk chek in. Untuk hotel, saya sudah booking sebelumnya lewat telpon. Jadi begitu sampai tinggal melakukan pembayaran saja. Oh iya, kami menginap di ijen view hotel & resort.

Ternyata kamar yang saya pesan, pas di depan kolam renang. Tentu saja anak-anak sangat senang. Walau capek di perjalanan, pengennya segera nyemplung. Setelah masuk kamar dan menata barang-barang, mulailah saya dan anak-anak berkeliling. Suasana hotelnya sepi. Kayaknya tak banyak tamu yang menginap. Atau karena kamar kami diujung sehingga tak berpapasan dengan tamu lain.

Senin pagi, saya diantar suami ke tempat tugas, sementara anak-anak di kamar. Kami sudah berpesan pada mereka, kalau ada yang ngetuk pintu jangan dibukain. Mereka dirumah sudah bisa ditinggal berdua, jadi kami juga tak begitu khawatir meninggalkan mereka di kamar. Tentu saja dengan seabrek pesan dan wanti-wanti pada mereka.

Seharian saya bertugas, seharian pula mereka di hotel. Menjelang jam 5 sore suami dan anak-anak datang menjemput. Namun rupanya pekerjaan saya belum selesai. Menjelang jam 7 malam, baru pekerjaan saya selesai. Membosankan tentunya bagi anak-anak menunggu selama 2 jam, jika tak ada media untuk mengalihkan perhatian mereka.

Hari kedua, menjelang jam 12 siang suami dan anak-anak sudah menyusul ke tempat tugas, karena sudah chek out dari hotel. Sementara pekerjaan saya masih lama, perkiraan jam 4 sore baru selesai. Supaya tidak bosan, mereka melihat-lihat sekitar. Mereka juga ikut dengan suami mengobrol dengan beberapa peserta ujian yang menunggu diluar ruang ujian. Jika bosan diluar, mereka masuk ke ruangan. Tapi melihat saya masih sibuk bekerja, mereka memilih keluar lagi dan mencari aktivitas sendiri. Alhamdulillah, selama 2 hari diajak ke tempat tugas, mereka tak mengeluh bosan.

Ada beberapa manfaat yang saya rasakan jika mengajak anak ke tempat kerja, yaitu :

  1. Anak-anak jadi lebih tahu dunia kerja yang sesungguhnya, mereka tahu kesibukan mamanya di ditempat kerja. Karena sudah tahu ritme kerja mamanya, biasanya mereka akan menelpon di jam-jam istirahat. Jika kebetulan di jam kerja saya sedang senggang dan menelpon mereka, maka pertanyaan pertama mereka adalah “Mama kenapa nelpon, kan belum jam istirahat”. Jadi setahu mereka, jika mamanya nelpon diluar jam istirahat, artinya ada sesuatu yang penting.
  2. Anak-anak bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang usianya jauh diatas mereka. Mereka bisa mempraktekkan beberapa adab bergaul dengan orang tua yang pernah kami ajarkan. Walau akhirnya saya yang sering kena protes “Kok orang itu makan sambil jalan, Ma?” atau “Kok dia minum sambil berdiri”. Dan saya pun harus meluangkan waktu untuk kembali mengingatkan soal nilai-nilai baik dalam kehidupan.
  3. Anak-anak dapat pengalaman baru ditempat yang baru. Mengunjungi kota lain, menginap dihotel. Akhirnya mereka jadi tahu bahwa budaya setiap kota itu tak sama. Sama-sama hotel, pelayanan dan fasilitasnya bisa jadi berbeda. Kita sebagai pengunjung, harus mengikuti aturan yang berlaku disana.
  4. Anak-anak punya gambaran lebih jelas mengenai berbagai profesi. Hasil mereka mengamati bagaimana mamanya bekerja, hasil menyimak obrolan papanya dengan orang-orang baru yang ditemui di tempat baru. Selanjutnya menjadi bahan diskusi kala kami sedang berempat, sambil makan bersama atau dalam mobil saat perjalanan pulang.

Itulah beberapa manfaat mengajak anak ke tempat kerja. Tentu saja ini tak dilakukan setiap hari ya… Lakukan disaat beban pekerjaan tak begitu berat, sehingga walau anak-anak ada disamping kita, kita tetap bisa fokus bekerja sekaligus melayani pertanyaan-pertanyaan dari mereka

10 thoughts on “Manfaat Mengajak Anak ke Tempat Kerja

  1. Setuju, biar tambah wawasan juga ya, Teh, jadi pengalaman baru juga buat anak.. Dengan dengan lingkungan baru.. Semoga disaat nanti bisa kalau sudah menikah dan punya anak, bisa mengajak anak ke tempat-tempat baru, biar banyak manfaat yang di dapat..

    Btw, salam kenal ya, Teh..

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis