Jalan-jalan ke Belitung? Wajib Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi




Jalan-jalan ke Belitung? Wajib Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi terletak di Belitung, diapit oleh pantai Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Ada prasasti disitu yang menyatakan bahwa pantai ini pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Di beberapa bagian pantai juga ada papan peringatan untuk tak membuang sampah sembarangan, dan juga pemberitahuan untuk menjaga kelestarian pantai “laskar pelangi”

pantai tanjung tinggi
Aneka macam papan peringatan

Salah Kostum

Saya berkesempatan mengunjungi pantai Tanjung Tinggi pada hari Jumat, 6 November 2019. Pas ada kerjaan di Belitung. Kerjaan selesai, langsung deh cabut ke Pantai, tanpa sempat ganti baju. Jadilah salah kostum, ke pantai tapi pakai baju kerja.

Sebenarnya, sama penyelenggara di beri kesempatan untuk ganti baju terlebih dahulu. Berganti sandal juga karena ke pantai. Tapi baju bersih saya tinggal 1 yang rencananya akan di pakai besok saat pulang ke Malang. Sandal saya juga nggak bawa. Kalau tugas ke mana-mana saya emang nggak bawa sandal, mengandalkan sandal hotel aja. Kalau ke pantai, pakai sandal hotel pasti nggak nyaman, karena sandalnya tipis.

Ya sudahlah, pakai baju resmi aja nggak apa-apa. Yang penting bisa mampir mengunjungi salah satu tempat wisata hits Belitung, yaitu Pantai Tanjung Tinggi.

Saya ke sana bersama teman-teman kantor, di fasilitasi oleh pihak hotel. Kami diberi waktu 40 menit saja untuk mengeksplor keindahan pantai Tanjung Tinggi.

pantai tanjung tinggi
Hamparan batu granit di pantai tanjung tinggi

Batuan Granit Memenuhi Pantai

Untuk masuk ke area pantai ini, pengunjung tidak dikenai biaya. Pas masuk area parkirnya, kami pikir kok jelek gini sih suasananya.

Tapi begitu masuk area pantainya, wow…. terkagum-kagum kami semua. Sebenarnya ada pemandu yang menjelaskan tentang sejarah Pantai Tanjung Tinggi ini. Tapi banyak diantara kami yang tak sempat mendengarkan. Terpesona dengan pemandangan di pantainya. Langsung menyebar dan mencari spot foto sendiri-sendiri. Dan akhirnya, waktu 40 menit yang disediakan oleh panitia pun lewat sudah. Susah banget memanggil para peserta untuk bergegas kumpul. Lha iyalah, nemu spot menarik, antri foto kan makan waktu juga.

pantai tanjung tinggi
Walau salah kostum, tetap gembira

Di pantai ini banyak terdapat batu granit yang ukurannya bervariasi. Ada yang besar, ada yang kecil. Aneka ukuran batu granit yang tersebar secara acak ini menambah keindahan pantai.

Umur bebatuan granit di Pulau Belitung diperkirakan mencapai 65-200 juta tahun yang lalu. Batuan ini merupakan hasil pembekuan magma yang bersifat asam, dengan kandungan silika lebih dari 65%. Dari peta geologi, granit tertua berumur Trias (Triassic) tersebar di Belitung bagian barat laut, termasuk di Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Kepayang dan Pulau Lengkuas.

Batuan granit berbagai ukuran, pasir putih dan debur ombak. Paduan yang sangat indah. Cocok sekali dinikmati di sore hari. Airnya yang jernih, sebenarnya sangat mengundang untuk nyebur dan mandi.

Sayangnya pas ke sana, cuaca tidak mendukung. Gerimis mengiringi kedatangan kami di pantai tanjung tinggi. Batu-batu menjadi basah dan licin, sehingga kami harus hati-hati melangkah.

batu granit di pantai tanjung tinggi
Lihatlah, batunya besar sekali

Fasilitas Umum di Pantai Tanjung Tinggi

Di pantai Tanjung Tinggi ini ada beberapa warung tenda yang menjajakan kopi, mie instan, rokok dan kelapa muda. Ada juga yang jualan durian. Tapi mahal, semahal durian di Jawa.

Ada beberapa toilet, tapi nggak permanen, sebidang luasan kira-kira 1 meter persegi, dibatasi oleh terpal. Saya sebenarnya kerasa pengen kencing, tapi melihat kondisi toiletnya, saya nggak mau masuk, jadi saya tahan aja.

Ada juga penjual oleh-oleh berupa cinderamata yang berasal dari cangkang kerang. Bagus-bagus dan beraneka ragam bentuk dan ukuran. Saat saya lewat, penjualnya sedang nggak ada di situ. Saya berhenti sejenak, tengak tengok, tak juga ada orang lokal yang menghampiri. Mungkin penjualnya sedang ada keperluan. Saya jadi nggak bisa tanya-tanya berapa harga cinderamata ini.

cinderamata pantai tanjung tinggi
Cangkang kerang

Beberapa penjual ikan asin menjajakan dagangannya dalam keranjang di motor mereka. Ikan asin aneka ukuran. Ada juga terasi dan kerupuk ikan yang belum di goreng.

Ada satu pedagang yang dikerubuti bapak-bapak. Saya pun penasaran, apa yang dijual oleh pedagang itu. Ternyata jualan batu akik. Tapi mereka menyebutnya bukan batu akik, melainkan batu satam. Katanya, batu akik dan batu satam itu nggak sama.

Batu Satam Khas Belitung

Batu satam adalah batuan khas yang ada di Belitung. Batu ini terbentuk dari hasil proses alam atas reaksi tabrakan meteor dengan lapisan bumi yang mengandung timah tinggi jutaan tahun lalu. Serpihan batu meteor itu tersebar keseluruh pelosok dunia seperti Australia, Cekoslovakia, Arab, dan di Indonesia tepatnya di pulau Belitung. Saat jatuh diatas tanah pulau Belitung, meteor ini bereaksi dengan kandungan timah yang sangat banyak yang terdapat dipulau Belitung, sehingga membentuk batu hitam yang kemudian dinamakan Batu Satam.

Menurut Sejarah, penamaan Baru Satam ini didasari dua suku kata, yaitu Sa dan Tam yg berasal dari bahasa china suku Khek yg ada di Belitung. Jika diartikan secara harfiah, Sa berarti pasir dan Tam berarti empedu. Sehingga Satam memiliki arti empedu pasir

Saat saya ke sana, banyak juga rombongan pengunjung yang datang hampir bersamaan dengan kedatangan saya. Kebetulan warna busnya sama, yaitu kuning. Untung saya sudah menghapal plat nomer bus saya, sehingga tak salah masuk bus. Rombongan itu berasal dari Jakarta.

Menurut sopir bus yang mengantar rombongan kami, kalau hari Sabtu dan Minggu banyak sekali pengunjung dari luar pulau yang datang ke pantai tanjung tinggi. Kebanyakan dari Jakarta. Emang bagus sih pantainya, kalau fasilitas umumnya lebih diperbaiki lagi, tentunya akan makin banyak menarik minat wisatawan.

batuan granit pantai tanjung tinggi
Pengunjung sibuk mencari spot foto
55 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *