resep gulai pakis

Resep Gulai Pakis Lezat Anti Sepat

Ada yang pernah makan sayur pakis? Atau ada yang belum tahu apa itu sayur pakis? Jaman saya kecil dulu, pucuk dun pakis sering digunakan untuk menakut-nakuti teman, karena bentuknya sekilas mirip ulat.

Pakis, atau kalau di pelajaran biologi yang saya peroleh di jaman SMA dulu, disebut dengan tanaman paku-pakuan. Pakis yaitu tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbuh baik di daerah kering dan lembab dan di bawah lingkungan yang teduh. Saat musim seminya , pakis akan menumbuhkan tunas daun muda yang masih tetap kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung. Daun pakis muda inilah yang dapat dipakai sebagai sayur.

tanaman pakis
Daun pakis muda

Saya dulu juga nggak ngerti kalau daun pakis muda ini bisa dimakan. Setelah menikah, baru deh saya tahu cara mengolahnya sehingga enak untuk di makan. Pakis bisa di masak menjadi berbagai olahan, di tumis, sayur bobor bahkan juga di masak gulai. Kali ini, saya mau berbagi mengenai resep gulai pakis.

Teknik Mengolah Pakis Agar Rasanya Tidak Sepat

Dibutuhkan teknik tersendiri agar sayur daun pakis rasanya tidak sepat. Potong-potong daun pakis, setelah itu rendam dalam larutan air garam. Sambil merendam potongan daun pakis, bisa tumpangkan dandang/kukusan diatas kompor.

resep gulai pakis
Rendam dengan larutan air garam

Setelah air di kukusan mendidih, masukkan daun pakis yang sudah direndam dalam larutan garam tadi. Di kukus sampai layu jika ingin diolah menjadi masakan lain. Kalau ingin dijadikan lalapan, kukus sampai batangnya empuk.

Mengukus daun pakis ini supaya saat diolah nanti rasanya tidak sepat. getah tanaman pakis akan luntur dan menetes ke bawah kukusan.

Resep Gulai Pakis

Sudah tahu kan, bagaimana supaya rasa daun pakisnya tidak sepat. Nah, kini pembahasan kita lanjutnya resepnya

Bumbu Gulai Pakis

Daun pakis sudah diangkat dari kukusan, kini saatnya masuk ke bahasan utama, yaitu resep gulai pakis.

Bumbu-bumbu yang harus disiapkan :

  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 buah kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 10 buah cabe rawit
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 1 buah tomat
bumbu gulai pakis
Bumbu gulai pakis

Haluskan semua bumbu. Boleh di uleg, boleh juga pakai blender. Kalau saya lebih suka bumbunya diuleg. Walau nggak bisa selembut kalau di blender.

Cara Memasak Gulai Pakis

Tahapan untuk memasak gulai pakis adalah sebagai berikut :

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan segelas air. Tambahkan 2 bungkus santan instan. Saya pakai santan kara, soalnya nggak sempat ke pasar buat beli kelapa parut.
  2. Setelah mendidih, masukkan daun pakis yang telah di kukus. Tambahkan garam dan penyedap.
  3. Kecilkan apinya, tunggu sampai bumbu meresap.
  4. Koreksi rasanya juga ya, jangan sampai keasinan ataupun kurang garam.
  5. Setelah matang, angkat dan hidangkan
resep gulai pakis
Gulai pakis siap disantap

Itulah resep gulai pakis yang sudah dipraktekkan di dapur rumah keluarga Nara. Kamu, pernah masak sayur pakis juga?

55 comments

  1. nyam nyam nyaammm
    pakis ini ada sensasi krenyes krenyes pas dimakan ya mbaa

    aku seneeengg ama resep2 yg ada di blog ini
    bahan sayurnya tuh anti-mainstream! πŸ˜€

  2. Belom pernah masak daun pakis ini, tapi sering denger nama daunnya.
    Jadi penasaran kalo digulai, tapi jarang ada keknya yaa kalo di warung2 gitu.
    Noted banget resepnyaaa, bisa dicoba nantii.

  3. biasa makan sayur pakis di lontong sayur, enaak ternyata yaa. kalau yang pintar masak rasanya emang lezat dan enggak aneh. makanya suka banget lontong sayur yang paaki sayur pakis ini. makasih resepnya mbaa

  4. Wah aku suka banget nih sm gulai pakis. Apalagi klo makannya sm ketupat sayur padang hehehe…
    Owh ternyata rahasianya direndam larutan garam ya biar ga sepat…

    1. keren, mbak nanik klo buat resep seeringnya bahan lokal yg variatif
      jujur aku belum pernah makan sayur Pakis mbak, disini jarang yang jual sayur pakis

  5. Aku belum pernah mba masak ini. Ternyata seperti pare ya mba. Pake si garam.. jadi ngebayangin si gulai dan nasi anget. Tinggal tahu dkk. Enaaak

  6. Saya belum pernah makan daun pakis. Di pasar dekat rumah juga belum pernah lihat ada yang jual. Tetapi, kalau lagi trekking, suka lihat tanaman pakis di mana-mana. Itu sama gak sih Mbak dengan yang dikonsumsi ini?

  7. Oh, ini kan ya yang foto di IG kusangka daun singkong hahaha πŸ™‚ Ternyata sayuran daun pakis nih. Itu kayak ulet di bagian atasnya hihihihi. Kepo jadinya kepengen tau rasanya kayak apa sih hehehe πŸ˜€

  8. kepikiran ih Mak nyamain sama ulat hahaha. Aku jaman kecil kayaknya enggak sampe kayak gitu (apa aku yang lupa ya?). Nah Aku malah baru tau pakis ini bisa diolah jadi gulai. Penasaran deh sama rasanya

    1. Seumur-umur belom pernah makan Pakis. Resep yang dishare kayaknya gampang dan simpel ya. Ntar coba buat aahh.

  9. Jadi ingat makan pakis saat daki gunung. Rasanya memang enak. Kalo dimakan langsung memang ada sepatnya. Tapi kalo ditumis, enak banget. Ilmu Proses masaknya sangat bermanfaat

  10. Aku tahunya sayur gulai pakis di lontong sayur mbak, kalau lainnya malah belum pernah makan hehe ternyata butuh pengolahan khusus ya biar rasanya enak..

    1. Wah aku baru tahu klo cara ngolah daun pakisnya harus dikukus dulu, aku biasanya main rebus2 dan cemplung aja hihihi mau coba tipsnya deh Mba. .. Siapa tahu jadi lebih enak hasil masakannya

  11. Wah, jadi kangen sama gulai pakis. Jaman kecil dulu saya cukup sering makan pakis, baik yang digulai maupun yang cuma ditumis aja. Tapi kalau sekarang udah jarang banget. Enggak tahu kenapa udah gak ada yang jual lagi. Mungkin banyak kebun udah gak ada tanaman pakis lagi. πŸ˜‘πŸ˜‘

  12. Jodohnya, topping sambal dan ikan asin krenyes-krenyes, kalau aku.
    Bisa ludes, des, nasi dua piring.Hihihi.

    Btw,
    Soal masa kecil dengan pakis, pengalaman kita hampir sama mba.
    Aku termasuk nih yang gemar menakuti dan ditakuti dengan pakis.
    Bentuknya memang kayak ulat banget yak!
    Hiiiii…

    Aku sering menemukan pakis di jalanan menuju sungai di masa kecilku, nun jauh di sana, Pematangsiantar, Sumatera Utara.

  13. Kompit yaa Mbak Nanik bumbunya, mantul ini. Tp sy kl sedang mau cepat kan Mbak, bumbu gule pakunya: cabe rawit, bawang putih, garem, dikasih santen, tomat sama asam potong. Dah selesai

  14. Ibuku nih mbak yang suka banget pakis. Kalau aku suka sih tapi nggak banyak-banyak haha. Paling nikmat tuh gulainya dimakan sama pasangannya ikan kembung balado :))

  15. Mba Nanik ini sayur kesukaanku bangeeettt ini lho. Bisa lahap banget makan gulai pakis duh jadi kangen banget sama gulai pakis pakai udang kecil atau pakai tahu goreng di dalamnya hihi.

  16. Mbak Nanik, saya masak sayur pakis biasa ditumis…mantap nih kalau digulai ya. Doyan nih di rumah pakis, di Jakarta juga enggak susah carinya. Di supermarket ada di tukang sayur juga kadang bawa, atau bisa pesan dibelikan
    Memang kadang ada sepatnya. Jadi tahu triknya, dikukus dulu…Tengkyu infonya Mbak

  17. Aku suk amakan sayur pakis biasanya kalau beli lontong padang gitu mbak, sayurnya pakai sayur pakis aku suka banget, tapi belum pernah masak sendiri sayur pakis. Bentuk daunnya ternyata seperti ini ya, biasanya tau sudah matang aja πŸ™‚

  18. Wah belum pernah masak nih. Suka liat sih dulu di pasar. Waduh, sejak pandemi belum ke pasar nih. Cuma titip Bibi sayur yg lewat. Enak sih aku suku…Ntar ah Senin titip bawain Bi sayur, mo nyoba bikin…

  19. Wah, mba nanik di malang kan ya? Tyt disana ada pakis jg ya. Kukira ini tumbuhan endemik di kalimantan aja. Duh, kurang gaul mah aku.

    Disini aku jg sering makan mba. Enak. Rasanya kek kangkung. Tp lebih bouncy.. Ealah emang squishy.. 🀣

  20. Pakisnya dari kebun atau beli Mbak?
    Auto ngiler lihatnya, karena selalu beli kalo ada di RM Padang langganan
    Saya gak pernah lihat di pasar
    Kalo ada pasti saya borong deh πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  21. Duh, seumur-umur belum pernah makan pakis, apalagi udah diolah menjadi gulai. Kalo aku nyoba bikin sendiri? Takut salah masaknya hehe. Kalo ada yang bisa masakin pakis nih, mau deh aku belajar.

  22. Wah, bikin penasaran nih. Gimana tuh rasanya? Aku belom pernah nyoba deh. Tapi di sini susah nyari pakis. Kudu ke gunung. Aku seringnya makan gulai dauh singkong dan daun pepaya. Miripkah rasanya?

  23. Kalau sama daku gulai pakisnya ditambahkan asam jawa atau belimbing wuluh, sehingga rasanya pas dan nggak sepet

  24. Di tempat saya disebut sayur paku mbak soalnya mirip pakukan hehehe… Biasanya di masak lawa gitu… hmmm cuma disiram air panas, ditaburi kelapa sangrai, garam, dan perasan jeruk nipis. Masyallah enak banget disantap dengan nasi panas dan sambel. Belum pernah cobain yang digulai gini sih, terimakasih untuk resepnya mbak.

    1. Aku malah baru tau kalau tanaman jenis paku-pakuan bisa dikonsumsi.
      Kirain utk tanaman hias aja, apalagi di post ini di kreasikan dgn aneka resep masakan πŸ™‚

  25. enak banget iniiiii… hwiiih ngacai.

    waktu msh di kampung di jatim, ga ngerti pakis ini. ga pernah tau. padahal mustinya banyak. secara masih kampung dan banyak hutan di sekitar. taunya malah pas udah di bandung. digulai padang. nyam2.. aku ss resepnya, siapa tau kapan2 lg eling pengen masak πŸ˜€

  26. Kesukaan saya nih gulai pakis. Biasanya sarapan lontong gulai pakis. Tp di lalap juga saya suka hehe
    Tq tips dan resepnya mbak πŸ˜€πŸ™

  27. Mbak Nanik, aku pikir pakis itu termasuk ke dalam gulma. Di kebun rumah banyak tumbuh di tempat yang tidak diinginkan soalnya Jadi sering banget saya cabutin. Ngelihat resep ini kok kaya yang enak yaa mbak?

  28. tampak lezat yaa mba, walopun sejujurnya ak belum pernah coba tuh pakis kaya apa rasanya, tapi pasti enak deh digulai gitu

  29. Wah ada tumis pakis begini ya. Belum tahu saya. Kalau pakis biasanya ada getahnya. Kalau sama anak-anak biasa dipakai but lem layangan. Btw unik juga. Info baru.

  30. Wah mantab banget nih resepnya kak, izin save ya. siapa tau kapan” bisa buat gule pakis pake resep inii. bertahun-tahun hidup di dunia saya baru lihat tumbuhan pakis di sinii oalah inii toh hihihi

  31. Di Palangkaraya tempat tinggalku banyak banget yang jual pakis mba. Berhubung asli Jawa, agak heran juga, ini batang apa kok di jual, eh ternyata buat penduduk disini, olahan pakis termasuk olahan sehari-hari. Orang sini biasa di tambah kepala ikan haruan biasanya.

Leave a Reply to Keke Naima Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *