Ramadhan Day 13 : Bunga Matahari Bermekaran

bunga matahari mekar

Saya seneng banget kalau lihat bunga matahari bermekaran. Kuning cerah warnanya, diameternya besar, nampak cantik. Lebih seneng lagi kalau makan kuaci bunga matahari, nggak bakal berhenti kalau belum habis.

Perawatan Bunga Matahari

Di depan gubuk sawah, suami menyisakan tanah sekitar 8 x 10 meter. Tanah ini biasanya di pakai untuk pembibitan dan juga bereksperimen menanam sayur sebelum ditanam secara massal di kebun yang luasnya sekitar 1 hektar.

Bagian tanah ini memang khusus di beri pagar juga, karena niatnya pengen bikin kolam lele dan memelihara ayam diatas kolam. Tapi belum kesampaian, masih ngumpulin modal. Beberapa waktu yang lalu, suami cerita kalau menyemaikan bunga matahari, karena tahu kalau istrinya ini senang dengan bunga matahari.

Hari ini, sore-sore saat saya sedang memasak, suami nelpon berlatar belakang bunga matahari yang bermekaran. Bikin mupeng, karena saya belum bisa nengok kebun yang jaraknya sekitar 10 km dari rumah.

Deretan bunga matahari

Bunga-bunga matahari ini ditanam di sepanjang sisi pagar. Pohonnya tinggi, sekitar 2 meter. Dengan di tanam sepanjang pagar, bisa terlindung dari hembusan angin. Kalau di kebun kan anginnya sering berhembus kencang, apalagi kalau pas musim hujan.

Jadi pengen metik

Susahkah merawatnya?

Kata suami sih nggak. Yang penting cukup air saja, dan karena nanamnya di kebun, ya jarang di siram karena tanah sudah basah terkena hujan. Kalau pas nggak hujan, tinggal mengalirkan air ke kebun dari saluran air yang ada di pinggir kebun, kami menyebutnya ngelep. Kalau pas musim kemarau, ngelep gini harus giliran dengan para tetangga sesama pemilik kebun, mesti dijagain kalau malam karena ada saja pemilik kebun yang nakal.

Bunga-bunga matahari ini mekar menghadap ke timur, ke arah matahari terbit. Dari mulai menanam sampai bunganya bermekaran butuh waktu sekitar 3 bulan.

Bunga-bunga bermekaran

Kami nggak pakai pupuk ataupun pestisida. Karena tanaman di lahan percobaan ini memang untuk dikonsumsi sendiri jadi non pestisida. Kalau tanaman di bagian lain, yang memang hasilnya untuk dijual, baru deh pakai pupuk dan juga pestisida. Makanya bunga matahari ini daunnya ada juga yang berlubang karena dimakan ulat.

Daun-daun yang dimakan ulat

Jadi, memang ada juga hama yang menyerang bunga matahari ini, yaitu :

  • Kepik hijau dan ulat penggerek merupakan hama utama yang menyerang bagian biji bunga matahari.
  • Wereng daun dan ulat gerayak yang merupakan hama minor pada bagian daun maupun bunga dari tanaman bunga matahari.
  • Ulat bulu , ulat kantung, ulat jengkal, dan belalang merupakan hama yang sering ditemukan pada tanaman bunga matahari meskipun sering diduga bukan penyebab utamanya.

Walau ada sebagian daunnya yang di makan ulat, semoga tanaman bunga matahari ini bisa bertahan untuk hidup. Menunggu saya untuk menengok ke kebun dan tentunya berfoto bersama. Semoga pandemi ini segera berlalu, saya dan anak-anak bisa ikut ke kebun lagi.

Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari, ternyata nggak cuma indah dipandang sebagai hiasan saja, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Bagian dari bunga matahari yaitu minyak dan bijinya memiliki manfaat untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan nutrisi alami.

Di kutip dari hellosehat.com, berikut ini adalah beberapa manfaat biji bunga matahari.

Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot
Kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh seimbang. Lalu, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Mencegah diabetes

Nutrisi dalam kuaci bisa membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Ternyata ada manfaatnya juga saya suka ngemil kuaci, selain sebagai teman saat menyelesaikan pekerjaan kantor, baik juga buat kesehatan. Kalau kamu, suka ngemil kuaci bunga matahari juga kah?

67 Comments

  1. Makan kuaci itu nikmat mbak. Tapi yang gak nikmat itu ngupasinnya. Apalagi bocah minta juga. Dah lah dari sepuluh kuaci yang berhasil dibuka paling cuma tercicip sebiji. Wkwkwk.. makanya males beli kuaci untuk saat ini.

  2. Suka bangeeeeetttt…ngemil kuaci bunga matahari. Katanya sekarang ada yang jual kuaci tanpa kulit. Tapi aku malah nggak tertarik. Serunya makan kuaci itu kan kalo sambil ngupas kulitnya ๐Ÿ˜€

  3. Di rumah sama sekali ngga ada tanaman mbak?
    Saya pernah beli nih untuk ditanam di pot, tapi mgga ada yang hidup ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

  4. Cantiknyaaaaaaa. Zaman saya masih SD SMP dulu, pemandangan rumah-rumah dengan bunga matahari itu biasa. Nah, zaman sekarang nih, udah langka bangetttttt bunga yang satu ini. Saya bisa bayangin betapa cantiknya halaman Mba Nanik sekarang. Warna bunganya kontras, kuning, cantik, molek. Hihihi. Siang-siang mandangin halaman rasanya adem.

  5. Cantiknya bunga matahari. Kalau untuk media tanahnya mesti gembur atau gimana gitu yah mba? Terus di pot bisakah? Soalnya pernah nanem kok mati. Ah apa kata orang Jawa tuh.. tangannya panas katanya jadi nanem apa2 ga hidup. Hahahha entahlah. Btw makan kuaci sampai sekarang aku suka banget. Kadangs engaja tuh beli kuaci di minimarket rebutan sama anakku hahahhaha

  6. Cantik banget bunga mataharinya. Mbak tinggal di mana, asri banget lingkungannya. Suka deh lihat pemandangan bunga matahari. Ternyata bunga matahari ini banyak juga khasiatnya buat kesehatan juga bisa. Btw makasih sharingnya, Mbak …

  7. Kalau di rumah, suka makan kuaci bunga matahari, walau kadang setelah makan suka kesel karena lidah serasa kebal ๐Ÿ™‚
    Ku nggak berhasil menanam bunga matahari, Mbak Nanik.
    Sampai nggak mau tanam lagi, karena gagal maning ๐Ÿ™‚

  8. Wah iyaa, bisa pepotoan di depan bunga matahari ya, apalagi ukurannya gede banget, Mba.

    Di rumah yang hobi makan kuaci tadinya suami. Sekarang aku dan si bungsu ikutan. Kuaci rebo itu apakah dari bunga matahari?

  9. Mba nanik seru banget kesehariannya deh, kali ini bunga matahari bermekaran. Amboooyyy cantiknya mb bunganya kaya yang punya eaaaa. Saya juga suka banget makan kuaci matahari tp yang agak besar jangan yang terlalu kecil hehehe.

  10. subhanalloh cantiknya, bunga matahari ini paliiing aku suka, karena warnanya yang kuning seger banget, bersyukurnya kakak punya tanamnnya ya, aku pengen juga nanam jadinya cuma takut mati

  11. MashaAllah cantik sekali mbak, dam suka nya bunga matahari selain warna dan bentuk yang lebar, juga bagiku dia bunga yang unik karena selalu menghadap ke arah matahari terbit :)) Btw aku suka banget makan kuaci. Tapi gak kuat gigiti satu2, hehe. Gak telaten mbak :p

  12. Mbaaaak…. saya mau dikirimi bijinya doong…. Huhu. Bagus banget sih. Saya sempat punya, tapi saa disebar, yang berhasil tumbuh cuma 1. Gemes rasanya.
    AIh jadi ingat janjian dengan teman tuk ambil bibit bunga maahari sebelum berlaku pembatasan. Hiks.

  13. Cantik banget kebun bunga mataharinya. Iya emang bunganya ngadep matahari. Eh ternyata banyak juga manfaat biji bunga matahari. Jadi kangen makan kuaci nih.

  14. Bunga matahari ini emang cantiiik banget ya mba kalo udah berbunga bareng2 gitu. Banyak sekarang tuh tempat2 foto yang selalu menyertakan kebun bunga matahari.

  15. Mamahku pernah nanem bunga matahari di rumah (sukabumi)tapi cm 2 yang nongok terus yang 1 banhak hamanya gitu. Jadi yg cantik sempurna cm 1 bunga. Ternyata byk hamanya gt ya….ngemil kuaci bunga matahari jg favoritku ternyata sehat ya ๐Ÿ˜

  16. Telaten banget Mbak merawatnya. Bunga matahari banyak manfaatnya yah. Aku tuh lagi nyari minyak goreng biji bunga matahari, katanya lebih bagus ya daripada sawit?

  17. Dulu suka banget makan kuaci bareng adek2 saya, sekarang kok udah jarang ya ada jajanan kuaci biji bunga matahari. Btw bunganya cantik banget ya Mbak… bikin hepi

  18. Duku waktu kecil di lingkunganku cukup banyak yang menanam bunga matahari. Tapi sekarang sudah nggak ada.

  19. Semoga segera dimudahkan harapannya untuk membuat kolam lele dan memelihara ayam di atas kolam itu ya Mbak Nanik. Insya Allah ada rejekinya. Aamiin

  20. Mbak, kalau punya kebun bunga matahari lalu dikonsumsi sendiri itu berarti hanya diambil bijinya saja?

    Kukira dijual di florist gitu, hihihi … Eh, kalau secara komersil lebih menguntungkan yang mana, sih?

  21. Kuaci dari bunga matahari itu besar2 ya bijinya tp ada yg waena putih dan hitam. apa beda jenis bunga mataharinya ya mba? seneng liat bunganya cantik bngt

  22. Suka, tp pernah sariawan
    Trus jd autis serius aja makan kuaci haha
    Jd enaknya makan kuacci tu pas sendiri dan ga ngapa ngapain huhu

  23. MasyaAllah Mba, indah banget bunga matahari yang bermekaran begitu. Asik ya bisa punya kebun bunga matahari. Btw, suaminya romantis sekali. Tau istrinya suka bunga matahari, langsung deh tebar bibit bunga matahari.

  24. Cantik banget uwuwuwu bunganya.
    Seneng ya bisa nanem ini di kebun sendiri, biasanya mah kudu ke suatu tempat.
    Mau nanem apalagi rencananya setelah matahari bermekaran, Mak?

  25. Aku udah lama banget mbak gak liat bunga matahari ini dirumah atau di halaman cantik banget yah mbak

  26. Eh, baru tau bunga matahari bisa dikonsumsi dan khasiatnya bagus juga ya. Saya taunya kuaci bunga matahari aja. Memang enak ya, Mba kalau punya lahan lebih 8×10 m. Biasa buat apa aja. Tapi itu luas banget loh, Mba lahan segitu.

  27. Dirumah ortu dulu langganan nanam bunga matahari, gak banyak sih tapi kalau sudah mekar, indah banget.

    oia, saya baru tahu kalau bunga matahari juga diserang wereng, kepik, seperti tanaman padi yg langganan di serang wereng

  28. Bunga Matahari…. hemm membaca tulisan ini, pikiran saya adalah bisnis kuaci. hahahahaha…. pengetahuan saya cuman sejauh kuaci.

    seandainya lahannya luas, bisa jadi garden dan park seperti di luar negeri. jadi bisnis pariwisata

  29. 8×10 meter tanah itu disisakan… wah ini suatu kemewahan banget Mbak misal buat kami di daerah perumahan padat begini ๐Ÿ™‚

    Seneng banget liat bunga matahari mekar, rasanya ceria banget.

  30. Saya juga menanam bunga matahari mba. Ternyata pas ditanem bunganya kecil dan kelopak nya sedikit. Tanamannya juga pendek. Lucu imut gitu. Pengen juga punya kebun, biar bisa menanam2 juga lebih leluasa.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya