Penggunaan Kalimat dalam Bahasa Inggris

penggunaan kalimat dalam bahasa inggris

Kadang-kadang saya berkomunikasi dengan anak-anak menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya untuk mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris, terutama penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris.

Iya, penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris itu kadang masih membingungkan mereka. Kapan pakai simple present, kapan pakai simple past, kapan pakai continuous tense. Eh, kadang saya juga masih bingung sih.

Lah, saya aja bingung. Apalagi mereka. Nah, justru di sinila tantangannya, saya jadi punya pemicu untuk belajar lagi. Saya jadi tertantang untuk bisa memahami dan menyampaikan pada mereka agar mereka juga mengerti. Syukur-syukur bisa paham juga.

Emang sih, dalam komunikasi itu, yang penting dua pihak bisa saling menangkap pesan yang disampaikan. Tidak terjadi salah tafsir sehingga menimbulkan salah paham dan bisa berujung pada perselisihan. Tapi, akan lebih bagus lagi kalau komunikasi juga memperhatikan kaidah berbahasa.

Karena itulah, walau pesannya sudah sampai, kalau struktur kalimatnya belum benar, saya minta anak-anak untuk mengulanginya. Biar mereka terbiasa menerapkan penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris dengan tepat.

Penggunaan Simple Present Tense

Ada yang suka bingung juga dengan struktur kalimat dalam bahasa Inggris? Supaya artikel ini dapat menambah pengetahuanmu, saya akan kasih pembahasan seputar penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris, kali ini tentang rumus dan contoh penggunaan simple present tense.

Gimana? Seru kan?

Kamu gak perlu ikutan les bahasa Inggris dan bayar, tinggal baca artikel ini sampai selesai dijamin pasti kamu tambah ilmunya deh. Yuk langsung aja kita bahas.

Simple present adalah bentuk kata kerja dengan dua kegunaan utama.  Simple present tense digunakan ketika suatu tindakan sedang terjadi sekarang, atau ketika itu terjadi secara teratur (atau tanpa henti, itulah mengapa kadang-kadang disebut present indefinite). Bergantung orangnya, simple present tense dibentuk dengan menggunakan bentuk dasar atau dengan menambahkan ‑s atau ‑es di akhir. Contohnya :

  • I feel great!
  • Pauline loves pie.
  • I’m sorry to hear that you’re sick.

Penggunaan dalam hal lainnya adalah berbicara tentang tindakan atau kejadian kebiasaan.

Contoh :

  • Pauline practices the piano every day.
  • Ms. Jackson travels during the summer.
  • Hamsters run all night
penggunaan simple present tense
Penggunaan simple present tense (Sumber gambar ilhamteguh.com)

Simple present tense sendiri terbagi dalam dua macam jenis. Yakni nominal dan verbal. Maka dari itu, rumusnya juga terbagi dalam dua jenis.

Nominal Simple Present

(+) Subject + to be (am/is/are) + adjective/adverb

(-) S+ to be (am/is/are) + not + adverb

(?) To be (am/is/are) + subject + adjective/adverb?

Verbal Simple Present

(+) S + verb 1 (+ s/es) + O

(-) S + do/doesn’t + V 1 + O

(?) Does/Do+ S + V 1 + O?

Itu dia pembahasan singkat mengenai rumus dan contoh penggunaan dari simple present tense,  selamat belajar dan jangan lupa untuk langsung berlatih ya!

23 Comments

  1. Eh kalo belajar bahasa inggris jadi semudah ini, pasti anak2 ngga bingung. Btw ngajak ngorbol bahasa inggris mulai umur berapa bisa diterapkan ke anak2 mba Nan?

  2. Demi apapun, saya paling benci kalau udah grammar. Bisa dibilang grammar saya memang kacau kalau ngomong English, sejak sekolah dulu nggak pernah suka pelajaran tenses hahaha. Tapi pas ujian, banyak keluar soal grammar hahaha, akhirnya nyesel dan emang gimanapun juga, kudu paham sih

  3. Seneng banget pastinya ya kalau anak anak cuap cuap pakai bahasa inggris, tapi pastinya kita kudu paham dulu ya sebelum ajarin anak.
    Dan tentunya ajarin anak sedari dini biar dia nantinya fasih.

  4. Dari doeloe saya nggak paham juga ya sama tenses ini. hehe.. mungkin karena kurang praktiknya aja sih. hehe..makasih mbak artikelnya. jadi simple ini. mungkin karena dipraktikkan ya. hehe

    • Hahaha sama kayak aku nih Pak Guru. Jadinya kemampuan english di bagian grammar acak adut. Tapi makin ke sini, makin sadar juga sih kalau kita kudu pinter bercakap bahasa Inggris secara benar

  5. Belajar bahasa inggris memang yang terpenting yaitu practice. Kalo gak gini maka gak akan jadi. Ucapan dan ngobrol biasa setiap hari pake bahasa inggris ternyata berdampak bagus untuk menambah kosa kata.

  6. Ngebaca postingan ini jadi inget jaman dulu waktu belajat tensea di sekolah. Rada bingungin si, tapi kalo udah paham sebenernya gampang kol ya

  7. What a nice article. Sometimes I use english to speak with my children. Meski gak ngerti, saya langsung kasih penjelasannya, jadi biar sedikit-sedikit latihan. Karena conversation adalah salah satu kunci suskes dalam belajar bahasa Inggris

  8. Masih enak anak mba Nanik cuma bingung di penggunaan tenses.. anak saya masih belepotan. Haha, kadang tertukar pula antara bahasa Inggris dengan bahasa Arab. Kalo udah gitu saya cuma sabarin aja mba..
    Emang sekarang kurikulumnya begitu ya, soalnya saat saya SD, bahasa Inggris saat kelas 4
    Kalo sekarang kelas 1 udah bahasa Inggris, bahasa Arab ditambah harus mahir baca tulis. Kadang kasian jadinya..

  9. Saya hanya sekali ikut les bahasa Inggris, Mbak. Saat SMA. Agak banyak yang nyentel dan masih paham dengan materi kali ini. Makasih ya. Paparannya lugas dan mudah dipahami

  10. Teringat SMP diajarin guru bahasa Inggris. Kangen euy dengan pembelajaran tenses seperti ini. Jadi pengen belajar lagi sambil buka kamus bagian belakang, biasanya ada ringkasan tenses 😀

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya