Tips Mengatasi Diare Pada Anak dengan Mudah dan Tepat

Anak sangat rentan mengalami masalah kesehatan terutama di saluran pencernaan terutama balita. Anak balita yang masih berada di dalam tahapan perkembangannya sering memasukkan benda asing ke dalam mulut dimana benda tersebut belum tentu steril dari kuman. Belum lagi cara memasak yang salah atau ketidakcocokan makanan juga bisa menjadi sebab si kecil menjadi diare. Pada saat anak diare, orang tua harus selalu sigap untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan si kecil agar diare tidak bertambah lama dan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

asupan makanan sehat cegah diare

Perhatikan kebersihan tangan dan makanan anak-anak

Jika Anda memiliki anak kecil di rumah dan sering mengalami diare, maka penting untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare pada anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Memberikan minuman elektrolit atau oralit.

Yang paling ditakutkan pada saat anak diare adalah dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa berakibat fatal karena cairan tubuh diperlukan untuk melakukan metabolisme. Dehidrasi parah bisa menyebabkan anak pingsan hingga syok bahkan kematian. Untuk itu saat anak mengalami diare, pastikan ia mendapatkan ganti cairan yang terbuang dengan mengkonsumsi air mineral dalam jumlah banyak atau mengkonsumsi oralit. Jika perlu bawa anak untuk mendapatkan infus melalui perawatan inap di rumah sakit.

larutan oralit

Sumber gambar farmasi.com

 

2. Memberi suplemen zat besi.

Mengapa zat besi bisa menjadi obat diare? Fungsi zat besi sangat penting untuk tubuh dimana salah satunya adalah untuk menyeimbangkan cairan elektrolit tubuh, meningkatkan sistem imun, melakukan sintesis protein hingga mengatur metabolisme tubuh. Dengan memberi suplemen zat besi, Anda akan bisa memperbaiki itu semua dan bahkan menjadi pencegah agar anak tidak mengalami diare lagi di kemudian hari. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare masuk dalam daftar rekomendasi WHO dimana anak balita dengan diare sebaiknya mendapatkan 20mg zat besi setiap harinya selama 14 hari.

 

Selain cara di atas, Anda bisa membaca tips mengenai cara mengatasi diare anak lainnya di website kesehatan https://www.guesehat.com/. GueSehat memiliki banyak artikel kesehatan yang penting untuk diketahui apalagi bagi seorang ibu.

 

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis