Tips Agar Kamu Tidak Kecewa Pilih Harga Sewa Bus Pariwisata Murah

Sebagian besar acara yang membawa banyak rombongan pasti akan memakai bus pariwisata sebagai transportasi bersamanya. Mereka tidak usah lagi saling tunggu menunggu di jalan karena dengan bus, semua peserta bisa langsung dibawa. Tapi, ada kendala yang menjadi pertimbangan calon pengguna bus pariwisata, yaitu harga.

Soal harga memang menjadi masalah yang cukup serius karena kalau tidak sesuai dengan budget, maka bisa saja tidak jadi menggunakan bus dan harus mencari alternatif lain. Meski sudah memilih harga sewa bus pariwisata yang murah pun, terkadang juga masih ada kendala yang lain, entah itu fasilitasnya tidak nyaman atau busnya yang ternyata sudah rusak.

Karena itu, ada beberapa cara agar kamu tidak salah pilih saat mau menggunakan yang harganya murah. Berikut beberapa tipsnya.

 

1. Kenali dulu agen penyewaan bus yang mau dipakai

Agar kamu tidak salah pilih, lebih baik kamu kenali dulu agen penyewaan bus pariwisata yang mau dipakai. Kalau kamu mendapatkan nama jasanya dari internet, cari tahu dulu sudah berapa lama mereka beroperasi dan bagaimana komentar-komentar penyewa yang sudah pernah menggunakannya.

Kamu harus memastikan kalau jasa penyewaan itu bisa dipercaya dan tidak bodong. Sudah banyak terjadi jasa bodong menipu orang-orang yang menyewa busnya. Padahal mereka sudah memberikan harga murah, tapi tetap saja kualitasnya murahan. Agar terhindar dari masalah itu, sebaiknya cek lagi profil perusahaan jasa itu.

Salah satu perusahaan sewa bus yang baik untuk direkomendasikan adalah TRAC Astra. Kamu bisa melihat profil lengkapnya di trac.astra.co.id. Bisa juga kamu langsung memesan bus pariwisata secara online di sana.

 

2. Ketahui dulu paket apa yang mereka tawarkan

Setiap agen penyewaan bus pasti memiliki paket yang memberikan keuntungan kedua belah pihak, baik itu untuk pihak penyewa mau pun agen itu sendiri. Paket memang sering kali dicari oleh orang-orang yang mau menyewa bus, karena lebih praktis dan tidak ribet. Mereka tidak usah lagi mengeluarkan biaya tambahan karena sudah termasuk dengan harga paket itu.

Paket yang ditawarkan biasanya berupa rute perjalanan mana saja yang akan dikunjungi, restoran yang dijadikan tempat makan rombongan, atau tempat pusat oleh-oleh. Tapi tidak jarang juga agen penyewaan memasukan paket itu dengan tambahan biaya bensin, tips driver, dan pengemudi.

Maka itu, tanyakan dulu ke pihak penyewaannya agar kamu tidak salah pilih paket. Dengan menggunakan paket kamu bisa mendapatkan keuntungan, yaitu harga sewa bus pariwisata menjadi lebih murah. Bandingkan saja paket yang satu dengan yang lain agar kamu bisa tahu perbedaan fasilitas yang diberikan dan harga yang ditawarkan. Jangan sampai kamu sudah membayar murah, tapi fasilitasnya tidak memadai perjalanan kamu.

 

3. Ketahui reputasinya

Reputasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam menentukan jasa penyewaan bus pariwisata. Harga sewa bus pariwisata murah memang banyak dicari, tapi kalau reputasinya buruk, tentu perjalanan menjadi mengecewakan. Jangan asal memilih agen karena harganya murah, karena belum tentu reputasinya bagus.

Kalau kamu sudah mendapatkan agen perusahaan yang menawarkan harga murah, cari tahu dulu bagaimana pendapat orang yang sudah pernah menggunakannya. Misalkan temanmu sudah pernah memakainya, kamu bisa bertanya langsung dengannya mengenai pelayanan perjalanan yang mereka berikan dan fasilitasnya apakah nyaman atau tidak.

Cara-cara di atas bisa saja menjadi cara yang ampuh dalam mencari agen penyewaan dengan harga sewa bus pariwisata yang murah. Jangan asal pilih saja karena bisa membuat perjalanan kamu menjadi tidak menyenangkan dan mengecewakan.

34 Comments

Add a Comment
  1. Paket yang ditawarkan dan reputasi itu memang sangat penting. Jangan sampai kita nyewa bus tapi kita tidak tahu harga paketannya berapa dan reputasinya belum jelas.

    1. betul, reputasi itu penting banget, berkaitan dengan kepercayaan orang

  2. Bener nih, sebelum sewa bus untuk rombongan kudu detail tanya fasilitas. Jangan sampai budget bocor karena nambah ini-itu. Lebih baik jelas di awal.

    1. iya mbak, harus dipastikan dulu sejak awal supaya sama-sama tenang di perjalanan

  3. Tips yang berguna nih untuk kegiatan wisata bareng di kantor…biasanya jalan-jalan bareng naik bis gitu soalnya

    1. jalan-jalan sama teman kantor naik bus emang menyenangkan ya mbak

  4. Belum pernah nyobain sewa bus nih. Tapi makasih loh tips nya.. Penting banget buat cek segalanya, biar ga ngalamin kejadian ga menyenangkan selama perjalanan. Apalagi sekarang sering ada berita bus pariwisata yang kecelakaan. Nau’zubillah..

    1. semoga bisa jadi referensi kalau suatu saat membutuhkan

  5. Yup Trac udh pasti terkenal dan terpercaya banget buat jasa sewa bis..kan ini punya astra…

    1. tak perlu diragukan lagi ya mbak

  6. Belum pernah sewa mobil sih, tapi kalo Trac mah pasti terpercaya ya mbak. Grupnya Astra kan.

    1. nama besar perusahaannya dah terpercaya ya

  7. Paket sama kondisi bus itu penting. Gak asyik banget kalau pergi jauh eh busnya ac mati dll. Jangan lupa supirnya juga tuh harus tahu gimana

    1. betul harus dipastikan dalam kondisi baik semua sejak awal

  8. Nyewa bus untuk piknik emang harus ngecek juga reputasinya. Ada pengalaman buruk dengan nyewa bus. Udah bayar masih disuruh nambah sama sopir nya waktu di jalan. Keceriaan jadi berkurang gara-gara sempat debat dengan sopir dan kondektur nya

    1. sopirnya nakal itu

  9. Aku pernah pke.armadanya Trac mba, waktu itu pake hiace, nyaman banget mobilnya. Trus drivernya juga sudah berpengalaman banget, jd nyetirnya halus meski sebenarnya jalan yang kita lewati ful kelokan….nggak pada mabuk kendaraan.

    1. sopir yang nggak ugal-ugalan itu penting banget buat saya yang mabukan

  10. Bus sekarang tu bagus2 ya. Tetanggaku ada yang juragan bus kecil tapi nggak pernah mau kasih diskon sewa meskipun buat rombongan warga wkwkwwkk

    1. hehehe… bisnis is bisnis mbak

  11. wah ternyata trac astra ini ada penyewaan busnya juga ya mbak. Kirain tadi cuma sea mobil aja seperti yang disebutkan jiah barusan tadi baca 😀

    Seru neh sewa bus emang kalau bawa rombongan keluarga

  12. Tipsnya berguna banget nih buat rombongan sewa bus.
    Paling utama reputasinya …, kalau sampai dengar armada busnya sering bermasalah, orang jadi kapok menyewanya.

  13. Nah iyaa mba.. jaman kerja duku ngurusin gathing karyawan emang harus banget rinci.. bukan bawel tapi biar jelas segala sesuatunya..

  14. spesialis sewa bus pariwisata di rumah itu bule aku sama nyokap, karena mereka punya PAUD jadi sering karyawisata dan nyewa bus

  15. Terkadang kita butuh sewa mobil atau bus untuk sekeluarga, reputasi agen bus nya harua bagus dan jugamobil nya bersih

  16. Selain mengenali agen bus lihat kondisi busnya juga penting ya biar ga kecewa saat digunakan. Tapi kalau sewanya di TRAC sejauh ini sih puas ya dari kondisi bis sampai drivernya soalnya reputasinya memang baik.

  17. Setiap kali wisata di hari tua ini, soal sewa dan nego bus bunda gak repot2 percayakan kepada Koordinator wisata paling mantap. Alhamdulillah selalu memuaskan.

  18. Yang bikin serem kadang kalau sewa bus ada yang namanya beda harga antara harga sewa bus dengan sopirnya. Kadang jatuhnya jadi lebol mahal.

  19. Aku pernah sewa bus sama rental yg gak kompeten bgt, gara2 punya temen, azas percaya aja.. 🙁

  20. Belum pernah berhubungan dengan sewa bus tp noted tips2nya mba . TRAC memang rekomended krn punya astra

  21. Bener banget, sebelum pesan bus untuk bepergian secara romobongan,kita harus teliti, ga boleh langsung pesan

  22. Witri Prasetyo Aji II

    Sekolah tempatku bekerja tiap tahun pasti sewa bus buat piknik… dulu, pernah sih kecewa sama salah satu agen sewa bus. harga murah, tapi fasilitas ya gitu deh. Sekarang sih udah dapat agen sewa bus yang bisa jadi langganan, mahal dikit tapi nyaman. karena menurut kami tuh kenyamanan sangatlah penting…

  23. wah, seru nih kalau sewa bus buat acara rombongan bisa muat banyak penumpang. Kalau bisa yang sekalian sopir nya yang paham dengan kondisi bu tersebut.

  24. iya memang harus hati2 ya memilih jika menyangkut kepentingan orang banyak.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis