Mengenalkan Kandungan Nutrisi Bayam pada Anak

kandungan nutrisi bayam

Mengenalkan Kandungan Nutrisi Bayam pada Anak. Akhir pekan, saatnya main ke sawah. Dari usai subuh, Toto sudah ribut aja ngajakin ke sawah. Padahal saya belum beres-beres rumah, piring kotor bekas makan semalam juga belum di cuci. Belum masak juga buat bekal ke sawah.

Setelah di bujuk-bujuk barulah dia mau menunggu. Sementara Toto dan dua kakaknya bergantian mandi, saya dan suami beres-beres dan masak. Suami mencuci piring dan menyapu rumah sementara saya memasak. Masak yang gampang dan cepat saja. Sayur daun lumai, ayam goreng tepung, tahu dan tempe goreng. Usai masak, anak-anak sudah rapi, giliran suami yang mandi, sementara saya menyiapkan bekal. Terakhir, saya yang mandi.

Menjelang pukul 06.30 kami berangkat. Perjalanan lumayan lancar. Sekitar 45 menit kemudian, kami tiba di sawah. Setelah memarkir mobil, kamipun lalu berjalan beriringan menyusuri pematang, kebetulan posisi sawah berada di tengah.

Panen Bayam

Hari ini, kami berencana mau panen bayam. Kebetulan bayam merah dan juga bayam hijaunya sudah waktunya di panen. Tanaman bayam ini jadi cepat sekali pertumbuhannya karena hampir tiap hari hujan, jadi kebutuhan airnya terpenuhi dengan baik.

kandungan nutrisi bayam

Sambil memetik bayam, sambil ngobrol juga sama anak-anak.Tentu saja masih berkaitan dengan bayam. Karena tiba-tiba babang bertanya tentang bayam merah.

“Ma, kenapa ada bayam merah?”

“Ya, karena jenisnya memang ada bayam hijau dan bayam merah”

“Kandungannya bayam merah itu apa?”

“Macam-macam, ada serat, ada vitamin juga?”

“Bukan itu. Kalau bayam hijau kan mengandung klorofil, kalau bayam merah mengandung apa kok warna daunnya jadi merah”

“Waduh apa ya, ntar kita tanya google deh” Selalu begini jadinya kalau nggak bisa menjawab pertanyaan babang. Tanya sama google.

perbedaan bayam merah dan bayam hijau

Saat istirahat, mulailah kami menelusuri informasi dengan bantuan google tentang warna merah pada daun dan batang bayam merah.

Dari hasil penelusuran itu, kami memperoleh informasi bahwa bayam hijau mengandung lebih banyak klorofil dan betakaroten. Sementara bayam merah lebih banyak mengandung pigmen betasianin dan antosianin.

Kandungan Nutrisi Bayam Merah dan Bayam Hijau

Selesai memetik bayam, kami pun lalu membuka bekal. Sarapan di gubuk pinggir sawah. Usai makan, kami lanjutkan lagi belajar tentang bayam.

Dari situsnya Bobo kami mendapatkan informasi bahwa baik bayam hijau maupun bayam merah sama-sama mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan antioksidan yang tinggi, bayam hijau dan merah memiliki manfaat antiaging yang sama kuat.

Pada bayam hijau maupun merah terdapat energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, dan vitamin C. Dari segi jumlah, nutrisi tersebut lebih banyak terdapat dalam bayam merah daripada bayam hijau.

bayam merah

Sementara dari situsnya Detik, kami mendapatkan informasi bahwa dalam 100 gr bayam hijau mengandung energi sebesar 16 Kkal, protein 0,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 2,9 gr, kalsium 166 mg, serat 0,7 gr, zat besi 3,5 mg dan 41 mg vitamin C.

Sedangkan untuk 100 gr bayam merah mengandung energi sebesar 41,2 kkal, 2,2 gr protein, 0,8 gr lemak, 6,3 gr karbohidrat, 520 mg kalsium, serat 2,2 gr, 7 mg zat besi dan 62 mg vitamin C.

Warna bayam yang lebih gelap, baik itu merah maupun hijau, memiliki kandungan nutrisi dan gizi lebih tinggi daripada bayam yang berwarna lebih terang. Bagi penderita kadar asam urat tinggi, artritis, dan peradangan di saluran cerna sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi bayam.

Senangnya, hari ini anak-anak belajar memanen bayam dan juga kandungan nutrisi yang ada pada bayam, baik yang merah maupun yang hijau.

panen bayam

43 Comments

  1. Haduh haduh koq dedeknya lucu emesh banget sih hehhe

    Saya suka makan sayur bayam untuk santap siang. Ga ngerti enak aja gitu. Tapi ga pake nasih heheh

  2. Jarang makan bayam merah…seringnya yang hijau… dan harus segera dihabis kan ga bisa disisakan buat makan selanjutnya… infonya begitu…tahunya bayam banyak manfaat ..dari film popeye si pelaut… makan bayam jadi kuat

  3. Anak-anak saya suka agak susah kalau makan bayam dibuat sayur bening. Harus dikasih keju dengan kuah susu. Kalau creamy gitu, bisa semangat banget deh mereka menyantapnya

  4. dan harus pinta2 bikin menu yang variastif dari sayur bayam ya, dulu ibuku bikin dengan cara dipanggang di oven. jadi tahu dihancurkan lalu ditaruh di atas pirex, di atasnya bayam, lalu tahu lagi sampai empat lapsi dan sebelumnya tahunay sdh dobumbui, lalu dipanggang. suka sekali, arsa pahit daun bayam gak kerasa

  5. Aku suka bayam mbaa. Dan senangnya nih kalau ajak anak bisa ke sini kayaknya bisa jadi pilihan yang tepat ini mbaa 🙂

  6. bayam hijau maupun merah terdapat energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, dan vitamin C ….. masya Allah ya, sayuran sederhana tapi kandungan gizinya kaya.

  7. Allhamdulillah anakku suka bayam, biasanya akau pakai pipilan jagung & temu kunci kalau masaknya jadi rasanya gak langu. Bayam merah agak jarang di tempatku mbak, kadang2 aja penjual sayur bawanya

  8. Kandungan nutrisi pada bayam memang bagus. Aku palibg suka bayam hijau dibandingkan yang merah. Walau sama2 punya nutrisi yang bagus, sih.

  9. Hihihi, saya juga gitu, kalau ditanya dan enggal tau jawabannya bilang “nanti kita cari tau di google” hihihi… Seger banget bayemnya 🙂

  10. Lucu banget, Dedenya udah bisa panen bayem. Aku belum pernah bikin sayur bayem merah, walaupun sering lihat di supermarket. Enak ga sih? Kapan-kapan nyoba deh. Ditumis aja kayaknya yah…

  11. Ide bagus nih kak, menyambut liburan untuk belajar mengenalkan si kecil supaya cinta lingkungan salah satunya ya dengan berkebun dan tanam bayam baik hijau maupun bayam merah gampang di lakukan di pekarangan rumah jadi si kecil bisa mengamati setiap hari sampai bayam tersebut tumbuh..kalau sdh ada daunnya di ambil terus dimasak deh..heheh

  12. Senengnya bisa panen bayam sama anak-anak. Dan aku belum pernah coba makan bayam merah. Di tempatku adanya yang hijau semua. Pengen ngerasain gimana rasa bayam merah.

  13. Anakmu lutuneeeee ginuk2 gemesinnn
    Aku kadang bayam merah kadang bayam hijau. Cuma sambil nanya, kenapa bayam merah pas dimasak jadi luntur merahnya jadi warna hijau daunnya?

  14. Dedeknya gemes ih, foto sama bayam merah itu gayanya ya ampunn.
    Anak-anakku suka bayam hijau, dibikin sayur bening, tumis, atau urap dan pecel semua suka. Tapi kalo bayam merah mereka belum pernah makan, aku sih yang biasanya dicampur untuk salad gitu

  15. Dulu waktu tinggal di Depok sering banget beli bayam merah, di sini aku jarang nemu tukang sayur jualan itu kalau gak ke supermarket. Bayam tu sayur yang plaing gampang dimasak walau dalam sehari aku masaknya dua kali krn gak bisa diangetin hhahah

  16. Aduuuh lihat si adek petik bayam segar senang sekali rasanya. Anak saya yg paling besar saat ini sedang dalam tahap musuhan sama sayur. Padahal dia dulu penggila sayur. Mungkin memang begitu template anak, ada masanya mereka bosan akan sesuatu. Semoga si kakak bisa suka sayur lagi.

  17. Ya ampun dede gemesh banget sih memanen bayamnya. Ih seneng deh mba di dekat rumahnya ada kebun terus ditanami bayam hijau dan bayam merah. Saya baru tahu deh kalau bayam hijau mengandung banyak klorofil dan betakaroten. Sementara bayam merah lebih banyak mengandung pigmen betasianin dan antosianin. Tapi nutrisinya ternyata lebih banyak bayam merah. Aku sendiri belum pernah mencoba bayam merah nih, penasaran jadinya 😊

  18. seru banget bisa mengenal sayur mayur dengan langsung nih mba. Aku juga jadi nanti siang mau masak sayur bayam dengan bayam merah ah, mengingat dari data tsb kandungan proteinnya lebih tinggi ya dair bayam hijau

  19. Wah., sepertinya saya mainnya kurang jauh., baru tahu kalo ada bayam merah di dunia ini. karena selama ini saya kalao makan bayam yang warna nya hijau. Jika bayam merah dimakan, apakah rasanya sama seperti bayam hijau? apakah ada rasa khas tersendiri dr bayam merah? Hmmbb., jadi penasaran pengen makan bayam merah.

  20. Menyenangkan banget nih mba cara mengenalkan kandungan nutrisi bayam kepada anak-anak. Jadi keinget terus tuh sampai mereka besar nanti. Bayam tuh banyak manfaatnya, enak pula saat diolah menjadi aneka ragam masakan. Hanya saja kalau yang udah punya kelainan asam urat memang lebih baik menjauhi sayuran yang satu ini.

  21. Wah itu kebun bayam sendiri kah? Seru amat mba punya dan bisa metik sendiri. Dan anakku memang salah satunya suka banget sayur bayam merah. -shyntako

  22. Ternyata kandungan nutrisi dan gizi yang paling besar justru di warna daun yang lebih gelap ya… selama ini aku malah pilih yang watna daunnya terang.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya