PengalamanKu

Tips Cara Menghilangkan Semut yang Membandel

Semut adalah serangga yang identik dengan gula. Namun ternyata, semut akan mendekat tidak hanya karena gula saja. Namun tempat yang dirasa dekat dengan sumber makanan mereka, maka disanalah mereka akan bersarang dengan koloninya.

Cara menghilangkan semut banyak dicari dan digunakan oleh khalayak ramai. Perasaan risih, geli, dan terganggu dengan adanya sarang semut adalah alasan utamanya. Belum lagi rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan hewan kecil ini.

cara menghilangkan semut

Nah, untuk itu, kali ini kita akan membahas tentang tips cara menghilangkan semut. Banyak cara dan jasa yang disediakan untuk menghadapi hewan yang satu ini. Dan kali ini, melalui ulasan ini, kalian bisa menggunakan bahan-bahan disekitar kalian untuk membasminya. Berikut diantaranya:

Cara menghilangkan semut yang pertama bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka. Kadar keasaman pada cuka serta aromanya yang menyengat sangat dibenci oleh semut. Ini karena cuka dapat menghilangkan jejak mereka sehingga koloni yang lain sulit untuk bersarang kembali.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Oleskan atau semprotkan cuka yang sebelumnya sudah dicampur dengan air secukupnya ke tempat-tempat yang dilalui semut. Bisa bawah meja, dinding, dekat makanan utamanya adalah makanan manis.

Cara menghilangkan semut selain dengan cuka kalian juga bisa menggunakan kapur semut. Kapur semut adalah kapur ajaib yang bisa membuat semut pergi dan enggan bersarang kembali. Bentuknya sama seperti kapur pada umumnya.

Cara menggunakannya adalah dengan menggoreskan kapur tersebut di dekat sarang semut ataupun jalur-jalur yang biasa dilewati semut. Hampir sama seperti pada penggunaan cuka diatas.

Cara menghilangkan semut berikutnya adalah menggunakan garam dapur. Seperti semut yang menyukai gula, ternyata hewan ini sangat membenci garam karena sifatnya hampir seperti kapur semut. Caranya cukup taburkan garam di sudut-sudut rumah dan dekat sarang semut tersebut.

Kalian bisa juga menggunakan boraks untuk membasmi semut. Boraks dapat merusak sistem pencernaan semut. Caranya campur dengan makanan dan letakkan di tempat dekat semut bersarang. Ini juga merupakan alasan kenapa boraks tidak diperkenankan untuk manusia karena sifatnya yang sangat keras.

Cara menghilangkan semut selanjutnya sangat mudah dan bahannya pun akan selalu ada, apalagi bagi kalian pecinta kopi. Cukup dengan menggunakan ampas kopi yang diletakkan di dekat sarang, maka semut akan enggan keluar.

Ini semua karena senyawa mineral yang dimiliki oleh kopi serta aroma menyengat yang sangat tidak disukai oleh semut. Dengan tidak keluar dari sarang, lama kelamaan semut-semut tersebut akan habis dan menghilang dengan sendirinya.

Cara menghilangkan semut menggunakan merica bisa menjadi alternatif selanjutnya. Aroma pedas menyengat dari merica tidak disenangi oleh semut, sehingga kalian bisa langsung menaburkannya pada area dimana semut-semut tersebut bersarang.

Kemudian ada kapur sirih dengan aroma minyak atsiri yang juga tidak disukai oleh semut. Cukup tumbuk kasar dan balurkan di sekitar sarang serta jalur yang dilewati oleh semut, maka keluhan kalian akan teratasi olehnya.

Cara menghilangkan semut bisa juga menggunakan tepung terigu. Sebuah cara menghilangkan semut tanpa pestisida. Cukup tabur-taburkan tepung terigu di area rumah khususnya jalur dan sarang semut. Selanjutnya, semut tidak akan berani masuk dan bersarang di rumah kalian.

Atau kalian juga bisa menggunakan jeruk nipis atau kulit buah jeruk biasa. Aroma dan rasa pahit dari kulit buah-buah ini sangat dibenci oleh semut. Kalian cukup meletakkan beberapa kulitnya di sekitar sarang dan jalur semut.

Banyak sekali cara menghilangkan semut yang bisa kalian lakukan. Diantaranya adalah yang kita bahas kali ini. Tips-tips di atas bisa kalian praktikan dan semoga semut segera menghilang. Terima kasih.

 

One Comment

  • Arinta Adiningtyas

    Pas mudik ke rumah bapak kemarin, Masya Allah banyak banget semutnya. Tapi kata ibuku dulu, banyak semut artinya banyak rezeki. Ya mungkin karena semut datang karena ada banyak makanan yaa.. Hihi, entahlah.. Tapi kemarin udah cukup mengganggu sih semutnya.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: