Sentuhan Cinta Membuat Bayi Tenang dan Tidur Lelap




2009, saya melahirkan anak pertama. Kala itu saya nggak berani memegang bayi ringkih itu. Saya memegangnya hanya saat menyusui, itupun tak secara langsung, si bayi beralaskan bantal. Saat hendak menyusu, ibu saya menaruh bayi dipangkuan saya, saat dia sudah kenyang, ibu saya mengambil bayi itu dan menaruhnya kembali di kasur. Urusan memandikan bayi, dilakukan ibu dan suami saya.

Ibu juga yang mengenalkan saya tentang memijat bayi. Duh pegang aja nggak berani, bagaimana pula buat memijat. Jadi biasanya, lagi lagi saya duduk manis, menyelonjorkan kaki. Ibu menaruh bayi dipangkuan saya, lalu pelan-pelan ibu memijat bayi saya (lebih tepatnya sih mengelus-elus dengan lembut) hingga bayi saya tertidur. Wah rupanya, bayi pun seneng kalau dielus-elus ya, jadi lelap banget tidurnya.

Saat bayi itu berusia sekitar 3 bulan, barulah saya berani belajar untuk memandikannya, tentu saja dengan pengawasan dari ibu atau suami. Mereka berdua bergantian mendampingi dan mengajari saya, bagaimana memegang, menggendong, memijat dan memandikan bayi.

Saat melahirkan anak kedua dan ketiga, saya pun mulai bisa mengerjakan perawatan terhadap bayi sendirian. Tanpa harus di dampingi ibu ataupun suami.

2010, saat melahirkan anak kedua, lagi-lagi saya tak berani memegang bayi mungil itu. Urusan memandikan bayi dilakukan suami, kadang dilakukan oleh ART kalau suami sedang ada kegiatan di luar.

2016, saat melahirkan anak ketiga, barulah saya benar-benar menangani bayi dari awal. Walau masih ada rasa takut juga, tapi kalau bukan saya yang memegangnya, siapa lagi?

Di anak yang ketiga ini, saya pengen benar-benar membina hubungan batin sejak dia lahir ke dunia. Jadi walau agak takut, saya bertekad untuk selalu memandikannya di pagi dan sore hari, memberikan sentuhan skin to skin sebanyak mungkin pada si bayi.

Pada anak ketiga ini pula, saya berani memberikan sentuhan cinta berupa pijatan lembut bahkan sebelum dia berusia 3 bulan. Sambil memijat, saya pandangi wajahnya, saya ajak ngobrol, saya bercerita apapun pada bayi kecil itu. Si bayi juga senang kalau di pijat, tidurnya jadi lelap dan tidak rewel. Saya pun bisa tenang mengerjakan hal lain saat bayi saya tidur lelap.

Si bayi sudah tak sabar ingin di pijat

Ternyata, pijat bayi bukan hanya membuat bayi tenang, tidak rewel dan bisa tidur lelap lho. Ada banyak sekali manfaat pijat bagi bayi, yaitu :

  • memperlancar peredaran darah yang sehat
  • memperkuat kekebalan tubuh
  • memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan, mencerna, dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi
  • membantu bayi untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan lebih lama
  • membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  • membantu memperkuat masa tulang
  • meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai)

Melihat begitu banyaknya manfaat #SentuhanCinta dalam kegiatan #PijatBayi ini, Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta

 

Kampanye Sentuhan Cinta dari #JohnsonsBabyId

Kampanye? Ini kan udah masa tenang, kok masih ada kampanye.

Eits, sensitif amat sih baca tulisan kampanye. Ini bukan kampanye pilpres maupun pileg ya. Ini kampanye sentuhan cinta.

Kampanye sentuhan cinta ini bertujuan untuk mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi

Kita juga bisa lho ikut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta ini, caranya pun gampang banget. Kita cukup berbelanja saja. Hah, belanja? Wanita mana yang tak suka kalau disuruh belanja.

Jadi ya, kita bisa berpartisipasi dengan cara membeli produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000, datau membeli produk Johnson’s oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

Dari transaksi tersebut di atas, secara otomatis kita telah menyumbangkan Rp 500,- (Lima ratus rupiah) guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Gampang kan caranya? Jadi yuk kita turut berpartisipasi.

Selain itu, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, Johnson’s melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson’s untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di Surabaya

 

25 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *