manfaat menjadi pengusaha

Manfaat Menjadi Pengusaha bagi Diri Sendiri, Masyarakat dan Negara

Dalam sebuah rapat koordinasi di instansi tempat saya bekerja yang digelar 14 – 16 Juni 2023 di Cianjur, ada satu sesi yang membuat saya berulangkali berucap wow dan bertepuk tangan. Sesi itu adalah saat salah satu partner industri memaparkan apa saja yang telah dilakukan perusahaannya bagi masyarakat sekitar, terutama dalam bidang pendidikan. Sungguh manfaat menjadi pengusaha itu tak hanya sekedar mencari keuntungan, tapi bagaimana bisa bermanfaat juga bagi masyarakat sekitar.

Saya jadi ingat prinsip yang dipegang oleh salah satu pengusaha di Indonesia, yaitu Arsjad Rasjid yang saya kutip dari laman pribadi beliau:

Salah satu keuntungan menjadi pengusaha adalah bukan hanya dapat bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi negara dan lingkungan.

Arsjad Rasjid

Menurut beliau, menjadi pengusaha itu bukan hanya mengejar keuntungan untuk menghasilkan pendapatan pribadi, tetapi juga memberi harapan bagi kehidupan orang banyak karena menciptakan lapangan kerja.

Manfaat Menjadi Pengusaha bagi Diri Sendiri

Menjadi pengusaha, sejatinya adalah tempat belajar, sarana untuk mematangkan diri, baik pengetahuan, ketrampilan teknis maupun sosial. Bukan hanya sekedar mencari keuntungan berupa rupiah saja.

Saat menjadi pengusaha, seseorang harus bisa memimpin anak buahnya. Menghadapi banyak orang dengan berbagai karakter, menyamakan visi untuk mencapai tujuan perusahaan. Tentu bukan hal yang mudah, namun bukan pula sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

manfaat menjadi pengusaha

Pengusaha harus bisa mengambil keputusan strategis dan tepat bagi kelangsungan usahanya. Harus memiliki kemampuan menganalisis resiko, hingga bisa mengambil langkah tepat sehingga perusahaan tak mengalami kerugian. Bahkan sebaliknya bisa memperoleh keuntungan yang terus meningkat, sehingga kesejahteraan diri dan juga karyawan pun bisa meningkat.

Pengusaha juga mesti bisa mengelola keuangan dengan baik. Pengelolaan keuangan sangat penting bagi pelaku usaha, bagaimana modal bisa terus diputar dan mendapatkan keuntungan, bagaimana keuntungan itu akan dimanfaatkan, tentus saja membutuhkan ketrampilan dalam pengelolaan keuangan.

Semua ketrampilan itu mungkin pernah didapatkan secara teori saat menjalani masa pendidikan, dan saat memutuskan menjadi pengusaha, maka semuanya itu diuji dengan dihadapkan pada situasi nyata.

Semua persoalan yang dihadapi dalam menjalankan usahanya, tentu akan memperkaya pengalaman pengusaha, mematangkan pola pikirnya juga.

Jadi memang bukan semata-mata soal uang, tapi bagaimana pengusaha mengembangkan kemampuan dirinya, memiliki ketrampilan dan pengalaman hingga bisa membuat usahanya semakin maju.

Menjadi Pengusaha yang Bermanfaat bagi Masyarakat

Pengusaha tentunya tak bisa sendirian menjalankan usahanya. Makin besar usahanya, makin banyak memerlukan bantuan tenaga orang lain. Walau sudah banyak mesin canggih untuk kegiatan produksi, tetap saja mesin-mesin itu membutuhkan operator.

Masyarakat sekitar tempat usaha berada, bisa diberdayakan untuk makin memajukan usaha, memberikan dukungan supaya usaha semakin maju.

Dengan pelatihan sebelumnya, masyarakat bisa menjadi tenaga kerja di perusahaan yang didirikan. Pengusaha juga bisa melakukan pembinaan, maupun bantuan akses pendidikan bagi masyarakat sekitar.

Jangan sampai ada pabrik besar di suatu daerah, tapi tak banyak warga sekitar yang bisa bekerja di situ. Ini tentu akan menimbulkan kecemburuan, bahkan konflik sosial. Pengusaha mesti menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar, sehingga kebaikan bagi usahanya juga yang bakal dia dapatkan.

Sumbangsih Pengusaha bagi Negara

Pengusaha bisa membantu pemerintah untuk mempercepat turunnya angka kemiskinan di negara kita. Lapangan kerja yang diciptakan oleh para pengusaha, bisa menaikkan taraf hidup/perekonomian masyarakat. Pengusaha pun pastinya membayar pajak untuk negara, sehingga ada pemasukan negara untuk kelangsungan pembangunan di negara.

Jika taraf ekonomi meningkat, maka keamanan pun pasti bisa ditekan. Tingkat kejahatan yang mengatasnamakan memenuhi urusan perut bisa berkurang.

Miris kan ya kalau baca berita perampokan, pencurian, penjambretan dan saat pelakunya tertangkap alasannya melakukan tindak kejahatan adalah untuk memberi makan anak istrinya, untuk biaya berobat, untuk biaya sekolah anaknya.

Pengusaha memiliki peranan besar dalam turut menggerakkan perekonomian negara. Jadi, mari kita dukung pengusaha-pengusaha kita, baik usaha mikro, kecil, menengah maupun besar agar makin berkembang.

Baca yang ini juga

21 thoughts on “Manfaat Menjadi Pengusaha bagi Diri Sendiri, Masyarakat dan Negara

  1. Setuju banget Mba..masih jd prngusaha skala kecil pun sudah bermanfaat karena setidaknya mengurangi persaingan di lapangan kerja. Apalagi ketika bisa merekrut pekerja, dari 1-2 berlanjut ke bilangan2 yg lebih besar. Sumbangsihnya terhadap kemaslahatan umat itu nyata.

    Meski memang, ada jg pengusaha hitam, mereka yg menjalankan usahanya dan menghasilkan banyak dampak buruk, entah itu pada lingkungan, kong kalikong dg pemerintah lokal dll. Yah di setiap profesi apapun, yg item pasti ada..

    Semoga para pengusaha bersih di negara kita semakib berkibar usahanya. Pengen juga jadi pengusaha euy..

  2. Menjadi pengusaha itu hrs berani melakukan terobosan2 baru kan ya karena itu bunda sampai skrng brhini2 aja katena tdk aktif dan sll bersifat menunggu sikon. Jd gak maju2 ingin jd pengusaha NURSURY ….

  3. Menjadi penguasaha ternyata manfaatnya luas banget yha ga cuma buat diri sendiri, bahkan buat masyarakat hingga negara. Bener banget bisa bantu buka lapangan pekerjaan juga. Bahkan turut sumbangsih menurunkan angka kemiskinan yang berdampak pada penuurunan tingkat kriminalitas.

  4. Memang kelihatan lebih enak jadi pengusaha meskipun kecil-kecilan. Tapi, ya, dalam prosesnya juga harus memiliki beberapa skill yang terus diasah. Skill memimpin perusahaan, mengelola keuangan, dll. Pastinya harus berusaha tahan banting juga.

  5. Terima kasih atas upportnya Mba, aku juga lagi berusaha untuk jadi pengusaha nih, hehehe. Memang perlu disupport dan diberikan ruang apalagi pagi calon pengusaha kayak aku, hehehe

  6. Bener sekali mba bahwa pengusaha ini membantu juga mengentaskan kemiskinan. Membuka lapangan kerja. Dan tentunya diharapkan bisa menjadi pengusaha yang bermanfaat ya

  7. betul banget, aku juga dulu punya cita-cita jadi pengusaha karena latar belakang keluarga yang suka dagang.
    namun ternyata belum kesampaian.
    pengusaha itu punya mental luar biasa karena tangguh membangun usahanya, dan banyak membantu orang karena membuka lapangan kerja baru

  8. Bagusnya kalau Pengusaha itu bisa ngasih manfaat ke lingkungan sekitarnya. Cuma ya, kadang masih banyak yang gak bisa kerja di sana karena satu dan lain hal. Yang penting emang dikomunikasikan sih karena kadang suara, asap, dan lainnya bikin gak nyaman Tetangga

  9. Setelah baca tulisan ini, saya menjadi makin niat buat buka usaha sendiri. Karena selain bermanfaar bagi diri sendiri, juga untuk masyarakat juga negara.

  10. Memang lebih enak berwirausaha ya Mba. Jadi bisa semua Kita atur sendiri. Termasuk pengelolaan keuangan dan aturan pun Kita yang bikin sendiri. Dengan jadi pengusaha nilai positifnya bisa buka lapangan kerja sendiri kalau usahanya udah maju

  11. Menjadi pengusaha itu capek tapi menyenangkan ya, walau lumayan modalnya. Enggak bisa juga dibilang tanpa modal karena skill itu perlu terus diasah dan upgrade diri ya.

  12. Jadi pengusaha itu harus bisa bermanfaat bagi orang lain juga sih kalau kata aku. Setuju dengan kalimat “jangan sampai ada pabrik besar di suatu daerah tapi tak ada seorang pun penduduk desanya yang bekerja disana” ini bisa menjadi pelajaran bagi para pengusaha jika mau maju, harus berjalan bersama dengan masyarakat setempat.

  13. Menjadi pengusaha itu membabgu kita untuk menebar manfaat bagi banyak orang ya mbak
    Membantu menggerakkan ekonomi juga

  14. Suka banget kalau baca kisah inspiratif para pengusaha. Pastinya banyak hal yang bisa jadi bahan pembelajaran gimana sebaiknya proses perjuangan yang akan membawa kesuksesan

  15. Keluarga kami gak ada yang pengusaha.
    Jadi waktu suami memutuskan untuk fokus mendirikan usaha sendiri, aku sebenernya agak shock.
    Tapi semoga menjadi jalan rejeki bagi kami dan keluarga pegawai.

  16. Seorang pengusaha itu memiliki peran besar terutama terhadap ingkungannya utk membantu mengurangi pengangguran hehe. Selain itu biasanya sih ada imbal baliknya juga ya, karena lingkungan udah mendorong iklim usaha, maka perusahaan biasanya juga punya kyk CSR gitu buat bikin masyarakat sekitar juga utk maju bareng đŸ˜€

  17. Pengusaha menjadi profesi yang menarik tapi takut-takut mau nyemplung ke sana. Kalau terbiasa dengan pegawai yang gajinya lebih pasti tiap bulan, menjadi pengusaha harus siap mental dengan upside down bisnis.

  18. nah ini, dari sejak dini anak sudah mulai dikenalkan untuk menjadi pengusaha. profesi itu bukan hanya menjadi pekerja di perusahaan atau menjadi pegawai negeri. profesi pengusaha bisa membuka peluang kerja.

  19. Ternyata banyak ya mak yang bisa dipelajari dengan menjadi pengusaha. Bener bener experience is the best teacher banget yaaaa. Mungkin awalnya takut, tapi emang harus dicoba dl biar tau hasilnya yaaa

  20. Salah satu hal yang bikin iri terhadap pengusaha tuh ini sih. Selain memberi manfaat ke dirinya sendiri, pengusaha memberi manfaat untuk sekitarnya atau karyawannya. Betul bisa menurunkan tingkat kemiskinan dan pengangguran sih yaa seorang pengusaha tuh đŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: