test ride sepeda motor listrik

Pengalaman Test Ride Sepeda Motor Listrik

Siang ini saya melihat status wa teman kantor saya di departemen Teknik Otomotif, jejer berempat menaiki motor yang sama. Motor baru, bentuknya mirip N-Max, tapi dicaptionnya tertulis e-NMax. Karena penasaran saya tanggapi status itu dengan pertanyaan apakah itu motor listrik baru.

Dijawab oleh teman saya, bahwa itu adalah motor listrik, baru saja datang. Dia juga mempersilakan saya untuk ke bengkel otomotif, test ride sepeda motor listrik itu. Buat konten katanya. Hehehe… tahu aja dia.

Sebagai pemburu konten, saya penuhi lah undangannya itu. Saya pun meninggalkan ruangan, menuju ke bengkel Otomotif untuk melihat dan menjajal motor listrik itu.

sepeda motor listrik United T1800
Sepeda motor listrik

Gini Rasanya Naik Sepeda Motor Listrik

Ada empat unit sepeda motor baru terparkir di bengkel Teknik Otomotif, berwarna hitam dengan merk United. Keempat sepeda motor listrik ini akan digunakan sebagai sarana praktik bagi peserta pelatihan di bulan Juni nanti. Jadi sepeda motor ini bakalan, dibredeli, dilihat isi dalamnya, diamati cara kerjanya oleh para peserta pelatihan.

Sebelum dipreteli, saya coba dulu lah mengendarainya keliling lingkungan kantor. Saya pun diberikan kunci, saya hidupkan sepeda motornya. Ada tombol starter juga, tapi saya pencet kok nggak ada suara motor hidup, kata teman saya kalau sudah hidup tinggal di gas saja. Jadi untuk menghidupkan sepeda motor listrik ini bisa dengan menekan tombol starter, bisa juga dengan memutar kunci ke posisi ON.

Saya pun memutar gas di setang sebelah kanan, tak ada suara dan tiba-tiba motor udah maju aja. Kaget saya jadinya, untung gesit jadi motor bisa melaju dengan tenang setelah ada sedikit geragapan di awalnya.

test ride sepeda motor listrik

Enak sih naik sepeda motor listrik ini. Cuma karena nggak ada suara sama sekali, jadi emang hati-hati kalau posisi sudah on, karena begitu di gas langsung deh meluncur. Saya yang belum terbiasa dengan ketiadaan suara ini, beberapa kali geragapan kalau habis berhenti.

Ada tombol untuk jalan mundur juga. Jadi kalau tombol ini di tekan, begitu di gas maka motor akan berjalan mundur. Enak nih kalau mau mundur, nggak usah pakai tenaga buat mendorong. Cukup tekan tombol mundur, lalu di gas. Mata mesti awas ke kaca spion ya, jangan sampai mundurnya kebablasan.

Sepeda Motor Listrik United T1800

Sepeda motor yang saya coba kemarin adalah United T1800, produk asli Indonesia dari UNITED e-motor dan didistribusikan oleh PT Terang Dunia Internusa. Harganya di banderol sekitar 30 juta.

Bagasinya luas, ada MCB di bawah jok sebagai pemutus daya. Jadi kalau pas nggak digunakan (diparkir) bisa dimatikan MCB nya, ini sekaligus sebagai fitur keamanan juga.

MCB motor listrik
MCB sebagai pengaman

Ada baterai cadangan juga pada sepeda motor listrik ini, jadi untuk pengisian dayanya bisa menghubungkan langsung ke colokan pengisi daya atau bisa juga dengan melepas baterainya dan diganti dengan baterai satunya. Oh iya, untuk pengisian daya, minimal daya listrik yang diperlukan adalah 1300 watt.

Motor ini bisa menempuh jarak 60 km dengan rata-rata kecepatan 50 km/jam saat baterai terisi penuh.

Penutup

Jadi, setelah test ride sepeda motor listrik, apakah saya akan beralih ke motor listrik? Heemmm untuk sementara ini belum deh, harganya mahal hehehe… Nggak juga sih, ada juga kok sepeda motor listrik yang harganya 10 jutaan

Emang sih ada subsidi bagi masyarakat untuk pembelian sepeda motor listrik ini, tapi setelah di cek nomor KTP, saya bukan termasuk sasaran penerima subsidi. Listrik di rumah saya dayanya 1300, pakai token. Artinya harus naikkan daya dulu supaya saat mengisi daya, saya nggak harus mematikan semua perangkat di rumah yang memakai listrik.

Kalau kamu, tertarik untuk beralih ke sepeda motor listrik kah?

Baca yang ini juga

10 thoughts on “Pengalaman Test Ride Sepeda Motor Listrik

  1. hehehe e-NMax

    keren Mbak, sayang memerlukan pengisian daya 1300 watt ya?

    sementara kebanyakan warga RI hanya sekitar 900 watt, masa harus naikin daya demi beli motor listrik?

    ups harganyapun 30 juta? Untuk golongan the have ya?

  2. Motor listrik sekarang sudah makin umum digunakan di Indonesia, semua kalangan sekarang sudah mulai beralih.. tapi syaangnya lagi mikir juga mau pake motor listrik,stasiun pengisianmya

  3. Ala bisa karena biasa ya kak
    Nantinya kalau sudah terbiasa dengan motor listrik juga bakalan lancar dan menyenangkan, apalagi urusan suaranya yang smooth.
    Yang penting membantu agar lingkungan terjaga dari gas emisi ya

  4. mbak pas tahu mengisi memerlukan 1300 daya listriknya aku langsung mikir ulang deh, di rumah hanya 900 wkwkkw. tapi jadi pengalaman yang seru ya pastinya untuk test ride sepeda motor listrik ini

  5. Suka banget saya lihat motor listrik United ini. Warnanya juga memberikan kesan mewah dan gagah. Yah, setara NMax sih ya Mbak. Worth banget seharga 30an juta. BTW, ini colokan listriknya sama dengan yang untuk mobil ya?

  6. Mantap nih desain motor listriknya. Suka banget nampak gagah dan elegan. Btw, blm ngebayangin ngisi dayanya berapa lama? Tapi ini trobosan baru untuk mengurangi polusi udara.

  7. Keren kak ada kesempatan untuk mencoba sepeda motor listrik secara langsung. Bisa merasakan sensasi mengendarai sepeda motor listrik, menguji fitur-fitur kinerja, dan mengevaluasi kenyamanan serta kepraktisan sepeda motor tersebut.

  8. NMax keren banget ya..
    Inovasinya.
    Karena kalau di Bandung selama ini armada motor listrik baru dimiliki Grab dan beberapa orang agaknya masih banyak kekurangan karena bodynya yang mungil. Kini, hadir e-NMax United T1800 yang legaaa.. Beneran kudu ati-ati banget ya… Karena gak ada suara. Enaknya, pas naik serasa melayang.

  9. Kokoh banget ya mbak desainnya.. Tapi sepedah listrik begitu apakah sama beratnya dengan sepedah N-Max pada umumnya, Mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: