Resep Sayur Timun dan Ikan Patin Kuah Kuning




Timun di sayur? Bukannya timun itu biasanya di buat lalapan, di cocol sambal tomat, sambal matah atau sambal ijo? Eh ada juga timun yang di buat jadi acar, buat teman makan mie pangsit.

Iya, kamu nggak salah baca judulnya. Kali ini saya pengen berbagi resep sayur timun dan ikan patin kuah kuning.

Pernikahan Beda Pulau, Menambah Pengetahuan Ragam Kuliner

Dahulu, saya juga makan timun cuma buat lalap aja, atau sudah dalam bentuk acar. Acar pun nggak pernah bikin sendiri. Makan acar karena beli mie pangsit.

Karena bersuamikan orang Sumatera, tepatnya Bengkulu, saya jadi kenal masakan yang dahulu tak pernah saya kenal sebelumnya. Kadang sepulang dari sawah, suami bawa tanaman yang selama ini saya kenal sebagai tanaman liar. Dia mengolah tanaman itu dan setelah matang mengajak saya untuk makan bersama. Saya awalnya bergidik aja, takut bakal merasakan sesuatu yang aneh di lidah saya. Pahit atau langu gitu. Kan selama ini saya kenalnya itu tanaman liar.

Kalau saya menggeleng, keluar deh dalil dari mulut suami “Kalau dibilangi suami itu nurut. Ayo makan!”. Baca kalimat ini apa ada yang langsung kebayang wajah Mas Al di sinetron Ikatan Cinta?

Mati kutu kan kalau kena kalimat itu. Jadilah saya ambil sedikit, masukkan ke mulut, mata merem siap terima kejutan. Ternyata kejutannya adalah rasanya enak! Nambah lagi deh jumlah suapannya.

Kalau di tulisan terdahulu saya sudah berbagi resep sayur bunga pepaya, kini saya akan berbagi resep sayur timun.

Iya, suami yang mengenalkan pada saya kalau timun itu juga enak buat di sayur. Bukan cuma buat lalap atau di acar saja.

Bumbu Sayur Timun dan Ikan Patin Kuah Kuning

Untuk memasak sayur timun dan ikan patin kuah kuning ini bumbu yang diperlukan adalah :

  • ketumbar satu sendok teh
  • bawang merah 5 butir
  • bawang putih 5 butir
  • kunyit 2 cm
  • jahe 2 cm
  • lengkuas 2 cm
  • kemiri 5 butir
  • cabe rawit 10 buah (bagi yang suka pedas makin banyak makin sip)
resep sayur timun kuah kuning
Bumbu sayur timun dan ikan patin kuah kuning

Semua bumbu itu dihaluskan. Boleh diuleg. Itung-itung olahraga menguatkan otot tangan. Kalau pengen cepet, di blender juga boleh.

Cara Memasak Sayur Timun dan Ikan Patin Kuah Kuning

Kalau bumbunya udah siap, bahannya pasti juga sudah siap dong. Bahan utamanya tentu saja timun dan ikan patin. Timunnya 1 aja, pilih yang besar dan sudah tua. Kupas timun, belah jadi dua lalu buang bijinya. Setelah itu potong kecil-kecil, seukuran dadu.

sayur timun
Irisan timun

Ikan patinnya setelah di bersihkan, di potong sesuai selera. Kalau saya, ikan yang ukuran sedang, sekitar 8 ons beratnya, dipotong jadi 6. Jangan lupa kepalanya di belah. Urusan memotong ikan, serahkan aja pada penjual ikannya. Jadi pas beli sekalian minta dipotongin. Sampai rumah tinggal nyuci dan siap masak.

Ikan patin segar
Ikan patin yang sudah dibersihkan dan dipotong, siap diolah

Cara memasaknya:

  1. Taruh wajan/panci diatas kompor, tuang sedikit minyak goreng.
  2. Hidupka kompor, tunggu wajan panas, lalu tuangkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis bumbu hingga aroma sedapnya keluar
  3. Tambahkan santan, kalau pakai santan dari perasan parutan kelapa. Berhubung saya pakai santan instan, jadi saya masukkan air dulu, abis itu baru masukkan santannya. Airnya kira-kira 700 ml, santannya 3 bungkus yang kemasan kecil. Kalau pengen lebih kental, tinggal tambahi santannya.
  4. Setelah mendidih, masukkan potongan ikan patin. Lalu masukkan irisan timun. Masukkan juga serai yang sudah di geprek. Tambahkan juga daun salam biar lebih sedap.
  5. Tambahkan garam, gula dan juga penyedap.
  6. Masak sampai matang dan bumbu meresap, cicipi untuk memastikan rasanya sudah pas sesuai selera.

Begitulah resep dan cara memasak sayur timun dan ikan kuah kuning. Gampang kan?

Hasil jadinya mana?

Mohon maaf, kelupaan nggak di foto. Pas ingat, sayurnya tinggal dikit

Kalau kamu, pernah masak sayur timun?

40 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *