Parenting

Proses Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Sebagai orang tua, tentu sangat menginginkan tumbuh kembang dari anak berjalan dengan baik. Tumbuh kembang anak perlu untuk dipahami agar tahu mengenai kebutuhannya. Karena, anak-anak tentu membutuhkan suplai nutrisi yang berkualitas. Jangan sampai, karena peran orang tua yang kurang tepat membuat kondisi dari anak menjadi tidak sesuai pad pertumbuhannya.

Sudah seharusnya, sejak dini dapat dipahami mengenai perilakunya. Pertumbuhan dari anak juga sudah mulai terlihat sejak kecil. Disinilah, orang tua memiliki peran yang sangat berarti. Jangan sampai anak-anak tumbuh dengan posisi yang kurang tepat. Orang tua harus memahami mengenai tumbuh kembang anak secara benar. Dengan begitu, kebutuhannya akan menjadi lebih terpenuhi.

Proses Tumbuh Kembang Anak Lengkap

Dalam perjalanannya, anak-anak mengalami pertumbuhan yang memang tidak terlalu cepat. Berikut ini proses dalam terjadinya pertumbuhan:

Usia 0-6 Bulan

Pada usia ini, anak tentu akan membutuhkan kasih sayang yang besar. Sebagai orang tua, cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada anak. Karena, masa ini merupakan yang terbaik untuk proses pendekatan dari orang tua. Mungkin, anak hanya bisa tersenyum, menangis ataupun melihat saja.

tumbuh kembang anak

Tetapi, dari sini orang tua akan memahami arti pertumbuhan yang sederhana. Karena, untuk waktu berjalan 6 bulan tentu sangat sebentar. Jadi, proses ini alangkah lebih baiknya dilalui dengan bersama-sama. Dengan begitu, anak sudah menjadi lebih lekat dengan orang tuanya.

Usia 6-12 Bulan

Sikecil sudah bisa melakukan banyak aktivitas seperti duduk,merangkak dan lainnya. Bahkan, sudah bisa bermain bersama-sama dengan orang tua. Selain itu, anak juga bisa diajarkan untuk mulai bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak manfaat.

tumbuh kembang anak

Biasanya, pada usia 1 tahun ini sudah bisa merangkak dan ingin berjalan. Hanya saja, untuk proses berjalannya memang tidak langsung bisa. Melainkan, akan berpengangan terlebih dahulu pada benda yang bisa diraihnya. Anak juga sudah mulai bisa berbicara mengikuti arahan dari orang tua.

Usia 1-2 Tahun

Pertumbuhan dari anak berjalan dengan begitu cepat. Permainan anak usia 1 tahun tentu bisa diberikan kepada anak. Karena, dengan mengajarkan hal ini akan sangat membantu anak menjadi lebih berkembang. Semua orang tua tentu menginginkan anak agar menjadi lebih pintar.

Maka, pada usia inilah waktu terbaik untuk proses pembelajarannya. Hanya saja, untuk pembelajaran yang dilakukan memang masih dengan metode bermain. Selain itu, berikan nutrisi yang cukup agar kebutuhan gizi dari anak menjadi terpenuhi.

Usia 2-3 Tahun

Anak membutuhkan pertumbuhan yang lebih baik. Jika sudah memasuki usia 2- 3 tahun, maka perkembangannya akan terasa begitu cepat. Orang tua tentu harus menyadari akan hal ini. Selanjutnya, peran orang tua sangat diperlukan disini. Agar, anak dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi.

tumbuh kembang anak

Jadi,cobalah untuk mengajak anak bermain, membaca, mandiri dan melakukan hal yang baik. Terlebih, beritahu mengenai hal yang baik dan tidak, serta boleh dilakukan ataupun tidak. Dengan begitu, tumbuh kembang dari anak akan menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Tumbuh kembang anak memang melalui proses yang panjang. Semua proses tersebut dapat dilalui jika anak memiliki fisik yang memang kuat. Selain itu, untuk orang tua juga harus memberikan suplai yang terbaik dalam pertumbuhan dari anak. Semoga bermanfaat!

23 Comments

  • Lidya Fitrian

    Setiap tahapan usianya selalu ada pelajaran baru bagi anak-anak ya. Nikmati proses tumbuh kembangnya sesuai dengan usianya. Kasih sayang dan stimulasi dari orangtuanya penting banget untuk membantu proses tumbuh kembangnya

  • Rach Alida Bahaweres

    Aku puns elalu berusaha agar anak untuk belajar berkembang mba sesuai dengan usianya, Memang ini harus dilakukan secara bertahap tapi tentunya sangat diperlukan

  • Aprillia Ekasari

    Tapi kadang tumbuh kembang anak unik, milestones sebagai pedoman gtu ya mbak. Pokoknya kalau anak sesuai dengan milestones gak perlu khawatir, kalau khawatir segera ke dokter. Prinsipku dulu gtu hehehe

  • Herva Yulyanti

    Aku sedang menikmati masa tumbuh kembang anak bungsu yang kini menginjak usia 1,5 tahun mba ada aja yang bikin gemasnya tuh xixixi pokoknya bicara tumbang anak emang seru dan beda-beda tiap anak

  • Dedew

    Setiap tahap perkembangan usia anak harus rajin distimulasi oleh orang tua ya, paling efektif lewat bermain ya…anak senang dan makin cerdas, mempererat bonding juga dengan ortu..

  • Dian Restu Agustina

    Sepakat, Mbak. Tumbuh kembang anak butuh proses yang panjang. Semua proses tersebut dapat dilalui jika anak memiliki fisik yang memang kuat. Sehingga orang tua juga harus memberikan suplai yang terbaik dalam pertumbuhan dari anak mereka. Ulasan yang menarik!

  • Wiwied Widya

    Sebenarnya bersamaan dengan tumbuh kembang anak, orang tuanya pun ikut bertumbuh ya. Jadi nambah pengalaman, dari yang tadinya nggak bisa masak, mau nggak mau jadi bisa masak supaya si kecil bisa tercukupi kebutuhan gizinya

  • sriwidiyastuti

    Betul mbak, gak ada yang instan di dunia ini ya mbak, sehingga urutan tumbuh kembang juga ada. Aku jua selalu berpatokan pada usia pertumbuhan ini, agar proses stimulasinya sesuai usia anak anak

  • hidayahsulistyowati

    Kalo mengingat proses tumbuh kembang anak-anak saat baby, kayak cepet banget berlalu dan tiba-tiba udah usia dua puluhan aja. PAdahal aslinya juga dulu pakai drama segala, terutama si sulung. Alhamdulillah jadi kenangan manis sekarang ini

  • Damar Aisyah

    Memang momong anak itu nggak kayak bikin kue. Diadon, asal resepnya bener ya menul-menul. Momong anak prosesnya lama dan gak ada resep khusus. Bisa jadi teori parenting A bisa oke di keluarga B, tapi belum tentu di keluarga C dan D. Belum juga asupan dan simulasi ya, Mbak. Ah, akeh banget pokok e. Yang penting bersyukur dan positif thinking.

  • witriprasetyoaji

    Tumbuh kembang anak itu sesuai usia dan butub proses. Biasanya soal stimulasi aku dulu sering mencari referensi di google mbk… Hehe… Maklum, baru pertama jadi ibu

  • Rohmahdg

    Aku kadang bilang ke keponakan aku, kok cepet banget sih gedenya. Padahal dulu masih dilatih jalan, skrg udah gede aja,
    Nah, supaya anak tumbuh dg baik dan sehat, emang perlu didukung dengan kknsumsi obat ya mbak. Makasih Inspirasi nya, Mas

Leave a Reply to Rohmahdg Cancel reply

%d bloggers like this: