Ramadhan Day 13 : Bunga Matahari Bermekaran




Saya seneng banget kalau lihat bunga matahari bermekaran. Kuning cerah warnanya, diameternya besar, nampak cantik. Lebih seneng lagi kalau makan kuaci bunga matahari, nggak bakal berhenti kalau belum habis.

Perawatan Bunga Matahari

Di depan gubuk sawah, suami menyisakan tanah sekitar 8 x 10 meter. Tanah ini biasanya di pakai untuk pembibitan dan juga bereksperimen menanam sayur sebelum ditanam secara massal di kebun yang luasnya sekitar 1 hektar.

Bagian tanah ini memang khusus di beri pagar juga, karena niatnya pengen bikin kolam lele dan memelihara ayam diatas kolam. Tapi belum kesampaian, masih ngumpulin modal. Beberapa waktu yang lalu, suami cerita kalau menyemaikan bunga matahari, karena tahu kalau istrinya ini senang dengan bunga matahari.

Hari ini, sore-sore saat saya sedang memasak, suami nelpon berlatar belakang bunga matahari yang bermekaran. Bikin mupeng, karena saya belum bisa nengok kebun yang jaraknya sekitar 10 km dari rumah.

bunga matahari mekar
Deretan bunga matahari

Bunga-bunga matahari ini ditanam di sepanjang sisi pagar. Pohonnya tinggi, sekitar 2 meter. Dengan di tanam sepanjang pagar, bisa terlindung dari hembusan angin. Kalau di kebun kan anginnya sering berhembus kencang, apalagi kalau pas musim hujan.

bunga matahari
bunga matahari bermekaran
bunga matahari
Jadi pengen metik

Susahkah merawatnya?

Kata suami sih nggak. Yang penting cukup air saja, dan karena nanamnya di kebun, ya jarang di siram karena tanah sudah basah terkena hujan. Kalau pas nggak hujan, tinggal mengalirkan air ke kebun dari saluran air yang ada di pinggir kebun, kami menyebutnya ngelep. Kalau pas musim kemarau, ngelep gini harus giliran dengan para tetangga sesama pemilik kebun, mesti dijagain kalau malam karena ada saja pemilik kebun yang nakal.

Bunga-bunga matahari ini mekar menghadap ke timur, ke arah matahari terbit. Dari mulai menanam sampai bunganya bermekaran butuh waktu sekitar 3 bulan.

bunga matahari
Bunga-bunga bermekaran

Hama pada Bunga Matahari

Kami nggak pakai pupuk ataupun pestisida. Karena tanaman di lahan percobaan ini memang untuk dikonsumsi sendiri jadi non pestisida. Kalau tanaman di bagian lain, yang memang hasilnya untuk dijual, baru deh pakai pupuk dan juga pestisida. Makanya bunga matahari ini daunnya ada juga yang berlubang karena dimakan ulat.

bunga matahari
Daun-daun yang dimakan ulat

Jadi, memang ada juga hama yang menyerang bunga matahari ini, yaitu :

  • Kepik hijau dan ulat penggerek merupakan hama utama yang menyerang bagian biji bunga matahari.
  • Wereng daun dan ulat gerayak yang merupakan hama minor pada bagian daun maupun bunga dari tanaman bunga matahari.
  • Ulat bulu , ulat kantung, ulat jengkal, dan belalang merupakan hama yang sering ditemukan pada tanaman bunga matahari meskipun sering diduga bukan penyebab utamanya.

Walau ada sebagian daunnya yang di makan ulat, semoga tanaman bunga matahari ini bisa bertahan untuk hidup. Menunggu saya untuk menengok ke kebun dan tentunya berfoto bersama. Semoga pandemi ini segera berlalu, saya dan anak-anak bisa ikut ke kebun lagi.

Manfaat Bunga Matahari

Bunga matahari, ternyata nggak cuma indah dipandang sebagai hiasan saja, namun juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Bagian dari bunga matahari yaitu minyak dan bijinya memiliki manfaat untuk kesehatan karena mengandung vitamin dan nutrisi alami.

Di kutip dari hellosehat.com, berikut ini adalah beberapa manfaat biji bunga matahari.

Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot
Kandungan tinggi magnesium pada kuaci mampu menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh seimbang. Lalu, kandungan magnesium mampu untuk mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit dan kram pada otot.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah banyak menunjukkan kalau antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit agar tetep lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lipid asam lemak esensial dari kuaci juga menjaga kulit tetap terhidrasi serta terbebas dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Mencegah diabetes

Nutrisi dalam kuaci bisa membantu menghentikan lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat diet terlalu tinggi gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya manfaat magnesium yang telah ditemukan memiliki efek perlindungan terhadap risiko pengembangan diabetes tipe 2.

Ternyata ada manfaatnya juga saya suka ngemil kuaci, selain sebagai teman saat menyelesaikan pekerjaan kantor, baik juga buat kesehatan. Kalau kamu, suka ngemil kuaci bunga matahari juga kah?

68 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *