Sentuhan Cinta Membuat Bayi Tenang dan Tidur Lelap

2009, saya melahirkan anak pertama. Kala itu saya nggak berani memegang bayi ringkih itu. Saya memegangnya hanya saat menyusui, itupun tak secara langsung, si bayi beralaskan bantal. Saat hendak menyusu, ibu saya menaruh bayi dipangkuan saya, saat dia sudah kenyang, ibu saya mengambil bayi itu dan menaruhnya kembali di kasur. Urusan memandikan bayi, dilakukan ibu dan suami saya.

Ibu juga yang mengenalkan saya tentang memijat bayi. Duh pegang aja nggak berani, bagaimana pula buat memijat. Jadi biasanya, lagi lagi saya duduk manis, menyelonjorkan kaki. Ibu menaruh bayi dipangkuan saya, lalu pelan-pelan ibu memijat bayi saya (lebih tepatnya sih mengelus-elus dengan lembut) hingga bayi saya tertidur. Wah rupanya, bayi pun seneng kalau dielus-elus ya, jadi lelap banget tidurnya.

Saat bayi itu berusia sekitar 3 bulan, barulah saya berani belajar untuk memandikannya, tentu saja dengan pengawasan dari ibu atau suami. Mereka berdua bergantian mendampingi dan mengajari saya, bagaimana memegang, menggendong, memijat dan memandikan bayi.

Saat melahirkan anak kedua dan ketiga, saya pun mulai bisa mengerjakan perawatan terhadap bayi sendirian. Tanpa harus di dampingi ibu ataupun suami.

2010, saat melahirkan anak kedua, lagi-lagi saya tak berani memegang bayi mungil itu. Urusan memandikan bayi dilakukan suami, kadang dilakukan oleh ART kalau suami sedang ada kegiatan di luar.

2016, saat melahirkan anak ketiga, barulah saya benar-benar menangani bayi dari awal. Walau masih ada rasa takut juga, tapi kalau bukan saya yang memegangnya, siapa lagi?

Di anak yang ketiga ini, saya pengen benar-benar membina hubungan batin sejak dia lahir ke dunia. Jadi walau agak takut, saya bertekad untuk selalu memandikannya di pagi dan sore hari, memberikan sentuhan skin to skin sebanyak mungkin pada si bayi.

Pada anak ketiga ini pula, saya berani memberikan sentuhan cinta berupa pijatan lembut bahkan sebelum dia berusia 3 bulan. Sambil memijat, saya pandangi wajahnya, saya ajak ngobrol, saya bercerita apapun pada bayi kecil itu. Si bayi juga senang kalau di pijat, tidurnya jadi lelap dan tidak rewel. Saya pun bisa tenang mengerjakan hal lain saat bayi saya tidur lelap.

Si bayi sudah tak sabar ingin di pijat

Ternyata, pijat bayi bukan hanya membuat bayi tenang, tidak rewel dan bisa tidur lelap lho. Ada banyak sekali manfaat pijat bagi bayi, yaitu :

  • memperlancar peredaran darah yang sehat
  • memperkuat kekebalan tubuh
  • memperlancar pencernaan bayi dengan menambah nafsu makan, mencerna, dan menyerap makanan sehingga membantu menambah berat badan bayi
  • membantu bayi untuk relaksasi, tidur lebih nyenyak, dan lebih lama
  • membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
  • membantu memperkuat masa tulang
  • meningkatkan ikatan emosional bayi dengan orang tua karena meningkatkan produksi hormon oksitosin bagi bayi dan juga ibu (hormon yang membuat merasa nyaman dan dicintai)

Melihat begitu banyaknya manfaat #SentuhanCinta dalam kegiatan #PijatBayi ini, Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, kembali memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta

 

Kampanye Sentuhan Cinta dari #JohnsonsBabyId

Kampanye? Ini kan udah masa tenang, kok masih ada kampanye.

Eits, sensitif amat sih baca tulisan kampanye. Ini bukan kampanye pilpres maupun pileg ya. Ini kampanye sentuhan cinta.

Kampanye sentuhan cinta ini bertujuan untuk mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas.

Periode emas atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode penting bagi bayi, dimana pertumbuhan yang diperoleh dalam periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode berikutnya, sampai bayi beranjak dewasa. Tidak hanya nutrisi yang cukup, namun penting bagi bayi untuk mendapatkan afeksi melalui sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi

Kita juga bisa lho ikut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta ini, caranya pun gampang banget. Kita cukup berbelanja saja. Hah, belanja? Wanita mana yang tak suka kalau disuruh belanja.

Jadi ya, kita bisa berpartisipasi dengan cara membeli produk Johnson’s di Alfamart dan Shopee senilai minimum Rp.25.000, datau membeli produk Johnson’s oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko – toko lainnya yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta.

Dari transaksi tersebut di atas, secara otomatis kita telah menyumbangkan Rp 500,- (Lima ratus rupiah) guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur agar bayi dapat tumbuh sehat dan berkembang secara optimal.

Gampang kan caranya? Jadi yuk kita turut berpartisipasi.

Selain itu, untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan yang terbaik, Johnson’s melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson’s untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Roadshow edukasi pelatihan pijat bayi di Surabaya

 

27 Comments

Add a Comment
  1. Dulu sejak masih gadis aku udah biasa ngerawat bayi2nya kakakku mba, jadi pas punya anak sendiri sudah fasih pegang bayi merah :)) Paling seneng kalau abis mandiin, oles2in telon terus pijet2 perlahan. Dulu sih ga tau ilmu pijatnya, tapi bener ternyata ya memijat bayi itu banyak manfaatnya. Si adek jadi rileks karena enak badannya setelah dipijat.

  2. aku suka pijat2 bayi dari jaman anak pertama, manfaatnya banyak bangeet plus bisa meningkatkan bonding Ibu-anak. Syuka sama Johnson’s yang peduli sama Ibu2 di Indonesia dan mengkampanyekan gerakan sentuhan cinta ini

  3. Jarak kelahirannya bagus yaa, kak..
    Jadi teringat aku punya anak pertama…dulu.
    Masih dibantu Ibu juga dalam memandikan, karena kalau orang Jawa, habis melahirkan ga bole banyak gerak.
    Di bebet pakai kain panjang gittuu ..

    Trus anak kedua mulai harus bisa apa-apa sendiri.
    Alhamdulillah,
    Pijat bayi adalah salah satu andalan kalau anak-anak mau tidur malam.
    Rileeks…kata mereka.

  4. Saya juga gitu mb…pas lairan anakku dulu, mau pegang saja taku…pijit2 apalagi…wah senangnya ada kegiatan seperti yang diselenggarakan johnson ini, jadi bonding ibu dan bayi kuat…

  5. Sama dong Mbak, aku melahirkan anak pertama tahun 2009. Dulu diajari ibuku sama kakakku, sebaiknya pijat bayi sendiri. Ada banyak sekali manfaatnya untuk ibu dan bayi. Sepertinya saya masih menyimpan CD yang berisikan cara memijat bayi,.

  6. Pas pertama kali punya anak, yang mandiin, mijetin dari bayi procot itu ibuku hehehe. Aku masih takut gitu mbk. Berani mijet bayi itu pas anakku usia 5 bulan, pas badannya udah mulai berisi

  7. Pijat bayi ternyata pentingny bngt yak mba selain buat stimulus, bounding juga dah gitu bisa Melancarkan ASI ktny,, anakku. Smp sekarang seneng bngt klo d pijat

  8. Aku juga belajar pijat bayi dari johnsons baby. Kemudian manggil tukang pijat khusus bayi gitu ternyata gerakannya mirip yaudah deh aku tekunin sendiri. Emang banyak banget manfaat pijat bayi buat newborn ya Mak 🙂

  9. Aku suka kalau lihat + merhatiin emak atau kakak yg pas kakak abis lahiran mijit ponakan hhee. Ngebayangin kalau punya anak sendiri begimana hahaa, (haissh nikah belon hehee)
    Sentuhan bayi dan ibu mendekatkan chemistry keduanya yah mbak
    TFs Mbak ^_^

  10. Di rumah saya selalu sediakan baby oil dari Johnson’s. Itu karena sewaktu pijat bayi di rumkit, susternya pada pakai baby oil ini, jadi deh nyetok. Memang penting banget pijat bayi ini. Bikin bonding semakin kuat, anak-anak pun badannya enakkan.

  11. Dulu waktu Yasmin bayi aku juga terapkan sentuhan cinta ini.
    Terbukti baby Yasmin sangat-sangat menikmati setiap sentuhan cinta lewat pijitan apalagi menjelang jam istirahat, cocok sebagai pengantar istirahat ya

    Tapi memang kudu belajar tekniknya, agar jangan sampai menyakiti bayi

  12. Saya juga tiga bulanan baru berani megang bayi sendiri. Waktu baru lahir ya suami terus. Secara dia yang udah berpengalaman.

  13. Baru sadar trnyata foto saya di belakang nyempil tak terlihat, ahaha. Biarlah yang penting sudah belajar langsung dari ahlinya, tentang pentingnya dan apa saja manfaat pijat bayi. Eh kok kita tak bersua ya mbak? Hehe

  14. Dulu habis lahiran karena merantau saya cuma ditunggui Ibu 2 minggu..selanjutnya bingung sendiri hihi
    Sosialisasi dan edukasi seperti yang dilakukan Johnson dalam program Sentuhan Cinta ini penting sekali. Agar para Ibu dan semua masyarakat tahu mannfaat pijat dan cara yang benar saat memijat.

  15. aku juga biasanya memijat anak2ku saat bayi hingga mereka udah ga bisa diminta diem lagi dalam waktu lama.

  16. Saya juga mak, mijetin anak pokoknya apalagi pas awal seneng pastinya.
    Semangattt
    Mau ke alfamart ah biar bisa belanja sambil nyumbang

  17. Sama banget mba. Aku pun waktu punya anak pertama gak berani gendong. Semuanya bergantung sama ibu. Klo bayi haus, ibu tinggal taro babynya diatas bantal menyusui yang udah aku siapkan di pangkuan. Setelah itu, ibu angkat dan pul pul untuk nyendawain.

  18. Duh aku slalu merinding klo bayangin bayi kecil yang baru lahir itu. Ga henti-hentinya takjub sama kekuasaan Tuhan. Pasti momen memijat bayi itu jadi kenangan tersendiri yang bakalan kita rindukan saat anak-anak sudah besar.

  19. Aku sejak belum nikah emang kerjaannya momong anak Mbakyuku, Mbak. Jadi urusan mijit-memijit, sampek gendong dan lain sebagainya ini terlatih karena kondisi, hahahaha. Pa giliran punya anak sendiri, ya tetep seneng terutama mijit mereka pas masih bayi gitu.

  20. Aku sejak belum nikah emang kerjaannya momong anak Mbakyuku, Mbak. Jadi urusan mijit-memijit, sampek gendong dan lain sebagainya ini terlatih karena kondisi, hahahaha. Pas giliran punya anak sendiri, ya tetep seneng terutama mijit mereka pas masih bayi gitu. Dulu pas baru lahiran gak ada pelatihan kayak gini. Beruntung ibu-ibu jaman sekarang.

  21. Dari anak-anakku bayi aku pake produk Johnson, terutama baby oil sama sabun dan shampo nya. Dulu juga diajarin cara mijet anak, mulai bayi sampai usia balita

  22. Anakku dulu waktu masih bayi selalu aku pakaikan Johnson untuk perawatan hariannya, mulai dari sabun mandi, shampoo, dan baby oil pasti pakai produk Johnson. Apalagi kalau pas mijit anakku pasti dia merasakan kenyamanan dan merasa lebih enak tidurnya setelah dipijat.

  23. Akutu megang baby justru anak sendiri, tapi langsung bisa karena terpaksa. Ibuku takut memandikan anakku, karena dulunya waktu abis lahiran, ibuku dibantuin suster rumah sakit yang datang ke rumah. Alhamdulillah aku berani karena pede sih, anak sendiri. Tapi sampe sekarang pun aku nggak berani megang baby nya orang, hihiiii

  24. Alhamdulillah sejak anak2 kecil saya pijat sendiri, soalnya anak2 kebetulan badannya mungil2 jd sama dokter disuruh sering2 pijat suopaya bonding kuat dan anaknya doyan nyusu/ makan.
    Seru banget ya diajarin memijat, dulu saya modal nonton YT hehe

  25. Kalau sekedar pjatan ringan sih berani sendiri pakai baby oil dari produk Jonhson’s, tapi kalau yang serius dan detail gitu biasa ke baby spa.

  26. Wah berpartisipasi dengan cara membeli produk Johnson’s di Alfamart sebesar Rp.25.000 udah bantuin ya. Bagus nih program nya

  27. Dulu waktu masih kecil, punya adik kandung kah mbak?
    Biasanya temen2ku yg nggak punya adik kandung, takut waktu menghadapi bayi pertama kalinya kaya mbak. Sekedar nggak terbiasa aja paling hehe

    Aku soalnya jadi inget waktu pertama kali punya adik, aku juga takut pas dia baru lahir. Klo dipegang jangan2 nanti tulangnya patah, atau badannya luka saking ringkihnya hahaha

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis