Ngomongin Pemilu

Kurang dari satu bulan, pesta demokrasi bakal digelar di negara kita. 9 April, pas hari Rabu, bakal jadi hari libur nasional kayaknya. Asyiik libur….. gpp lah ditengah minggu, yang penting L I B U R !

Sekarang udah masuk masa pemilu. Tapi kok saya merasa beda ya dengan pas jumlah partai peserta pemilu dulu masih 3.

Dulu, saat saya sebagai pemilih pemula, masih duduk di bangku SMA, dan karena bapak saya PNS maka otomatis saya sering terlibat dalam acara-acara sosialisasi alias kampanye, meski dengan terpaksa. Di kampung, pas ada acara, dipaksa oleh bapak buat pakai rompi warna kuning, ikut acara. Dari sekolah juga kebagian ditunjuk buat mewakili sekolah ikut acara dengan kostum warna kuning. Entah apa alasan penunjukannya, bisa jadi juga karena bapak saya PNS.

Tapi saya nggak mau klo sampai diajak keliling-keliling naik motor, dengan knalpot blong, suara menderu-deru. Bubar acara ya udah, pulang ke rumah. Ngikut aja terpaksa karena takut dimarahi bapak. Tapi kalau urusan nyoblos, tetap rahasia dong. Masalah ikut acara dipaksa sih sah-sah aja, tapi urusan dibilik suara nggak ada yang bisa memaksa!

Tapi kalau acaranya dilapangan, bapak saya nggak pernah maksa buat ikut :). Bolehnya ngikut cuma kalau acaranya di ruangan tertutup.

Nah, kemarin saya kebetulan keluar di siang hari. Sampai sore kok jalanan anteng aja. Nggak ada pawai-pawai gitu. Padahal dah antisipasi kalau-kalau macet, kalau-kalau terjebak ditengah pawai. Saya tanya ke beberapa teman kantor, juga bilangnya sepi aja.

Jadi ingat dulu di kampung, pawainya lewat di kampung sebelah aja, suara motornya sampai ke rumah saya. Buru-buru lari ke jalan pengen lihat, tapi ditunggu sampai lama kok nggak ada yang lewat. Jadi kena polusi suaranya aja.

Semoga saja pemili tahun ini berlangsung damai. Apa dan bagaimana pun hasilnya, bisa diterima semua pihak, baik peserta maupun partisipan. Jangan ada acara nggak bertegur sapa gara-gara beda pilihan.

12 Comments

Add a Comment
  1. Amiiiin.. Semoga pemilunya damai Mba. 😀
    Jaman masih 3 partai dulu emang luar biasa kalo pas kampanye. Gegara di kampung saya kantongnya PPP sering banget ada acara hijau-hijau di mana-mana. Termasuk sekolah dan yes kami harus ikutan. 😀

    1. heheheh iya dulu mah jelas, merah kuning hijau, kayak lampu stopan aja 🙂

  2. Sepertinya sekarang jumlah partai nya lebih sedikit daripada sebelumnya yah

    1. iya, dibanding 2009 kayaknya lebih sedikit.

  3. semoga pemilunya aman tentram dan yang dipilih emang orangnya baik ya 🙂 walo masih bingung harus milih siapa nih

    1. masih ada waktu buat menimbang-nimbang mbak.

  4. Tahun ini saya ga golput berkat Jokowi.
    haha..

    1. sip, satu suara anda bisa sangat menentukan 🙂

  5. semoga kampanye nya damai-damai aja ya mbak…. saya juga jadi males bepergian klo ingat saat ini sedang jadwal kampanye beberapa partai….

    1. amiin… iya dah khawatir aja klo terjebak macet

  6. Aamiin, harapannya sih pemilu damai, dan Jokowi presiden. #eh

    1. wah pendukung JKW4P ya 🙂

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis