Oktoku

Bayi 10 Bulan itu ….

Bayi 10 bulan itu… Sekarang sudah dapat duduk dengan tegak. Masih suka merayap (klo orang malang bilang ngadal) untuk berpindah, bergerak ke arah mama atau kakaknya. Sudah kuat menopang tubuh dengan kedua tangan dan kedua lututnya, namun belum berani untuk bergerak maju merangkak.

Bayi 10 bulan itu … Sekarang sedang senang bertepuk tangan sambil ketawa-ketawa. Sudah dapat melambaikan kedua tangan jika kedua orang tuanya hendak pergi sambil bilang “dada….”. Sudah bisa diajak salaman dan mencium tangan orang yang mengajak bersalaman. Sudah bisa diajak bermain ciluk ba.

Bayi 10 bulan itu… masih susah untuk di ajak makan. Jika melihat sendok berasal dari piring kecilnya, maka dia mengatupkan kedua bibirnya. Jika melihat sendok berasal dari gelas, dia pun semangat membuka mulutnya, apalagi jika mamanya bilang “mik utih”. Jika melihat orang lain makan, dia akan memandang dengan antusias sambil ikut mengecap-ngecap. Jika dikasih biskuit untuk bayi, dia akan memegang dengan mantap dan berusaha memasukkan biskuit itu ke mulutnya, mencoba meniru kakak-kakaknya, berusaha menggigitnya. Gigi bawahnya sudah mulai tumbuh, ada 2.

Bayi 10 bulan itu… mulai bisa mengenali orang-orang disekitarnya. Mulai merengek-rengek dan mengulurkan kedua tangannya jika melihat mamanya memakai kerudung. Dia sudah tahu, jika mamanya pakai kerudung, itu artinya mamanya mau pergi. Jadi dia seolah tak rela jika ditinggal.

Bayi 10 bulan itu … senang sekali jika diajak jalan-jalan naik kereta bayinya. Dia akan mulai merengek jika keretanya dihentikan. Akan tersenyum dan memandang (takjub, penuh rasa ingin tahu) terhadap lingkungan yang dilewatinya. Akan berteriak-teriak jika kedua kakaknya lari mendahului, seolah hendak berkata, “hei tunggu, jangan tinggalkan aku”

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis