Parenting

Polisi Sahabat Anak (dan Orang Tuanya)

IMG_20160121_092132

“Ada urusan apa?” pertanyaan yang langsung terlontar disertai perubahan raut wajah dari beberapa teman kantor waktu saya ijin untuk terlambat ke kantor karena ada kegiatan di polres. Tanggapan spontan, setiap mendengar kata polisi, pasti asumsinya terjadi sesuatu yang tidak baik, lebih ekstrim lagi berkaitan dengan kejahatan.

Kadang peran orang tua juga secara tak sadar ikut membentuk asumsi ini, dengan menghindarkan anak-anak untuk berurusan dengan polisi. Seolah kalau sampai ketemu polisi itu akan menyusahkan diri sendiri, urusannya akan panjang dan tak ada habisnya.

Salah satu cara memperbaiki asumsi ini adalah mengenalkan sejak dini kepada anak-anak, bahwa polisi itu baik, polisi adalah sahabat anak. Kebetulan ada salah satu teman blogger yang woro-woro, mengajak netizen untuk berkenalan dengan polisi, saya pun langsung mendaftarkan kedua anak saya untuk ikut.

Jadi, 21 Januari kemarin, saya menemani anak-anak ke polres kabupaten malang, yang berlokasi di kepanjen. Jadwal acaranya jam 8, tapi jam 6 kami sudah berangkat, untuk menghindari terjebak kemacetan lalu lintas, maklumlah jamnya berangkat sekolah dan kerja.

Di Polres, anak-anak disambut pak polisi dan bu polwan yang baik dan ramah. Diajak berkeliling dan dikenalkan beberapa bagian dan staf yang ada di bagian tersebut. Diajari beberapa lagu, pak polisi pun ikut bernyanyi. Nggak ada deh sikap tegas dan kesan galak. Polisi membaur dengan anak-anak, bergaya dan berbicara dengan bahasa anak-anak

IMG_20160121_082755

Selesai berkeliling, anak-anak dikumpulkan dan diberi pengenalan beberapa rambu lalu lintas yang banyak terdapat dijalan raya. Mereka juga menggunakan boneka, diantaranya boneka bang Jarwo, yang sering tayang disalah satu stasiun televisi. Suara pak polisi pun dibuat “berat” mirip dengan suara bang jarwo.

IMG_20160121_085334

Anak-anak dapat dua lagu lagi disini. Lagunya disertai gaya/peragaan dalam menyanyikannya. Sehingga diharapkan anak-anak cepat hapal dan juga paham makna lagu tersebut.

Selesai sesi pengenalan rambu-rambu, anak-anak diberi kesempatan untuk naik motor dan mobil patroli. Ada yang semangat naik, ortunya juga semangat memotret anaknya. Ada yang takut dan nangis. Sambil nunggu giliran naik mobil patroli, anak-anak menikmati snack yang disediakan oleh pihak polres.

IMG_20160121_093845

Jika ada sekolah yang ingin membawa anak-anaknya mengikuti program polisi sahabat anak, bisa langsung menghubungi humas polres masing-masing. Pasti akan disambut dengan baik, bahkan anak-anak diantar jemput dari sekolah ke polres, menggunakan bis polisi. Berhubung kedua anak saya cuma menumpang di acara ini, jadi kami langsung aja ke polres dan bergabung.

Selesai acara ini, saya tanyakan kesan anak-anak terhadap acara ini. Anak-anak senang, dan bilang kapan-kapan mau main ke kantor polisi lagi. Nah, berhasil deh kayaknya program polisi sahabat anak. Semoga juga jadi sahabat buat orang tuanya 🙂

 

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis