Parenting

Mari Mengenali 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Setiap anak Indonesia berhak memiliki masa depan yang cerah dan mewujudkan cita-citanya. Setiap anak Indonesia berhak untuk menjadi generasi yang maju, sehingga siap menyambut tongkat estafet pembangunan Indonesia di masa mendatang.

Bagaimana sih mengenali anak-anak generasi maju itu? Ada lima potensi prestasi anak generasi maju, yaitu :

  • Cerdas dan kreatif
  • Tumbuh tinggi dan kuat
  • Supel
  • Mandiri
  • Percaya diri

Lima potensi prestasi anak generasi maju

Anak yang tumbuh dengan nutrisi dan stimulasi yang tercukupi, akan  menjadi cerdas dan kreatif, selalu bisa memecahkan permasalahan yang ada dan penuh dengan ide-ide yang mengagumkan.

Dengan nutrisi yang cukup, anak akan tumbuh tinggi, sehat dan kuat, hal tersebut bisa dilihat dari pertumbuhannya sejak lahir, setiap bulan ditimbang berat badan, diukur  tinggi badannya, lingkar kepala yang dicatatkan pada buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak).

Anak yang supel selalu mampu beradaptasi di lingkungan seperti apapun, tetapi tetap tidak lepas dari pengawasan orang tua agar memastikan selalu berada di lingkungan yang baik.

Anak yang tumbuh sehat, pastinya bisa mandiri, bisa melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain, jangan lupa beri kepercayaan kepada anak untuk bisa menjadi seperti itu. Kemandirian ini tentunya tidak tiba-tiba muncul, melainkan harus dilatih sejak kecil.

Punya anak percaya diri itu bukan semata anak yang senang tampil di panggung atau depan banyak orang, anak yang selalu percaya akan kemampuan dirinya, yakin akan keputusan yang diambil juga merupakan ciri anak yang tumbuh dengan percaya diri.

Nah, setelah kita mengetahui 5 potensi prestasi anak tadi kita juga tetap perlu memberikan stimulasi terhadap kelima aspek tumbuh kembang yaitu aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial secara bertahap dan terus-menerus karena potensi prestasi anak tersebut tidak tumbuh instan tetapi perlu diketahui dan dikembangkan sejak dini.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis