Cari Kepiting Cangkang Lunak? Ya Kepiting Soka Khas Tarakan

Sabtu, 16 Mei 2015 pukul 18.30 WITA, saya dan empat teman kantor mendarat di bandara Juwata, Tarakan, Kalimantan Utara. Sudah ada panitia yang menjemput. Si mbak panitia ngajak mampir makan dulu. Tapi dia masih bingung mau ngajak kemana, lalu menawarkan kami pengen makan apa. Langsung aja saya jawab, kepiting. Kalau ke sini, memang sebaiknya jangan melewatkan untuk menikmati kepiting soka khas Tarakan.

Baca juga : Pasar Batu Akik Tarakan

Sebelumnya saya pernah juga tugas di Tarakan, akhir 2010. Waktu itu diajak menikmati kepiting soka, kepiting yang cangkangnya lunak. Jadi nggak terlalu merepotkan kala makan.

Kepiting Soka Khas Tarakan

Sekilas tidak ada bedanya antara kepiting soka dengan kepiting yang dijual dipasaran. Yang beda adalah cara budidayanya. Soka sendiri kepanjangan dari soft karapas yang berarti cangkang yang lunak.

Bibit kepiting dari alam liar dipelihara di kolam budidaya selama 21 – 25 hari hingga masuk fase ganti kulit atau moulting. Saat fase ganti kulit ini kepiting dipanen. Pemanenan ini harus dilakukan segera karena hanya dalam 2 jam cangkang kepiting akan mengeras.

kepiting soka khas tarakan
Sumber gambar jualkepitingsoka.wordpress.com

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu kepiting soka adalah rumah makan Derawan yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan

Rumah Makan Derawan

Maka, meluncurlah kami ke rumah makan Derawan. Rumah makannya sih biasa aja, tapi masakannya uenak. Ini memang rumah makan spesialis seafood dan hidangan ikan segar. Di dinding rumah makan ada banyak akuarium, tapi isinya bukan ikan hias. Isinya ikan patin dan kakap putih.

rumah makan derawan

Rumah makannya persis di tepi jalan, nggak ada area parkir khusus. jadi parkirnya ya di bahu jalan. Bangunan warungnya terbuat dari papan kayu. Meja memanjang dengan beberapa kursi plastik di kanan kirinya.

Duduk di kursi dan langsung dong bilang kepiting saus padang pada mbak yang bertugas mencatat menu pesanan pengunjung. Padahal belum baca ada menu apa saja di sana. Emang tujuannya pengen makan kepiting soka khas tarakan.

Menunggu beberapa saat. Si mbak balik ke meja kami dan bilang kalau kepitingnya HABIS! Kecewa dong. Tapi gpp, kita ganti menu lain.

Akhirnya kami pesan gurami dan kakap bakar, cumi saus padang dan tak lupa tumis kangkung.

Minggu siang, jam 2 an. Selesai dari pengecekan peralatan di tempat saya mendapatkan tugas, kami ke rumah makan Derawan lagi. Pesan kepiting dong tentunya.

Tapi lagi-lagi kami harus menelan ludah, kepiting HABIS. Jadilah pesan menu lain. Menu lainnya juga sudah pasti enak, tapi masih mengganjal aja karena belum keturutan makan kepiting soka.

Akhirnya Keturutan Makan Kepiting Soka

Malam terakhir di Tarakan, 20 Mei, akhirnya keturutan juga makan kepiting Soka. Di hotel tersedia menu makan malam berupa kepiting soka. Seneng dong pastinya. Sepertinya panitia sengaja meminta pihak hotel memesan menu ini, setelah sebelumnya dua kali saya gagal makan kepiting soka di rumah makan Derawan.

kepiting soka khas tarakan

Dan jangan ditanya, apakah saat itu saya makan karena memang saya lapar, atau karena saya ini rakus. Piring pertama, cukuplah empat potong. Nasi nggak laku. Piring pertama ludes, menyisakan sedikit cangkang. Piring disisihkan, lalu berjalan kembali ke deretan meja dimana menu makanan tersaji. Ambil piring lagi, dan tentunya ambil kepiting lagi. Pokoknya puas-puasin.

Kepiting Soka Khas Tarakan

Nggak malu, ada banyak orang gitu bolak balik ambil kepiting?

Hahaha… nggak lah. Ngapain malu. Lha wong teman-teman seperjalanan saya juga sama kelakuannya. Memecah cangkangnya, menikmati dagingnya, hingga yang tersisa hanyalah beberapa cangkang yang keras. Cangkang yang keras ini adalah cangkang bagian capitnya.

Kepiting Soka Khas Tarakan

32 comments

  1. Seumur-umur aku baru sekali nih makan kepiting Soka. Duuh…ngiler banget baca artikel ini…
    Aku ajak siapa yaa…pengeeen. Soalnya suami ga bisa makan kepiting nih sekarang. Asam urat…hiks…

  2. Kepiting soka saus padang ini dimana-mana jadi andalan wiskul apalagi di Kalimantan ya mbak,… Btw rumah makan derawan ini memang terkenal banget ya mbak

  3. ke Tarakan sebelum pandemi ya (20 Mei), karena awalnya saya heran kok mbak Nanik “berani” jalan jauh 😀 😀

    Paska pandemi ke sana lagi yuk, puas puasin melahap kpiting soka 😀 😀

  4. Beneran baru tahu kalau ada kepiting yang cangkangnya lunak gitu..hehe
    Setelah dimasak cangkangnya yang lunak pun bisa dimakan juga. 😀

    1. Aku baru tau nih mba kalo Kepiting Soka Khas Tarakan itu cangkangnya lunak ya.. penasaran kepingun makan deh dah lama banget gak makan kepiting

  5. Teringat teman yang budidaya kepiting soka juga, ternyata memang familiar kuliner di Tarakan. Saya sendiri belum mencoba kepiting Soka. Semoga merasakan suatu kesempatan lain.

  6. Kepiting Soka ya namanya, khas Derawan, Tarakan. Cangkang kepitingnya lunak ya. Wah jadi ngiler nih baca Mbak Nanik dkk bolak balik makanin kepiting hehe

  7. Aku tuh baru dua kali mba makan kepiting. Hahha. Dan baru tahu ada yang kepiting soka ini. Aku suka kepiting tapi satu sisi nggak telaten buat ambil dagingnyaa

  8. wah baru ngerti nih ada kepiting cangkang lunak.
    Selama ini taunya ya kepiting yg cangkangnya keras.
    Saya belum pernah ke Kaltara (dulu sempat mikir apa disingkat Kalut hehehe). Pernahnya ke Balikpapan dan Samarinda. Di sana juga terkenal kepitingnya ya..

  9. Kepitiiinggggg! Ya ampyuun, surga dunia banget dah, makan kepiiting iniii
    aku baru tau mbaaa….Soka sendiri kepanjangan dari soft karapas yang berarti cangkang yang lunak.
    bolak/i baca menu kepiting soka tapi ora mudheng 😀

  10. Hehe nggak malu ya mbk, karena semua yang makan juga bolak balik nambah dan ambil kepiting lagi.
    Aku penasaran banget sama kepiting soka,belum pernah nyoba

  11. Pengen banget bisa menikmati kepiting sampe tuntas.. sayangnya aku alergi sama kepiting..Tapi kalo buat wisata kuliner kayaknya nekat ajah ya..urusan alergi pikir keri..haha..

  12. Auw.. Sudah lama gak makan kepiting. Biasanya bikin kare kepiting. Dan saya baru tau kalo soka singkatan soft karapas. Untung ada artikel mba Nanik hehe

  13. wow kuat banget makan banyak kepiting. Senangnya yaa keturutan makan kepiting soka yang empuk jadi banyak bagian yang bisa dimakan deh. eh sempat dibawa pulang buat oleh-oleh?

  14. Menggoda banget Kepiting Soka khas Tarakan ini. Baru tahu juga ternyata ada kepiting cangkang lunak. Enak nih pas makan. Gak kesusahan buat gigit

  15. Baru ngrrti jenis kepiting Soka ini. Oia, jadi inget duluuu punya Boss, Katanya beliau pernah di Tarakan, kerap cerita tentang Tarakan sebagai salah satu daerah penghasil ikan hasil tangkapan laut. Jadi kepo, pengen merasakan nikmatnya makan ikan bakar langsung di tarakan deh terus nyicip kepiting Soka juga ini

  16. gleeek….duuh mba nanik…mau kepiting sokanyaa…aku blom pernah ke tarakan sih. Kmrn aku ke samarinda tp ga keturutan makan kepiting dan oleh2in krn pada kegiatan… Semoga bs ke tarakan dan makan kepiting soka derawan

  17. Mbaaa omaigad auto ngeces aku bacanya, menggoda banget lah itu kepiting soka nya. Abis baca ini aku lanjut baca pasar batu akik di tarakan menyenangkan banget baca kisah jalan2 kayak gini tuu

  18. Hhahaaa, menikmati makan kepiting soka bolak balik itu sesuatu yaa, apalagi kalo rame2 barengan bikin lupa diri Maak.
    Berhubung aku ga suka kepiting, jadi lagi mbayangin gurame, kakap bakar, tumis kangkung dan cumi saus padang, duuh keknya nikmaat buat makan niih, lavaaar.

  19. waah iya, kepiting soka ini emang lunak cangkangnya ya mbak
    mamaku sering masakin aq kepiting soka, duh jadi kangen masakan mama nih

  20. Aku juga suka kepitiing.
    Tapi paling gak suka cara makannya. Hehehe…sukanya kalau di suapin sama suami.
    Ini beneran yaa..cangkangnya empuk gitu, uumm…so yummm~~

  21. Aku baru sekali ngerasain kepiting Soka, pas di Purwokerto. Tapi aku penasaran Ama kepiting Soka khas Tarakan :D. Krn pasti beda. Apalagi kepiting di Tarakan lumayan terkenal sih.

    Dulu aku juga bingung kepiting yg cangkangnya lunak. Tapi setelah dirasa, ya ampuuun nagiiiiih hahahahah. Susah sih memang nemuin kuliner kepiting Soka ini. Di JKT aja aku blm tahu jual di mana.

  22. Koq sama sih suka banget sama seafood? Hehe. Btw aku jual kepiting soka versi frozen food lho Mba, tapi dari tulisan ini aku baru tahu kepanjangan dari Soka & apa perbedaannya dengan kepiting cangkang keras. Kukira kepiting soka ya sama kaya rajungan yang lunak cangkangnya.

Leave a Reply to Helena Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *