5 Tanda Alergi Dingin yang Perlu Diketahui




Cuaca pada saat ini sedang tidak menentu, terkadang panas dan terkadang dingin. Untuk itu, tubuh harus dipersiapkan dengan segala kondisi. Jika pada cuaca dingin, banyak orang-orang yang mengalami alergi hawa dingin. Alergi dingin tentu harus diwaspadai oleh semua orang. Karena,sangat mengganggu bagi setiap orang yang mengidapnya serta tidak nyaman ketika alergi dingin tersebut timbul.

Tingkat keparahan dari gejala alergi dingin untuk masing-masing orang berbeda. Bagi sebagian orang bisa sampai kehilangan kesadaran, tekanan darah menjadi rendah, hingga yang paling parah bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, pahami gejala atau tanda-tanda Anda terserang alergi agar menemukan pencegahannya.

Tanda atau Gejala Alergi dingin

Di bawah ini adalah tanda-tanda yang bisa diketahui untuk mengetahui bahwa Anda tengah terserang alergi meliputi:

1. Kulit Memerah

Orang-orang yang memiliki alergi ini di bagian tubuh mereka yang terkena suhu rendah akan berubah menjadi merah tua. Warna merah ini tidak akan hilang begitu saja setelah masuk ke lingkungan yang hangat. Pada kasus gejala alergi dingin yang satu ini bisa benar-benar buruk ketika penderita bertahan selama 24 jam untuk kulit yang memerah.

2. Kulit Gatal

Gatal merupakan sebuah keadaan yang tidak akan memberikan rasa nyaman. Gatal bisa datang kapanpun, namun Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya gatal karena bisa saja rasa gatal tersebut bisa memicu penyebab alergi dingin.

Sebab gatal menjadi tanda umum dari berbagai paparan allergens, termasuk alergi ini. Maka biasanya dokter akan menguji urtikaria dingin dengan menempelkan es batu langsung menyentuh kulit untuk melihat apakah ada tanda lain dari alergi dingin seperti kemerahan, gatal ataupun bengkak.

3. Tangan Bengkak

Tanda selanjutnya yang bisa menjadi gejala alergi yaitu tangan bengkak. Masalah ini tidak hanya berhubungan dengan cuaca di luar ruangan, beberapa penderita mengalami pembengkakan setelah memegang minuman dingin.

alergi dingin

Pembengkakan tidak hanya terjadi pada tangan, namun bisa juga muncul di tempat lain. Ada juga beberapa penderita yang mengalami pembengkakan di tenggorokan yang bisa berpotensi pada kematian. Oleh sebab itu, jika Anda sudah mendapati bahwa tubuh telah terkena dampak alergi. Segera gunakan obat alergi dingin di apotik yang aman untuk tubuh Anda.

4. Bibir dan Tenggorokan Bengkak

Dengan mengetahui obat alergi dingin yang ampuh untuk tubuh sangat membantu proses penyembuhan agar tidak semakin parah. Pembengkakan yang terjadi tidak hanya muncul di tangan saja. Biasanya bibir dan tenggorokan juga terasa bengkak ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

alergi dingin

Jika Anda terserang alergi, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin. Perbanyak minum air hangat dan jadikan diri Anda sehangat mungkin agar alergi tersebut tidak menyebar dan tidak semakin parah.

5. Pusing

Orang yang terkena alergi ini parah bisa saja terserang pusing setelah terpapar udara dingin. Gejala ini tidak seperti gejala lainnya, pusing yang disebabkan alergi dingin bisa berbahaya, terutama bagi penderita yang sering mengalami hal tersebut ketika berenang atau berjalan. Para penderita alergi biasanya berisiko akan menjadi bingung.

alergi dingin

Alergi dingin memang bukan alergi yang membahayakan. Namun, Anda perlu mewaspadai jika alergi tersebut sudah menyerang tubuh. Bukan tidak mungkin, alergi ini akan menyebabkan tubuh Anda menjadi tidak seimbang dan menyebabkan penyakit lainnya yang bisa lebih parah hingga kematian.

24 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *