5 Tanda Alergi Dingin yang Perlu Diketahui

Cuaca pada saat ini sedang tidak menentu, terkadang panas dan terkadang dingin. Untuk itu, tubuh harus dipersiapkan dengan segala kondisi. Jika pada cuaca dingin, banyak orang-orang yang mengalami alergi hawa dingin. Alergi dingin tentu harus diwaspadai oleh semua orang. Karena,sangat mengganggu bagi setiap orang yang mengidapnya serta tidak nyaman ketika alergi dingin tersebut timbul.

Tingkat keparahan dari gejala alergi dingin untuk masing-masing orang berbeda. Bagi sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, tekanan darah menjadi rendah, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, pahami gejala atau tanda-tanda Anda terserang alergi agar menemukan pencegahannya.

Tanda atau Gejala Alergi dingin

Di bawah ini adalah tanda-tanda yang bisa diketahui untuk mengetahui bahwa Anda tengah terserang alergi meliputi:

1. Kulit Memerah

Orang-orang yang memiliki alergi ini di bagian tubuh mereka yang terkena suhu rendah akan berubah menjadi merah tua. Warna merah ini tidak akan hilang begitu saja setelah masuk ke lingkungan yang hangat. Pada kasus gejala alergi dingin yang satu ini bisa benar-benar buruk ketika penderita bertahan selama 24 jam untuk kulit yang memerah.

2. Kulit Gatal

Gatal merupakan sebuah keadaan yang tidak akan memberikan rasa nyaman. Gatal bisa datang kapanpun, namun Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya gatal karena bisa saja rasa gatal tersebut bisa memicu penyebab alergi dingin.

Sebab gatal menjadi tanda umum dari berbagai paparan allergens, termasuk alergi ini. Maka biasanya dokter akan menguji urtikaria dingin dengan menempelkan es batu langsung menyentuh kulit untuk melihat apakah ada tanda lain dari alergi dingin seperti kemerahan, gatal ataupun bengkak.

3. Tangan Bengkak

Tanda selanjutnya yang bisa menjadi gejala alergi yaitu tangan bengkak. Masalah ini tidak hanya berhubungan dengan cuaca di luar ruangan, beberapa penderita mengalami pembengkakan setelah memegang minuman dingin.

alergi dingin

Pembengkakan tidak hanya terjadi pada tangan, namun bisa juga muncul di tempat lain. Ada juga beberapa penderita yang mengalami pembengkakan di tenggorokan yang bisa berpotensi pada kematian. Oleh sebab itu, jika Anda sudah mendapati bahwa tubuh telah terkena dampak alergi. Segera gunakan obat alergi dingin di apotik yang aman untuk tubuh Anda.

4. Bibir dan Tenggorokan Bengkak

Dengan mengetahui obat alergi dingin yang ampuh untuk tubuh sangat membantu proses penyembuhan agar tidak semakin parah. Pembengkakan yang terjadi tidak hanya muncul di tangan saja. Biasanya bibir dan tenggorokan juga terasa bengkak ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

alergi dingin

Jika Anda terserang alergi, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin. Perbanyak minum air hangat dan jadikan diri Anda sehangat mungkin agar alergi tersebut tidak menyebar dan tidak semakin parah.

5. Pusing

Orang yang terkena alergi ini parah bisa saja terserang pusing setelah terpapar udara dingin. Gejala ini tidak seperti gejala lainnya, pusing yang disebabkan alergi dingin bisa berbahaya, terutama bagi penderita yang sering mengalami hal tersebut ketika berenang atau berjalan. Para penderita alergi biasanya berisiko akan menjadi bingung.

alergi dingin

Alergi dingin memang bukan alergi yang membahayakan. Namun, Anda perlu mewaspadai jika alergi tersebut sudah menyerang tubuh. Bukan tidak mungkin, alergi ini akan menyebabkan tubuh Anda menjadi tidak seimbang dan menyebabkan penyakit lainnya yang bisa lebih parah hingga kematian.

24 Comments

Add a Comment
  1. Ouww, betul banget ini mba.
    Aku kan tinggal di Sby yang puanassss.
    Kalo lagi ngetrip ke tempat dingin, langsung muncul deh tanda2 kayak gini

  2. alergi dingin emang gak nyaman banget…Alhmdulillah belum pernah alergi dingin nih..

  3. Saya dulu sering banget alergi debu dan bengkak semuka mbak. Belum lagi kalau kena udara dingin langsung sesak nafas. Sempat langganan dokter juga tiap Minggu.

    Selanjutnya saya disuruh meneliti penyebab dan penanggulangan sementara. Mengurangi juga beban pikiran dengan relaks dan .. tidur malam yang cukup. Saya juga pernah beberapa tahun tidak konsumsi tomat, ikan tertentu dan es

    Lama kelamaan bisa adaptasi juga karen dibantu minum madu dan selalu sedia obat anti radang dan alergi sih. Sekarang Alhamdulillaaaah sudah ngga kayak dulu lagi

  4. Tanda-tandanya sama kalau alergiku lagi kumat. Tapi kebalikannya nih, aku alergi udara panas. Jadi kalau kepanasan suka muncul tanda-tanda kayak di atas itu. Kalau dingin, malah seneng.

  5. aku dulu kalau kedinginan, tangan jadi bengkak. kata dokter sih karena aku ada gen rematik. Kalau anak2 kedinginan biasanya batuk2.

  6. Wah ternyata alergi dingin juga bisa berbahaya, fatal ya, apalagi kalau yang bengkak tenggorokan..baru tahu..harus tahu pemicunya ya kalau alergi biar ngga kumat..

  7. Alergi memang harus benar-benar diperhatikan, ngeri juga kalau orang sekitarnya gak awas ya. Ibuku alergi dingin juga. Kalau pas dingin muncul bentol bentol merah yang gede gede banget gitu

  8. Saya suka tiba2 tangan bengkak gitu dan gatal2 kalau alergi lagi kumat huhuhuh, makasih pencerahannya yah

  9. Saya baru tahu kalau tangan bengkak itu bisa juga menjadi salah satu tanda-tanda alergi mbak. Biasanya, yg saya alami gatal-gatal kalau ngalami alergi, terutama alergi gatal

  10. Kalau anakku alergi panas, sama tanda-tandanya seperti di atas, cuman bedanya tangan ga sampe bengkak.

  11. Aku dulu pernah alergi udara dingin, bentol-bentol hampir seminggu. Akhirnya ke dokter disuntik karena obat udah gak mempan

  12. Suamiku alergi dingin, tapi gejalanya bersin-bersin, pilek, dan sesak napas. Tiap orang beda-beda juga. Nah klo kemenku gejalannya kulit yang merah-merah dan gatal.

  13. Alhamdulillah kalau aku nggak pernah alergi dingin, tapi kalau yang lain pernah biasanya mulai dari gatal-gatal dan bengkak mba

  14. aku punya alergi dingin juga mba, tapi gak gitu parah sih ya, palingan bersin2, idung meler sama merah-merah gatal gitu

  15. Saya biasanya kulit jd kemerahan kayak bentol2, kak. Tapi gak lama sih. Gak sampai gatal pula. Duh gak enak banget alergi dingin, tapi gimana lagi

  16. Aku alergi dingin juga nih kayaknya. Kalau cuaca dingin suka gatel gatel. Tapi aku nekat sering menggunung padahal alergi dingin 😅

  17. Rach Alida Bahaweres

    Mba, aku pernah didiagnosis dokter alergi dingin, mba. Tapi efek ke aku lebih ke batuk-batuk setiap kali kena angin malam mba. Makasih sudah berbagi ya mba

  18. Aku dulu pernah kayak gitu. Kalo cuaca mulai dingin, pasti kulit merah2 dan gatal. Gak tahu kalo itu alergi dingin. Untungnya abis nikah gak pernah gitu lagi. Hilang gitu aja tanpa diobati.

  19. Ini aku banget nih suka alergi dingin dengan tak menentu, aku tipe yang gatal. Dan ngeselin sih emang kalau lagi keluar tuh alerginya.

  20. Oh gitu yaa…
    Di keluargaku yang alergi dingin itu Ibu.
    Tapi pas kemarin liburan sama mas ke negara yang dingin, malah bilangnya baik-baik aja…gak kambuh.

    Apa alergi ini bisa sembuh?

  21. Aku juga punya alergi dingin mb. .kulit langsung bentol-bentol besar… Tapi Alhamdulillah sekarang sudah berkurang. Tapi ga tau pasti sebabnya apa. Mungkin kulitku sudah adaptasi apa ya. Hihi..

  22. Alergi itu kelihatan ringan tapi cukup mengganggu ya. Ngeri juga kalau bisa mengakibatkan kematian.

  23. Anak2ku dan suamiku kalau cuaca ekstrem pindah ke dingin suka biduran gatal2 gtu mbk. Emang keturunan sih katanya. Tapi gak sampai pusing2 sih, moga2 gak 😀

  24. ini aku nih kalau kebanyakan pakai AC. Kulit gatal-gatal dan kepala pusing. Kalau udah gini ya istirahat aja di tempat hangat.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis