Kesehatan

Tips Terbaik Mencegah Gigi Berlubang

Gigi yang berlubang yaitu kondisi gigi yang mengalami kerusakan dan mengikis bagian luar hingga bagian dalam gigi hingga membentuk lubang. Gigi berlubang baik gigi berlubang kecil maupun besar disebabkan karena penumpukan bakteri pada mulut. Hal tersebut sering terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang manis. Terlebih lagi ketika kebersihan mulut tidak terjaga, maka akan menimbulkan gigi berlubang.

gigi berlubang

Bentuk dari gigi berlubang yaitu berupa rongga atau lubang berwarna hitam, ada juga yang berwarna coklat gelap. Biasanya, lubang tersebut akan berkembang di permukaan gigi bagian geraham belakang dan gigi geraham lainnya. Mengingat tugas dari gigi geraham untuk mengunyah dan menggiling makanan. Tidak jarang hal ini disebabkan karena adanya ulat pada gigi berlubang. Jika dibiarkan, maka akan memicu infeksi pada jaringan tubuh.

Cara Mengobati Gigi Berlubang

Perlu adanya perawatan gigi berlubang agar tidak terjadi infeksi atau gangguan lainnya. Untuk mengurangi gejala atau sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang. Maka, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara ampuh mengobatinya:

Tambal Gigi

Perhatikan besarnya lubang yang ada pada gigi. Jika lubang tersebut tidak begitu besar dan kerusakannya belum menyebar, maka dokter bisa menambal gigi. Tambal gigi ini berguna untuk menutupi rongga yang ada pada permukaan gigi supaya tidak meluas ke area lainnya.

Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan gigi berlubang yang selanjutnya yaitu merawat saluran akar gigi. Saat pembusukan sudah sampai bagian paling dalam pada gigi, Anda perlu perawatan saluran akar gigi. Saluran akar gigi sendiri merupakan prosedur bedah kecil. Bedah kecil ini dilakukan ketika penyebab pembusukan sudah terlanjur membunuh gigi. Tujuan dari prosedur ini untuk mencegah infeksi di pulpa semakin menyebar pada gigi lainnya.

Obat Antibiotik

Ketika Anda pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai gigi berlubang tersebut. Biasanya dokter akan memberi resep antibiotik jenis tertentu untuk mencegah infeksi. Antibiotik tersebut harus diminum sesuai anjuran dokter. Jangan sekali-sekali menambah atau mengurangi dosis tanpa persetujuan dari dokter.

Cabut Gigi

Pilihan terakhir untuk menangani gigi berlubang yaitu dengan cabut gigi. Ketika gigi sudah terlanjur rusak dan tidak bisa diobati lagi, Anda bisa mencabut gigi ke dokter. Apabila hanya satu gigi saja yang dicabut maka Anda cukup mendapatkan anestesi lokal saja. Berbeda lagi jika gigi yang dicabut lebih dari satu dalam satu momen, Anda akan diberikan bius total. Tentunya hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan.

Ketika sakit gigi berlubang parah melanda, Anda bisa mencegahnya dengan melakukan sikat gigi dua kali dalam sehari. Lalu gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk memperkuat dan melindungi lapisan terluar gigi. Gunakan sikat gigi yang tepat dengan berbulu lembut dan mempunyai bentuk kepala sikat yang pas dengan rongga mulut. Anda juga bisa membersihkan sisa makanan disela gigi dengan benang untuk menghilangkan plak dan bakteri. Serta kurangi makanan yang manis.

****

Itulah cara menangani dan mencegah gigi berlubang yang bisa Anda lakukan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati adalah salah satu visi yang perlu ditanamkan. Ada pepatah mengatakan lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi karena sakit gigi terasa lebih menyakitkan. Lakukan tindakan pencegahan terhadap sakit gigi agar gigi tetap sehat dan selalu terjaga.

3 Comments

  • Fanny Fristhika Nila

    yg namanya perawatan gigi, aku udh kenyang ngerasain dr kls 3 Sd :(. agak trauma jd nya. krn dulu gigiku itu maju, jarang dan numpuk. makanya dr sd, udh mulai rutin bgt ke dokter gigi. ngilangin gigi susu dulu, trus gigi yg numouk di cabutin. setelah itu baru pasang kawat sampe kls 3 smu. Omg, msh kebayang sih sakit2 nya, apalagi kalo nyabutin gigi tetep. pas obat bius ilang, nyerinya sampe pusing.

    sejak itu aku lbh milih ngerawat gigi banget drpd hrs rasain itu lg mba :(.

    • Nanik

      Wah dari kelas 3 sd sampai 3 SMU, lama banget. Emang penting banget ya perawatan gigi. Saya pernah cabut gigi pas semester 2, habis cabut gigi langsung ngliyeng

  • Sugi Siswiyanti

    Denger cerita – cerita teman yang kesakitan karena giginya berlubang membuat saya sangat menjaga kebersihan dan kesehatan gigi saya dan anak – anak.
    Waktu SD pernah juga ngalami sakit gigi dan rasanya luar biasa. Jangan lagi deh..

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: