Menggambar dengan Paint 3D dan Membuatnya Menjadi Nyata

Suatu kali, saya posting di Instagram tentang pengalaman sayaย  bermain-main dengan aplikasi paint 3D. Lalu, beberapa teman minta diajari bagaimana cara membuatnya. Saya pun menjanjikan akan menuliskannya di blog. Namun karena beberapa kesibukan di kantor maupun di rumah, saya lupa pada janji itu. Hingga tadi pagi ada yang nagih janji. Mumpung lagi diluar kota dan kerjaan nggak begitu banyak, baiklah saya akan menuliskannya.

Paint 3D ini adalah aplikasi bawaan dari Windows 10. Jadi kalau sistem operasi laptop Anda bukan windows 10, mohon maaf Anda tidak bisa menggunakan aplikasi ini. Kalau bukan windows 10, bawaannya masih ms paint, yang biasanya dipakai untuk editing gambar.

Saya mengenal paint 3D pertama kali pada bulan november 2018, sewaktu menghadiri seminar. Kala itu salah satu pembicaranya dari Microsoft Indonesia. Dia memperkenalkan produk Microsoft untuk dunia pendidikan, salah satunya inovasi dari ms paint menjadi paint 3D.

Saat sedang presentasi, tiba-tiba dia hadirkan seekor kucing di meja peserta. Kucing maya, bisa dilihat dan bergerak, namun tak bisa dipegang. Dan para peserta, termasuk saya pun, takjub. Kok bisa begitu?

OK, jadi bagaimana cara membuat ikan itu hadir di hadapan saya? Prinsip dasarnya adalah menggunakan teknologi augmented reality. Apa itu teknologi augmented reality, bisa dibaca di postingan saya sebelumnya.

Baca Juga : Trend Pembelajaran Digital 2019 : Augmented Reality

Nah, langkah-langkah untuk menghadirkan obyek 3 dimensi dihadapan kita dengan menggunakan aplikasi Paint 3D adalah :

  1. Buka aplikasi paint 3D, bisa dari menu search, ketikkan saja paint 3D
  2. Setelah aplikasinya terbuka, pilih menu 3D shapes dan pilih model berupa ikan
  3. Setelah ikan tampil di kanvas, permanis bentuk ikan dengan menambahkan mata maupun warna sisiknya di kedua sisinya. Untuk mata bisa diperoleh pada menu sticker, sementara warna sisik bisa pakai menu brushes
  4. Setelah bentuk model ikan sesuai dengan yang diinginkan, pilih menu make reality. Pastikan kamera laptop berfungsi dengan baik ya. Kalau yang menggunakan komputer bisa pakai webcam
  5. Setelah gambar Anda dan ikan tertangkap kamera, pilih menu Help ==> Control
  6. Klik model gambar ikan dan mulailah bereksplorasi dengan gerakan tangan/badan, bisa juga pakai mouse

Bagaimana? Mudah kan.

Masih sulit?

Baiklah, kalau membaca enam langkah itu masih sulit. Silakan simak videonya. Insyaallah lebih mudah diikuti langkah-langkahnya.

OK, silakan yang mau mencoba. Yang komputernya nggak pakai windows 10, bisa pinjem teman atau tetangganya. Asyik lho sambil nunggu buka puasa, untuk mengalihkan perhatian anak-anak, bermain-main dengan aplikasi ini.

Satu lagi, ini bukan postingan berbayar. Sekedar berbagi ilmu dan pengalaman.

Semoga bermanfaat

57 Comments

  1. udah lihat ada paint 3D, tapi masih pakainya paint yg lama, biasalah suka mau buru2 aja jadi malas utak atik sesuatu yg baru..

    coba yah belajar lagi supaya bisa dipakai di blog, makasih mbak Nanik

  2. Yah aku pakai paint tapi nggak tahu ada yang paint 3D. Kayaknya aku mau nyoba bikin ama anakku. Dia senang otak atik komputer dan desain seperti ini

  3. Wahh kebetulan laptopku windows 10. Bisa dicoba nih dirumah. Kebetulan jg anakku lagi hobi2nya main laptop gara2 akunya sering kerja depan laptop ๐Ÿ™‚

  4. Dari dulu saya selalu tanya dalam hati, โ€œApa sih fungsinya paint 3D? Sama aja kan dengan paint yang sebelumnya?โ€ Dan sekarang udah dapat jawabannya. Gaptek memang saya. Kalau bikin gambar-gambar gitu enggak bisa (mungkin saya yang malas karena enggak mau nyoba).

  5. Pakai Window 10 tapi belum pernah coba hahaha.. lucu juga ya sambil ngabuburit nunggu buka puasa bikin gambar 3D ๐Ÿ˜

  6. Wah baru tau aku Paint 3D ini. Udah lama juga aku nggak buka Paint.
    Ntar ah kubilang ke anakku yang suka gambar buat nyobain Paint 3D ini, pasti senang dia.
    Makasih infonya ya mbak.

  7. haduh ku norak baru nyadar ada Paint 3D di laptopku. Asik bisa main sama anak, makasih yaa mbak.

  8. Lucu banget nih buat bermain bareng anak ya sambil melatih kreativitas dan imajinasi, bikin bonding antara ibu dan anak makin erat..

  9. Yaaaa aku gk pakai windows 10. Suamiku kyknya pakai. Coba ntr kucek. Seru jg bikin gambar2gtu, sempat pula memvideokan tutorialnya. Tengkyu mbak infonya.

  10. Hihihi aku harus pinjem laptop windows dulu kalau mau nyobain. Saling berbagi ya sambil menunggu berbuka puasa pasti anak-anak senang.

  11. Wah keren. Bisa ya gambar-gambar dengan Paint. Aku gaptek. Paint cuma buat print screen aja kalo aku. :)))

    • Dan aku suka liatnya aja. Mempelajari nya agak susah meski kadang katanya mudah. Bisa sih bisa, tapi perlu juga bakat seni spaya jd bagus dan menarik hehe

  12. Aku baru tau justru ada aplikasi ini di window 10. Waah seru juga mainan ini ya hehehe. Makasih infonya ya mba.

  13. Anak saya suka pakai paint 3D ini, soalnya di sekolahnya belajarnya pakai ini, jadinya dia sering latihan, dan lumayan sih bikin dia ;ebih kreatif nggak nonton TV melulu ๐Ÿ™‚

  14. Pernah coba beberapa kali mbak. Tapi kok saya nggak berhasil, hehe.. Mungkin saya yang kurang mudeng cara pakainya. Untuk anak, boleh lah sesekali jadi mainan, wkwk (Devi)

  15. Saya kira harus pintar gambar dulu untuk bisa bikin animasi kayak ikan ini ternyata modalnya cuma bisa pake aplikasi paint 3D ya dan liat tutorialnya juga gak terlalu sulit ya Mbak

  16. Mau coba ah…kayaknya mudah. Ngeblog jadi lebih asik, bisa insert foto yg dimodif gini.
    Makasih tutorialnya…

  17. Bagus banget aplikasinya menggambar dengan paint 3D gambar jadi kelihatan nyata. bisa buat kreatifitas anak-anak untuk mengembangankan bakat seni menggambar dengan aplikasi Paint 3D.

  18. Asyik dapat ilmu baru secara selama ini paint cuma buat naruh hasil kopas saja. Sekarang bisa ya untuk gambar-gambar juga dan hasilnya jadi #D gitu juga kelihatannya. Kapan-kapan mau coba ah

  19. Wah, beneran bisa jadi kegiatan menyenangkan saat anak libur Ramadhan ya. Dan caranya juga cukup mudah. Anak-anak pasti paham, atau dijelaskan sebentar pasti ngerti.
    Apalagi ada videonya.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya