Penggunaan Kalimat dalam Bahasa Inggris




Kadang-kadang saya berkomunikasi dengan anak-anak menggunakan bahasa Inggris. Tujuannya untuk mengasah kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris, terutama penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris.

Iya, penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris itu kadang masih membingungkan mereka. Kapan pakai simple present, kapan pakai simple past, kapan pakai continuous tense. Eh, kadang saya juga masih bingung sih.

Lah, saya aja bingung. Apalagi mereka. Nah, justru di sinila tantangannya, saya jadi punya pemicu untuk belajar lagi. Saya jadi tertantang untuk bisa memahami dan menyampaikan pada mereka agar mereka juga mengerti. Syukur-syukur bisa paham juga.

Emang sih, dalam komunikasi itu, yang penting dua pihak bisa saling menangkap pesan yang disampaikan. Tidak terjadi salah tafsir sehingga menimbulkan salah paham dan bisa berujung pada perselisihan. Tapi, akan lebih bagus lagi kalau komunikasi juga memperhatikan kaidah berbahasa.

Karena itulah, walau pesannya sudah sampai, kalau struktur kalimatnya belum benar, saya minta anak-anak untuk mengulanginya. Biar mereka terbiasa menerapkan penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris dengan tepat.

Penggunaan Simple Present Tense

Ada yang suka bingung juga dengan struktur kalimat dalam bahasa Inggris? Supaya artikel ini dapat menambah pengetahuanmu, saya akan kasih pembahasan seputar penggunaan kalimat dalam bahasa Inggris, kali ini tentang rumus dan contoh penggunaan simple present tense.

Gimana? Seru kan?

Kamu gak perlu ikutan les bahasa Inggris dan bayar, tinggal baca artikel ini sampai selesai dijamin pasti kamu tambah ilmunya deh. Yuk langsung aja kita bahas.

Simple present adalah bentuk kata kerja dengan dua kegunaan utama.  Simple present tense digunakan ketika suatu tindakan sedang terjadi sekarang, atau ketika itu terjadi secara teratur (atau tanpa henti, itulah mengapa kadang-kadang disebut present indefinite). Bergantung orangnya, simple present tense dibentuk dengan menggunakan bentuk dasar atau dengan menambahkan ‑s atau ‑es di akhir. Contohnya :

  • I feel great!
  • Pauline loves pie.
  • I’m sorry to hear that you’re sick.

Penggunaan dalam hal lainnya adalah berbicara tentang tindakan atau kejadian kebiasaan.

Contoh :

  • Pauline practices the piano every day.
  • Ms. Jackson travels during the summer.
  • Hamsters run all night
penggunaan simple present tense
Penggunaan simple present tense (Sumber gambar ilhamteguh.com)

Simple present tense sendiri terbagi dalam dua macam jenis. Yakni nominal dan verbal. Maka dari itu, rumusnya juga terbagi dalam dua jenis.

Nominal Simple Present

(+) Subject + to be (am/is/are) + adjective/adverb

(-) S+ to be (am/is/are) + not + adverb

(?) To be (am/is/are) + subject + adjective/adverb?

Verbal Simple Present

(+) S + verb 1 (+ s/es) + O

(-) S + do/doesn’t + V 1 + O

(?) Does/Do+ S + V 1 + O?

Itu dia pembahasan singkat mengenai rumus dan contoh penggunaan dari simple present tense,  selamat belajar dan jangan lupa untuk langsung berlatih ya!

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *