Sirup Markisa, Segar dan Kaya Manfaat

Bagi yang pernah berkunjung ke Makassar, pasti nemu ada yang jual sirup markisa di toko oleh-oleh yang ada di Makassar. Bahkan di bandara pun banyak yang menjual. Memang sirup markisa ini, rasanya segar dan kaya manfaat.

Dulu, saat awal-awal dapat dinas luar dan nginap di hotel berbintang, saya heran kala sarapan ada pilihan buah warna kuning, enteng sekali. Saat bertanya pada petugas hotel, dia bilang namanya markisa. Karena nggak pernah tahu buah itu, saya nggak ngambil, walau penasaran juga gimana cara makannya.

manfaat buat markisa
Buah markisa mentah

Lalu, saat sarapan saya lihat teman saya membawa buah itu. Dia membelahnya, lalu menyendok isinya dan langsung dimasukkan mulut. Padahal ada banyak bijinya warna hitam. Tapi dia menelan juga biji-bijinya, katanya ya memang gitu cara makannya.

biji buah markisa
Isi buah markisa

Hingga suatu hari, di tahun 2015, suami membawa satu buah markisa yang sudah matang, lalu memecah dan menyemaikan bijinya. Tak lama biji itu tumbuh. Karena memang tanahnya subur, tanaman pun tumbuh semakin besar. Merambat pada pohon mangga yang ada di depan rumah. Lalu mulai berbuah deh. Sejak saat itulah saya suka mengkonsumsi buah markisa

Markisa ungu masak pohon
Markisa masak pohon

Oh iya, tanaman markisa yang di depan rumah saya adalah jenis markisa ungu. Selain markisa ungu, ada juga markisa kuning. Warna ungu ini akan muncul kalau buahnya sudah matang. Kalau masih mentah, warna buahnya hijau.

Cara Membuat Sirup Markisa

Kalau saya, nggak bisa mengkonsumsi buah markisa secara langsung, jadi harus dicampur dengan air dan sedikit gula. Setelah di buat, langsung di minum. Rasanya segar, ada asemnya sedikit.

Cara membuat minuman markisa ini adalah dengan membelah kulit buahnya, lalu keluarkan isinya dengan sendok beserta dengan bijinya dan taruh di gelas. Jadi isinya buah markisa ini adalah biji-biji warna hitam yang diselimuti dengan daging buah.

Tuang biji markisa dalam gelas

Tambahkan gula sesuai selera. Lalu tuang air ke dalam gelas. Aduk hingga gula rata, dan segelas sirup markisa yang kaya manfaat pun siap diminum.

Segelas sirup markisa

Biji-bijinya akan terapung dibagian atas. Biasanya saya saring dulu sebelum minum, sehingga bijinya terpisah. Tapi ada juga orang yang minum langsung dengan bijinya juga.

Kalau tanpa gula, rasanya asem, tapi seger. Kalau pakai gula, jadi manis tapi tetap ada asemnya. Dikasih es batu lebih segar lagi

Manfaat Markisa

Suatu kali, saya upload foto markisa di FB, terus ada teman kantor saya yang melihat dan dia bertanya apakah boleh minta. Tentu saja boleh.

Keesokan harinya, saya bawakan markisa ungu itu untuk teman kantor saya. Lalu dia bercerita, kalau dulu anaknya sempat meneliti markisa ungu ini. Dia meneliti apakah markisa ungu ini baik untuk penderita diabetes. Obyek penelitiannya adalah dua ekor tikus. Dan ternyata hasil penelitiannya menyatakan bahwa ekstrak markisa ini tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes, karena konsumsi markisa ini malah membuat nafsu makan meningkat.

Saya pun jadi penasaran, apakah ada manfaat markisa ini untuk kesehatan tubuh kita.

Dari Hellosehat, saya mendapatkan informasi bahwa markisa termasuk jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan bagi tubuh dan baik untuk kesehatan. Berikut manfaat luar biasa buah markisa:

1. Mengandung banyak antioksidan

Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma

Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa memiliki antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

Nah, itulah beberapa manfaat mengkonsumsi buah markisa. Semoga tulisan ini bermanfaat.

87 Comments

  1. Selama ini aku tahunya Medan nih yang punya oleh2 khas sirop markisa. Kebetulan lumayan lama tinggal di Medan.

    Btw, itu markisa kalau buat obat diabetes, mesti dipikirin lagi ya penggunaan gula pasirnya. Atau diganti dengan gula diabet.

  2. Waaah markisa ini buah kesukaanya alm papa. Tapi agak jarang sih bs dapet di surabaya. Kadang alm papa nitip ke temennya yang berlayar ke Medan

  3. Huaa.. senangnya markisa berbuah depan rumah 😍 sayapun sangat suka dengan buah markisa, tapi sudah bertahun-tahun ga makan buah ini lagi πŸ˜₯ (jadi kangen). Disini susah banget mbak nemui buah ini, sangat jarang dijual. Ternyata markisa kaya manfaat ya mbak.. nanti kalau ketemu buah ini saya pasti ga akan melewatkannya πŸ€—

  4. Markisa, aku pernah makan gak ya? Kayaknya belum pernah deh. Salah satu buah yang tidak umum sih ini menurutku tapi patut dicoba. Apalagi dilihat dari manfaatnya, buah ini kayaknya sangat cocok untuk dijadikan salah satu alternatif menu di 4 Sehat 5 Sempurna

  5. Waaah, kirain Markisa itu khas Medan. Saya juga suka banget Markisa, sayangnya di sini jarang yg jual. Kalo tanam sendiri di lokasi yg panas dan banyak sinar matahari bisa gak ya?

  6. Sirup markisa ini memang segerrr, pernah bikin. Di rumah aku dulu ada tanamannya, dan buahnya jarang panen karena sering dipanen awal sama anak2 yang pada main di depan rumah. Hahaha.

  7. Lihat buahnya otomatis bikin nyengir. Kebayang asemnya. Tapi kalo udah dibikin sirup, slurrrp, sirup markisa enak. Seger. Btw, banyak manfaatnya sirup markisa ini. Jadi kepengen minum lagi deh.

  8. Saya lagi coba nanam pohon markisa di rumah mabk. Dapat buah dari komplek candi prambanan saat ke Jogaj 2/3 bulan yll. Sekarang sudah lumayan lebat daunnya. Boleh tahu pengalamannya dong mbak. Sampai umur berapa pohonnya bisa berbuah? saya menanam hanya di pot isi tanah bukan langsung di tanah, apa bisa tumbuh dengan baik nantinya?

    • aduh, saya kurang memperhatikan sampai umur berapa mulai berbuah. Yang penting daunnya jangan dibiarkan terlalu lebat, mbak. Di pangkas aja klo daunnya terlalu lebat. Nggak apa-apa di pot, yang penting sediakan tempat untuk batangnya menjalar.

  9. Kalau aku lebih kenalnya sama markisa kuning yang di sini disebutnya konyal mbak. Aku sih dari dulu sukanya dimakan langsung karena kupikir bikin sirup markisa itu ribet, ternyata enggak ya. nanti aku mau cobain hehe. Ini markisanya unik ya warna ungu. Wah ternyata markisa bisa untuk menurunkan berat badan dan tidur lebih nyenyak. Waah jadi semangat buat makan markisa lagi nih, udah lama enggak hehe

  10. sirup markisa merupakan salah satu sirup yang saya sukai, terutama rasa masamnya. markisa mudah ditanam di mana saja. sehingga bila dibudidayakan dengan serius, pasti akan bisa menghasilkan

    • iya, saya punya kenalan yang nanam markisa cuma di halaman rumahnya saja, lalu dia buat sirup dan dipasarkan, terus dapat bantuan dari dinas koperasi untuk pengembangan usahanya

  11. Kalo pulang ke Sumatera, sirup markisa dan buah markisa itu udah jadi santapan wajib. Sirupnya saya suka tuh dari brand yg terkenal iklannya itu, markisa juice **** hehehehe. Senangnya itu, markisa kaya vitamin C ya mba, bagus untuk daya tahan tubuh.

  12. Hwaa… saya kira di kota saya (Medan) aja ada sirup markisa. Ternyata di Makassar juga ada ya… membaca manfaatnya jadi pingin rajin2 lagi mengonsumsi sirup markisa ini, bisa menurunkan bb pula ya, noted.

  13. Wah, ini sih salah satu buah favorit saya. Tapi, belum pernah nyobain sirupnya. Kayaknya segar ya, Mbak? Aduh… kok jadi ngiler gini karena udah lama juga nggak makan buah ini.

  14. Dahulu di tetangga ku pernah ada yg jualan markisa dan jujur saja aku ga suka dengan penampakannya. Ngilu juga ngeliat biji banyak gitu terus harus dimakan ??

    Kendati demikian buah ini memang terbilang bermanfaat karena mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas

  15. Aku suka banget makan buah markisa. Tapi makan langsung aja gitu gak dibuat sirup

    Kalau sirupnya aku suka beli yang udah jadi, biasanya dari Makassar atau Medan, sirupnya enak dan rasanya unik

  16. Perasaan aku juga belum pernah makan Markisa. Wah tapi kalau makan markisa kudu siap-siap beli beras banyak ya, soalnya nafsu makan bertambah πŸ˜€

  17. Waa ternyata bisa untuk asma & nurunin berat badan, saya gak punya pohonnya tapi suka dikasi tetangga, enak klo langsung bikin, apalagi dikasi tetangga, gratis haha

  18. Banyak manfaat buah markisa yang sebenarnya bisa dikembangkan lagi untuk berbagai pengobatan. Sewaktu kecil dulu saya biasa makan langsung dengan biji dan lendirnya.

  19. Aku suka banget loh sirup markisa ini, berapa kali ke mks yg di bawa pulang sirup markisa sama satu lagi sirup apa ya yg merah itu lupa namanya. Andai ada buahnya disini aku pengen jg bikin sendiri

  20. Wah, enak nih kalau sirup markisa bikinan sendiri. Rasanya asli gak kebanyakan pemanis dan perasa tambahan. Lebih fresh dan marem pas minum. Aku kalau di kampung suka bikin sendiri Mbak. Kalau di sini ya jarang. Kadang susah nyari markisanya.

  21. Waktu kecil dulu suka dapet oleh-oleh sirup markisa. Buahnya juga pernah nyicipin. Mungkin karena bentuknya sirup, yang varian ini bikin tenggorokanku perih karena terlalu manis. Lupa gimana rasanya karena udah lama banget ga nyicipin. Kalau bisa buat mengatasai insomnia jadi mau (lagi) dong πŸ™‚

  22. Boleh juga nih markisa, ternyata bisa untuk merilekskan diri ya sehingga mudah tidur. Cocok nih untukku yang tiap harinya hanya bisa tidur setelah larut malam. Tapi mungkin harus langsung buahnya ya bukan sirup markisa. kalau udah sirup kan kadar gulanya tuh yang bahaya.

  23. Dah jarang ketemu markisa. Ooo jadi begitu cara membuat markisa. Ternyata banyak sekali manfaat markisa ya khususnya buat kesehatan. Salah satu ikhtiar supaya kita hidup sehat ya minum jus ini 😁

  24. Wow ku jd tertarik bikin krn khasiatnya byk bgt dan terutama bs ngurangin BB hahahha, masalahnya markisa di sini kadang susah didapet jadi hrs nunggu pas lagi kuaim dulu πŸ˜„

  25. Aku suka banget sirup markisa mba. Tapi belum pernah nyoba yang langsung dari buahnya langsung gitu sih. Seringnya minum yang dari kemasan botol karena suka dikirimin sama nenekku dari Medan. Manfaatnya oke banget!

  26. Dulu waktu masih tinggal di Medan, kulkasku ga pernah kosong dari buah yang satu ini, Mba. Suka banget aku dengan keunikan bijinya. Diseruput, slurp!!! Nikmat! Hehe.
    Khasiatnya pun sungguh luar biasa, ya, Mba?

  27. Aku Sukanya buah markisa dimakan gitu aja lho. Klunyur-klunyur tekstur buahnya lucu. Sering dapet yang manis juga. Jadi sukak. Kalau ada sirupnya yaaa mau juga. Gampang kaan kalau pengen tinggal bikin…

  28. Saya kurang suka markisa krn rada masem, tapi wkt ke rumah mertua ternyata ada markisa yg manis banget rasanya. Sat udah tanam eh gak hidup

Leave a Reply to nurhilmiyah Cancel reply