PengalamanKu

Berikut Beberapa Keluhan Umum yang Biasa Terjadi Setelah Operasi

Operasi biasanya dilakukan untuk menyembuhkan kondisi tubuh bagi orang-orang yang mengidap penyakit serius. Biasanya keberhasilan prosedur operasi menjadi fokus banyak orang saat akan menjalani operasi. Padahal pemulihan pasca operasi juga menjadi bagian penting yang harus dipersiapkan dengan baik. Resiko terjadinya komplikasi dan berbagai efek samping setelah menjalani operasi tak jarang akan membuat tubuh kurang nyaman.

Suasana ruang operasi (gambar dari shutterstock)

Pada beberapa kasus, keluhan-keluhan umum yang sering terjadi pasca operasi, antara lain:

1. Mual muntah setelah operasi

Hal ini terbilang cukup sering dan wajar terjadi pasca menjalani operasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh efek obat bius saat operasi atau reaksi yang ditunjukkan oleh tubuh terhadap obat-obatan yang diberikan.

2. Susah buang air kecil.

Keluhan lainnya yang juga cukup sering terjadi pasca operasi adalah susah buang air kecil. Hal ini ditandai dengan adanya rasa perih atau sakit saat hendak buang air kecil atau air seni yang keluar hanya sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh efek obat bius, penggunaan kateter untuk buang air kecil, atau bisa juga dari kombinasi antara keduanya.

3. Sembelit setelah operasi.

Keluhan sembelit terbilang wajar terjadi saat Anda selesai menjalani operasi. Hal ini dikarenakan sehari sebelum menjalani operasi, pasien dianjurkan oleh dokter untuk berpuasa terlebih dahulu. Efek dari obat nyeri, obat anestesi, rasa stress akan menghadapi operasi, dan dehidrasi bisa menjadi alasan kenapa terjadi sembelit.

4. Demam setelah operasi.

Pasien pasca menjalani operasi dan mengalami demam bisa dikategorikan normal dan tidak. Untuk kategori normal, jika demam yang terjadi di bawah 37 derajat Celcius. Namun jika mengalami demam di atas 37 derajat Celcius, maka kemungkinan pasien mengalami masalah tertentu, seperti infeksi, dan lain-lain.

5. Sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan disebabkan karena sebelum dan selama menjalani operasi, pasien harus menjalani puasa. Akibatnya terjadi dehidrasi dan memicu sakitnya tenggorokan. Selain itu, efek bius pada tenggorokan juga bisa menjadi penyebabnya. Sama seperti obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dengan minum air yang cukup agar flu semakin reda, keluhan pasca operasi yang satu ini juga bisa diatasi dengan minum air yang cukup.

27 Comments

  • Lisdha

    waah..jd ingat pasca operasi caesar dua anakku mbak nanik. banyak keluhannya hahaha. tapi puji Tuhan keluhan yang biasa saja. nggak ada efek yg sangat serius dan jangka panjang. TFS mbak 🙂

  • Tanti Amelia

    Keluhan umum ya untuk yang abis Operasi. Alhamdulillah seumur-umur operasi cuman Caesar aja. Menderita ya rasanya ga bisa pipis, ga bisa kentut, mual, ga bisa gerak.

    Makasih informasinya

  • Megha Rachma

    Alhamdulillah sampe sekarang aku belum pernah ngerasain operasi mbak. Mudah-mudahan jangan yah aamiin. Hehe makasi yah mbak informasinya

  • Rohmahdg

    Rencananya mau operasi kecil di tangan mbk, Semoga aja bisa melalui keluhan pasca operasi dengan baik,
    Makasih banyak untuk informasinya ya mbak

  • Lina Sophy

    Saya pernah mengalami operasi SC sekali, alhaAlhamduli siy dari awal nggak banyak keluhan. Pas udah beberapa hari aja tersiksa karena mau terserah batuk dan rasanya itu wuah banget. Untung segera tertangani

  • KeluargaMulyana

    Diantara beberapa gejala yang telah disebutkan diatas, yang saya rasakan pasca operasi SC yaitu sembelit. Aduh menyiksa banget 3 hari ngga bab sama sekali. Sampai setelahnya pun susah. huhu
    Selain itu juga tubuh tiba tiba menggigil.

  • Artha

    Sebagai yg dulu bertugas di RS, paling deg2an kalau ada yg demam setelah operasi. Duh gercep konsul ke dokter dam anestesi minta terapi lanjutan. Alhamdulillah gak ada yg sampai kejang

  • arry wastuti

    Pengalaman 2x nemenin suami dan ibu yang dioperasi mata, no 1 itu yang dialami oleh mereka. Kasihan liatnya, udah lah sakit masih juga merasa mual dan ingin muntah.

  • Eri Udiyawati

    Kalau demamnya tinggi ngeri jadinya, ya? Takut terjadi sesuatu. Kalau tenggorokan merasa kering dan sembelit, iya benar, Mbak. Karena memang sebelum operasi diwajibkan untuk berpuasa (tidak makan) dulu.

  • Larasati Neisia

    Aku seumur hidup belum pernah merasakan dioperasi. Tapi entah ya kalau nanti melahirkan harus caesar. Eh ini berlaku buat caesar juga kan mba?

  • Indah Nuria

    Just remember my time when I just finished my mastectomy and that is the first operation I have ever done. It was horrifying and painful but I’m glad I manage

  • Ririe Khayan

    Saya yang termasuk merinding kalau dengar kata operasi, jarum suntik dan kawan-kawanya. Gejala umum pasca operasi tersebut, sering saya dengar dr teman2 yang mengalami operasi CS.

  • Rahmah Chemist

    Kalau saya ngilu pasca operasi
    Pernah dulu waktu SC anak pertama bikin meringis berminggu minggu sejak obat biusnya habis

  • Apura

    Aki jadi ingat pasca operasi Caesar. Sembelit luar biasa. Sampai minta obat yang dimasukkan lewat belakang. Tapi aljAlhamdulil gak jadi dipakai karena kata dokternya kalau bisa gak usah dipakai.

  • Merida merry

    Susa buang air kecil. Aku sempat alami nih mab pasca operasi usu buntu dulu. Akhirnya sama perawat dibantu pancing pake air hangat, baru deh bisa keluar. Rasanya legaaa banget.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: