Mengenal Manfaat Blonceng dan Aneka Olahannya

Blonceng, masuk dalam kelompok tanaman labu. Ada yang menyebutnya labu air. Buahnya memanjang, bisa sampai 1 meter kalau media tanamannya bagus. Blonceng berwarna hijau muda, tanamannya merambat. Kalau di biarkan di tanah, kurang bagus untuk buahnya karena pertumbuhannya tidak bisa maksimal. Sehingga sebaiknya dirambatkan pada media bambu. Pertama kami menanam blonceng dulu, dirambatkan ke atap gubuk di sawah. Namun karena daunnya rimbun sekali, malah ada ular yang bersarang di situ. Akhirnya kami tak pernah lagi merambatkan tanaman ke atap gubuk.

Kini, kami menanam blonceng di antara tanaman jagung. Di beri rambatan berupa bambu. Blonceng ini cepat sekali berkembangnya, cepat pula menghasilkan buah

budidaya blonceng

Hasil panen blonceng pertama

Blonceng bisa diolah menjadi berbagai macam sayuran. Di sayur bening, rasanya segar. Di sayur lodeh juga nikmat. Yang nggak suka sayur berkuah, blonceng bisa juga di tumis. Beberapa waktu yang lalu, saya baru tahu kalau blonceng juga sedap di masak rawon.

olahan blonceng

Calon sayur lodeh blonceng

Jadi ceritanya, saya lagi masak rawon. Sementara blonceng yang di pegang si bocah di foto diatas, mau saya masak sayur bening saja. Rawon buat lauk anak-anak, sementara blonceng buat emaknya, yang ceritanya lagi pengen diet. Blonceng sudah saya potong-potong dan di cuci. Karena kompor dua tungku sedang di pakai semua, 1 sedang di pakai masak rawon, 1 lagi buat ngerebus jagung, maka saya tinggal ke depan buat nemani anak-anak main.

Pas saya ke dapur, niatnya buat ngecek daging rawon sudah empuk atau belum, kok saya lihat potongan blonceng sudah nggak ada. Lebih kaget lagi, pas ngaduk rawon di panci, kok nemunya potongan blonceng. Siapa yang masukin?

Rupanya suami yang masukin potongan blonceng itu ke dalam panci yang buat masak rawon. Katanya blonceng itu enaknya di masak rawon. Ya sudah, gagal deh mau menikmati sayur bening blonceng yang seger. Berganti menjadi rawon blonceng, yang rasanya nikmat juga lho.

rawon blonceng

Rawon blonceng, seger juga

Pas, saya posting foto hasil panen blonceng di FB, ada teman yang komentar menyarankan untuk dibuat manisan saja. Manisan blonceng? Ini lebih aneh lagi, dan saya baru dengar.

Beruntung punya paman yang baik hati, paman Google. Bertanyalah saya, bagaimana cara membuat manisan blonceng. Paman Google lalu ngasih tahu banyak resep manisan blonceng. Bloncengnya perlu di rendam air kapur sirih, kalau orang Jawa bilang injet. Berhubung saya belum tahu di mana bisa memperoleh injet di Malang sini, jadi resep manisan bloncengnya belum saya praktekkan.

budidaya blonceng

Siap jadi koki-koki cilik

OK, itu tadi tentang aneka olahan dari blonceng. Terus blonceng segedhe itu saya masak berapa kali?

Saya masak sekali aja. Sepotong. Potongan lain di kasih ke tetangga, biar mereka juga bisa masak blonceng.

Bagaimana harga jualnya? Kalau di tingkat petani, saat ini bisa sampai 10 ribu/buah. Tapi kami belum pernah jual.

Blonceng ini memang bukan tanaman utama di sawah, karena tanaman utamanya jagung. Kami menanam sedikit saja, buat kesenangan, bukan untuk di jual. Jadi hasilnya ya buat di nikmati sendiri, plus di kasihkan ke tetangga dan teman-teman. Biasanya sih teman yang main ke sawah dan pas ada blonceng yang sudah besar, dan dia mau, kami petik dan kasihkan.

Dari Google juga, saya membaca beberapa artikel yang menjelaskan manfaat blonceng bagi kesehatan. Nah berikut ini saya rangkumkan hasil penelusuran saya, manfaat blonceng bagi kesehatan adalah :

  1. Menjaga tekanan darah; Kandungan kalium dalam  blonceng bermanfaat menjaga tekanan darah agar senantiasa normal. Blonceng dapat di konsumsi berupa sayuran maupun diolah menjadi jus
  2. Menurunkan Demam; Blonceng  bermanfaat mendinginkan tubuh dan menurunkan demam, karena mengandung banyak air. Caranya bisa mengonsumsi labu rebus/kukus atau cukup meminum air perasan sari blonceng.
  3. Menyembuhkan saluran kencing; Blonceng mengandung nutrisi lengkap yang membantu mengatasi infeksi saluran kencing. Caranya cukup dijadikan jus dan dicampur air jeruk nipis serta madu, diminum secara rutin.
  4. Menyehatkan Mata; Blonceng mengandung vitamin A/betakaroten yang berkhasiat menjaga kesehatan mata dari ancaman penyakit.
  5. Menghambat pertumbuhan kanker; Kandungan saponin dan polifenol yang terdapat pada  blonceng ampuh membantu menghambat pertumbuhan kanker.
Ternyata banyak juga ya manfaatnya, buahnya murah, perawatannya juga tidak susah.

2 Comments

Add a Comment
  1. Oh jadi ini namanya blonceng ya. Setauku labu aja sih… Dan ini termasuk yang buat pengadem perut. Kayaknya sih saya bakalan mencoba disayur aja deh, ga dibuat manisan.

    Kali seperti pepaya muda ya?

  2. Mbak..itu bloncengnya bikin mupeng..gede bangets.
    Aku jadi inget ibuku kalau masak rawon dikasih blonceng..khas Kediri begini.
    Kalau di Jakarta pas nemu, aku bikin sayur bening.
    Wah jadi pengin masak blonceng yang ternyata banyak manfaatnya

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis