Memiliki Fungsi Masing-masing, Inilah Definisi, Fungsi dan Jenis-Jenis Plastik Sampah

Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang yang berasal dari sumber aktivitas manusia ataupun dari  proses alam dan belum memiliki nilai ekonomis. Dalam penanganan penyimpanannya, biasanya digunakan tong sampah atau tempat sampah baik didalam maupun diluar ruangan.

Jika Anda lebih teliti lagi, didalam tempat sampah kerap terdapat sebuah plastik yang menjadi wadah didalam tempat sampah. Itulah yang biasa disebut plastik untuk sampah atau kantong sampah. Apa dan bagaimana kegunaan kantong sampah sesungguhnya? Berikut ulasannya.

Definisi Kantong Sampah 

Kantong sampah merupakan sebuah kantong yang khusus dibuat dengan ukuran yang cukup besar pada jenisnya. Bahan dasar dari kantong plastik sampah adalah polyethene (PE) yaitu salah satu bahan thermoplastic yang lebih dari 60 juta ton bahan ini yang masing-masing di produksi di dunia, terlebih diproduksi menjadi kantong plastik.

Tipe Dan Jenis Kantong Sampah 

Dari tipe bahan dan elastisitasnya, kantong sampah dibagi menjadi dua tipe yaitu :

– Plastik Low Density Polyethylene (LDPE/PE), memiliki tekstur yang lemas, agak kentur, lebih elastis, tidak molor, tidak mudah sobek dan bahannya lebih seperti plastik pembungkus gula.

– Plastik High Density Polyethylene (HDPE/HD), sifat bahannya agak keras seperti plastik keresek biasa, kurang elastis, tidak molor, namun lebih mudah sobek.

plastik sampah

Kantong sampah, sumber gambar Tokopedia

Fungsi Kantong Sampah 

Adapun fungsi dari kantong sampah dibedakan berdasarkan warna dari kantong tersebut, berikut fungsi kantong sampah berdasarkan warnanya.

– Kantong Sampah Non Medis

Warna hitam pada plastik sampah diperuntukkan bagi jenis limbah sampah non medis. Limbah non medis merupakan limbah atau sampah yang bukan berasal dari segala bentuk kegiatan medis. Biasanya sampah atau limbah non medis berasal dari limbah dapur, perkantoran, taman atau halaman dan sejenisnya.

– Kantong Sampah Medis

Kantong sampah medis tentunya merupakan kantong sampah yang diperuntukkan bagi limbah atau sampah yang berasal dari aktivitas medis. Adapun yang dimaksud limbah medis contohnya adalah seperti sisa obat-obatan, bekas suntikan atau infusan, dan segala hal yang berkaitan dengan tindakan kesehatan rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun sejenisnya.

Plastik sampah medis dibagi lagi menjadi beberapa warna berdasarkan keputusan Menteri Kesehatan tahun 2004. Berikut adalah warna-warna dan fungsinya.

  1. Kantong sampah medis berwarna kuning, diperuntukkan bagi limbah infeksius dan patologi. Limbah infeksius merupakan limbah yang berkaitan langsung dengan pasien dengan penanganan isolasi penyakit menular. Limbah yang satu ini menjadi salah satu yang paling perlu diperhatikan karena limbah ini dapat menjadi penyebab utama tertularnya penyakit terhadap sekitarnya. Sedangkan limbah patologi merupakan limbah  jaringan tubuh yang terbuang dari proses bedah ataupun autopsi.
  2. Kantong sampah medis berwarna coklat diperuntukkan bagi limbah farmasi, seperti obat-obatan yang sudah kedaluwarsa.
  3. Kantong sampah medis berwarna ungu diperuntukkan bagi limbah sitotoksi, plastik sampah ini dimaksudkan untuk limbah yang berasal dari aktivitas kemoterapi pada pasien.
  4. Kantong sampah medis berwarna merah diperuntukkan bagi limbah radioaktif, yaitu limbah yang berasal dari penggunaan medis ataupun riset yang berasak dari laboratorium dan sangat berhubungan dengan radioaktif.

plastik sampah

Kantong sampah medis, sumber gambar dari Lazada

Adapun tujuan pemerintah memisahkan fungsi kantong sampah berdasarkan warna tentunya adalah untuk memisahkan sampah berdasarkan jenisnya, juga untuk memberikan perlindungan kepada petugas pengambilan sampah agar tidak sembarangan dalam mengelola atau melakukan prosedur pengolahan sampah dengan baik berdasarkan jenisnya dan tidak akan membahayakan dirinya.

Itulah sekilas pembahasan mengenai plastik sampah. Meskipun kantong sampah dapat difungsikan terhadap hal-hal lain, namun untuk penggunaannya, diharapkan Anda dapat dengan bijak dan tidak sembarangan memfungsikan kantong sampah sebagai kebutuhan Anda.

22 Comments

  1. di bogor skr ga disediakan plastik lagi kalo habis belanja. jadi selalu sedia kantong belanja dari kain di dalam tas. kalo lupa bawa, ya belanjaan ditenteng aja. hemat plastik 🙂

  2. Naah ini
    Sampah kan harusnya mmg diolah sesuai dg kategorinya masing2
    Gitu jg dg penggunaan plastiknya…
    Makasih sharing nya mak

  3. wah aku baru aja mikir, dimana pembuangan limbah RUMAH SAKIT dan gimana caranya membedakan itu sampah berbahaya, terinfeksi penyakit menular, dan sampah kemoterapi.

    karena seharusnya ditimbun di satu tempat khusus dan diberi incinerator

  4. Waah baru tau kalau sampah medis warnanya beda beda tergantung jenis sampahnya. Pengetahuan baru nih mbak. Aku taunya plastik sampah itu ya warna item..ternyata bisa warna warni ya

  5. ohh jadi setiap warnanya ada khusus sampahnya ya, bener banget nih bisa gawat dong sampah kalau dari hasil sisa operasi penyakit berbahaya bisa sampai ke masyarakat

  6. Wah…aku baru tahu kalau ada perbedaan warna plastik dan peruntukkannya, pantas kalau di rumah sakit banyak sampah dengan warna-warna yang berbeda, ternyata masihg-masing ada fungsinya sendiri, bisa berbahaya yah kalau orang awam yang ngak tahu fungsi warna plastik sampah, karena ada yang berbahaya.

  7. Sampah, apalagi berkaitan dengan sampah medis memang harus hati-hati ya pembuangannya. Memang butuh memisahkan dari warna tempat/plastik sampahnya juga biar gak keliru.

  8. Info baru buat aku, kak..
    Selama ini aku pikir kalau sampah rumah tangga sudah mulai pakai lubang biopori. Jadi sesedikit mungkin menggunakan plastik.
    Tapi ternyata kalau untuk sampah dari Rumah Sakit, gak bisa juga yaa…mesti pakai kantong sampah berwarna kuning.

  9. Tadi aku baru aja ikut pelatihan K3 dan salah satu materinya tentang pengelolaan limbah ini. Untuk rumah sakit besar biasanya mereka sudah bekerja sama dgn perusahaan pengelolahan limbah rumah sakit. Kayak di aceh, mereka kerja sama dgn perusahaan di pulau jawa sana

  10. aku pikir kantong sampah cuma 1 jenisnya, ternyata banyak ya mak macem macem plastik sampah sesuai kebutuhannya..

  11. Aku suka lupa deh dengan fungsi dari jenis-jenis plastik ini. Kudu mulai sambil praktekin deh biar gampang ingetnya. Sebagian baru tahu juga jenis sampah plastik yang dibahas ini. Noted.

  12. plastik sampah berwarna-warni untuk bedakan isinya. saya masih latihan nih pilah pilih sampah, mana yg sampah daur ulang dan tidak harusnya saya pisahkan

  13. ah iya, pantas saja tempat sampah di rumah sakit beragam, warna-warni. Ternyata pengelompokan kantong sampah medis banyak macamnya.

  14. wah jadi.tau ini karena postingan mba nanik. Tiap ke RS saya ga pernah perhatikan warna kantong sampahnya. Sementara kalau di rumah sih cuma pake kantong kresek bekas 😀

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya