WisataKu

5 Aktivitas Seru di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Persisnya di Malang bagian selatan, kalau dari kota Malang, perjalanan sekitar 1 jam. Belum ada angkutan umum untuk menuju ke sana, jadi alternatif kendaraan ke sana adalah membawa kendaraan pribadi, atau bagi pengunjung dari luar kota, bisa menyewa kendaraan di Malang.

Untuk masuk ke kawasan pantai Balekambang, pengunjung di kenakan tarif 5000 rupiah. Murah kan ya. Sedangkan untuk mobil, kena biaya parkir 10.000 rupiah. Jadi mobil dihargai lebih mahal daripada para penumpangnya.

Tiket masuk kawasan pantai Balekambang

Sekitar 100 meter dari bibir pantai, terdapat sebuah pulau yang bernama pulai Ismoyo. Di pulau ini terdapat sebuah Pura, yang di beri nama sama dengan nama pulaunya, yaitu Pura Ismoyo. Antara bibir pantai dan pulau Ismoyo, dihubungkan dengan sebuah jembatan. Di jembatan ini biasanya selalu ramai orang berfoto dengan latar belakang laut.

Rame banget di tengah, jadi fotonya disini aja

Kala itu, kami pagi-pagi, sekitar jam 9 sudah sampai sana. Terus pulangnya sudah sore, sekitar jam 4. Jadi seharian kami ngapain aja? Inilah 5 aktivitas seru yang kami lakukan di pantai Balekambang

  1. Main pasir

Pasir di pantai Balekambang berwarna coklat. Anak-anak senang sekali bermain pasir disini. Menggali, menimbun, membuat aneka bentuk lalu berteriak kala ombak datang menerjang. Rusak deh susunan yang sudah di buat. Tapi nggak apa-apa, mari kita gali lagi, timbun lagi, buat istana pasir lagi.

Yuk, Bang bikin istana pasir

2. Mandi di laut

mandi dan berendam di laut itu mengasyikkan. Apalagi kalau pas ombak datang, ada sensasi tersendiri, antara senang namun juga cemas karena takut hanyut. Tentu saja, kami pilih lokasi yang tidak terlalu dalam serta ombaknya tidak terlalu besar.

Mandinya di pinggir aja

Ternyata mandi air laut itu membawa manfaat yang bagus buat kesehatan lho. Kandungan garam pada air laut, baik untuk mengusir gatal-gatal akibat penyakit kulit. Mandi dan berendam di laut juga bagus untuk melancarkan sirkulasi darah.

Kalau mandi di laut, harus tetap waspada pada ombak yang datang. Walau mandinya di daerah yang dangkal, harus tetap waspada. Jangan sampai karena sudah keasyikan berendam dan main air, kewaspadaan jadi hilang. Sebenarnya ada larangan lho buat mandi di laut. Tapi larangan tinggal larangan. Genangan air bening itu lebih menggoda.

Larangan mandi di laut

3. Main layang-layang

Di pantai itu banyak angin, jadi asyik buat main layang-layang. Bagi yang tidak membawa layang-layang dari rumah, tak perlu kecewa, karena dengan uang 15 ribu rupiah sudah bisa main layang-layang disini. Iya, banyak pedagang yang menyewakan layang-layang, sudah lengkap dengan benangnya.

4. Menjelajah hutan bambu

Di kawasan pantai Balekambang terdapat hutan bambu yang menyenangkan juga untuk di jelajahi. Bambunya bukan bambu yang besar-besar. Jenis bambu disini adalah bambu yang kecil, biasa dibuat kerajinan seruling oleh masyarakat.

Banyak jalan, biar kuat

Bambunya langsing

5. Berburu spot foto

Kalau anak-anak suka mandi dan main pasir, maka emaknya lebih seneng lihat-lihat sambil jeprat-jepret. Kalau lagi pengen di foto, tinggal kasihkan kamera pada suami, dan emaknya lalu bergaya.

Pura Ismoyo dari kejauhan

Kuat betul kau, Bang

Cuma bayangan

Putri penunggu batu karang

25 thoughts on “5 Aktivitas Seru di Pantai Balekambang

  1. Nama pantai nya mirip taman kota di Solo ya mba..

    Pasirnya putih, jernih..jadi memang mengundang untuk mandi+main2 di laut..

    Aku baru sekali aja ke Malang. Itupun cuma ke daerah Batu aja..nggak sempat eksplore tempat2 lain..

    1. iya mbak, namanya sama dengan sebuah taman di Solo.
      Di batu aja, kalau mau menjelajahi semua, sehari nggak cukup ya mbak

  2. Wah seru sekali Mbak seharian di pantai.
    Ada hutan bambunya juga ya di Balaekambang?
    Saya sama temen-temen kantor dulu Mbak ke sini main volly pantai, futsal, dan tarik tambang seru banget hehe

  3. Malang itu pantai2nya bgs yaaaa, walo memang yg aku denger ombaknya gede2. Sayang pas kesana ga sempet datangin 1pun pantainya krn waktu kita terbatas banget… Next ke malang, mau jelajah pantai2nya 🙂

    1. iya mbak, bagus-bagus dan jaraknya juga nggak terlalu jauh. Jadi kalau sehari bisa mengunjungi 2 atau 3 pantai

  4. Sudah dua kali ke Balekambang, lumayan jauh dari Malang. Kemarin kesini pake mobil nyetir sendiri, nyampenya sekitar 2 jam deh. O ya, sekarang ada flying fox nya…bisa dicoba tuh.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis