Teknologi

Menggambar dengan Paint 3D dan Membuatnya Menjadi Nyata

Suatu kali, saya posting di Instagram tentang pengalaman saya  bermain-main dengan aplikasi paint 3D. Lalu, beberapa teman minta diajari bagaimana cara membuatnya. Saya pun menjanjikan akan menuliskannya di blog. Namun karena beberapa kesibukan di kantor maupun di rumah, saya lupa pada janji itu. Hingga tadi pagi ada yang nagih janji. Mumpung lagi diluar kota dan kerjaan nggak begitu banyak, baiklah saya akan menuliskannya.

Paint 3D ini adalah aplikasi bawaan dari Windows 10. Jadi kalau sistem operasi laptop Anda bukan windows 10, mohon maaf Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Kalau bukan windows 10, bawaannya masih ms paint, yang biasanya dipakai untuk editing gambar.

Saya mengenal paint 3D pertama kali pada bulan november 2018, sewaktu menghadiri seminar. Kala itu salah satu pembicaranya dari Microsoft Indonesia. Dia memperkenalkan produk Microsoft untuk dunia pendidikan, salah satunya inovasi dari ms paint menjadi paint 3D.

Saat sedang presentasi, tiba-tiba dia hadirkan seekor kucing di meja peserta. Kucing maya, bisa dilihat dan bergerak, namun tak bisa dipegang. Dan para peserta, termasuk saya pun, takjub. Kok bisa begitu?

OK, jadi bagaimana cara membuat ikan itu hadir di hadapan saya? Prinsip dasarnya adalah menggunakan teknologi augmented reality. Apa itu teknologi augmented reality, bisa dibaca di postingan saya sebelumnya.

Baca Juga : Trend Pembelajaran Digital 2019 : Augmented Reality

Nah, langkah-langkah untuk menghadirkan obyek 3 dimensi dihadapan kita dengan menggunakan aplikasi Paint 3D adalah :

  1. Buka aplikasi paint 3D, bisa dari menu search, ketikkan saja paint 3D
  2. Setelah aplikasinya terbuka, pilih menu 3D shapes dan pilih model berupa ikan
  3. Setelah ikan tampil di kanvas, permanis bentuk ikan dengan menambahkan mata maupun warna sisiknya di kedua sisinya. Untuk mata bisa diperoleh pada menu sticker, sementara warna sisik bisa pakai menu brushes
  4. Setelah bentuk model ikan sesuai dengan yang diinginkan, pilih menu make reality. Pastikan kamera laptop berfungsi dengan baik ya. Kalau yang menggunakan komputer bisa pakai webcam
  5. Setelah gambar Anda dan ikan tertangkap kamera, pilih menu Help ==> Control
  6. Klik model gambar ikan dan mulailah bereksplorasi dengan gerakan tangan/badan, bisa juga pakai mouse

Bagaimana? Mudah kan.

Masih sulit?

Baiklah, kalau membaca enam langkah itu masih sulit. Silakan simak videonya. Insyaallah lebih mudah diikuti langkah-langkahnya.

OK, silakan yang mau mencoba. Yang komputernya nggak pakai windows 10, bisa pinjem teman atau tetangganya. Asyik lho sambil nunggu buka puasa, untuk mengalihkan perhatian anak-anak, bermain-main dengan aplikasi ini.

Satu lagi, ini bukan postingan berbayar. Sekedar berbagi ilmu dan pengalaman.

Semoga bermanfaat

30 Comments

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: