6 Essential Oil Terbaik untuk Atasi Radang Tenggorokan




Biasa dipakai untuk aromaterapi atau rangkaian perawatan kulit, essential oil juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan. Dari begitu banyak pilihan, berikut ini adalah rekomendasi terbaik essential oil untuk meredakan peradangan yang dipaparkan oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter.

1. Peppermint
“Bahan ini punya khasiat antimikroba sehingga sangat populer untuk mengatasi keluhan radang tenggorokan,” kata dr. Alberta.

Studi tahun 2013 menemukan banyak minyak peppermint memiliki sifat antimikroba terhadap patogen yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Studi yang lebih terkini menunjukkan, minyak peppermint juga bertindak sebagai agen antibakteri.

Tak hanya itu, peppermint juga mengandung mentol yang merupakan bahan dasar dari banyak obat sakit tenggorokan, seperti tablet isap.

radang tenggorokan

Daun peppermint (Sumber gambar shutterstock)

2. Eucalyptus
Eucalyptus telah banyak digunakan dalam kosmetik, pembersihan, dan pengobatan alternatif.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak dari daun kayu putih ini punya kekuatan antibakteri. Beberapa penelitian bahkan menyarankan penggunaan sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi,” jelas dr. Alberta.

Daun eucalyptus (sumber gambar theplantguru)

3. Jahe
Selain sebagai bumbu masak, jahe juga populer untuk mengobati masalah pencernaan seperti mual dan muntah. Jahe juga diketahui punya sifat antiiflamasi yang dapat meredakan radang tenggorokan.

Sumber gambar liputan6.com

 

4. Lemon
Coba, deh, Anda perhatikan, banyak obat tenggorokan yang punya kandungan lemon. Studi tahun 2017 memuat bahwa kandungan tersebut punya sifat antimikroba dan antioksidan—keduanya ampuh untuk melawan infeksi!

radang tenggorokan

 

6. Tea tree
Populer untuk membasmi jerawat, minyak esensial tea tree yang mungkin tersedia di meja rias bisa Anda gunakan untuk meredakan radang tenggorokan. Kata dr. Alberta, menurut studi tahun 2013, tea tree punya keampuhan antimikroba yang dapat menjadi tameng terhadap patogen yang berusaha masuk ke tubuh lewat mulut.

 

7. Lavender
Tahun 2005, ada sebuah tinjauan yang menyimpulkan bahwa lavender diperkuat sifat antiinflamasi dan antimikroba, sehingga cocok untuk menjadi bagian terapi radang tenggorokan.

Selain enam jenis di atas, bitter orange, sage, thyme, dan Echinacea juga tak kalah populer dalam jajaran minyak essential oil terbaik untuk mengatasi radang tenggorokan. Penggunaannya bisa dihirup, dioles, dijadikan larutan untuk kumur-kumur, atau dikonsumsi langsung. Pastikan dulu penggunaannya aman dengan berkonsultasi ke dokter.

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *