Ramadhan Day 1 : Megengan dan Gas Habis Menjelang Sahur

megengan menjelang ramadhan

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini. Karena masih ada Pandemi Corona, sehingga mungkin Ramadhan tahun ini terasa berbeda dengan Ramadhan tahun tahun sebelumnya, semoga tetap semangat menjalankan ibadah ya.

Megengan Menjelang Ramadhan

Ramadahan tahun ini, tetap ada megengan di kampung saya di Malang. Saya nggak ikutan sih, tapi kecipratan rejekinya juga.

Jadi biasanya sehari sebelum puasa itu, warga kampung sini masak-masak, terus sore harinya saling menghantar makanan. Menunya mirip. Nasi, sambel goreng kentang + hati ayam, mie goreng, ayam goreng. Kadang ada yang pakai rendang, tambah kerupuk dan pisang. Ada juga yang kasih kue juga selain nasi.

Jadi setelah Ashar, mulai deh beberapa kali ada yang ketok pintu rumah, ngaterin nasi. Anak-anak seneng dong banyak makanan.

megengan
Nyam Nyam … ini paket nasi ketiga yang diantar ke rumah
megengan

Tentu saja kapasitas perut kami terbatas, dan kiriman nasi ini tak semuanya habis. 3 masih utuh dengan lauk pauknya. Nggak apa, nanti bisa buat makan sahur.

Gas Habis Menjelang Sahur

Berhubung makanan masih banyak, saya nggak masak untuk sahur. Tinggal memanasi aja. Kebetulan kemarin masak soto ayam dan sengaja kuahnya dibanyakin. Jadi ayam goreng di suwir-suwir aja, telur di iris jadi 4. Kalau mau makan tinggal siram deh pakai kuah soto.

Menu sahur

Niatnya mau menggoreng nugget, karena anak-anak sebelum tidur sudah berpesan nanti sahur mau makan sama nugget. Selain itu juga mau bikin sambal tomat, udah kebayang bikin penyet tempe dan lalapan timun.

Pertama goreng tahu tempe. Nah pas goreng tahu kok api makin mengecil. Ternyata gas habis! Kami nggak ada persediaan, warung depan rumah juga pastinya masih tutup. Minimarket nggak ada lagi yang buka 24 jam.

Nggak jadi deh nggoreng nugget. Untungnya anak-anak bisa ngerti kondisinya dan tetap lahap makan sahur sama soto. Sambal tomat pun nggak jadi, akhirnya bikin sambal korek aja. Alhamdulillah makannya tetap lahap.

Yang paling tersiksa bisa jadi suami, karena ngga bisa minum kopi. Apalagi dia tuh kalau pagi nggak ngopi, biasanya siangnya pusing. Semoga aja hari ini pusingnya nggak datang.

Itulah ceritaku di hari pertama puasa tahun ini. Apa ceritamu?

10 Comments

  1. Wah andaikan rumah Mbak Nanik dekat rumahku, saya kasi pinjem gas deh
    Duh, hidup tanpa ngopi tuh bener bener bikin sakaw 😁😁😁
    Eniwei, saya teringat kebiasaan bagi makanan di Sukabumi , tapi menjelang lebaran, nanti menjelang Natal ibu balas pakai masakan juga

  2. Tradisi unik jelang ramadhan, bagus banget menurut saya. Berkatan kalo di sini kami menyebutnya. Biasanya sepulang ziarah.

    Tahun ini agak berkurang karena memang dibatasi kerumunan yang banyak orang.

    Gas habis emang paling bikin repot ya buat kita para emak. Kepepet nya sih saya pakai rice cooker kalau warung belum buka. Hihi…

  3. Waaa paling enak ya kalau dpt kiriman makanan hahaha, tradisi tahunan yang ngangenin. Di sini juga ada mbak. Lalu setelah isya terdengar juga mainan mercon. Ternyata mercon tidak kenal #dirumahaja yaaa

  4. Unik tradisi megengannya deh mbak. Jadi saling mengirimi makanan :). Untung aja ada kuah soto ya dan anak-anak mengerti. Gas habis pas sahur itu memang sesuatu. Kemarin di rumahku abisnya untung pas magrib hehe. Cerita sahur pertamaku kaget sih jam setengah empat nyalain alarm, kuterbangun dan banyak aroma masakan. Dari ibu di dapur dan tetangga di sekeliling. Biasanya bangun jam segitu tanpa aroma masakan huehehe. suami mbaknya kayak bapakku, gak ngopi suka pusing

  5. Saya asli Malang, Mbak. Kangen makan nasi-nasih begituan…Udah 10 tahun lebih tinggal di Jakarta. mana ada acara megengan. Mau masak sendiri pun nggak akan sama rasanya. Jadi pengen banget mudik, tapi harus batal karena covid-19. Semoga keluarga sehat2 ya, Mbak…Nggak makan nugget nggak masalah ya masih banyak lauknya..hihi

  6. Aku baru tahu nih kak istilah magengan ini. hehe.. di daerahku ga ada istilah maupun tradisi yang sama seperti ini kak. Seru banget jadi banyak makanan kayak gini ya.

  7. Megengan itu tradisi sebelum Ramadhan ya mbak? Di daerah saya juga ada. Namanya hampir mirip. Yaitu megang. Atau hari megang. Biasanya kita masak-masak di rumah. Terus ngundang orang nyuruh makan ke rumah. Tapi biasanya cuma bapak-bapak aja sih. Hee

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya