6 Essential Oil Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan

Biasa dipakai untuk aromaterapi atau rangkaian perawatan kulit, essential oil juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan. Dari begitu banyak pilihan, berikut ini adalah rekomendasi terbaik essential oil untuk meredakan peradangan yang dipaparkan oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter.

1. Peppermint
“Bahan ini punya khasiat antimikroba sehingga sangat populer untuk mengatasi keluhan radang tenggorokan,” kata dr. Alberta.

Studi tahun 2013 menemukan banyak minyak peppermint memiliki sifat antimikroba terhadap patogen yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Studi yang lebih terkini menunjukkan, minyak peppermint juga bertindak sebagai agen antibakteri.

Tak hanya itu, peppermint juga mengandung mentol yang merupakan bahan dasar dari banyak obat sakit tenggorokan, seperti tablet isap.

radang tenggorokan

Daun peppermint (Sumber gambar shutterstock)

2. Eucalyptus
Eucalyptus telah banyak digunakan dalam kosmetik, pembersihan, dan pengobatan alternatif.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak dari daun kayu putih ini punya kekuatan antibakteri. Beberapa penelitian bahkan menyarankan penggunaan sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi,” jelas dr. Alberta.

Daun eucalyptus (sumber gambar theplantguru)

3. Jahe
Selain sebagai bumbu masak, jahe juga populer untuk mengobati masalah pencernaan seperti mual dan muntah. Jahe juga diketahui punya sifat antiiflamasi yang dapat meredakan radang tenggorokan.

Sumber gambar liputan6.com

 

4. Lemon
Coba, deh, Anda perhatikan, banyak obat tenggorokan yang punya kandungan lemon. Studi tahun 2017 memuat bahwa kandungan tersebut punya sifat antimikroba dan antioksidan—keduanya ampuh untuk melawan infeksi!

radang tenggorokan

 

6. Tea tree
Populer untuk membasmi jerawat, minyak esensial tea tree yang mungkin tersedia di meja rias bisa Anda gunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Kata dr. Alberta, menurut studi tahun 2013, tea tree punya keampuhan antimikroba yang dapat menjadi tameng terhadap patogen yang berusaha masuk ke tubuh lewat mulut.

 

7. Lavender
Tahun 2005, ada sebuah tinjauan yang menyimpulkan bahwa lavender diperkuat sifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga cocok untuk menjadi bagian terapi radang tenggorokan.

Selain enam jenis di atas, bitter orange, sage, thyme, dan Echinacea juga tak kalah populer dalam jajaran minyak essential oil terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan. Penggunaannya bisa dihirup, dioles, dijadikan larutan untuk kumur-kumur, atau dikonsumsi langsung. Pastikan dulu penggunaannya aman dengan berkonsultasi ke dokter.

12 Comments

Add a Comment
  1. Bermanfaat sekali infonya Mak. Jadi kudu nyediain salah satu dari essential tersebut ya, biar klo sewaktu waktu butuh tinggal pake.

  2. Biasa pake lemon sama jahe nih kalau lagi sakit tenggorokan tapinkalau parah ya mesti berobat ke dokter

  3. Kemarin sewaktu radang tenggorokan, saya minum jahe-sere-air. Hangat, enak pula. Tapi, karena nggak kunjung sembuh jadi mesti ke dokter dah

  4. Nah penting banget ini obat2an alami seperti ini apalagi radang kan penyakit langganan gitu mak..makasi infonya

  5. Essential oils merk apa yang bisa di minum langsung tuh mba? Ada ya? Ku juga mau tau donk hehehe kepo. Btw thanks for sharing ya mba, ku juga suka konsumsi jahe dan lemon kalau tenggorokan lagi ga enak

  6. Aku biasa konsumsi jahe kalau lagi nggak enak badan. Kalau untuk sehari-hari aku prefer mint sama lemon, kebetulan di rumah ada tanaman mint. Kalau kayak tea tree, lavender gitu ya biasanya beli kemasan karena gak bisa bikin ektrak sendiri. Tapi sejauh ini aku paling tergantung ama tea tree oil kalau lagi perang sama jerawat.

  7. Aku belum pernah nih pakai essential oil mba, heheheh agak-agak cupu pulak aku ya. Temen-temenku yang inner circle banyak lho merasa terbantukan dengan kehadiran essential oil ini

  8. Musim pancaroba gini musim2nya salit tegorokan dan flu.. perlu sedia dirumah nih kyknya mba

  9. Informasi bermanfaat nih soal bahan bahan herbal yang biasanya dipandang sebelah mata saja

  10. Jahe jadi favoritku! Di rumah selalu ada jahe segar. Bisa buat bumbu dapur dan dibikin wedhang jahe juga enak buat menghangatkan badan.

  11. Andalan Ibu yang sudah sepuh…minum air perasan lemon dan madu.
    Katanya tokcer, langsung legaa..
    Ditambah, Ibu senang konsumsi jahe hangat.

    Tapi akalu di oles aja, esensial oil bisa meringankan radang tenggorokan yaa..?
    Cocok untuk anak-anak.

  12. Aku gunain eucalyptus yg udah bentuk kemasan di Minyak Kayu Putih varian Ungu Mbak hheee.
    Tapi kalau buat tenggorokan ya konsumsi yg seger2 kayak pepper mint atau bikin jahe anget hehheee

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis