WisataKu

[Trip] Bengkulu : Tarian Serawai

Liburan panjang kemarin, kembali saya ke Bengkulu. Menghadiri resepsi pernikahan keponakan saya. Melihat dan mengamati lagi budaya baru.

Malam menjelang resepsi ada hiburan organ tunggal di rumah. Siapapun boleh naik ke panggung untuk menyumbangkan suaranya, menghibur para tamu undangan. Sang pengantin pun tak ketinggalan didaulat untuk naik ke panggung dan menyanyikan beberapa buah lagu

Siangnya acara resepsi di gedung. Sebelum naik ke pelaminan, pengantin di daulat melakukan tarian. Namanya tarian serawai. Kata pembawa acara, ini adalah tarian untuk melepas status bujang. Pengantin lelaki dan perempuan melakukannya secara terpisah. Pengantin lelaki bersama para lelaki, keluarga maupun sahabat. Sementara pengantin perempuan menari bersama para perempuan, saudara dan sahabat.

 

 

Usai tarian serawai, dilanjutkan atraksi pencak silat. Sayang foto-fotonya sangat buram jadi nggak layak diupload disini :). Berhubung selama acara, kamera di pegang Babang untuk jepret sana sini. Jadilah saya cuma dapat mengambil foto lewat hp.

0 thoughts on “[Trip] Bengkulu : Tarian Serawai

    1. yup menari dengan kostum pengantin. Pembawa acara pun sebelum mempersilakan siapa pun yang hadir untuk ikut turun menari berpesan gini “Bagi yang mau ikut menari bersama sang pengantin, harap bersiap dengan busana dan dandanan terbaik”

  1. Maaf ibu,,, mungkin yang dimaksud adalah Tari Andun…… kalau di desa, menari dengan di iringi oleh alat musik yang di pukul seperti gong kecil…

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis