vitamin daya tahan tubuh

Cegah Omicron dengan Konsumsi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Siang ini terik sekali. Tapi harus tetap keluar rumah karena persediaan bahan pangan sudah menipis. Memang sudah waktunya belanja bulanan juga. Jadi walau cuaca terik, mesti berangkat. Bagi saya, belanja itu sekalian refreshing melihat suasana lalu lintas di luar. Jadi nggak usah tanya kenapa nggak belanja online aja.

Naik sepeda motor menuju supermarket langganan. Walau sudah bikin daftar belanjaan, tetap aja muter-muter cuci mata hehehe…. Kali aja nemu barang yang lagi promo dan emang dibutuhkan. Kan sekalian jalan. Capek muter-muter, akhirnya mengarahkan troly belanjaan menuju kasir.

Posisi kasirnya kebetulan dekat pintu masuk supermarket, jadi dari barisan antrian bisa melihat suasana di luar dengan jelas. Tapi siang ini saya sampai memicingkan mata, memastikan pandangan saya tak salah. Di luar sana hujan!

Iya, hujan!

Padahal tadi nyampe sini cuaca masih terik. Padahal saya milih belanjaan juga nggak ada 1 jam, kok cuaca udah berubah aja. Udah hujan di luar sana. Emang sih bawa jas hujan, tapi kan tetap aja barang belanjaan bakal kehujanan.

Ada yang pernah ngalami seperti saya? Merasakan cuaca terik, lalu tak lama tiba-tiba hujan turun dengan derasnya.

Kalau kata ibu saya, inilah namanya musim pancaroba. Peralihan dari musim hujan menuju kemarau. Terik dan hujan bergantian dengan cepat. Masa-masa kayak gini, biasanya banyak yang fisiknya jadi bermasalah. Mudah kena flu, batuk ataupun penyakit lainnya.

Jaga Daya Tahan Tubuh Agar tak Tumbang Terserang Virus

Di timelime media sosial, grup wa kantor, group wa alumni banyak yang mengabarkan kalau lagi tumbang, tenggorokan sakit, batuk, demam, sendi ngilu, badan rasanya sakit semua. Bahkan ada yang nulis, badan kayak habis digebuki. Ada-ada saja, emang dia pernah ngerasain gitu kayak maling digebuki massa?

Pancaroba dan juga mengganasnya varian Omicron ini memang menuntut kita untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Jangan sampai daya tahan tubuh kita lemah lalu akhirnya ambruk terserang virus. Berikut ini adalah upaya yang saya lakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga dengan baik

Istirahat yang Cukup

Awal-awal masa pandemi, saya jadi sering begadang. Karena longgarnya mengerjakan kerjaan kantor ya di waktu malam, kalau siang pas WFH ribet dengan urusan anak-anak. Saya sadar ini nggak bagus bagi tubuh, jadi saya selalu mengimbangi dengan tidur siang. Untungnya anak-anak bisa anteng kalau saya tidur siang, beda dengan kalau siang saya ngadep laptop, mereka malah berisik cari perhatian.

Karena sudah 2 tahun selang seling WFH dan WFO, akhirnya anak-anak jadi terbiasa kalau siang hari mamanya ini pegang laptop. Nggak ngerusuh lagi. Jadi saya pun bisa menghindari begadang di malam hari. Bisa tidur cukup di malam hari. Walau nggak pernah tidur siang, nggak masalah karena malamnya bisa tidur lelap dalam waktu lama.

Saya biasanya jam 9 malam sudah tidur. Bangun jam 4 dini hari. Sekitar 7 jam setiap hari saya tidur, jumlah jam tidur yang mencukupi untuk seusia saya.

Secara umum, kebutuhan tidur bagi setiap kelompok usia tak sama. National Sleep Foundation merekomendasikan jam tidur yang baik untuk masing-masing kelompok usia sebagai berikut:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari.
  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari.
  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari.
  • Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari.
  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari.
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari.
  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari.
  • Lansia (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari.

Dengan menerapkan jam tidur yang baik setiap hari, kita akan mendapatkan manfaat tidur secara maksimal. Sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat karena sel-sel dalam tubuh diperbarui selama kita tidur.

Makan Makanan Bergizi

Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi agar setiap selnya dapat bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Nutrisi ini berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sehingga kita harus makan makanan yang bergizi. Kalau jaman saya kecil dulu, ada istilah empat sehat lima sempurna untuk menggambarkan komposisi makanan yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari, maka kini ada istilah “isi piringku” untuk menggambarkan komposisi seimbang asupan makanan pokok, sayur, lauk dan juga buah yang harus kita konsumsi setiap hari.

isi piringku
Komposisi makanan dalam isi piringku

Menerapkan Protokol Kesehatan

Jangan sampai kendur dalam menerapkan protokol kesehatan ya. Maskernya jangan sampai kendor. Rajin mencuci tangan dengan sabun. Jika terpaksa berada di keramaian, tetap jaga jarak dengan orang-orang di sekitar.

Kalau saya amati, penerapan protokol kesehatan ini mulai mengendur di masyarakat. Apalagi di desa. Kayak ditempat tinggal saya. Kalau pagi, para ibu berkerumun di tukang sayur, nggak ada yang pakai masker. Pedagang keliling yang lewat depan rumah pun udah lama lepas masker. Kadang saya ke warung tetangga pakai masker aja suka dilihati ama mereka. Tapi cuek aja, demi kebaikan dan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Vaksinasi

Jangan lupakan juga untuk ikut program pemerintah, vaksinasi covid-19. Ini pun sebuah ikhtiar agar tubuh kita kebal terhadap virus corona. Walau virusnya udah bermutasi sekian kali, paling tidak dalam tubuh kita sudah punya perlindungan dasar.

Saya sendiri, 18 februari kemarin sudah ikut vaksin ke tiga. Kabarnya walau sudah vaksin, tetap ada juga kemungkinan terserang virus corona kalau daya tahan tubuh lagi jelek. Tapi efek virus yang menyerang tentu tak separah dibandingkan dengan orang yang belum vaksin. Jadi buat kamu yang belum vaksin, jangan ditunda-tunda ya.

Konsumsi vitamin

Jika belum yakin apakah asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mencukupi kebutuhan tubuh kita, kita bisa menambahnya dengan mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh.

Beberapa teman yang terkena virus Covid-19 dan harus isolasi mandiri memberitahu saya bahwa mereka mendapat pasokan vitamin dan obat-obatan dari puskesmas. Vitamin C, vitamin D dan Zinc. Katanya vitamin-vitamin itu direkomendasikan bagi penderita covid untuk meningkatkan kembali imunitas tubuhnya agar kuat terhadap serangan virus.

Vitamin C membantu sistem imunitas berfungsi secara normal. Kandungan antioksidan di dalam vitamin C berkontribusi dalam melindungi dan mendukung kerja normal sel-sel tubuh.ย Zinc merupakan mineral penting, yang mendukung sistem imunitas dan melindungi sel dari stres oksidatif, yaitu stres akibat radikal bebas. Vitamin D pun berperan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C, D dan Zinc, saya biasa minum redoxon triple action. Redoxon ini berupa tablet, merupakan vitamin C dosis tinggi yang dilengkapi dengan Zinc dan vitamin D.

redoxon
Redoxon triple action

Saya biasa mengkonsumsi pagi hari. Redoxon berbentuk tablet effervescent. Cara meminumnya cukup sediakan segelas air putih, lalu masukkan 1 tablet redoxon, tunggu sampai larut. Setelah larut semua, tinggal minum deh. Ada dua varian rasa redoxon ini, yaitu jeruk dan blackcurrant. Kalau saya, lebih suka varian rasa jeruk.

Penutup

Itulah lima hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu fit menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga kita selalu sehat dan memiliki daya tahan tubuh kuat. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kehidupan kita bisa berjalan normal seperti sebelum ada pandemi.

Baca yang ini juga

25 thoughts on “Cegah Omicron dengan Konsumsi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

  1. Iya nih, kadang siang dah terik eh tiba-tiba hujaaan lari deh langsung masukin jemuran kwkw. Berubah cuacanya kadang enggak pakai tanda-tanda memang ya
    Maka musim seperti ini mesti ekstra jaga kesehatan …dan minum vitamin untuk bantu daya tahan tubuh wajib hukumnya. Redoxon dengan segala kebaikannya ini bisa jadi pilihan.

  2. Kalau redoxon sih andalan keluarga sejak dulu mba, bahkan sampai anak saya juga minum redoxon (setengah) saat ada gejala mau flu. Alhamdulillah semua berjodoh sama redoxon.

  3. Vitami, makan yang cukup dan jangan lupa istirahat cukup merupakan kunci hidup sehat. Eh sama satu lagi deng, olahraga juga cukup dan sesuai kemampuan juga bantu jaga imun tubuh nih. Kalau vitamin di rumah aku juga pakainya Redoxon dari jaman dulu malahan kayaknya.

  4. Aku belum pernah kena Covid Mbak, amit-amit jangan sampai. Nah waktu V1-2 pakai Sinovac, jadi tak bergejala apapun. Nah waktu booster dapatnya astraseneca, disitulah aku mengalami gimana gak enaknya diserang virus ini Mbak. Padahal virusnya sudah dilemahkan. Kepala pusing dan badan rasanya habis dijadikan latihan tinju itu yang gak enak banget. Gimana kalau virusnya hidup ya, gak terbayang deh gimana deritanya. Jadi emang kudu hati-hati banget jangan sampai kena. Taati prokes, makan makanan bergizi dan tambahkan vitamin C. Semoga kita selalu sehat Mbak

  5. Pergantian cuaca ektrim ini kita harus lebih semangat untuk menjaga kesehatan tubuh karna banyak yang tumbang akibat pergantian cuaca ini. Selain yang disebutkan didalam artikel ini olahraga juga termasuk bagian terpenting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

  6. Sebelum pandemi pun biasanya musim hujan dan pancaroba kondisi tubuh suka agak rentan. Makanya dari dulu saya stok berbagai vitamin. Redoxon ini juga saya suka karena kandungan vtaminnya sesuai dengan yang dibutuhkan.

  7. Mau cerita nih, 2 anakku baru-baru ini terpapar sama si Omicron. Puji Tuhannya aku tidak. Salah satu yang aku komsumsi selama mengurus anak-anak isolasi dengan minum Redoxon. Vitamin ini membantu sekali ya mom untuk daya tahan tubuh.

  8. Ah iya, omicron masih merajalela ya mbak
    Harus jaga daya tahan tubuh, salah satunya ya dengan mengosumsi vitamin ya mbak

  9. kejadian bulan ini mba. Mendadak panas, mendadak hujan deras sekali. Bikin kita juga jadi harus benar pintar menjaga daya tahan tubuh biar tetap sehat dan kuat. Makasih rekomendasinya, mba

  10. Cuaca di daerah saya juga gak menentu, Mbak. Hujan dan panas berganti dengan cepat. Malah sekarang ditambah dengan angin kencang. Anginnya itu bikin gak enak badan. Banyak juga orang sekitar yang kena batuk pilek dan demam.
    Memang perlu sekali menjaga pola hidup sehat dan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, ya…

  11. Waktu omicron meningkat aku sempat ga keluar rumah lagi nih kecuali untuk memebr kbutuhan dapur yang gak aku dapatkan lewat online. Daya tahan tubuh memang harus dijaga banget ya selama pandemi makanya butuh suplemen atu vitamin tambahan. Redoxons elain segar juga baik untuk jaga daya tahan tubuh

  12. Butuh bngt memang untuk situasi saat ini suplemen tambahan kayak vitamin C

    Apalagi redoxon triple action. Redoxon, vitamin C yg dosis tinggi yang dilengkapi dengan Zinc dan vitamin D.

  13. Anakku paling rajin bebikinan redoxon. Hihii…soalnya seger kalau dikonsumsi dengan air dingin di siang hari.
    Jaga daya tahan tubuh dan jaga mood agar selalu bahagia.

  14. Jadi Resoxon ya Mbak. Noted, ntar minta tolong suami belikan. Cuaca emamg lagi gak bersahabat juga ini, jadi pada meriang, seluruh keluarga dapwt giliran. Semoga keluarga Nara sehat selalu ya…

  15. iya mbak, menjaga kesehatan di masa pandemi terutama di masa varian omicron ini jadi beneran wajib banget ya karena virus varian ini lebih cepat penyebarannya meskipun gejala ringan. Yah, meski ringan namanya sakit, tetap saja kerasa enggak enaknya ya mbak.

  16. setuju banget, selain menjaga kesehatan dengan olahraga, makan-makanan sehat. vitamin juga nggak boleh lupa yaaa.. terutama buat vitamin C, bisa banget mengkonsumsi redoxon ini yaaa

  17. Sebelum pandemi aku jarang stok obat atau vitamin di rumah. Begitu kena covid barulah minum Redoxon lagi. Kalau ada yang gejala flu, kasih booster vitamin C. Nah selama February di rumah gantian sakit jadi minum vitamin lagi untuk ikhtiar jaga kesehatan

  18. Vitamin C kayak redoxon memang bagus buat daya tahan tubuh selama pandemi. Hiks sedih kukira pandemi udah berakhir e. Aku nih masih sering begadang, jadinya kurang tidur. Kudu memperbaiki pola tidur nih

  19. sama mak, aku pun selalu sedia vitamin demi badan tetep bugar. secara kerasa banget ini omicron pasca sehatnya dikit-dikit pilek dikit dikit flu idungnya sensitif banget
    kan kalau dibiarkan jadinya malah bisa bikin serumah flu. sehat2 pokoknya jaga kesehatan dengaan vitamin

  20. Andalanku juga nih Redoxon, pas banget untuk sediaan di rumah mengingat saat ini memang penting banget asupan vitamin untuk menjaga imunitas. Musimnya orang sakit, gitu deh orang-orang bilangnya ya mba.

  21. Sekarang harus pinter mengatur makan dan minum suplemen ya mbak.
    Kayak hari ini, dari pagi sampai siang terik banget, sampai males keluar rumah. Eh begitu sorenya belanja di salah satu supermarket dekat rumah, malah hujan deras banget sampai mati lampu

  22. Sebulan terakhir keluarga kami kena flu kayak piala bergilir. Perubahan cuacanya esktrim banget ya Mbak Nan. Untuk urusan vitamin, kita sehati, kami juga mengonsumsi redoxon bahkan sebelum pandemi hadir. Sehat selalu Mbak Nanik ๐Ÿ™‚

  23. redoxon ini produk yang sudah terkenal banget yaa dan pastinya di masa pandemi semakin banyak juga yang aware sama pentingnya vitamin dalam menjaga daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: